Oli untuk Kijang Kapsul '97

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

Agan-agan yang keren, mohon info dan masukannya dong untuk oli mesin ... kira-kira kalu untuk Kijang Kapsul karbu oli yang cocok pake oli apa ya ? soalnya gini :

ane sebenarnya sekarang pake Shell yang kuning bensin, pada KM 10rebu yang lalu pada saat mesin dihidupkan suara rante ketengnya nyaring banget, lalu setelah KM 5rebu kemudian ganti lagi dengan oli yang sama, Shell kuning bensin tadi, sura rante keteng pada saat mesin baru dinyalakan lebih halus, naaahhh sekarang (barusan ini) dah ganti oli lagi setalah 5rebu KM tadi, dan suara rante keteng nya kembali nyaring lagi kalu mesin baru dinyalakan, kira-kira kenapa ya, apa memang olinya ga cocok atau memang tuh rante keteng kudu diganti ??

maapkan kalu dah pernah ada topi ini di thread sebelumnya ... terima kasih
:big_peace:
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by silverlining »

cb sharing om.
cb bw bengkel periksa rante ketengnya dl.
siapa tau kerenggangannya di luar limit.
cmiiw.
utk oli mnrt sy sdh cocok koq.
dr crita om itu pst yg 15W-50 kan.
malah klo dikasi yg lbh encer pst lbh berisik lg.
klo mobil sering dibawa macet walo km 5000
sbnrnya jam terbangnya lbh dr itu.
jd ganti setiap 5000 km cukuplah.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

cuma bingung nya kok suaranya itu setiap per ganti oli bisa berubah berisiknya ya ... :big_slap:

Shell kuning bensin itu kalu ga salah 15W-40 kan ya? apa bener 15W-50? tapi untuk keenceran sich ane rasa juga dah okay, jadi emang harus cek rante keteng sich ya ... :weekk:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by m4rio »

kurang gitu ngerti broo ama ceritanya nih.....

tapi coba jawab aja deh...
kalo oli shell kuning mah gk masalah kok broo.. malahan kalo gk salah kijang itu disarankan pake oli yang di di bawah 20w-50 karena kalo olinya kekentelan HLAnya suka macet jadi berisik.
nah ngmg2 HLAnya udah di check???? yakin 100% rante keteng????
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

@kapsul97:
apakah maksud nt bunyi tsb hanya terjadi saat mesin baru dihidupkan atau selama mesin idup....... :e-think:

klo hanya terjadi sebentar, yaitu saat mesin baru diidupin, bearti bukan rante ketengnya, tp oli belon masuk oli filter, jadi timbul suara spt itu.... solusinya adalah dg mengganti oli filter dg kapasitas yg lbh kecil, atau pake oli filter yg original, jangan yg kw........

smoga bermanfaat.............. :mrgreen:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

@OoM m4rio : tau nich, belon sempet mulu, dua bulan ini sabtu minggu jalan truzzzz ... :big_peace: tapi

@bung sjamsul : filter oli ngaruh juga ya ? mmmmm.. kayaknya bisa jadi tuch ya, soalnya sebelum ganti oli kemarin kan pake filter oli sakura (kalu ga salah, warna hitem kalengnya), nah sekarang pake filter oli kalengnya warna merah merk Shop N Drive (kebetulan tiap ganti oli emang di sini ... jadi memang ngaruh ya Oom sjamsul filter oli itu ?

bunyi nya itu ya hanya pada saat baru starter mesin dingin sich, setelah itu ga bunyi lagi, kalu gitu perlu ganti ga ya rante keteng nya ?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

kapsul 97 wrote:@OoM m4rio : tau nich, belon sempet mulu, dua bulan ini sabtu minggu jalan truzzzz ... :big_peace: tapi

@bung sjamsul : filter oli ngaruh juga ya ? mmmmm.. kayaknya bisa jadi tuch ya, soalnya sebelum ganti oli kemarin kan pake filter oli sakura (kalu ga salah, warna hitem kalengnya), nah sekarang pake filter oli kalengnya warna merah merk Shop N Drive (kebetulan tiap ganti oli emang di sini ... jadi memang ngaruh ya Oom sjamsul filter oli itu ?

