[WTA] SUv second Budget 75 jt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jul 28, 2010 12:42
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
Salam kenal semuanya... saya newbie, mo sharing pengalaman. Kebetulan pernah pake Santa Fe 2002 2.4L M/T warna Black ebony, beli dr baru, dipake sendiri s/d Des 2009. Sy jual laku 85jt di Sby, mgkn skrg harga sdh turun byk. Depresiasi harga mmg menyedihkan, dr 220jt tinggal 85jt slm 7th.
IMHO, St.Fe sgt nyaman suspensinya (cenderung limbung), tp cocok utk mbl keluarga, kabin besar. Jok belakang sgt longgar (kira2 setara Harrier lebarnya), muat 3 orang dewasa dg nyaman. Bagasi jg sgt besar, dg pintu membuka ke atas, plus kaca belakang yg isa dibuka terpisah. Kap mesin sdh pake hidrolis utk bukaannya (th 2002 ke atas). Model mmg tgtg selera, malah ada yg bilang mirip Porsche Chayene Interior lmyn futuristis pada masa itu dgn byk tempat2 penyimpanan & cup holder. Jok msh pake fabrik. Audio sgt standar/jelek, hrs di upgrade. Velg standar ukuran 15". Tidak ada fitur safety spt Airbag,ABS,EBD, dll.
Utk mesin mohon maaf ga isa menjelaskan krn sy sgt awam... Tp yg sy rasakan sbb: akselerasi awal (dr berhenti) krg baik, tp "tarikan nafas" tiap gigi cukup panjang (gigi 2 isa 80kpj/5000rpm, gigi 3 isa 120kpj/5000rpm), jd ckp enak utk menyalip. Top speed tidak tau, hanya berani di 150kpj, tp teman pernah nyoba sampe 170kpj. Kelemahan lain: St.Fe sgt payah utk tanjakan, mgkn krn Body St.Fe ckp berat. Menurut mekanik beres Hyundai, gear ratio nya kecil... jd agak kurang utk tarikan awal & tanjakan; mgkn bro2 yg lain isa jelasin. Konsumsi BBM premium rata2 1:8 (kondisi mbl baru isa 1:9).
Selama pemakaian 60.000km, pernah 1x ganti accu, 2x ganti knalpot (ini hrs ati2, harga saat itu 4jt an/set; & ga isa diganti knalpot aftermarket krn akan turunkan performance; bag. muffler plg blkg spt isa kembang-kempis), timing-belt set hrs ganti tiap 37.500km (4jt an) Penggantian Spareparts lain2 spt busi, oli, filter2 mirip mbl lain pd umumnya.
Maaf kalo tulisan sy terlalu panjang, jd saya akhiri saja....
@bro jing_krak: sy pikr St.Fe layak dipertimbangkan bila jarak jauh & kenyamanan yg diutamakan. asal tidak byk tanjakan ekstrem, St.Fe msh OK. Blazer sgt boros BBM (1:5 atau 1:6), sparepart jg mgkn lbh susah; yg pasti bagi saya jok belakang kurang nyaman.
IMHO, St.Fe sgt nyaman suspensinya (cenderung limbung), tp cocok utk mbl keluarga, kabin besar. Jok belakang sgt longgar (kira2 setara Harrier lebarnya), muat 3 orang dewasa dg nyaman. Bagasi jg sgt besar, dg pintu membuka ke atas, plus kaca belakang yg isa dibuka terpisah. Kap mesin sdh pake hidrolis utk bukaannya (th 2002 ke atas). Model mmg tgtg selera, malah ada yg bilang mirip Porsche Chayene Interior lmyn futuristis pada masa itu dgn byk tempat2 penyimpanan & cup holder. Jok msh pake fabrik. Audio sgt standar/jelek, hrs di upgrade. Velg standar ukuran 15". Tidak ada fitur safety spt Airbag,ABS,EBD, dll.
