Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
jalu wrote:prediksi saya bisa laris manis nih...city car jepang, ada varian matic (afaik disini blm ada citycar jepang matic dr ATPM, umumnya koreans), bentuk fresh, dimensi lbh besar dan harganya menarik...
Setuju, apalagi Toyonda tidak bermain di kelas ini, bebas bablas udah
toyota sih gak maen di kelas ini, tapi "adiknya" maen di kelas itu... sirion...
dugaan ane, march akan "tidak bersinar" di sini. karena customer meleng dikit, dapet mobil terlaris sepanjang masa...
toh sudah ada contoh sirion yang "kalah" dan juga keluarga mumun yang kurang bersinar...
yuk, analisis penjualan dan marketingnya... seru nih...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
march akan berhadapan dgn splash yg sudah wara wiri di jalanan... yang ntah kenapa tidak ada varian matic, pdhl city car
product baru suzuki relatif laris tapi ntah kenapa cenderung over-price - harga ketinggian jualan nya, datang competitor baru lgsg banting harga... kyk aerio dulu demand tinggi indent lama - datang lah jazz dan setelah itu tinggal jadi kenangan
maskopat wrote:dugaan ane, march akan "tidak bersinar" di sini. karena customer meleng dikit, dapet mobil terlaris sepanjang masa...
toh sudah ada contoh sirion yang "kalah" dan juga keluarga mumun yang kurang bersinar...
yuk, analisis penjualan dan marketingnya... seru nih...
opini saya nyambung kan....??
jalu wrote:tantangan nissan tinggal memperluas jaringan beresnya dan memperkuat marketing khususnya bagi kalangan first entry user/buyer, mengingat harganya bersinggungan langsung dng mbl sejuta umat
terus terang....jualan city car memang susah, krn harganya masuk di rentang xenia/avanza...tapi ingat2...city car yg beredar sebelumnya itu dihasut, sijuki dan some koreans....dimana brand imagenya masih dianggap kelas 2, saat pabrikan jepang yg dianggap papan atas disini (ToyoNdaSsan) blm ada yg masuk ke segmen itu).
March vs Avanza mengingatkan saya sewaktu Jazz pertama kali hadir dng harga sekelas Kijang......keduanya terjual laris....nah gmn dengan march ini...?? hehehe...
yang perlu dibuktikan dr march yaitu dr sisi mesinya....3 cyl 1200cc, 80 HP......gimana getaran mesin, efisiensi dan performanya....??? jika ada yg mengecewakan, keadaan mungkin bs berubah.....
IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
gemelli wrote:march akan berhadapan dgn splash yg sudah wara wiri di jalanan... yang ntah kenapa tidak ada varian matic, pdhl city car
product baru suzuki relatif laris tapi ntah kenapa cenderung over-price - harga ketinggian jualan nya, datang competitor baru lgsg banting harga... kyk aerio dulu demand tinggi indent lama - datang lah jazz dan setelah itu tinggal jadi kenangan
splash didatangkan utuh dr india...sayangnya spek dasarnya jg sama dng versi india alias gak ada varian matic (fitur2 safety dan comfortnya jg dipreteli ), padahal di belahan dunia yg lain splash ada varian CVT matic....entahlah masing2 prinsipal punya kebijakan sendiri2 dlm menjual produknya.
IMHO, andaikan dr awal ada splash matic, mungkin bs meraih peluang krn sudah hadir lbh dulu dibanding march,
info dr sales jg gitu sih....yg minat splash ini banyak, tapi akhirnya pada mundur teratur krn gak ada yg matic,hehehe....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
pcx wrote:Seblomnya kaget juga denger perkiraan harga 180 jt untuk varian tertinggi
Mungkin NMI lempar isu itu cuma untuk liat respon publik dulu gimana, hehe lebay juga ni
ho oh keliatannya kok gitu. Pake sebar2 cerita kalau March lebih baik dari Yaris. Lah ga salah, kelasnya aja di bawahnya. Ini maksudnya dari segi cc mesin, kalo dimensi sih dari spec mirip2.
