kampas rem

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: seputar brake pad dan brake shoe

Post by marmut »

mengenai ban, kita tau ada umur teknisnya. walaupun jarang dipake dan kembangan masih tebel tapi kalo udah lewat 5 tahun pasti karetnya mengeras dan ada retak rambut di sekeliling ban.
pun dengan oli mesin, walaupun KM belum mencapai penggantian oli berikutnya, tapi maksimal 1 tahun oli musti ganti.
pertanyaan saya, bagaimana dengan brake pad atau brake shoe, apakah ada umur teknisnya juga?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: seputar brake pad dan brake shoe

Post by Turboman »

marmut wrote:mengenai ban, kita tau ada umur teknisnya. walaupun jarang dipake dan kembangan masih tebel tapi kalo udah lewat 5 tahun pasti karetnya mengeras dan ada retak rambut di sekeliling ban.
pun dengan oli mesin, walaupun KM belum mencapai penggantian oli berikutnya, tapi maksimal 1 tahun oli musti ganti.
pertanyaan saya, bagaimana dengan brake pad atau brake shoe, apakah ada umur teknisnya juga?
Kalau sudah lama sekali mmg yg sy perhatikan brake pad juga ada menjadi agak lebih keras, tapi perioda waktu amat sgt panjang sekali

Yg saya perhatikan di ToKiDies 2001 saya........xixixixixixixi
* Bukan ajakan Beli *
arsenal168861
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Oct 17, 2014 7:02

Re: kampas rem

Post by arsenal168861 »

kalo susah2 nyari ori pake bendix juga ok kok om
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

amat sangat panjang-nya tu berapa lama? semenjak 2001 itu belum ganti kanvas rem?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: kampas rem

Post by b8099ok »

Sy pake bendix di civic. Enak tuh :D
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: kampas rem

Post by montirangin »

marmut wrote:amat sangat panjang-nya tu berapa lama? semenjak 2001 itu belum ganti kanvas rem?
relatif om marmut. kalo biasa 1 thn ganti ini bisa 21/2 thn berarti udah lama panjang bgt :D :big_peace:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

Radak oot ni,

Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.

Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?

Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: kampas rem

Post by montirangin »

sintoni wrote:Radak oot ni,

Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.

Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?

Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
mungkin ga dari shock bisa nyebabin ini?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

sintoni wrote:Radak oot ni,

Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.

Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?

Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
1. boleh dijelaskan kecepatan tinggi itu berapa km/h?
2. kejadiannya baru-baru ini atau sudah lama?
3. getar saat panic braking atau injek rem biasa?
User avatar
keretalaut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05

Re: kampas rem

Post by keretalaut »

biasanya pedal rem getar, kecepatan tinggi diatas 100km/h dan injak pedal rem lumayan dalam itu kemungkinan besar ABS berkerja..

kalau setir getar lebih ke piringan disc tidak rata bergelombang.
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

Baru akhir2 ini aja sih pak. Ya semakin dalam diinjak dia semakin getar pedal remnya.

Misal di tol, dari 80-100km/j sudah lumayan rasanya, padahal cuma nuruni kecepatan kalau di depan ada belokan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

bisa jadi piringan rem tidak rata. tapi ini hanya salah satu kemungkinan.
cara periksanya bisa liat di link ini ;

http://www.youtube.com/watch?v=H_1ySs7liS4

kalo nggak punya dial indicator bisa digantikan dengan kawat yang panjangnya disesuaikan dan ujungnya diikat ke baut terdekat dengan piringan rem (bisa baut dudukan kaliper), dan ujung satunya ditempelkan ke piringan rem menggantikan dial indicator.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

marmut wrote:bisa jadi piringan rem tidak rata. tapi ini hanya salah satu kemungkinan.
cara periksanya bisa liat di link ini ;

http://www.youtube.com/watch?v=H_1ySs7liS4

kalo nggak punya dial indicator bisa digantikan dengan kawat yang panjangnya disesuaikan dan ujungnya diikat ke baut terdekat dengan piringan rem (bisa baut dudukan kaliper), dan ujung satunya ditempelkan ke piringan rem menggantikan dial indicator.
Ya sih pak, bingung jg saya. Padahal kampas masi tebel, kok bisa piringan dulu yg kalah. Kira2 biaya bubut per piringan berapaan ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

bisa saja pak, piringan rem tidak rata / meleot karena perubahan suhu yang ekstrem berulang-ulang saat pengereman (timbul panas yang sangat tinggi). bisa juga permukaan piringan bergelombang garis-garis karena gesekan dengan kanvas rem.
untuk biaya bubut saat ini saya nggak ngerti, harga 4 tahun lalu 100-125ribu untuk 1 piringan. coba tanya ke bengkel spooring, biasanya mereka punya alat bubutnya.
tapi kalau mau bubut piringan jangan dilepas piringannya dan dibawa ke bengkel bubut, pengerjaan seperti itu kemungkinan besar hasilnya nggak rata.
mobil saya dulu pernah dibubut piringan remnya, hanya lepas ban lalu alat bubutnya diikat ke baut roda, lebih kurang 2 jam selesai.
satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mau membubut piringan rem, ada ketebalan minimum yang diperbolehkan tertera di piringan rem, jangan sampai tebal piringan setelah dibubut kurang dari ketebalan yang diijinkan.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

