kode komunikasi antar kendaraan.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalo tanya dokter mata, nyetir malem2 sambil nyalain lampu kabin, dijamin bakal dilarang... karena kalo saat kondisi gelap, iris mata akan membuka lebar2 shg refleksi objek atau cahaya skecil apapun diusahakan bisa ditangkap oleh receptor2 cahaya di retina mata... nahh kalo kita nyalain lampu kabin atau ada cahaya diskitar kita, otomatis reflek pupil terjadi atau iris akan berkontraksi shg pupil mengecil, shg intensitas cahaya yg masuk melalui celah iris akan terhalang, otomatis jumlah cahaya yg diterima photoreceptor di retina akan berkurang... kondisi ini diperparah dari kondisi fisiologis mata manusia yg umum nya yg plg "peka" pas di siang hari... maklum, kita kan bukan kalong yg tidur di siang, bangun pas malem....
bagi yg suka nyetir malem2, perhatikan jg kondisi mata nya, ada katarak ga ?? dan kalo ada katarak, mendingan dicek dulu, dan jangan skali2 nyalain lampu kabin pas sambil nyetir malem2, dijamin bakal ga kliatan apa2...
bagi yg suka nyetir malem2, perhatikan jg kondisi mata nya, ada katarak ga ?? dan kalo ada katarak, mendingan dicek dulu, dan jangan skali2 nyalain lampu kabin pas sambil nyetir malem2, dijamin bakal ga kliatan apa2...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
DOHC wrote:kalo tanya dokter mata, nyetir malem2 sambil nyalain lampu kabin, dijamin bakal dilarang... karena kalo saat kondisi gelap, iris mata akan membuka lebar2 shg refleksi objek atau cahaya skecil apapun diusahakan bisa ditangkap oleh receptor2 cahaya di retina mata... nahh kalo kita nyalain lampu kabin atau ada cahaya diskitar kita, otomatis reflek pupil terjadi atau iris akan berkontraksi shg pupil mengecil, shg intensitas cahaya yg masuk melalui celah iris akan terhalang, otomatis jumlah cahaya yg diterima photoreceptor di retina akan berkurang... kondisi ini diperparah dari kondisi fisiologis mata manusia yg umum nya yg plg "peka" pas di siang hari... maklum, kita kan bukan kalong yg tidur di siang, bangun pas malem....
bagi yg suka nyetir malem2, perhatikan jg kondisi mata nya, ada katarak ga ?? dan kalo ada katarak, mendingan dicek dulu, dan jangan skali2 nyalain lampu kabin pas sambil nyetir malem2, dijamin bakal ga kliatan apa2...
intinya bukan maslaah krn pupil yg mengecil doang siih... maksdunya, kalau mengecil tp stabil, itu fine.ilhami wrote:kalau lampu kabin menyala, otomatis pupil mengecil. Sehingga situasi di luar yang gelap, kurang ditangkap oleh mata, sehingga makin tidak jelas.
tp dlm hal ini:
2. Mengurangi kelelahan mata
waktu kecil, orang tua kita sering melarang kita menonton di tempat gelap supaya mata tidak sakit, hal ini benar.. karena jika kita menonton di tempat gelap, satu2nya sumber cahaya adalah layar TV, dan layar TV mempunya tingkat intensitas cahaya yg berubah-ubah dengan cepat, sesuai dengan gambar , yg ditampilkan. nah, perubahan cahaya yg cepat ini membuat pupil mata kita juga bergerak2 dengan cepat, untuk menyesuaikan jumlah cahaya yg masuk kedalam retina mata kita.. hal inilah yg membuat mata cepat lelah.
cahaya yg datang dari depan kita...headlamp mobil yg berlawanan...atau....taillamp, terutama lampu rem mobil yg kita ikuti....
kelelahan mata dapat diatasi dengan menambah sumber penerangan lain yg lebih stabil, seperti lampu atau cahaya matahari untuk mengurangi intensitas perubahan cahaya yg cepat dalam ruang. sehingga pupil mata kita tidak bekerja terlalu keras, namun cahaya yg terlalu terang dapat mengurangi kontras tampilan di layar TV kita, dan peletakan yg keliru dapat menyebabkan pantulan mengganggu di layar. karena itu perlu digunakan bohlam yg hanya menimbulkan cahaya ambient saja.
