BBM Naik. Ada ide buat menghemat?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
BBM Naik. Ada ide buat menghemat?
Em, BBM terus naek...
Apa ada saran ato tips otak2ik mesin mobil biar lebih hemat?
Apa ada saran ato tips otak2ik mesin mobil biar lebih hemat?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Mobil hemat/irit BB biasanya identik dengan tarikan kurang soalnya penambahan segala macam additif tidak pengaruh besar di mesin.
Mungkin ut. sementara bisa digunakan tip sederhana sbb :
1. jangan mainkan gas disaat berhenti
2. kurangi pemakaian AC (apalagi di malam hari)
3. pilih jalan yang tidak macet dan tidak berputar terlalu jauh
4. ganti knalpot standard supaya tidak terpancing nomor 1
Nah, mau hemat apa mau sedikit susah
Mungkin ut. sementara bisa digunakan tip sederhana sbb :
1. jangan mainkan gas disaat berhenti
2. kurangi pemakaian AC (apalagi di malam hari)
3. pilih jalan yang tidak macet dan tidak berputar terlalu jauh
4. ganti knalpot standard supaya tidak terpancing nomor 1
Nah, mau hemat apa mau sedikit susah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Re: BBM Naik. Ada ide buat menghemat?
hehhe kalo itu mah tergantung dari mobilnya kalo mobilnya mang dah boros susahwhitewolf wrote:Em, BBM terus naek...
Apa ada saran ato tips otak2ik mesin mobil biar lebih hemat?

kalo mau hemata yagh ngga usah pakai mobil mending pakai motor 4 tak jatah bensin mobil 1 hari bisa buat jatah sebulan motor 4 tak


1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Solusinya teknologi "Thermal Power"
Hallo buat rekan2 semua yg udah lama bergabung.
Saya member baru nih, salam kenal u/semua.
Mau menghemat BBM..? Saya lagi coba satu teknologi terbaru yg ditemukan oleh ahli lingkungan (katanya sih dari Stutgart-Jerman). Kebetulan mereka ada satu asisten dari Indonesia. Saya dapatkan info ini dari asisten tersebut. Kebetulan di Indonesia hanya dia yg pegang licencenya. Teknologi ini diberi nama "Thermal Power". Saya sekarang sedang mencobanya pada motor bebek saya . Hasilnya baru kelihatan setelah mencapai 500km(+- pemakaian selama 1 minggu). Teknologi ini bisa diterapkan u/semua mesin (motor/mobil, bensin/diesel, 4tak/2tak). Caranya dengan membuat kenerja mesin dengan sangat efisien. Seperti kita ketahui bahwa pada proses pembakaran dlm ruang mesin energi yg terbuang lebih banyak daripada yg terpakai (yg hilang mencapai 60%). Melalui teknologi ini, efisiensi yg tercapai melebihi 90%.
Spesifikasi mesin tdk diubah (mesin tetap standar).
Saya member baru nih, salam kenal u/semua.
Mau menghemat BBM..? Saya lagi coba satu teknologi terbaru yg ditemukan oleh ahli lingkungan (katanya sih dari Stutgart-Jerman). Kebetulan mereka ada satu asisten dari Indonesia. Saya dapatkan info ini dari asisten tersebut. Kebetulan di Indonesia hanya dia yg pegang licencenya. Teknologi ini diberi nama "Thermal Power". Saya sekarang sedang mencobanya pada motor bebek saya . Hasilnya baru kelihatan setelah mencapai 500km(+- pemakaian selama 1 minggu). Teknologi ini bisa diterapkan u/semua mesin (motor/mobil, bensin/diesel, 4tak/2tak). Caranya dengan membuat kenerja mesin dengan sangat efisien. Seperti kita ketahui bahwa pada proses pembakaran dlm ruang mesin energi yg terbuang lebih banyak daripada yg terpakai (yg hilang mencapai 60%). Melalui teknologi ini, efisiensi yg tercapai melebihi 90%.
Spesifikasi mesin tdk diubah (mesin tetap standar).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Cara yg dipakai dengan melapisi saluran buang(knalpot) dengan bahan khusus (bahannya sama dengan yg dipergunakan u/pesawat tempur & ulang alik) dan memberikan cairan pelumas khusus ke mesin. Kuncinya terdapat pada cairan ini.