Utk mesin mohon maaf ga isa menjelaskan krn sy sgt awam... Tp yg sy rasakan sbb: akselerasi awal (dr berhenti) krg baik, tp "tarikan nafas" tiap gigi cukup panjang (gigi 2 isa 80kpj/5000rpm, gigi 3 isa 120kpj/5000rpm), jd ckp enak utk menyalip. Top speed tidak tau, hanya berani di 150kpj, tp teman pernah nyoba sampe 170kpj. Kelemahan lain: St.Fe sgt payah utk tanjakan, mgkn krn Body St.Fe ckp berat. Menurut mekanik beres Hyundai, gear ratio nya kecil... jd agak kurang utk tarikan awal & tanjakan; mgkn bro2 yg lain isa jelasin. Konsumsi BBM premium rata2 1:8 (kondisi mbl baru isa 1:9).
Selama pemakaian 60.000km, pernah 1x ganti accu, 2x ganti knalpot (ini hrs ati2, harga saat itu 4jt an/set; & ga isa diganti knalpot aftermarket krn akan turunkan performance; bag. muffler plg blkg spt isa kembang-kempis), timing-belt set hrs ganti tiap 37.500km (4jt an) Penggantian Spareparts lain2 spt busi, oli, filter2 mirip mbl lain pd umumnya.
Maaf kalo tulisan sy terlalu panjang, jd saya akhiri saja....
@bro jing_krak: sy pikr St.Fe layak dipertimbangkan bila jarak jauh & kenyamanan yg diutamakan. asal tidak byk tanjakan ekstrem, St.Fe msh OK. Blazer sgt boros BBM (1:5 atau 1:6), sparepart jg mgkn lbh susah; yg pasti bagi saya jok belakang kurang nyaman.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Nov 19, 2010 13:10
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
Thanks for nice infonya bro,tetapi saya pernah dengar santa fe itu minum nya kudu pertamax,bnar gak ya?kalau FC 1:8 Menurut saya gak masalah,krn renc.beli boil juga dpakai buat jalan jauh di weekend bersama keluarga,kalau ngantor tiap hari ane pakai jemputan..
bro,kira2 spare part,bengkel dan club boil ini tuk daerah lampung tau gak ya?seperti posting awal ane d atas,ane jauh dr kota,jadi kalau ke kota palingan 2-4 minggu skali,jadi kalau dah tau toko parts,bengkel dan club ane kan gak susyah muter2,he3x..bayangin 6 jam hanya buat di highway aja..
bro,kira2 spare part,bengkel dan club boil ini tuk daerah lampung tau gak ya?seperti posting awal ane d atas,ane jauh dr kota,jadi kalau ke kota palingan 2-4 minggu skali,jadi kalau dah tau toko parts,bengkel dan club ane kan gak susyah muter2,he3x..bayangin 6 jam hanya buat di highway aja..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
laahh...kenapa dijual om? kalau belum, kan bisa gabung di trid-nya santa feRyo Akira wrote:Salam kenal semuanya... saya newbie, mo sharing pengalaman. Kebetulan pernah pake Santa Fe 2002 2.4L M/T warna Black ebony, beli dr baru, dipake sendiri s/d Des 2009. Sy jual laku 85jt di Sby, mgkn skrg harga sdh turun byk. Depresiasi harga mmg menyedihkan, dr 220jt tinggal 85jt slm 7th.
IMHO, St.Fe sgt nyaman suspensinya (cenderung limbung), tp cocok utk mbl keluarga, kabin besar. Jok belakang sgt longgar (kira2 setara Harrier lebarnya), muat 3 orang dewasa dg nyaman. Bagasi jg sgt besar, dg pintu membuka ke atas, plus kaca belakang yg isa dibuka terpisah. Kap mesin sdh pake hidrolis utk bukaannya (th 2002 ke atas). Model mmg tgtg selera, malah ada yg bilang mirip Porsche Chayene Interior lmyn futuristis pada masa itu dgn byk tempat2 penyimpanan & cup holder. Jok msh pake fabrik. Audio sgt standar/jelek, hrs di upgrade. Velg standar ukuran 15". Tidak ada fitur safety spt Airbag,ABS,EBD, dll.