bunyi nya itu ya hanya pada saat baru starter mesin dingin sich, setelah itu ga bunyi lagi, kalu gitu perlu ganti ga ya rante keteng nya ?
betul, oli filter sangat berpengaruh, makanya pake oli filter yg ori, jangan yg imitasi ato kw...... trus tanya juga apakah ada oli filter yg bodynya lbh pendek, shg saat idupin di pagi hari, bunyi spt itu ga kedengeran lagi, krn di oli filter msh menyimpan oli.......

nampaknya ga perlu ganti rante keteng deh, krn sumber bunyinye bukan dari sana, tp dari oli filter yg msh kosong.
Satu lagi bro, bunyi2an tsb terjadi juga saat baru pertama ganti oli filter........ tul ga.... :e-think:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by doq »

wah kebeneran pak sjamsul ngomingin soal oil filter yg berbodi kecil, sy ada pertanyaan yg cukup mengganjal nih pak........mohon pencerahannya (tp jgn terlalu cerah ya, silau men wkwkwkwk :mrgreen: )

sy pengen tau nih alesan pak sjamsul menyarankan menggunakan oil filter berbodi kecil...........kenapa??
dalam kasus saya, bahenol sy khan termasuk generasi pertama (1600cc), dulunya tiap ganti oil filter, hanya tersedia satu type (katakanlah ukuran bodi nya seukuran mug kopi yg gede)..........
naahhhhh tempo2 hari saat nya ganti oil filter, saya liat ternyata type yg sering sy pake itu model nya sdh berubah, menjadi lebih kecil (baik type yg besar/lama ato yg baru/lbh kecil merupakan part genuine).............

sempat sedikit berdebat sama orang bengkel mengenai hal ini, mereka mengatakan klo type lama sdh discontinued dan d gantikan dg model yg lbh kecil, mereka jg mengatakan bahwa dg bentuk lbh kecil ini sirkulasi "naiknya" oli lbh cepat.........................sampai d sini sy setuju dg pendapat mereka, tapppiiiiiiiiii, tentunya dg bodi filter yg lbh kecil, pastinya media penyaringan oli menjadi berkurang (iya khan?? kertas filtrasi oli jg ikut terpangkas seiring mengecilnya dimensi bodi) yg akhirnya menurut pemikiran njlimet saya, hal tsb bakal memperpendek usia si filter (media penyaringan lbh kecil sementara volume oli yg harus d bersihkan jumlahnya = sebelumnya)
sekarang di pusat2 onderdil masih tersedia type oil filter lama, dan sy pun.............tetap memakai nya

yg ingin sy tanyakan, klo tersedia 2 type filter spt sy sebutkan d atas (keduanya ori), manakah yg pak sjamsul sarankan utk d pake?? dan apa alasannya??

mohon maap klo kpanjangan dan oot, nubi cm ingin mendapatkan pencerahan dr propesor stroom soal perfilteran :ungg: :ungg: :ungg:
sbelum dan sesudahnya saya ucapkeu haturrrrrnuhuuuuunnnnnnnn :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by DOHC »

seirama dgn om dog... ane jg punya pengalaman yg sama nehh... kapan hari ganti oli berikut filter buat si ipah... nahh biasanya kan ukuran filter nya standard.. eh kali ini diganti yg ukuran nya lebi panjang... sempet berdebat alot (alot mungkin dimasak nya kelamaan dgn api sedang.. :mrgreen: :mrgreen: ) dgn yg punya bengkel, katanya sehh gpp, biar filtrasi oli lebi bagus, jadi oli yg bersirkulasi makin bersih... penjelasan nya malah terbalik dgn bengkel nya om dog...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by doq »

