Banyak yang beranggapan bahwa perbandingan HP to Weigth Ratio adalah angka yang secara kasat mata di atas kertas menentukan performance suatu kendaraan dalam berakselerasi.
Tapi benarkah demikian ? Sesederhanakah itu ?
Ane coba membuka2 kembali test hasil perbandingan yang terdahulu dari berbagai macam merk mobil. Antaralain CIVIC SIR B16 , Nissan Pulsar , Mitsubishi EVO VII , Mitsubishi Cyborg , Subaru WRX , Honda S- 2000.
Walaupun mobil2 tersebut bukan mobil terbaru yang up to date , tidak ada salahnya ane angkat kembali topic ini di serayamotor , mengingat topic ini menurut ane sangat menarik..
Dari hasil data di LAP , ada beberapa hasil yang sangat mengejutkan. Antaralain sebagai berikut :
MITSUBISHI MIRAGE ZIBORG ZR 4G92 175 HP VS CIVIC SIR B16 A 170 HP
Ane Translate dari Google , jadi mohon maklum kalau ada grammar yang nggak tepat. sbb:
Mitsu memakai mesin 4G92 DOHC 1.6 Liter Mivec , Variable Valve Lift and timing yang sekelas dengan Honda Vtec , menghasilhan daya 175 HP lebih tinggi 5 hp dari honda dan torsi 17 kgm lebih tinggi 1 kgm dari honda. Dengan bobot yang lebih ringan dari Civic , secara teori di atas kertas mitsu lebih superior daripada Honda.
mesin - tipe 4G92 Spec :
type: transverse in-line 4
bore x stroke: 81.0 x 77.5
capacity: 1597cc
valve train: dohc 16v with MIVEC
compression ratio: 11.0:1 rasio kompresi: 11.0:1
fuel system: (Mitsubishi) multi-point fuel injection
power: 175ps at 7500rpm
torque: 17.0kgm at 7000rpm
MAJALAH JEPANG Best Motoring TEST
JEPANG majalah MOTOR dilakukan JARI (Japan Automobile Research Institute) melakukan test pada EG6 Civic SIR-2 dan Mirage Cyborg R. Meskipun sangat tergantung pada keterampilan pengemudi, diuji 0-100kph dan waktu drag 0-400m namun sangat indikatif kinerja sprint sebenarnya kendaraan ini. Dalam tes masing-masing, Mirage Cyborg R diuji untuk melakukan 0-100kph dalam 8.16 detik dan 0-400m di 15,65 detik.
Surpisingly, Civic EG6 melakukan 7.66seconds yang sesuai dan 0 - 400 m dalam 15,17 detik . Hasil ini sangat menunjukkan bahwa Civic EG6 akan lebih unggul dari Mirage Cyborg R dalam perlombaan garis lurus.
Hasil Test Oleh Majalah Japan Best Motoring
Namun, banyak berkeyakinan nilai sebenarnya dari sebuah mobil kinerja tidak hanya dalam kemampuan garis lurus, tetapi lebih sehingga dalam kemampuannya sebagai mobil kinerja secara keseluruhan, menikung yaitu, keseimbangan, serta aksesibilitas yaitu betapa mudahnya untuk mengendarainya cepat.. Nilai akhir dari mobil kinerja sehingga dalam waktu putaran mengelilingi sirkuit referensi.
Mirage Memimpin Di Depan saat Start
Civic Mengejar
Civic Unggul Dalam Top Speed
Civic Finish Pertama
BEST MOTORing TSUKUBA CIRCUIT "BATTLE
Civic Sir II ( 3 doors) - Civic Ferio Sir II ( 4 Doors) vs Mirage ( 3 Doors ) - Lancer MR ( 4 Doors ) vs Trueno ( 3 Doors ) vs Marino Sprinter (4 Doors)
Referensi favorit saya untuk ini adalah JAPAN TERBAIK otomotif seri video. Mereka melakukan tes kinerja dari semua mobil JDM.. Yang paling penting meskipun adalah TERBAIK Motoring tergantung pada sekelompok pembalap profesional yang didirikan untuk pengujian kinerja mereka, yang mencakup paket 0-400metre (sekitar 0-1/4mile) tes sprint serta "pertempuran sirkuit" yang dalam bentuk ras lap 5 sampai 7 biasanya di sirkuit Tsukuba terkenal di Jepang.
Dalam edisi 1996 akhir November BEST otomotif, mereka melakukan uji kinerja untuk mobil 1.6litre terbaik di Jepang. Treuno Toyota dan Sprinter Marino (kedua menggunakan Toyota 1.6L DOHC inline 4 20valve mesin memberikan 165ps).
Posisi Grid Sesuai Power to Weight rasio
Tikungan Awal Mobil 3 pintu sudah Mendekati Mobil 4 Pintu
Lap Lurus Civic Sudah Memimpin Di Depan
Pensiunan pembalap M. Kurosawa mudah mengambil Civic EK4 untuk memimpin awal dalam pertempuran. Mempertahankan memimpin sepanjang perlombaan 5-Lap, ia mengambil kemenangan mudah..
The image below shows the final race result. The EK4 Civic won the race easily. The Mirage ZR menempati posisi kedua meskipun Trueno menghasilkan waktu lap terbaik . Civic Ferio Si-2 selesai kedua di jajaran mobil 4 pintu.
Gambar di bawah ini menunjukkan "Time Attack" hasil untuk 6 mobil dalam pertempuran. " "Time Attack" tersebut adalah hasil waktu lap tercepat selama menjalankan lap individu yang dilakukan oleh berbagai driver sebelum pertempuran. jelas terlihat bahwa Civic EK4 sangat jauh lebih cepat daripada pesaing lainnya. Perhatikan bahwa time attack untuk Mirage ZR lebih lambat daripada Trueno.
