405 sti 1994 1905cc

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Agan agan, gw ikutan donk. Peugeot gw 405sti, cc 1905, th 1994, pakai ECU type MP 3.1. Gw baca di manual agak bingung krn kasus mobil gw lampu warning warna kuning gambar mesin dan tulisan huruf besar "K" nyala. Dr manual dibilang ada sensor yg deteksi kesalahan, mk ECU lsg nge SAVE problem itu dan bisa diliat dg alat diagnosis yg dicolokin ke ECU. Gw penasaran gw coba cari di mmanual sensor apa yg ada hub dengan lampu kuning yg nyala tdm Seleama / mulai lampu nyala mesin idle gak bgs brebet tp kl di gas bs lancar/normal dan tenaga kurang banget pas idle on Ac lsg mesin mati. Ktnya kl lampu kuning nyala ECU otomatis pakai "Back up" program jd mesin goyang/mbrebet asal bs jln ke bengkel aj mgkn gt maksudnya. Yg gw mau tanya :

1. Apa ECU hrs direset, gmn caranya, apa harus ke bengkel yg pakai colokan diagnosis.

2. Type mobil gw ini (ECU MP3.1) management engine nya dpt sensor dri mana? Dr buku bilangny dr air intake temp sensor (gmn cek rusak tidaknya). Dan jg sensor MAP(manifold absolute pressure) yg gw gak tau pasti ada dmn memang ada ky alat yg nempel disamping belakang tali gas apa itu ya MAP nya(pls kl ada yg tau) jg gmn cek bgs tdknya.

Ok deh gw perlu bangt nih bantuan agan agan. Kl ada form khusus peugeot tl ini di copy paste ya..tx.

Ringga, jakarta, hp 02192266233
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by asudarsono »

1. Ya harus didiagnosa pakai alatnya.
2. Itu Mass Air Flow Sensor kali. Bisa aja kotor atau ada sambungan gak bener. Harus didiagnosa dulu sih. Bisa aja dari tempat / sensor yang lain.
Ready to Race
deon_fuelsaver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Sep 23, 2010 13:22

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by deon_fuelsaver »

Map sensor dan Maf sensor itu berbeda. Kalau map sensor biasanya dekat ama throtle body. Bentuknya kotak plastik kecil.
Kalau maf sensor biasanya dekat filter udara letaknya.

Guna map sensor adalah mengukur kevakuman saat throtling. Data dari map sensor dan sensor2 lain diolah oleh ecu untuk memerintahkan injector menyemprotkan sejumlah bahan bakar.
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Ok gan trims. Trus yg lampu gambr mesin nyala di dashboard trus mesin brebet sensor mana ya.krn bgt nyala lampu warning tsb
ECU lsg pakai program "back-up" jd mesin asal jalan dan pakai ac mesin rpm turun drastis trus mati....jd langkah gw kl ada yg tau pasti sensor yang nyebabin nyala lampu warning td maka bs di ganti/dibersihin (tergantg apa rusak/tdknya sensor tsb). Baru ada pertanyyan lg ECU yg lg posisi progrm backup mindhnya ke yg normal gmn apa reset otomatis stlh sensor yg masalh diperbaiki/servis/dganti. Krn guna terpenting ECU stau gw yg terpenting(gw gk tau lainya apa) adl mengatur kapan percikan api busi hrs nyala disesuai dengan campuran bhn bakar yaitu dri MAF dan MAP sensor yg lu berharga banget kash tau bentuknya d tulisan lo. Jg yang gw tahu ada sensor knock (biar gak nglitik) jd percikan busi akan nyesuaikan kapan nyalanya. Nah yg knock ini ada di block mesin dkt deepstict oli dan jejer switch cooling Fan krn colokanya gw cabut fan itu muter padahal kontak off(itulah peugeot yg terpaksa disenangi guwa.....hehehe...soalnya murah dan nyaman hahah meski skrg dah 2 minggu gak jalan)....pls pls yang dah senior gw sangat nunggu jangan sampe minggu ke tiga hahahahah mogok ntar gw masukin guinesss book record.....hahahah. Gw lg alergi yg bengkel khusus peugeot kl ditnya dibawa aja nti di cek di sini....emang bener tp gw sukanya diskusi dulu nyambung baru deh....gw perlu yakin bener management of engine ini yg kebetulan multipoin direct injection peugeot 405 sti 1905cc.th 94 pakai ECU type MP 3.1
Guuw....wwwwaaaaa tunggggguuuuuuuu
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Buat yg post tksh.
Buat asudarsono. Apk lo dr M79?.
Gw tanya lagi ada selang dr deket filter lari ke alat kecil dibawah coil dan dr alat ini jg dr sisi lainnya ada selang lari ke manifold dan alat kecil tsb ada colokan kabel. Alat tsb kayanya dlmnya membran bentuk luarnya bulat..apa ini by valve untk idle y???
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by asudarsono »

Terus terang aku masih agak samar2 deskripsinya, om, tapi sepertinya emang vakum u idlenya.