Saat saya baru memakai teknologi ini, terasa saat menanjak terasa ringan, suara dari knalpot juga terasa lebih bulat. Saat ini motor terasa larinya lebih ringan. Tapi hasil secara keseluruhan blm kelihatan, soalnya masih dlm proses. Menurut asisten tersebut hasil akhirnya adalah tenaganya melonjak drastis & pemakaian bbm semakin irit. Dia sudah mengaplikasikan ke beberapa motor di Bandung. Untuk motor bebek, gigi satu kalo ditarik maka roda depan akan terangkat. Jadi dia berpesan ke saya untuk berhati-hati setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu. Nanti setelah kelihatan hasilnya, saya akan beritahu kepada teman2 sekalian. Tunggu saja waktu.....
Saat saya baru memakai teknologi ini, terasa saat menanjak terasa ringan, suara dari knalpot juga terasa lebih bulat. Saat ini motor terasa larinya lebih ringan. Tapi hasil secara keseluruhan blm kelihatan, soalnya masih dlm proses. Menurut asisten tersebut hasil akhirnya adalah tenaganya melonjak drastis & pemakaian bbm semakin irit. Dia sudah mengaplikasikan ke beberapa motor di Bandung. Untuk motor bebek, gigi satu kalo ditarik maka roda depan akan terangkat. Jadi dia berpesan ke saya untuk berhati-hati setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu. Nanti setelah kelihatan hasilnya, saya akan beritahu kepada teman2 sekalian. Tunggu saja waktu.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
bravooo kasih tahu yagh mas slayer me salut degh buat you siipppSlayer wrote:Cara yg dipakai dengan melapisi saluran buang(knalpot) dengan bahan khusus (bahannya sama dengan yg dipergunakan u/pesawat tempur & ulang alik) dan memberikan cairan pelumas khusus ke mesin. Kuncinya terdapat pada cairan ini.
Saat saya baru memakai teknologi ini, terasa saat menanjak terasa ringan, suara dari knalpot juga terasa lebih bulat. Saat ini motor terasa larinya lebih ringan. Tapi hasil secara keseluruhan blm kelihatan, soalnya masih dlm proses. Menurut asisten tersebut hasil akhirnya adalah tenaganya melonjak drastis & pemakaian bbm semakin irit. Dia sudah mengaplikasikan ke beberapa motor di Bandung. Untuk motor bebek, gigi satu kalo ditarik maka roda depan akan terangkat. Jadi dia berpesan ke saya untuk berhati-hati setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu. Nanti setelah kelihatan hasilnya, saya akan beritahu kepada teman2 sekalian. Tunggu saja waktu.....


1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Thermal Power? Dipake dgn melapisi knalpot ama pelumas khusus mesin?
Kalu di knalpot mungkin dgn melapisi dalem knalpot dgn lapisan yg anti panas. Maksud disini panas ada hubungannya dgn tenaga. Jadi bila panas bisa dikurangi, biarpun pd knalpot berarti tenaga tidak banyak terbuang. Ini yg diliat pada sepeda motor, yaitu tidak ada pendingin knalpot, yg ada pendingin mesin.
Kalu di mesin, tujuannya tetep sama, yaitu mendinginkan suhu mesin. Hanya saja media yg digunakan memakai cairan.
Kalu di knalpot mungkin dgn melapisi dalem knalpot dgn lapisan yg anti panas. Maksud disini panas ada hubungannya dgn tenaga. Jadi bila panas bisa dikurangi, biarpun pd knalpot berarti tenaga tidak banyak terbuang. Ini yg diliat pada sepeda motor, yaitu tidak ada pendingin knalpot, yg ada pendingin mesin.