Bahkan, walaupun memiliki rasio power-berat terbaik di antara tiga 3-pintu, yang ZR Mirage adalah paling lambat sekitar sirkuit Tsukuba.
Pada titik ini, penting untuk menyoroti bahwa ketiga mobil 3 doors telah dilengkapi dengan LSDs.
Kesimpulan :
Dengan demikian, rasio daya-berat unggul bukan merupakan jaminan pasti untuk kinerja yang paling baik.
NISSAN VZR VS CIVIC TYPE R
Nissan Pulsar dengan Tenaga 200 HP vs Civic Type R 185 HP
Condition: WET
Nissan Pulsar VZ-R dan Honda Civic Type-R
0-400m (1/4 mile)
15.15 @ 149.5km/h (93mp/h)
approx 14.6x in dry
15.25 @ 149.5 km/h (93mp/h)
approx 14.7x in dry
0-50km/h (0-31mp/h)
nissan : 2.84 sec
civic: 2.90 sec
0-100km/h (0-62mp/h)
nissan: 7.09 sec
Civic 7.08 sec
0-150km/h (0-94mp/h)
Nissan 15.21sec
Civic 14.92 sec
0-180km/h (0-112mp/h)
Nissan 23.43 sec
Civic 25.98 sec (governed)
Gymkhana Lap Test
Nissan 46.47 sec
Civic 45.33 sec
FULL MODIF : S2000 vs Subaru WRX vs Mitsu Evo VII
1st Place (RWD)
2001 Comptech USA Honda S2000
Street drivability:
1/4-mile: 13.3 sec @ 108 mph
Road course: 66.3 sec
130-to-0-mph braking: 530 feet
Total course time: 124.1 sec
SPEC:
Vehicle type: front-engine, 2-passenger, 2-door roadster
Price as tested: $68,386 (base price*: $60,821)
Engine type: supercharged and intercooled DOHC 16-valve 4-in-line, aluminum block and head, Honda engine-control system with port fuel injection
MODS engine/transmission: $13,668; suspension: $6014; brakes: $3995; wheels/tires: $4404; body/interior: $7565
Displacement 122 cu in, 1997cc
Power (mfr's claim) 350 bhp @ 8800 rpm
Torque (mfr's claim) 210 lb-ft @ 8000 rpm
Transmission 6-speed manual
Front brakes Comptech USA 12.9 x 1.1-in vented, cross-drilled disc; Brembo Indy 4-piston caliper
Rear brakes Comptech USA 12.8 x 0.5-in cross-drilled disc; 1-piston caliper
Brake-pad material, front semimetallic
rear semimetallic
Wheelbase 94.5 in
Length 162.2 in
Curb weight 2833 lb
Weight distribution, front/rear 51.1/48.9%
2nd Place (4WD) 2003 Rhys Millen Racing Mitsubishi Lancer Evolution
Street drivability:
1/4-mile: 13.0 sec @ 105 mph
Road course: 65.2 sec
130-to-0-mph braking: 561 feet
Total course time: 127.8 sec
Spec:
Vehicle type: front-engine, 5-passenger, 4-door sedan
Price as tested: $39,672 (base price*: $37,374)
Engine type: turbocharged and intercooled DOHC 16-valve 4-in-line, iron block and aluminum head, Mitsubishi/Power Industries engine-control system with port fuel injection
MODS engine/transmission: $4112; suspension: $2000; wheels: $1700; body/interior: $1818
Displacement 122 cu in, 1997cc
Power (mfr's claim) 341 bhp @ 6500 rpm
Torque (mfr's claim) 352 lb-ft @ 3250 rpm
Transmission 5-speed manual
Front brakes stock Brembo 12.7 x 1.3 vented disc; stock Brembo 4-piston caliper
Rear brakes stock Brembo 11.8 x 0.9 vented disc; stock Brembo 2-piston caliper
Brake-pad material, front carbon-metallic
rear carbon-metallic
Wheelbase 103.3 in
Length 178.5 in
Curb weight 3149 lb
Weight distribution, front/rear 60.8/39.2%
3rd Place (4WD) 2003 Cobb Tuning Subaru Impreza WRX
Street drivability:
1/4-mile: 13.7 sec @ 102 mph
Road course: 65.4 sec
130-to-0-mph braking: 592 feet
Total course time: 128.5 sec
Spec:Vehicle type: front-engine, 5-passenger, 4-door sedan
Price as tested: $86,655 (base price*: $83,985)
Engine type: turbocharged and intercooled DOHC 16-valve flat-4, aluminum block and heads, AccessECU reprogrammed Subaru engine controller with port fuel injection
MODS engine/transmission: $30,860; suspension: $4070; brakes: $3000; wheels/tires: $4240; body/interior: $19,040
Displacement 151 cu in, 2482cc
Power (mfr's claim) 450 bhp @ 6800 rpm
Torque (mfr's claim) 410 lb-ft @ 4500 rpm
Transmission Subaru Impreza WRX STi 6-speed manual
Front brakes AP Racing 12.9 x 1.5-in vented disc; AP Racing 6-piston caliper
Rear brakes Wilwood 12.2 x 1.5-in vented, grooved disc; Wilwood 4-piston caliper
Brake-pad material, front carbon-metallic
rear carbon-metallic
Wheelbase 99.4 in
Length 173.4 in
Curb weight 3108 lb
Weight distribution, front/rear 58.7/41.3%