Saya M86, om. Gayanya aja yg ditua2kan.

Om udah ditunggu di bengkel Hadi Taruna Lebak Bulus. Silahkan, mau hari apa biar kita pantau kesuksesannya. Tadinya ada beberapa kawan lain yg punya alat diagnosa, tapi sampai skrg kok susah dihubungi. Ntar kelamaan, lagi pula diagnosa bisa aja nggak jelas.

Tgl 17 Oktober, 405 dan 504 mau rally bareng. Ikut yuk. Kita kekurangan 1 mobil nih.
Ready to Race
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Ok trims.
Maksudnya m86 kuliah dmn?
Gw teriak dl nih..... 405 sti 1905cc th 1994. Suuuuudddaaahhhh hidup dan idle ok ok ok ok acuannya,...idle ok pakai ac rpm nahan gak ngedrop....tgl fine tune apa. YaaAa... Kan ECU khusus ke busi cuma ngatur kapan mercikny busi ( before...TDC sesuai sensor MAF n MAP jg skali2 sensor knocking. Kalau type yg lain ECU bkn MP 3.1 sensor tambah lgi Oxy/lamda.... Bener gak ya....mudh2n ada yg coment. Hbs hidp normal ada PR ganti seal noken as saat ganti t-belt jd kocek lg kacau mk nya bnyk browsing ktm jg masalahnya....lamp kuning gbr mesin dah mati....hore hore.......cuma keluar biaya 50rb itupun beli kabel. Busi mikrolet buat testy awal awal nya sebulam lebih gw gak dipijetin sm pug_405 krn kl gw pegel gw bw peugeot lewat jalan yg semi rusak jln rpm rendah gigi 1 kadang di netralkan biar gak kkencengan....pinggang pegel ilang deh tuhhh. Bisa di kopi kan tulisan ini di millist peugeot.
Gw yg lg seneng mudh2n gk ngadat lg...
Kl _
,______/"|___<=-P,//__\__, //
;!__(@)__!__ ___!(@)__ _! Karbu kan ada stel angin dan bensin kl sti dg Ecu MP 3.1 Apanya yg dstel ya manual aj dl nt pakai alatnya nanti aj hrsnya program atau valuenya jgn dirubah dl ....(Mudah2n Ada. Yg ahli stel/program yg komenin....)...

Udah ah capek nih nulisnya...
Guwe, 02192266233
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by asudarsono »

wah, gile deh. Tapi kalu itu udah memuaskan, silahkan. Toh kenalpot asepnya normal ini. Hebat, boleh juga diacung 4 jempol
Ready to Race
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Haha baru asal hdp dl. Ada yg tau gambar potongn FPR jd tgl jurus akhr. Nih bersih in FPR....hahaha
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Haha baru asal hdp dl. Ada yg tau gambar potongn FPR jd tgl jurus akhr. Nih bersih in FPR....hahaha
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by asudarsono »

Ada kawan yg bilang, ganti ke karbu aja. Ntar tambah galak tuh tarikannya. Tapi gw sendiri ogah modif2 kayak gitu. Keseringan modif lama2 jadi kijang deh. Mending modif yg tuntas sekalian.

Jadi ceritanya bro Ringga ini marga McGyver? Kok hebat banget, modal kabel aja bisa benerin ECU.
Ready to Race
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by poeticmind »

jadi karbu? jangan... bakal ga bener nanti, kecuali kalo mau mending swap aja sekalian. ini bukan mobil matahari terbit... :)
Image
ringga
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 03, 2010 2:29

Re: 405 sti 1994 1905cc

Post by ringga »