marmut wrote:bisa saja pak, piringan rem tidak rata / meleot karena perubahan suhu yang ekstrem berulang-ulang saat pengereman (timbul panas yang sangat tinggi). bisa juga permukaan piringan bergelombang garis-garis karena gesekan dengan kanvas rem.
untuk biaya bubut saat ini saya nggak ngerti, harga 4 tahun lalu 100-125ribu untuk 1 piringan. coba tanya ke bengkel spooring, biasanya mereka punya alat bubutnya.
tapi kalau mau bubut piringan jangan dilepas piringannya dan dibawa ke bengkel bubut, pengerjaan seperti itu kemungkinan besar hasilnya nggak rata.
mobil saya dulu pernah dibubut piringan remnya, hanya lepas ban lalu alat bubutnya diikat ke baut roda, lebih kurang 2 jam selesai.
satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mau membubut piringan rem, ada ketebalan minimum yang diperbolehkan tertera di piringan rem, jangan sampai tebal piringan setelah dibubut kurang dari ketebalan yang diijinkan.
Mantep infonya pak marmut.

Nah 1 lg ya pak,
Minimal ketebalan piringan itu bisa diliat dimana pak? Apa ada di buku manual? Atau ada tertulis di piringan?

Trims infonya pak.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

di piringan rem ada grafir tulisan "MIN. THICK xx,xxMM", atau bisa jadi hanya angkanya saja "xx,xxMM", mungkin tipis sekali sampai hampir nggak terlihat. coba dibersihkan dulu dengan sikat kuningan.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

marmut wrote:di piringan rem ada grafir tulisan "MIN. THICK xx,xxMM", atau bisa jadi hanya angkanya saja "xx,xxMM", mungkin tipis sekali sampai hampir nggak terlihat. coba dibersihkan dulu dengan sikat kuningan.
Oh oke pak. Terima kasih super banyak untuk infonya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

oom sintoni, ada 2 cara lagi sebelum memutuskan dibubut ;
1. piringan rem di tukar kiri-kanan. dengan catatan diberi tanda dulu antara piringan dengan hub/tempat duduk piringan.
2. piringan diputar posisinya atas-bawah. inipun harus diberi tanda piringan dan hub-nya supaya ketauan posisi awal piringan sebelah mana.

terserah mau yang nomer 1 atau 2 dulu yang dikerjakan, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri tanpa keluar biaya, ataupun kalo keluar biaya nggak sebesar bubut piringan.
kalau ternyata masih bergetar juga, boleh menyambangi bengkel spooring untuk membubut piringan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kampas rem

Post by DOHC »

pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: kampas rem

Post by nescafe »

DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
gw baru pernah nyoba kampas rem bendix general ct dan kampas rem merek mobilnya, idem dengan oom noken as, untuk bendix yang general ct, yang gw rasakan lebih empuk dan kalah duluan dibanding sama disc brakenya
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: kampas rem

Post by sintoni »

marmut wrote:oom sintoni, ada 2 cara lagi sebelum memutuskan dibubut ;
1. piringan rem di tukar kiri-kanan. dengan catatan diberi tanda dulu antara piringan dengan hub/tempat duduk piringan.
2. piringan diputar posisinya atas-bawah. inipun harus diberi tanda piringan dan hub-nya supaya ketauan posisi awal piringan sebelah mana.

terserah mau yang nomer 1 atau 2 dulu yang dikerjakan, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri tanpa keluar biaya, ataupun kalo keluar biaya nggak sebesar bubut piringan.
kalau ternyata masih bergetar juga, boleh menyambangi bengkel spooring untuk membubut piringan.
Oh masuk akal jg ya. Ditukar dulu. Oke pak marmut.

Terima kasih banyak bantuannya.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: kampas rem

Post by montirangin »

sintoni wrote:
Oh masuk akal jg ya. Ditukar dulu. Oke pak marmut.

Terima kasih banyak bantuannya.
:wkkk:
sampe muncrat lagi makan..sakin berasanya lucu
:big_peace:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: kampas rem

Post by marmut »

DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
tau umur teknisnya nggak? brake pad di mobil ane udah 5 taun tapi baru kemakan (kira-kira) seperempat bagian.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kampas rem

Post by DOHC »

nescafe wrote:
DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
gw baru pernah nyoba kampas rem bendix general ct dan kampas rem merek mobilnya, idem dengan oom noken as, untuk bendix yang general ct, yang gw rasakan lebih empuk dan kalah duluan dibanding sama disc brakenya
ternyata kita idem om koba... yg bendix cepet bener abisnya... baik di kaleng ane, atau di lipina ane dl jg gt... 20-30 rebu uda abis stengah ketebalan pad... 40 rebu uda pasti harus ganti... tp enak nya ini merek ga perlu running in... pas ganti baru lgs hajar gapapa...

beda lagi kalo TRW, akebono.... lama bener running in nya... di ipah ane aj utk rem blakang make trw, jalan 120 rebu masi tebel, tp ane ganti krn uda kemakan sebelah yg sisi kanan... yg kampas rem depan merek TRW, tewas stelah dipake jalan kurleb 70 rb km...
marmut wrote:
DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
tau umur teknisnya nggak? brake pad di mobil ane udah 5 taun tapi baru kemakan (kira-kira) seperempat bagian.
umur teknis ?? maksud nya om ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: kampas rem

Post by montirangin »

memang kalo 40rb km ga wajar ya om buat ganti?