Mobil Parkir Berbulan2

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Mobil Parkir Berbulan2

Post by carstensz30 »

Hi all, sebelumnya kenalin dulu, gue anggota baru di forum ini,
Ceritanya gue lagi inden mobil sejuta umat :e-dance: di kampung, nantinya mobil tsb hanya akan gue pakai 2x setahun pas cuti pulang kampung saja.
Mobil tsb gue titipin ke mertua gue yg ngga bisa nyetir & ngga mau ngurusin/pake tuh mobil. Jadi sekitar 6 bulan lamanya mobil tsb bakalan parkir di garasi terus menerus.

Berikut adalah tips yg gampang untuk memparkir mobil untuk jangka waktu yg lama, yang gue kumpulin dari berbagai sumber otomotif di internet :
1. Garasi. Garasi mesti bersih, kering (tidak lembab) dan mempunyai ventilasi yg bagus untuk mencegah karat.
2. Isi penuh tanki bensin. Sisi dalam tanki bensin yg terisi sebagian/kosong kemungkinan bisa berkarat karena terdapat moisture yg terakumulasi.
3. Dongkrak keempat roda dan taruh di jack stand. Beban terpusat pada area roda dalam waktu yg lama akan mempengaruhi konstruksi kawat ban sehingga berubah bentuk.
4. Cabut kabel di terminal aki. Disarankan yang dicabut di terminal negatif (-) agar arus listrik tidak hilang dan saat kembali dipasang mobil bisa langsung distarter. Kalo mau lebih repot, angkat saja aki, kemudian dicharge dengan low amp trickle-type battery charger.
5. Jangan pasang rem tangan (parking brake). Seorang pemilik mobil memberikan kesaksian setelah memparkir mobilnya selama 2 tahun di daerah lembab dgn parking brake on, brake shoe/drum/etc jadi rusak karena berkarat.

Selain itu masih ada 1 tip lagi yaitu : Menyalakan mesin selama kurang lebih ½ jam setiap beberapa minggu. Nah utk tip yg terakhir ini, gue butuh comment temen2.
Ada yg bilang jika ngga dilakuin juga ngga kenapa2.
Soalnya buat gue hal ini jadi ngrepotin kalo mesti dilakuin karena mobil itu bakalan ngga ada yg ngurus. :? :?

Salam,
carstensz
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Kalo gue bilang, mending elo cabut akinya. Maksudnya nyalain mesin itu kan supaya aki-nya keisi. Daripada gitu, mending juga dicabut, jadi juga nggak ada output. Sekalian juga supaya maling lebih lama kalo mau nyolong. :)

Ngomong mengenai colong menyolong, gue biasa taruh wheel clamp juga supaya lebih susah lagi dicolong.

Ya, setidaknya ini yang gue biasa lakuin kalo misalnya gue lagi liburan sewaktu gue masih belajar di Aussie (biasa ditinggal sekitar 2-3 bulan karena Summer gue di Jakarta).
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

aduh sayang banget mendingan mobil nya di taroh di garasi saya uheuheuheuhe.daripada ngak dipakai selama 6 bulan.biar gitu juga ntar lama lama mesin nya bisa pincang kalo ngak dipakai.

kalo bmw sih lama ngak dipakai mereka nyebut nya nginjal bener apa ngak saya kurang tau juga.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ada yang bilang juga kalo mobil dipakai cuman santai gitu ngak pernah dibawa kick down (kalo matic) sampe kecepatan 100 gitu lama lama mesin nya ngak enak katanya.tau bener apa ngak hehehe
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mungkin sekali, karena pelumasan pada mesin mobil akan bekerja lebih sempurna (optimal) pada kecepatan tinggi seperti 120 km/j. Maka mobil yang sering dipakai kencang di tol , walaupun mileagenya sudah 50,000 Km misalnya, akan lebih baik kondisi mesinnya daripada mobil ber-mileage 15,000 Km tapi selalu dipakai bermacet2 di dalam kota saja :)
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Gw baca dg penuh minat nih postingan carstensz(mudah2an postingannya gak 2kali setahun!)
Mmg sih sebaiknya akinya di cabut aja,kalo mmg makainya 2kali stahun doang,jg lebih save.

Dan betul kata detektif,mobil yg jarang "berolahraga" tentu kurang sehat dibanding mobil yg dipakai setiap hari...


Eh ehmmm sorry waktu pelajaran geografi dulu ngantuk gw,cartenz kota dimana sih?

:roll:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

saya punya pengalaman kayak pak cartenz tuh.punya mobil tapi jarang dipakai.tapi ya itu tiap 2-3 hari sekali di hidupin.lalu kalo lagi iseng ngak ada kerjaan dibawa keluar ngebut.alhasil sampe 1 tahun masih enak walaupun lebih sering nongkrong di garasi daripada di ajak jalan.

saran aja nih pak cartenz daripada situ beli mobil mahal2 untuk dipake 2x setahun mendingan sewa mobil aja kalo pas pulang kampung rasanya lebih hemat hehehe.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

mpoezz wrote:saya punya pengalaman kayak pak cartenz tuh.punya mobil tapi jarang dipakai.tapi ya itu tiap 2-3 hari sekali di hidupin.lalu kalo lagi iseng ngak ada kerjaan dibawa keluar ngebut.alhasil sampe 1 tahun masih enak walaupun lebih sering nongkrong di garasi daripada di ajak jalan.

saran aja nih pak cartenz daripada situ beli mobil mahal2 untuk dipake 2x setahun mendingan sewa mobil aja kalo pas pulang kampung rasanya lebih hemat hehehe.
Yap lebih hemat kalo pakai sewa mobil.
Gw masih penasaran ama carstenzs,setelah di search ternyata ketemunya yg seperti ini......

http://www.everestnews2004.com/everest2 ... mitale.jpg

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

bung Crash,
thanks atas comment/saran-nya, skrng gue jadi lebih tenang nganggurin tuh mobil di garasi.

bung mpoezz,
selama ini yg gue lakuin sih emang sewa mobil terus (udah jelas lebih murah & ngga ribet)..., tapi akhirnya karena capek diomelin istri terus (yg minta) akhirnya nyerah juga :) , daripada ntar malah ngga dapet jatah :wink: :wink:
udah jelas sih kalo rugi beli mobil dgn sikon gue sekarang, tapi yah, ini udah diputusin kemaren setelah mikir lama 8)

bung edward,
gue & keluarga emang sekarang ada di kota di tengah hutan di area carstensz peak = puncak jaya wijaya - papua. so kalo di link tsb ada photo gunung bersalju, ya emang bener, karena gue lagi gawe di perusahaan tambang yg beroperasi di situ. so spt yg gue ceritain di atas, kita emang cuti ke jawa 2x setahun.

btw, thanks banget atas tanggapan rekan2 semuanya.

gue ada tips lain yg gue dapet tapi yg ini buat start up tuh mesin mobil setelah lama nganggur di garasi yaitu : cabut busi-nya terus kasih olie beberapa sendok dari atas, fungsinya utk pelumasan awal utk mengurangi gesekan awal di piston.
menurut gue tip ini make sense banget...
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wowwww di pncak jaya wijaya rupanya hehehehe.
pantas pak edward bingung hehehehe
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Thanz carstenzs atas tambahan infonya.
Emang tadinya gw mau nge link yg ada jayawijayanya...loh kok masih dalam negeri (ada tuh carstenzs ekspedition,menaklukan puncak jayawijaya...)

Anyway good luck,usaha terus.
Repot emang kalo sampai gak dapat...(gak dapat apa?...) :wink: :D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016