selain hal tersebut di atas, pemilihan warna lampu dan warna dinding dapat berpengaruh pada tampilan warna di layar TV
mereka itu, intensitasnya berubah2 cukup cepat jg.
dan seterusnya.
mmg menyalakan lampu kabin sbg penyeimbang, bagi byk org lsg membuat (nyaris) gak bisa melihat dg jelas ke jalan...tp bagi org tertentu, intensitas lampu kabin yg sewajarnya, justru membantu menstabilkan intensitas cahaya dan flare yg masuk ke matanya, shg gak cepat lelah ...shg dlm jangka bbrp jam, kempuan melihat dari matanya lbh stabil....tidak terlalu menurun tanpa disadari.
Last edited by andy1800 on Thu Nov 18, 2010 12:30, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
@DOHC: kemarin gw nyetir tengah malam, dgn kondisi, gw coba nyalakan lampu kabin, sepengalaman gw kliatan2 aja yah.. dan itu lampu kabin gw nyalakan dalam rentan waktu yang cukup lama..
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
tentu saja bukan lalu ane terus menerus nyalain lampu kabin loh ya... tapi sesuaikan dg kebutuhan.
demikian juga dg kebiasaan mengenakan kacamata (dg filter) kuning di malam hari (terutama utk perjalanan lbh dr 3jam, bahkan 5 jam) .. itu gak perlu terus menerus... divariasikan saja. segimana nyamannya.
yaah, hidup jg perlu variasi kaan?
demikian juga dg kebiasaan mengenakan kacamata (dg filter) kuning di malam hari (terutama utk perjalanan lbh dr 3jam, bahkan 5 jam) .. itu gak perlu terus menerus... divariasikan saja. segimana nyamannya.
yaah, hidup jg perlu variasi kaan?
Last edited by andy1800 on Thu Nov 18, 2010 12:36, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
hehehe... kalo soal mengecil tapi stabil doank sehhh itu ga mungkin terjadi om kalo nyetir, apalagi kalo rute nya lancar.... kan bola mata jg bisa berakomodasi utk liat jarak jauh deket... itu sdikit banyak ngaruh ke otot2 spinchter iris nya... cmiiw
btw yg bikin mata lelah kalo nonton itu bukan faktor utama karena pupil om, karena otot2 iris yg ngatur celah pupil itu kerjanya autonom, alias otomatis, persis sperti jantung kita... jadi lelah mata itu bukan karena pupil yg dipaksa berkerja tapi lebi ke otot2 bola mata yg dipaksa berakomodasi terus2an... apalagi usia anak2 yg masi belia gt, perkembangan otot2 dan saraf2 matanya blom bener2 "matang" jadi yahh rentan bikin cape... lah wong orang dewasa aja bisa cape liat monitor terus2an...
btw yg bikin mata lelah kalo nonton itu bukan faktor utama karena pupil om, karena otot2 iris yg ngatur celah pupil itu kerjanya autonom, alias otomatis, persis sperti jantung kita... jadi lelah mata itu bukan karena pupil yg dipaksa berkerja tapi lebi ke otot2 bola mata yg dipaksa berakomodasi terus2an... apalagi usia anak2 yg masi belia gt, perkembangan otot2 dan saraf2 matanya blom bener2 "matang" jadi yahh rentan bikin cape... lah wong orang dewasa aja bisa cape liat monitor terus2an...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
yah terang aja om nes kliatan donk om... kalo ga, berarti ada yg ga beres tuh mata nya.... tapi normal nya sehh lebi enak kalo dalam kondisi gelap... kalo ga, knapa jeep2 yg adventure ke dalem utan gt punya lampu sorot yg ngarah ke depan, tapi ga ada yg ngarah ke dalem kabin biar bikin terang benderang....nescafe wrote:@DOHC: kemarin gw nyetir tengah malam, dgn kondisi, gw coba nyalakan lampu kabin, sepengalaman gw kliatan2 aja yah.. dan itu lampu kabin gw nyalakan dalam rentan waktu yang cukup lama..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
busettt.. dari bahas kode jadi ampe nyasar ke lampu segala..
hehehehehehehehehehehehe..
hehehehehehehehehehehehe..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
yaaah, tentu saja yg dimaksud itu mmg bukan krn ihwal pupilnya itu sendiri doong... pupil mmg cuma semacam mekanisme diagphragma...yap, persis spt itu.. yg menggerakkan "buka tutupnya", tentu saja adlh otot2 mata itu...