Intinya gw tg yg posting/ mgkn ada yg bs ktm gw yg bener2 bs diskusi detail. Tdk hny denger tp sdh lakukan bahwa mesin utk bs hidup tuh da4ar sensor dan hub ke ECU tuh pastinya sensor apa aja. Ini dibatasin mesin yg distributor static. Krn syarat hidup mesin pertm2 adl kpn percikan api busi terjd diaman langkah kompresi sdg menuju ke tdc(top dead center, yaitu garis/ttk dimana pistn mencapai tertinggi) biasa nya ada angka derajat misal 5derejat sbl tdc busi keluar api. Nah dr sini peugeot engineer dan seluruh dsigner muulai ngutak ngatik dg bantuan sensor2 yg intinya melihat fuel mixture dari segi press dn temp mixture yg masuk dan akan dibakar ddalam ruang bakar adl spt apa agar hasil bkrnya sempurna. Dg melihat oxy yg tersisa nmaka ada type ttentu ada sensor oxy/lamda(busyet repotttt pot pot ya) inilah ilmu "thermodinamika" yg jd dsr insinyur pabrik2 mesin mobil/ kendaraan. Tdk hny sensr oxy tp jg ada sensor udara dan tekanan msg2 disbt MAF dan MAP. Dmn T dan P adl temperatur dn pressure jd udaranya dl di rekam T n P nya yang mau msk ke ruang bakar br jumlh bensin yg lwt nozzle dsemprotan dngan cr / dsr wkt bukanya dg maksd jumlh bensin ssuai dg udr yg msk yg scr thermodimika udaranya dg T n P yg udr msk td shg dsr inilah sbg dsr utama ditambah jgn lupa angka 5 drajat td mesin tahunya dr sensor lain lg yg gw sendiri belum pernah liat yg meliht posisi roda gila yg otomatis bs mengetahui posisi piston saat mendekat garis/ titik. Tertinggi saat langkah kompresi.jd uraian diatas dsr pertm asal mesin hidup dan dsr kdua optimum hasl pembakaran dg liht udra agr bensin yg disemprotkn cocok dg kondisi udara artinya cocok gw ulang lg hasil bakarnya camp bensin dan udr pas campurnya. Nah disini ada lg yg ditambahkn alat spt potensio yg ktnya ngatur CO gw lg pelajari gm fungsinya scr thermodinamikanya. Knp gw masih belum jls krn itu diolah di ECU dn gmn kerjanya. Krn dr dasar kdua dg sensor MAF n MAP yg gw pahami dh optimum. CO itu jg kepanjangan apa apa carmon oxyda jd jatuh2ny hsl/sisa bakar, yg uraian gw diatas kt pahami di cek oleh tgs sensor oxy/lamda(gw gak tahu mbl gw ada apa gak. Jd gw simpulkan sendiri kl model pakai setelan CO pikiran gw pasti gk ada lamda sensor dan kebalikanya. Krn kl ada lamda sensor artinya pengolahan mixzture hrs diatur nah kl pakai lamda pasti dh diolah otomatis di ECU jd untuk model ini gk bs distel ky model gw pnya yg ada potensio CO nya.....wah ribet nih mudahnya yg baca bs bantu gw nih untk sparing diskusi hahaha...
Ada lg alat2 lain yg sifatny penyempurnaan spt airvalve bypass idle jd klthrole udara yg diinjekan gas lg nutup kan mesin idle alt inilah yg bkin idle di rpm ttentu dg tambhn stelan yg suka diputar kl idle krg tinggi normal kan 850-900 rpm dan alat umum idle up saat ac hidup. Adalagi alat posisi throtle agar tau buka berapa besar (nah ini gw gk tau apa ini pengaruh di dasar satu / dasar dua) dasar satu gw maksudkan mesin asal hidup dan dasAr dua mesin hidup dg maksimum / sempurna hasil bakarnya jd tng gede tp bensin gak kebuang istilahnya dibakar brubah jd tenaga kan bensin beli ya heheh kl udara msh gratis.
Adalg gak ya alat2nya. Oh iya ada sensor knock sensor biar gk ngelitik, alat2 safty spt mesin panas dan engin hrs stop yg gw tau di oli ada sensor tekanan oli jd kl oli tekanan rendah jgn coba2 diakalin jalan /hidupkan mesin dan jg ada sensor air radiator pertama utk level min ada tanda nyala lampu dan bila air radiator panas lebih dr normal 80-85 derjat celsius terbaca di jarum dashboard dan naik terus akhirnya jarum nyentiuh skakelar lampu dashboard nyala dg tulisan STOP.
Mudah2 ada yg baca dan gw diangkat jd eng. MGR perkumpulan bengkel22 hahaha.

OK OK gw tg yg mau diskusi....heeeaaammmm