Utk mesin mohon maaf ga isa menjelaskan krn sy sgt awam... Tp yg sy rasakan sbb: akselerasi awal (dr berhenti) krg baik, tp "tarikan nafas" tiap gigi cukup panjang (gigi 2 isa 80kpj/5000rpm, gigi 3 isa 120kpj/5000rpm), jd ckp enak utk menyalip. Top speed tidak tau, hanya berani di 150kpj, tp teman pernah nyoba sampe 170kpj. Kelemahan lain: St.Fe sgt payah utk tanjakan, mgkn krn Body St.Fe ckp berat. Menurut mekanik beres Hyundai, gear ratio nya kecil... jd agak kurang utk tarikan awal & tanjakan; mgkn bro2 yg lain isa jelasin. Konsumsi BBM premium rata2 1:8 (kondisi mbl baru isa 1:9).
Selama pemakaian 60.000km, pernah 1x ganti accu, 2x ganti knalpot (ini hrs ati2, harga saat itu 4jt an/set; & ga isa diganti knalpot aftermarket krn akan turunkan performance; bag. muffler plg blkg spt isa kembang-kempis), timing-belt set hrs ganti tiap 37.500km (4jt an) Penggantian Spareparts lain2 spt busi, oli, filter2 mirip mbl lain pd umumnya.
Maaf kalo tulisan sy terlalu panjang, jd saya akhiri saja....
@bro jing_krak: sy pikr St.Fe layak dipertimbangkan bila jarak jauh & kenyamanan yg diutamakan. asal tidak byk tanjakan ekstrem, St.Fe msh OK. Blazer sgt boros BBM (1:5 atau 1:6), sparepart jg mgkn lbh susah; yg pasti bagi saya jok belakang kurang nyaman.
payah tanjakan? memang...kalau masih spek bawaan... selain pakai rasio gigi aspal, torsi bawahnya belum muncul, tipikal mesin bensin dulu...
tapi solusinya mudah kok, porting+polished plus mapping dikit... siap jadi raja tanjakan deh...been there done that
lihat trid santa fe disini, sudah proven dibawa ke dieng plateau dan sampai puncak penanjakan (kawasan gunung bromo)... isi 2 bule + 3 orang asia/indonesia, total beban manusia (belum barang) 450++kg masih bisa nempel truk colt diesel tanpa muatan di tanjakan
top speed, secara teori jika dilihat dari kalkulasi perbandingan gear ratio vs. redline, sekitar 185-190kpj...tapi highly not recommended
justru karena giginya panjang, imo, bikin ga nyaman kalau di dalkot padat... serba salah...pakai gigi 2 terlalu enteng, pakai gigi 3 masih terasa berat
spare parts kalo di BeRes memang kacau harganya... saya sudah 2x ganti TB, bukan di BeRes tapi masih pake parts ori/genuine. Habisnya cuman sekitar (kalo ga salah ingat) 2.5 jutaan tiap ganti. makanya saya sudah ga pernah absen di BeRes lagi
tapi...secara mobilnya jarang dan bukan tipikal fire & forget, butuh komitment buat pelihara si santi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
betul oom...sayangnya memang harus pertamax secara rasio kompresinya sudah lumayan tinggi...Jing_krak wrote:Thanks for nice infonya bro,tetapi saya pernah dengar santa fe itu minum nya kudu pertamax,bnar gak ya?kalau FC 1:8 Menurut saya gak masalah,krn renc.beli boil juga dpakai buat jalan jauh di weekend bersama keluarga,kalau ngantor tiap hari ane pakai jemputan..
bro,kira2 spare part,bengkel dan club boil ini tuk daerah lampung tau gak ya?seperti posting awal ane d atas,ane jauh dr kota,jadi kalau ke kota palingan 2-4 minggu skali,jadi kalau dah tau toko parts,bengkel dan club ane kan gak susyah muter2,he3x..bayangin 6 jam hanya buat di highway aja..
parts lumayan banyak...untuk lampung saya ga tau... tapi bisa kan pesan di jakarta misalnya...apalagi gabung di komunitas...pasti dibantu deh...