nah, masalanya, kalau itu otot disuruh/dipaksa utk melakukan "buka-tutup" dg cepat.....tentu saja dia akan cepat lelah juga bukan?
naah, spt artikel tsb
makanyaa, spy otot tsb tidak cepat lelah, maka kecepatan intensitas tsb bisa dikurangi, utk bbrp org tertentu.... yaitu dg cara: dst dst dst...
begitu bukan?
note:
kalau dlm kota, krn penerangan jalan jauh lbh bagus, maka total/komposit cahaya2 yg "menerpa" mata kita boleh dibilang relatif stabil.
sdgkan kalau lukot, sekeliling gelap, tiba2 blarrrr headlamp...juga, dari lampu ekor doang, tiba2 blaar lampu rem, pdhl sekelilingnya gelap....ini adalh perubahan intensitas yg relatif cukup cepat.
nah, masalanya, kalau itu otot disuruh/dipaksa utk melakukan "buka-tutup" dg cepat.....tentu saja dia akan cepat lelah juga bukan?
naah, spt artikel tsb
makanyaa, spy otot tsb tidak cepat lelah, maka kecepatan intensitas tsb bisa dikurangi, utk bbrp org tertentu.... yaitu dg cara: dst dst dst...
begitu bukan?
note:
kalau dlm kota, krn penerangan jalan jauh lbh bagus, maka total/komposit cahaya2 yg "menerpa" mata kita boleh dibilang relatif stabil.
sdgkan kalau lukot, sekeliling gelap, tiba2 blarrrr headlamp...juga, dari lampu ekor doang, tiba2 blaar lampu rem, pdhl sekelilingnya gelap....ini adalh perubahan intensitas yg relatif cukup cepat.
Last edited by andy1800 on Thu Nov 18, 2010 12:50, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
ya maksud gw tidak ada indikasi timbulnya kelelahan pada mata atau menjadi berkurangnya pengelihatan pada jalan atau pada mobil yang datang dari arah berlawanan..DOHC wrote:yah terang aja om nes kliatan donk om... kalo ga, berarti ada yg ga beres tuh mata nya.... tapi normal nya sehh lebi enak kalo dalam kondisi gelap... kalo ga, knapa jeep2 yg adventure ke dalem utan gt punya lampu sorot yg ngarah ke depan, tapi ga ada yg ngarah ke dalem kabin biar bikin terang benderang....nescafe wrote:@DOHC: kemarin gw nyetir tengah malam, dgn kondisi, gw coba nyalakan lampu kabin, sepengalaman gw kliatan2 aja yah.. dan itu lampu kabin gw nyalakan dalam rentan waktu yang cukup lama..
jeep adventure ga ada yang mengarah ke dalam kabin lampunya biar mikin terang benderang? khan ga ada mobil dari arah berlawanan bang,, di hutan gitcuh...
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalo jalan malam mah menurut ane enakan gk usah nyalain lampu kabin lah.. malahan kalo perlu di tambah kaca film gelap 80% 2 lapis kiri dan kanan, wuihhh mantap... kesannya gimana gtiu deh.. ane pernah coba pas naik mobil temen ane..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
mending kita pindah ke chatroom..DOHC wrote:ane iya aja dehh...
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
tapi kan suka ada BADAK dari arah berlawanan tuh om...nescafe wrote:ya maksud gw tidak ada indikasi timbulnya kelelahan pada mata atau menjadi berkurangnya pengelihatan pada jalan atau pada mobil yang datang dari arah berlawanan..DOHC wrote:yah terang aja om nes kliatan donk om... kalo ga, berarti ada yg ga beres tuh mata nya.... tapi normal nya sehh lebi enak kalo dalam kondisi gelap... kalo ga, knapa jeep2 yg adventure ke dalem utan gt punya lampu sorot yg ngarah ke depan, tapi ga ada yg ngarah ke dalem kabin biar bikin terang benderang....nescafe wrote:@DOHC: kemarin gw nyetir tengah malam, dgn kondisi, gw coba nyalakan lampu kabin, sepengalaman gw kliatan2 aja yah.. dan itu lampu kabin gw nyalakan dalam rentan waktu yang cukup lama..
jeep adventure ga ada yang mengarah ke dalam kabin lampunya biar mikin terang benderang? khan ga ada mobil dari arah berlawanan bang,, di hutan gitcuh...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
BADAK udah ilang ditelan bumi...DOHC wrote:tapi kan suka ada BADAK dari arah berlawanan tuh om...