Aaaahhhhhh.......ngikut2 aja neh oom DOCH :big_smoking:

btw, penjelasan yg d dpt oom DOCH tebulak sm sy, ky nya karena kasus oom DOCH d gantinya sm ukuran yg lbh gede, klo ane d gantinya sm yg kecil :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by DOHC »

gpp donk ane ngikut2 om dog... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:


btw itu ane ganti nya di bengkel oli gede loh (toda gading)... anehh... masa mereka maen seenaknya aja gonta ganti ukuran filter gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by doq »

toda gading yah??
waaaahhh.......kita tinggal deketean nich oom DOCH, masa saban d ajakin kopdar ngibrit mlulu :big_weee: :big_weee:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by DOHC »

hari nya slalu kamfret... bebarengan ane berhalangan mulu seh om dog... apa jgn2 kayanya kita ditakdir kan ga bole ketemu yah... ane cat nya, om dog jadi doggies nya gt... :upss: :upss: :upss:

btw ane bukan tinggal di gading, tapi emang kalo ganti oli uda sreg ama disana aja... pilihan nya banyak gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by doq »

mank dlm sebulan "halangannya" brp hari DOCH?? bini ane aja paling lama seminggu :big_slap:
ane jg bukan d gading kok...... :mrgreen: :mrgreen:

btw pak sjamsul nya mana neh?? :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by DOHC »

yah maklum, siswa semesteran mo abis nehh om dog... tugas plus magang plus kejar tayang plus setoran plus dehh :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ...

btw iya nehh... mana nehh prop sjam... dah ditungguin nehh jawaban nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

doq wrote:wah kebeneran pak sjamsul ngomingin soal oil filter yg berbodi kecil, sy ada pertanyaan yg cukup mengganjal nih pak........mohon pencerahannya (tp jgn terlalu cerah ya, silau men wkwkwkwk :mrgreen: )

sy pengen tau nih alesan pak sjamsul menyarankan menggunakan oil filter berbodi kecil...........kenapa??
dalam kasus saya, bahenol sy khan termasuk generasi pertama (1600cc), dulunya tiap ganti oil filter, hanya tersedia satu type (katakanlah ukuran bodi nya seukuran mug kopi yg gede)..........
naahhhhh tempo2 hari saat nya ganti oil filter, saya liat ternyata type yg sering sy pake itu model nya sdh berubah, menjadi lebih kecil (baik type yg besar/lama ato yg baru/lbh kecil merupakan part genuine).............

sempat sedikit berdebat sama orang bengkel mengenai hal ini, mereka mengatakan klo type lama sdh discontinued dan d gantikan dg model yg lbh kecil, mereka jg mengatakan bahwa dg bentuk lbh kecil ini sirkulasi "naiknya" oli lbh cepat.........................sampai d sini sy setuju dg pendapat mereka, tapppiiiiiiiiii, tentunya dg bodi filter yg lbh kecil, pastinya media penyaringan oli menjadi berkurang (iya khan?? kertas filtrasi oli jg ikut terpangkas seiring mengecilnya dimensi bodi) yg akhirnya menurut pemikiran njlimet saya, hal tsb bakal memperpendek usia si filter (media penyaringan lbh kecil sementara volume oli yg harus d bersihkan jumlahnya = sebelumnya)
sekarang di pusat2 onderdil masih tersedia type oil filter lama, dan sy pun.............tetap memakai nya

yg ingin sy tanyakan, klo tersedia 2 type filter spt sy sebutkan d atas (keduanya ori), manakah yg pak sjamsul sarankan utk d pake?? dan apa alasannya??

mohon maap klo kpanjangan dan oot, nubi cm ingin mendapatkan pencerahan dr propesor stroom soal perfilteran :ungg: :ungg: :ungg:
sbelum dan sesudahnya saya ucapkeu haturrrrrnuhuuuuunnnnnnnn :mrgreen: :mrgreen:
alasannya adalah spy ga terjadi bunyi2an spt tek... tek.... tek.... saat dihidupkan pertama kali di pagi hari...... biasanya hal ini terjadi di mbl bensin......lain halnya klo di mbl diesel, spt kijang ane..... besarnya oli filter tetap gede (setau ane) n ga ada bunyi2an spt itu....