untuk perawatan ringan sehari-hari, misalnya tune up atau fast moving, bisa numpang di bengkel spesialis mitsubishi, secara mesinnya masih sodaraan dengan mesin mitsubishi, tipikal hyundai jadul...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
spare parts kalo di BeRes memang kacau harganya... saya sudah 2x ganti TB, bukan di BeRes tapi masih pake parts ori/genuine. Habisnya cuman sekitar (kalo ga salah ingat) 2.5 jutaan tiap ganti. makanya saya sudah ga pernah absen di BeRes lagiimsus2c wrote:[quote="Ryo Akira"timing-belt set hrs ganti tiap 37.500km (4jt an) Penggantian Spareparts lain2 spt busi, oli, filter2 mirip mbl lain pd umumnya.
[/quote]
Pajero gen 2 ganti timing belt tiap 50rb km di bengkel resmi 2,5jt udah include service berkala ringan (5ribuan) dan ganti oli motul 4 liter
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Nov 19, 2010 13:10
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
@imsus2c:wew..brarti ane mesti mikir nie kalau beli nie boil..pertamax,mana ada jual di negeri antah berantah dtengah kebun,walaupun perusahan nyediakan SPBU khusus penghuni perkebunan tp yg djual hanya solar dan bensin biasa..ada solusi gak ya bro?kalau dpaksain pake bensin efek nya apa ya tuk jangka panjang?jujur ane sbenarnya dah jatuh cinta sama nie boil..,mohon pencerahannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
waduh...
dengan spek bawaan, kalo pake premium, yg jelas jadi ngelitik, tenaga payah, lebih boros dan yg jelas jangka panjangnya ngerusak mesin...
mungkin bisa aja diakali pengapiannya supaya bisa pake premium, tapi ya jelas larinya kepayahan dan boros
kalau mau bahas lebih lanjut si santi, silakan dikamarnya aja pak...
dengan spek bawaan, kalo pake premium, yg jelas jadi ngelitik, tenaga payah, lebih boros dan yg jelas jangka panjangnya ngerusak mesin...
mungkin bisa aja diakali pengapiannya supaya bisa pake premium, tapi ya jelas larinya kepayahan dan boros
kalau mau bahas lebih lanjut si santi, silakan dikamarnya aja pak...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Nov 19, 2010 13:10
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
@imsus2c:akhirnya bisa OL lg stelah sekian lama,
sori ane br bisa balas bro,iya deh ane kayaknya mesti banyak mempelajari boil2 inceran ane,mungkin fist step ane bikin list dl dkompt,terus browsing mulai harga,nilai +/- nya,partsnya,fc nya,dah itu mulai deh ane berguru pada suhu suhu di sini(nanya nanya maksudnya soal apa itu torsi,power,kompresi,pokoknya seabreg istilah boil yg ane emang gak ngerti),big thanks for bro imsus2c dan bro lainnya
sori ane br bisa balas bro,iya deh ane kayaknya mesti banyak mempelajari boil2 inceran ane,mungkin fist step ane bikin list dl dkompt,terus browsing mulai harga,nilai +/- nya,partsnya,fc nya,dah itu mulai deh ane berguru pada suhu suhu di sini(nanya nanya maksudnya soal apa itu torsi,power,kompresi,pokoknya seabreg istilah boil yg ane emang gak ngerti),big thanks for bro imsus2c dan bro lainnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
^^^
no prob pak... saya juga jarang absen dan pemalas
no prob pak... saya juga jarang absen dan pemalas
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
kalo jarang absen untuk team pengajar SM ga papa om. kalo pemalasnya ini yg jangan. tar ditiru muridnya di SM lho om...imsus2c wrote:^^^
no prob pak... saya juga jarang absen dan pemalas
... ....
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
POST deleted by t0mc4t
Last edited by WiraSoenaryo on Sat Dec 04, 2010 16:41, edited 1 time in total.
Reason: SPAMMING
Reason: SPAMMING
Re: [WTA] SUv second Budget 75 jt
Kalo ane disuruh pilih ketiga itu milih Ford Escape yg model terlama, yg lampunya masih tegak dan ganti gigi masih di setir. Paling gagah modelnya yg itu...setelah facelift ke facelift malah hilang gagahnya.