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kutunggu jandamu disana om....nescafe wrote:mending kita pindah ke chatroom..DOHC wrote:ane iya aja dehh...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Tue Jan 04, 2011 13:44
- Location: Kabupaten Tegal dan Semarang
- Daily Vehicle: Ertiga GX 2014
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalo ajaran Suheng (kakak seperguruan) ane di Pantura gini oom :
Kalo di jalan searah :
Rating kiri sambil rada minggir -> belok kiri ( yaeyalah ) ato bisa juga silakan disalip ( itu juga kalo mampu )
Rating kanan -> belok kanan ato jangan salip dulu
Kalo di jalan dua arah :
Rating kiri -> belok kiri ( tetep ) ato hati-hati dari arah berlawanan ada kendaraan, jangan dulu ambil.
Rating kanan -> belok kanan (tetep ) ato ayo-ayo salip,
CMIIW ya ooms, maklum
Kalo ngemudi malem-malem, ane sering nebeng di belakang bis malem Oom, beliau-beliau hampir selalu kasih kode, jadi enak diikutinnya.
Tapi akhir-akhir ini jalanan Pantura lagi remuk, ngikutin bis malah bikin jalan gak kliatan, ujung-ujungnya bikin sering jajan kaki-kaki si Luna.
Kalo di jalan searah :
Rating kiri sambil rada minggir -> belok kiri ( yaeyalah ) ato bisa juga silakan disalip ( itu juga kalo mampu )
Rating kanan -> belok kanan ato jangan salip dulu
Kalo di jalan dua arah :
Rating kiri -> belok kiri ( tetep ) ato hati-hati dari arah berlawanan ada kendaraan, jangan dulu ambil.
Rating kanan -> belok kanan (tetep ) ato ayo-ayo salip,
CMIIW ya ooms, maklum
Kalo ngemudi malem-malem, ane sering nebeng di belakang bis malem Oom, beliau-beliau hampir selalu kasih kode, jadi enak diikutinnya.
Tapi akhir-akhir ini jalanan Pantura lagi remuk, ngikutin bis malah bikin jalan gak kliatan, ujung-ujungnya bikin sering jajan kaki-kaki si Luna.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
I'll be backnescafe wrote:BADAK udah ilang ditelan bumi...DOHC wrote:tapi kan suka ada BADAK dari arah berlawanan tuh om...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
tapi intinya, kalo jalan malam harus ngidupin head lamp... itu lebih penting daripada ngidupin lampu kabin tapi head lamp mati...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
itu namany SL lagi jalan slow ngalangin mobil laen dibelakang nya ..ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalo sendirian, berarti kloaksonnya konslet. kalo rame-rame, berati lagi pawai.kapsul 97 wrote:itu namany SL lagi jalan slow ngalangin mobil laen dibelakang nya ..ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
SL kan lagi pelan.. biar tokisul bisa nyalib SL....kapsul 97 wrote:itu namany SL lagi jalan slow ngalangin mobil laen dibelakang nya ..ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
Alhamdulillah bisa nyalip SL ...maskopat wrote:SL kan lagi pelan.. biar tokisul bisa nyalib SL....kapsul 97 wrote:itu namany SL lagi jalan slow ngalangin mobil laen dibelakang nya ..ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kemungkinan besar lagi ngetes klakson, apakah klaksonnya msh bagus apa kaga...........wakakakakaka.....ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
ngacir dulu ahhhhh..... sebelon ditimpuk klakson.......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
selain ngetest klakson masih bagus apa kgk, bisa juga ngetes kekencengan suara klakson tuh, tar kan kalo kurang kenceng biar dipasangin relay klakson ama prop.sjamsul wrote:kemungkinan besar lagi ngetes klakson, apakah klaksonnya msh bagus apa kaga...........wakakakakaka.....ilhami wrote:Kalau kode klakson panjaaaang, berkali-kali, kadang bisa beberapa kendaraan sekaligus, dalam keadaan berhenti..itu artinya apa Om
ngacir dulu ahhhhh..... sebelon ditimpuk klakson.......
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!