Kalu di mesin, tujuannya tetep sama, yaitu mendinginkan suhu mesin. Hanya saja media yg digunakan memakai cairan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
itu mungkin untuk mesin 2 tak bung anjas tapi kalo untuk yg 4 tak bukannya semakin panas maka semakin yahuud tenaga nya tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Teteup aja. Kalu butuh panas, knapa di motornya Rossi tetep ada radiator? Itu artinya panas teteup butuh, karena mesin itu ya harus panas. Tapi kalu panasnya sampe berlebih, malah bahaya. Oli di dalem mesin khan ada titik didihnya. So, jgn sampe oli di mesin jadi mendidih. Kalu sampe mendidih, otomatis pelumasannya jadi kacau beliau.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heheh jelas dunk ohya kalo pendingin di kharisma pake apan tuh kalo dishogun khan sistem semprot oli plumas tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heheh kalo gw yg demen dari kkahrisma tutup mesin bawah sama spedometernya hehe begitu di nyalahin pasti tuh spedo meter mentok di 160 km/h hehe trus balik ke nol n plus kilometernya digital tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
back tothe topic guys,
kalo menurut gue sih kuncinya adalah pada ciran yang dicampurin ke oli. pernah liat kan iklannya power up. temen gue ada yang coba aditivnya and hasilnya emang bener kayak iklannya, suara jadi halus dan tarikan jadi enteng. kalo soal knalpot yang diisolasi menurut gue secara toritis tidak akan mempengeruhi performa mesin, emangnya hubunganya dimana? justru kalo mau ningkatin performa mesin saluran buang/knalpot harus dibuat yang sifatnya free flow, jadi kalo dibungkus maksudya apa??? knalpot itu kan tempat ngebuang sisa hasil pembakaran.
Paling kalo mau memanfaatkan aliran gas buang, bisanya buat muterin turbin, maka jadilah turbocharger, ini bisa naekin power sampe 30%.
kalo masalah mesin 4 tak makin panas makin kenceng sebenarnya gue nggak setuju, semua mesin pada akhirnya pasti panas senagai hasil dari pembakaran didalam sileinder mesin. Justru makin panas mesin performa mesin akan menjadi turun karena adanya pemuaian pada material metal. Yg terbaik dari pihak pabirk adalah mempertahankan suhu optimal dari mesin, yaitu dengan adanya tambahan radiator atau sirip pada blok mesin.
Gitu aja,
(Panjang juga gue nulisnya)
kalo menurut gue sih kuncinya adalah pada ciran yang dicampurin ke oli. pernah liat kan iklannya power up. temen gue ada yang coba aditivnya and hasilnya emang bener kayak iklannya, suara jadi halus dan tarikan jadi enteng. kalo soal knalpot yang diisolasi menurut gue secara toritis tidak akan mempengeruhi performa mesin, emangnya hubunganya dimana? justru kalo mau ningkatin performa mesin saluran buang/knalpot harus dibuat yang sifatnya free flow, jadi kalo dibungkus maksudya apa??? knalpot itu kan tempat ngebuang sisa hasil pembakaran.
Paling kalo mau memanfaatkan aliran gas buang, bisanya buat muterin turbin, maka jadilah turbocharger, ini bisa naekin power sampe 30%.
kalo masalah mesin 4 tak makin panas makin kenceng sebenarnya gue nggak setuju, semua mesin pada akhirnya pasti panas senagai hasil dari pembakaran didalam sileinder mesin. Justru makin panas mesin performa mesin akan menjadi turun karena adanya pemuaian pada material metal. Yg terbaik dari pihak pabirk adalah mempertahankan suhu optimal dari mesin, yaitu dengan adanya tambahan radiator atau sirip pada blok mesin.
Gitu aja,
(Panjang juga gue nulisnya)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Thu Apr 03, 2003 9:18
- Location: Duduk manis di depan komputer
Re: BBM Naik. Ada ide buat menghemat?
Biar lebih hemat lagi jangan pake apa apavandekar wrote:hehhe kalo itu mah tergantung dari mobilnya kalo mobilnya mang dah boros susahwhitewolf wrote:Em, BBM terus naek...
Apa ada saran ato tips otak2ik mesin mobil biar lebih hemat?![]()
kalo mau hemata yagh ngga usah pakai mobil mending pakai motor 4 tak jatah bensin mobil 1 hari bisa buat jatah sebulan motor 4 tak![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
tul, jadi kalo gl pro bisa ngelawan king di jalur puncak bukan berarti mesin gl pronya udah kepanasan tapi karena suhu optimalnya tercapai disitu,jadi karena sebenarnya mencapai bogor mesinya udah panas banget tapi karena ketemu suhu daerah puncak yg dingin maka suhunya jadi optimal makanya tenaganya juga gede............
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia