Honda Jazz CBU vs CKD, apa bedanya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Tue Oct 19, 2004 0:31
- Location: Tebet
Honda Jazz CBU vs CKD, apa bedanya?
Buat penggemar Honda Jazz.... ada yg tau nggak bedanya versi CBU (Build up from Thailand) dan CKD (Knock Down - Indonesia). Ada yg bilang CBU pake alarm jadi nambah 700rb.. tapi ada juga yg bilang kalo versi CKD bisa pake premium, sedangkan CBU harus pertamax..
Bener nggak ya premium TT (tanpa timbal) itu berlaku untuk semua SPBU di Jakarta, terus kalo honda Jazz pake bensin premium apa enggak masalah?
Bener nggak ya premium TT (tanpa timbal) itu berlaku untuk semua SPBU di Jakarta, terus kalo honda Jazz pake bensin premium apa enggak masalah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
versi CBU :
1. pake alarm
2. pake catalytic converter-----> ini yg nggak boleh kena timbal (makanya banyak yg nyaranin mending pake pertamax plus aja)
3. pake velg city i-dsi
versi CKD :
1. nggak ada alarm
2.nggak pake catalytic converter------> makanya dikasih bensin bertimbal pun ok2 aj
3. pake velg yg kaya model cr-v tapi kecil
oh ya, trus di kacanya yg CBU nggak ada tulisan "asahimas" and denger2 sih katanya pajak stnk buat yg CBU lebih mahal dikit.
1. pake alarm
2. pake catalytic converter-----> ini yg nggak boleh kena timbal (makanya banyak yg nyaranin mending pake pertamax plus aja)
3. pake velg city i-dsi
versi CKD :
1. nggak ada alarm
2.nggak pake catalytic converter------> makanya dikasih bensin bertimbal pun ok2 aj
3. pake velg yg kaya model cr-v tapi kecil
oh ya, trus di kacanya yg CBU nggak ada tulisan "asahimas" and denger2 sih katanya pajak stnk buat yg CBU lebih mahal dikit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
oo..iya, ada tambahan lagi...
kalo menurut rekan2 di milis jazz.......jazz ckd tuh banyak yg olinya merembes....nggak tau juga tuh..itu sih kata mekanik di honda juga..
katanya ada yg punya jazz ckd lagi servis rutin, tau2 mekaniknya langsung ngangkat trus langsung cek kalo2 ada oli ngerembes.
kata mekanik dari Honda Mugen sih, emang ada beberapa jazz ckd yg begitu..kalo yg cbu blom pernah nemuin..
itu oli ngerembes katanya gara2 sealantnya kurang banyak.
trus ada yg bilang katanya mending ambil yg cbu, karena di thailand jam terbang ngerakit jazznya lebih tinggi...
kalo menurut rekan2 di milis jazz.......jazz ckd tuh banyak yg olinya merembes....nggak tau juga tuh..itu sih kata mekanik di honda juga..
katanya ada yg punya jazz ckd lagi servis rutin, tau2 mekaniknya langsung ngangkat trus langsung cek kalo2 ada oli ngerembes.
kata mekanik dari Honda Mugen sih, emang ada beberapa jazz ckd yg begitu..kalo yg cbu blom pernah nemuin..
itu oli ngerembes katanya gara2 sealantnya kurang banyak.
trus ada yg bilang katanya mending ambil yg cbu, karena di thailand jam terbang ngerakit jazznya lebih tinggi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Masalah itu memang bener bung. Jazz teman gw juga begitu dan pernah ada customer yang dateng ke toko gw juga begitu.oo..iya, ada tambahan lagi...
kalo menurut rekan2 di milis jazz.......jazz ckd tuh banyak yg olinya merembes....nggak tau juga tuh..itu sih kata mekanik di honda juga..
katanya ada yg punya jazz ckd lagi servis rutin, tau2 mekaniknya langsung ngangkat trus langsung cek kalo2 ada oli ngerembes.
kata mekanik dari Honda Mugen sih, emang ada beberapa jazz ckd yg begitu..kalo yg cbu blom pernah nemuin..
itu oli ngerembes katanya gara2 sealantnya kurang banyak.
trus ada yg bilang katanya mending ambil yg cbu, karena di thailand jam terbang ngerakit jazznya lebih tinggi...
Dan gw pernah baca juga di suara pembaca koran PR = ada yang komplain mengenai hal yang sama tapi mobilnya Stream.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Tue Oct 19, 2004 0:31
- Location: Tebet
Bung Calvin, thanks atas infonya...
Btw, Catalytic converter itu fungsinya untuk apa ya? ada yg bilang untuk emission control level supaya memenuhi standard uji emisi, jadi letaknya dipembuangan.
Jadi kalau Jazz CBU pake premium dalam waktu tertentu akan merusak catalytic converter tsb tapi tidak merusak mesin.. bener nggak ya?
Terus servicenya juga gampang, katanya sih di by pass aja jadi enggak pake Catalytic converter seperti yg versi CKD, kalo yg ini bener nggak bung Calvin??
Btw, Catalytic converter itu fungsinya untuk apa ya? ada yg bilang untuk emission control level supaya memenuhi standard uji emisi, jadi letaknya dipembuangan.
Jadi kalau Jazz CBU pake premium dalam waktu tertentu akan merusak catalytic converter tsb tapi tidak merusak mesin.. bener nggak ya?
Terus servicenya juga gampang, katanya sih di by pass aja jadi enggak pake Catalytic converter seperti yg versi CKD, kalo yg ini bener nggak bung Calvin??
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Oct 20, 2004 3:54
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
[email protected]guardy wrote: tlg tanya milis jazz
alamatnya apa ya?
thx
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
To : guardy
[email protected]
gabung aja......
To : Eq
lebih ramean forum yang ini bung....sebetulnya sih orang2nya sama2 aja, tapi banyakan postingnya di forum yg ini.....
To : aditia
Catalytic converter(CC)====> fungsinya buat nangkep partikel2 co dan gas2 beracun lainnya hasil dari pembakaran mesin yg nggak sempurna. nah fungsinya ini bakalan keganggu kalo ada timbal yg nyumbat disana.....
bener, letaknya emang di knalpot....lebih tepatnya di daerah2 belakang (deket2 perut and buntut knalpot)
ya, kalo premiumnya tanpa timbal sih nggak pa2 ya teorinya...tapi tau sendiri kan kualitas BBM disini kaya gimana??!! baru2 ini saya denger malah katanya pertamax (bkn yg plus) pun masih mengandung timbal (maybe a little bit) nah lo..!!!
kalo mesin sih nggak ada masalah sama timbal, mesin itu masalahnya sama tinggi nilai oktannnya....makin tinggi makin bagus pembakarannya..karena teorinya makin tinggi oktannya, makin gampang/bagus kebakarnya....
biasa kalo mesin2 kompresi tinggi perlu nih yg oktan tinggi, biar nggak knocking mesinnya...
maksudnya di by-pass itu yah CCnya dipotong and disambung pake pipa knalpot (istilahnya dicopot) jadi deh kaya versi CKDnya...hehehe kaya biasa kalo kita mau ganti perut knalpot...cuma bedanya ini kita nggak usah pasang lagi(CCnya).....nggak ngaruh apa2 kok ke mesin...
ngaruhnya paling ke udara and lingkungan sekitar.......(kan CO yg lolos nggak disaring lagi ceritanya..)
o ya, kalo dah dicopot CCnya, jgn lupa sensor dari CC ke ECUnya dicopot juga(ini ni urusan bengkel resmi)....jgn lupa!!, kalo sensornya lupa dicopot and masih ngirim data ke ECU, wah bisa ngaco tuh pembakaran di mesin......
kalo menurut saya sih, mending CCnya dipake (kalo pakenya buat dalem kota aja, kalo luar kota sih nggak tau deh sedia bensin yg bener free timbal nggak) and ngisi bensinnya pertamax plus.....irit kok bensinnya nih mobil...itung2 selain biar mesinnya nggak bayak kerak, kan juga biar udara JKT ini nggak tambah kotor...kekekke
but up to you sih.....yg pasti nggak ngaruh apa2 ke mesin......
yah, semoga ocehan saya yg panjang ini bisa membantu...kekekeke(bawel yah gw)....kekekke
[email protected]
gabung aja......
To : Eq
lebih ramean forum yang ini bung....sebetulnya sih orang2nya sama2 aja, tapi banyakan postingnya di forum yg ini.....
To : aditia
Catalytic converter(CC)====> fungsinya buat nangkep partikel2 co dan gas2 beracun lainnya hasil dari pembakaran mesin yg nggak sempurna. nah fungsinya ini bakalan keganggu kalo ada timbal yg nyumbat disana.....
bener, letaknya emang di knalpot....lebih tepatnya di daerah2 belakang (deket2 perut and buntut knalpot)
ya, kalo premiumnya tanpa timbal sih nggak pa2 ya teorinya...tapi tau sendiri kan kualitas BBM disini kaya gimana??!! baru2 ini saya denger malah katanya pertamax (bkn yg plus) pun masih mengandung timbal (maybe a little bit) nah lo..!!!
kalo mesin sih nggak ada masalah sama timbal, mesin itu masalahnya sama tinggi nilai oktannnya....makin tinggi makin bagus pembakarannya..karena teorinya makin tinggi oktannya, makin gampang/bagus kebakarnya....
biasa kalo mesin2 kompresi tinggi perlu nih yg oktan tinggi, biar nggak knocking mesinnya...
maksudnya di by-pass itu yah CCnya dipotong and disambung pake pipa knalpot (istilahnya dicopot) jadi deh kaya versi CKDnya...hehehe kaya biasa kalo kita mau ganti perut knalpot...cuma bedanya ini kita nggak usah pasang lagi(CCnya).....nggak ngaruh apa2 kok ke mesin...
ngaruhnya paling ke udara and lingkungan sekitar.......(kan CO yg lolos nggak disaring lagi ceritanya..)
o ya, kalo dah dicopot CCnya, jgn lupa sensor dari CC ke ECUnya dicopot juga(ini ni urusan bengkel resmi)....jgn lupa!!, kalo sensornya lupa dicopot and masih ngirim data ke ECU, wah bisa ngaco tuh pembakaran di mesin......
kalo menurut saya sih, mending CCnya dipake (kalo pakenya buat dalem kota aja, kalo luar kota sih nggak tau deh sedia bensin yg bener free timbal nggak) and ngisi bensinnya pertamax plus.....irit kok bensinnya nih mobil...itung2 selain biar mesinnya nggak bayak kerak, kan juga biar udara JKT ini nggak tambah kotor...kekekke
but up to you sih.....yg pasti nggak ngaruh apa2 ke mesin......
yah, semoga ocehan saya yg panjang ini bisa membantu...kekekeke(bawel yah gw)....kekekke
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
yang pasti kalo punya jazz ato fit matic oli nya HARUS yang khusus pake Z1 ato atf yang khusus untuk CVT.
kadang kadang bengkel resmi nya honda juga ngak tau.dulu punya saya malah di beri ATF shell untung ngak jebol.
ada odysey cbu matic yang udah jebol matic nya gara gara ATF nya shell di ganti di bengkel resmi honda.lalu di bilangin ngak bisa di perbaikin harus ganti 1 transmisi baru harga nya 80 jt.
kadang kadang bengkel resmi nya honda juga ngak tau.dulu punya saya malah di beri ATF shell untung ngak jebol.
ada odysey cbu matic yang udah jebol matic nya gara gara ATF nya shell di ganti di bengkel resmi honda.lalu di bilangin ngak bisa di perbaikin harus ganti 1 transmisi baru harga nya 80 jt.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
- Location: Seraya Motor dot Com
Waduh saya ya ga pernah perhatian sama tulisan CVT-nyampoezz wrote:yang pasti kalo punya jazz ato fit matic oli nya HARUS yang khusus pake Z1 ato atf yang khusus untuk CVT.
memang di kaleng oli transmisi tertulis khusus CVT gitu ya?
coba ntar pulang kantor saya cek ulang lagi deh..
daripada keluarin 80 juta buat beli transmisi baru
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kalo mobil nya matic pak.honda kalo ngak salah udah CVT semua CMIIW
soalnya di surabaya udah banyak yang jadi korban untuk mobil FIT.keluar dari service dealer resmi honda ngak enak eh ngak tau nya oli nya bukan yang di rekomed pabrikan.
oli rekomend untuk fit di owner manual nya ATF Z1.kalo di toda harga nya sekitar 58 rb an katanya.
saya sih di surabaya pake oli toyota impor dari jepang agak mahal 85 rb kebetulan yang punya bengkel nya ada chanel gitu ama jepang sana lagian belum nemu oli Z1 itu di surabaya.
soalnya di surabaya udah banyak yang jadi korban untuk mobil FIT.keluar dari service dealer resmi honda ngak enak eh ngak tau nya oli nya bukan yang di rekomed pabrikan.
oli rekomend untuk fit di owner manual nya ATF Z1.kalo di toda harga nya sekitar 58 rb an katanya.
saya sih di surabaya pake oli toyota impor dari jepang agak mahal 85 rb kebetulan yang punya bengkel nya ada chanel gitu ama jepang sana lagian belum nemu oli Z1 itu di surabaya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
- Location: Seraya Motor dot Com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
- Location: Seraya Motor dot Com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
dr pd bingung2 kesini aja yah
http://groups.yahoo.com/group/JAZZ-FIT-Indonesia/
http://groups.yahoo.com/group/JAZZ-FIT-Indonesia/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54
Kalo Fit yang ada di Japan di compare Jazz perbedaan lumayan besar.
Dari mesin saja sudah beda yang 1.5L di Japan sono sudah VTEC, terus ada airbag, abs, ebd yang sudah merupakan standard. Optionnya ada smart key, rem belakang yang udah disc ga pake tromol lagi.
Harga tentu saja beda, bayangin coba mobil kecil gitu pake cakram di empat roda plus smart key
Dari mesin saja sudah beda yang 1.5L di Japan sono sudah VTEC, terus ada airbag, abs, ebd yang sudah merupakan standard. Optionnya ada smart key, rem belakang yang udah disc ga pake tromol lagi.
Harga tentu saja beda, bayangin coba mobil kecil gitu pake cakram di empat roda plus smart key
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Oct 27, 2004 5:54
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
- Location: Seraya Motor dot Com
di topic bawah ini ada ulasan lengkapnya, udah komplit..plit..AnakWarung wrote:Setelah indent, saya dapet tawaran Jazz CBU, nah di forum ini masih bingung aja. mending ambil CBU atawa yg CKD aja.
BBM di sini khan amburadul, ntar Catalyc Converternya jebol lagi. Lagian apa sudah banyak SPBU yg ada Pertamax Plus?
Trus, dari segi performance dan quality mending CBU atau CKD sih?
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=644
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Oct 31, 2004 23:12