Ane ga tau isi dalemannya atau model oli filter di bagian dalamnya ya...... cuma yg ane bingung adalah saat ane mulain pake kijang di era th 80 an, ga ada tuh model oil filter yg kecil, adanya cuma satu ukuran yaitu yg agak panjang..... n saat itu ga ada masalah saat dihidupkan di pagi hari.... alias ga ada bunyi spt yg dikeluhkan TS. Alasannya adalah saat itu oil filter masih diimport dari negara sono.......sedangkan saat ini yg banyak beredar bukan bikinan negara sono........jadi bisa aja oil filter di disain sedemikian rupa, shg harganya bisa menjadi lbh ekonomis...........

mengenai daya saringnya...... ane yakin ga ada masalah, krn udah di disain sedemikian rupa shg bisa bekerja dg baik, wlp bodinya lbh kecil.........

klo tersedia 2 jenis oil filter yg sama untuk mbl yg sama juga, ane akan pilih yg lbh kecil (untuk mbl bensin), spy ga menimbulkan bunyi2an tsb.....

smoga makin binun............... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

Oom sjamsul, bunyi nya itu bukan pada saat pertama kal ganti filter oli aja, tapi yaa truz2-an kalu nyalain mesin dalam kondisi dingin ....

nanti coba test ganti dah sesuai saran prop tadi ... :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

kapsul 97 wrote:Oom sjamsul, bunyi nya itu bukan pada saat pertama kal ganti filter oli aja, tapi yaa truz2-an kalu nyalain mesin dalam kondisi dingin ....

nanti coba test ganti dah sesuai saran prop tadi ... :big_peace:
maksud nt di pagi hari ya...... tp klo udah dipake keliling seharian, bunyi tsb ilang khan..... :e-think: ....

sippp.... nanti kasih tau hasilnya ya bro....... :e-pray:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by doq »

malah makin binun........... :e-doh:
berarti bener donk penjelasan orang bengkel itu? yg bilang klo oil filter kecil nilai plusnya biar si oli cepat "naiknya" ? :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by m4rio »

kalo separah2nya masalah kyk gini bisa juga kena pompa olinya yang udah mulai lemah, jadi oli naiknya rada lama..

perhatiin deh lampu indikator oli mesinnya..
menurut ane kalo lampunya matinya lama bearti ada 2 kemungkinan antara olinya terlalu kentel ama pompanya mungkin udah agak lemah.
nah kalo matinya cepet bearti kemungkinan menurut ane olinya terlalu kentel.

pendapat ane sih begitu.. selain masalah olinya lgsg..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

doq wrote:malah makin binun........... :e-doh:
berarti bener donk penjelasan orang bengkel itu? yg bilang klo oil filter kecil nilai plusnya biar si oli cepat "naiknya" ? :ungg:
klo makin binun yaaaa........... pegangan atuhhhhh...... hahaha.......

bukan cepat naiknya, tp lbh cepat terisi oli, krn kapasitas oli di oil filternya lbh sedikit.......... :e-whistle:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

@Oom sjamsul : betul Oom, pas lagi nyala aja pas mesin dingin, paling sekitar 3-5 detik abis itu ilang pas jalan, tapi sebelum ganti oli filter ini paling cuma 1-2 detik, jadi risih kan jadinya ... ^_^

@Oom m4rio : kalu pompa oli kayaknya belon Oom, indikator oli di dash board masih normal kok. Lalu kalu bicara kekentalan oli sebenarnya ngaruh banget juga. dulu sebelum 15W-40 pake 20W-50, yaa gitu bunyi awal rante keteng baru nyala mesin aga lama, 3-5 detik ...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by sjamsul »

^^
nanti pas ganti oli filter lagi, nt cobain deh yg bodinya lbh kecil...... kemungkinan besar masalah bisa teratasi....... :mrgreen:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by kapsul 97 »

okray Oom sjamsul, thanks ya ... :big_peace:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Oli untuk Kijang Kapsul '97

Post by m4rio »

kalo dulu di mobil bokap ya, sempet juga gitu, tapi dulu karena pake olinya kekentelan. karena pas ganti oli mesin lgsg di kasih additive. tapi setelah ganti oli selanjutnya tanpa additive gk da masalah itu lagi..

udah. coba aja pake oli yang lebih encer lagi dari pada yang sekarang..