wah kebeneran pak sjamsul ngomingin soal oil filter yg berbodi kecil, sy ada pertanyaan yg cukup mengganjal nih pak........mohon pencerahannya (tp jgn terlalu cerah ya, silau men wkwkwkwk

)
sy pengen tau nih alesan pak sjamsul menyarankan menggunakan oil filter berbodi kecil...........kenapa??
dalam kasus saya, bahenol sy khan termasuk generasi pertama (1600cc), dulunya tiap ganti oil filter, hanya tersedia satu type (katakanlah ukuran bodi nya seukuran mug kopi yg gede)..........
naahhhhh tempo2 hari saat nya ganti oil filter, saya liat ternyata type yg sering sy pake itu model nya sdh berubah, menjadi lebih kecil (baik type yg besar/lama ato yg baru/lbh kecil merupakan part genuine).............
sempat sedikit berdebat sama orang bengkel mengenai hal ini, mereka mengatakan klo type lama sdh discontinued dan d gantikan dg model yg lbh kecil, mereka jg mengatakan bahwa dg bentuk lbh kecil ini sirkulasi "naiknya" oli lbh cepat.........................sampai d sini sy setuju dg pendapat mereka, tapppiiiiiiiiii, tentunya dg bodi filter yg lbh kecil, pastinya media penyaringan oli menjadi berkurang (iya khan?? kertas filtrasi oli jg ikut terpangkas seiring mengecilnya dimensi bodi) yg akhirnya menurut pemikiran njlimet saya, hal tsb bakal memperpendek usia si filter (media penyaringan lbh kecil sementara volume oli yg harus d bersihkan jumlahnya = sebelumnya)
sekarang di pusat2 onderdil masih tersedia type oil filter lama, dan sy pun.............tetap memakai nya
yg ingin sy tanyakan, klo tersedia 2 type filter spt sy sebutkan d atas (keduanya ori), manakah yg pak sjamsul sarankan utk d pake?? dan apa alasannya??
mohon maap klo kpanjangan dan oot, nubi cm ingin mendapatkan pencerahan dr propesor stroom soal perfilteran

sbelum dan sesudahnya saya ucapkeu haturrrrrnuhuuuuunnnnnnnn