Nanti boss Teddy cuma ngomong: murah lho "cuma" 160 jt, tadinya 180 jt lho, hemat 20 jt dapat mobil yg lebih hebat dari Yaris!
gemelli wrote:march akan berhadapan dgn splash yg sudah wara wiri di jalanan... yang ntah kenapa tidak ada varian matic, pdhl city car
product baru suzuki relatif laris tapi ntah kenapa cenderung over-price - harga ketinggian jualan nya, datang competitor baru lgsg banting harga... kyk aerio dulu demand tinggi indent lama - datang lah jazz dan setelah itu tinggal jadi kenangan
Iya sayang banget ya Suzuki sering begitu , padahal banyak juga produk Suzuki yang merupakan pionir pada awalnya sebelum diikuti kompetitornya
contohnya Vitara pertama tahun 1992, itu SUV pertama di Indonesia kan
booming banget ni mobil waktu itu, sampai diproduksi varian Escudo dan Sidekick yang menjadikan sales nya meningkat 2x lipat lagi sebelum krismon 98
Honda aja baru produksi CRV tahun 2000 yang merupakan SUV pertamanya karena trend sedan yang ternyata terus menurun
Trus Aerio yang juga mini MPV hatchback pertama di indo yang diluncurkan taon 2002 dengan interior two tone nya.
Seteleh HPM CKD Jazz i-DSI taon 2004, tau sendiri kan nasibnya Aerio
Yang terakhir Suzuki SX4 yang juga diklaim sebagai X-Over pertama di Indonesia
walaupun membingungkan karena HPM juga mengklaim All New CRV sebagai X-Over
Mungkinkah ni terulang lagi pada saat March vs Splash ?
maskopat wrote:dugaan ane, march akan "tidak bersinar" di sini. karena customer meleng dikit, dapet mobil terlaris sepanjang masa...
toh sudah ada contoh sirion yang "kalah" dan juga keluarga mumun yang kurang bersinar...
Maksud ane, laris sewajarnya city car sehingga bisa dibilang jualan yg sukses buat NMI - bukan laris seperti Avanza - hanya MPV yg bisa laris seperti itu di Indonesia.
maskopat wrote:dugaan ane, march akan "tidak bersinar" di sini. karena customer meleng dikit, dapet mobil terlaris sepanjang masa...
toh sudah ada contoh sirion yang "kalah" dan juga keluarga mumun yang kurang bersinar...
Maksud ane, laris sewajarnya city car sehingga bisa dibilang jualan yg sukses buat NMI - bukan laris seperti Avanza - hanya MPV yg bisa laris seperti itu di Indonesia.
hmmm... city car wajar larisnya berapa ya?
tapi nih, dugaan ane, gak akan melampaui yaris.... melampaui swift pun akan susah. kalo dengan sirion, mungkin bisa lebih baik kali ya..
sepertinya segemen ini agak sulit di pasar indonesia. cmiiw.
tapi sebenernya untuk ke konsumen yang membutuhkan kompetisi dari mobil, ini perlu dilaunching. karena saat ini, cuman ada 2 player jepang yang boleh dikatakan head-to-head. seperti splash dan sirion. sisanya mungkin the koreans and malays...
sementara yang bisa "nilep" adalah avxen... salah strategi dikit, pasar mobil ini akan "ditilep" oleh TAM/DAM seperti yang dijelaskan oleh kakak pembina..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kalo diliat dari penerawangan gw yg ga jelas, NMI mungkin akan lebih push penjualan March AT yg high endnya. Mirip2 Honda Freed yg lebih diutamakan jualan tipe PSDnya. Beda dengan misalnya Innova dan Avanza yg lebih laku tipe tengahnya (G) atau Nissan Grand Livina yg lebih laku tipe rendahnya (1500 bukan yg 1800)
Kalo melihat dari test FC yang bisa 18,5 km/lt mungkin ini bisa menjadi kartu AS NMI untuk memuluskan penjualan march ini.
test FC ini baru katanya lho
tapi kalo selama ini HR15DE saja sudah terkenal irit apalagi HR12DE 3 cyl doank.
Kalo dari brand image NMI jelas lebih pede dari kompetitor lainnya di kelas 1.2 L, kecuali kalo taon depan HPM jadi masukin Brio si adik jazz
Ada yang udah test drive di epicentrum kemaren? Udah ada yg tau indennya brp lama Ga? Pengen sih tapi takutnya lama Ga kirk2 kyk fiesta. Masa 4 - 6 bulan?? Bingung antara ini sama avega nih. Kalo ready stock sih okay, kalo inden Ga ketulungan kyk gitu, hmmm...pikir2 dl deh.
rechtmasta wrote:Ada yang udah test drive di epicentrum kemaren? Udah ada yg tau indennya brp lama Ga? Pengen sih tapi takutnya lama Ga kirk2 kyk fiesta. Masa 4 - 6 bulan?? Bingung antara ini sama avega nih. Kalo ready stock sih okay, kalo inden Ga ketulungan kyk gitu, hmmm...pikir2 dl deh.
Kemarin udah sempet test drive baik yang MT atau AT : soal model, design nggak ada masalah. Cute small car dg dimensi body agak besar (menuju Yaris). TAPIIII...soal performa mesin It's a BIG NO !!! Parah abiezz, kayak naik bom2 car. Sangat kecewa dg performa mesin-nya. Susah digambarkan dalam kata2. Nggak enak banget !! Jangankan sama Splash, sama Picanto atau i10 juga belum tentu menang. Kalau nggak percaya silahkan dicoba teman2..
So far untuk 1200 cc menurut saya yang udah test drive semuanya : (1) Splash (2) Proton Savvy (Mantabzz!! Jangan pandang sebelah mata produk Proton) (3) Hyundai i10 (4) New Spark (5) Picanto. Semuanya masih masuk toleransi enak dikendarai.
Kirain mesin 1200 March 3 silinder bisa kasih alternatif yang menyegarkan, ternyata
djrudal wrote:Kemarin udah sempet test drive baik yang MT atau AT : soal model, design nggak ada masalah. Cute small car dg dimensi body agak besar (menuju Yaris). TAPIIII...soal performa mesin It's a BIG NO !!! Parah abiezz, kayak naik bom2 car. Sangat kecewa dg performa mesin-nya. Susah digambarkan dalam kata2. Nggak enak banget !! Jangankan sama Splash, sama Picanto atau i10 juga belum tentu menang. Kalau nggak percaya silahkan dicoba teman2..
So far untuk 1200 cc menurut saya yang udah test drive semuanya : (1) Splash (2) Proton Savvy (Mantabzz!! Jangan pandang sebelah mata produk Proton) (3) Hyundai i10 (4) New Spark (5) Picanto. Semuanya masih masuk toleransi enak dikendarai.
Kirain mesin 1200 March 3 silinder bisa kasih alternatif yang menyegarkan, ternyata
Hey Mr. DJ......gimana review anda ttg vibrasi mesinnya pak...??
apakah getaran khas 3 silindernya bisa diredam dng baik..??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
djrudal wrote:Kemarin udah sempet test drive baik yang MT atau AT : soal model, design nggak ada masalah. Cute small car dg dimensi body agak besar (menuju Yaris). TAPIIII...soal performa mesin It's a BIG NO !!! Parah abiezz, kayak naik bom2 car. Sangat kecewa dg performa mesin-nya. Susah digambarkan dalam kata2. Nggak enak banget !! Jangankan sama Splash, sama Picanto atau i10 juga belum tentu menang. Kalau nggak percaya silahkan dicoba teman2..
So far untuk 1200 cc menurut saya yang udah test drive semuanya : (1) Splash (2) Proton Savvy (Mantabzz!! Jangan pandang sebelah mata produk Proton) (3) Hyundai i10 (4) New Spark (5) Picanto. Semuanya masih masuk toleransi enak dikendarai.
Kirain mesin 1200 March 3 silinder bisa kasih alternatif yang menyegarkan, ternyata
Hey Mr. DJ......gimana review anda ttg vibrasi mesinnya pak...??
apakah getaran khas 3 silindernya bisa diredam dng baik..??
Parah Bro !! Berisik dan kasar. Again, its a BIG NO !!!
Kalau mesin livina dibenamkan di March ya pasti jadi enak banget, tapi apa mungkin? So far belum ada rencana dari pihak Nissan..
aldy wrote:Tunggu mesin yg 1500cc deh ..Siapa tau livina XR digusur karena penjualannya biasa2 aja terus diganti march 1500cc..NGAREP mode
Tapi ini langkah yang masuk akal kedepannya buat gw loh. Pas diskusi kemaren banyak juga yang kepikiran ama mesin 1200cc 3 silindernya. Mereka banyak anggap kalau 3 silinder itu susah ngedapatin keseimbangan yang bagus, mau digimanain juga. Masalah cc sebenrnya ga masalah, wong splash yang 1200cc juga gw pake ngacirnya ga ketulungan
Mungkin kenaekan juga ga akan gede, toh production line udah ada. Tinggal pake yang livina famly, pasti final costnya juga ga akan gede2 amat. Kita lihat nanti deh penjualannya, hehehehe
harga MT dibandrol 138.8jt. yg AT selisih 10jt. yg dah pake airbag (hanya untuk pengemudi), ABS, EBD, immobilzer, pintu depan dengan trim khusus dan AC auto (AT-XS), harganya 58.8jt.
3 silinder melintang (fwd) biasanya goyang vibrator...
3 silinder membujur (rwd) biasanya goyang hulahoop...
.............
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ternyata starting price di 130an jt... baguslah.. plg tidak ada salah satu nilai plus dari mobil ini... goyangan atau getaran mesin kasar sehhh mustinya ga terlalu big deal yahh... scara kalo emang pasar yg dituju ama city car ini utk anak2 muda yg baru blajar nyetir atau cewek2 abg imut yg emang nyari mobil buat kuliah doank... scara kriteria2 utk diterima oleh pasar tsb uda ada di nissan march... merek jepang (biar gengsi), murah, bentuk imut...
ok, sgala macam analisis, udah dikemukakan ...
nah, sbg penggembira marketing, mari kita memberikan prediksi, lakunya akan spt apa ini March,
- lbh laku mana...? M/T atau A/T
- ambil acuan laku sekali = Jazz, tidak laku = Splash.... March akan laku segimana? seperempatnya Jazz? atau kira2 setara dg Yaris ?...setara Karimun Estillo ? atau kira2 setara dg Swift..? Picanto...
yg pasti sehh kalo utk anak muda, laku nya yg matic kali yahh....
sekedar laku??... tebakan ane mungkin diatas splash, tapi jauhhhh dibawah yaris, jazz... tapi ini smua berpulang kpd NMI gmana strategi promosi nya.... kalo emang mo laku, mereka harus brani dan gencar abis2an promosi nya.... ajang kontes modif, roadshow, goes to campus, dll harus diadain sesering mungkin... jgn kaya pas XR atau xgear yg terkesan promosi ogah2an.... ga heran ga laku itu mahh...
selama strategi pemasaran nya pas, trus fitur2 beneran spt yg d atas (abs-ebd-ba-airbag), harga ga d naikin minimal sampe awal thn depan, prediksi sy bakal booming...........
kebetulan blom TD jd msh blom bsa komen macem2 soal posisi duduk, interior, getaran mesin 3 slindernya de el el............
cm pengamatan dr harga vs fitur vs bentuk doank
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching