C-Sport & C240 Elegance

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

C-Sport & C240 Elegance

Post by handling »

PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia menyediakan Mercedes Benz C-Sport, yang merupakan saudara kembar Mercedes Benz C 240 Elegance. Baik C-Sport maupun C 240 merupakan dua varian baru New C-Class yang akan segera dipasarkan di Indonesia.

MERCEDES Benz C-Sport dijual dengan harga off the road Rp 489 juta dan C 240 Elegance Rp 577 juta. Peluncuran New C-Class secara resmi di depan pers dilakukan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, pada tanggal 12 Oktober lalu.

New C-Class yang merupakan versi facelift dari C-Class pendahulunya, muncul dengan dua varian, yakni C 240 Elegance dan C-Sport. C-Sport didesain secara khusus memenuhi tuntutan spesifik pasar Indonesia.

C 240 Elegance dan C-Sport versi facelift itu sangat mudah dibedakan dari pendahulunya. Kedua varian itu mengalami perubahan pada lensa lampu depan dan lampu kabut, lampu belakang, dan grille radiator. Selain perubahan eksterior, interiornya pun mengalami perubahan, seperti antara lain pada instrumen-instrumen dan desain saluran udara buat AC. Perubahan-perubahan itu dimaksudkan untuk membuat C 240 Elegance tampak lebih segan dan anggun, serta membuat C-Sport tampak lebih sporty.

C 240 Elegance maupun C-Sport sama-sama menyandang mesin berkapasitas 2.6 Liter (2.597 cc), 6 silinder dalam konfigurasi V (V6). Dan, peluncuran dua varian New C-Class bersilinder 6 itu juga menandai periode transisi C-Class di Indonesia, dari mesin bersilinder 4 ke mesin bersilinder 6. Nantinya, seluruh varian C-Class akan menyandang mesin 6 silinder, yang dimaksudkan untuk meningkatkan perfoma C-Class.

Mesin V6 C-Sport menghasilkan tenaga maksimum 168 PK pada 5.500 rpm dan 240 Nm pada 4.500 rpm. Mobil yang diklaim pabrik sanggup berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 9,2 detik.

Siapa yang mau...? he..h.e..he.....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

tapi HP nya masih kalah ama 325i yah biarpun V6.wah jangan sampe liat ini nih pak cha ntar dihujat lagi mercy hueuheuheuhe.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Re: C-Sport & C240 Elegance

Post by observer »

handling wrote: MERCEDES Benz C-Sport dijual dengan harga off the road Rp 489 juta dan C 240 Elegance Rp 577 juta. Peluncuran New C-Class secara resmi di depan pers dilakukan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, pada tanggal 12 Oktober lalu.

New C-Class yang merupakan versi facelift dari C-Class pendahulunya, muncul dengan dua varian, yakni C 240 Elegance dan C-Sport. C-Sport didesain secara khusus memenuhi tuntutan spesifik pasar Indonesia.
Saya tadinya pikir C-Sport adalah versi facelift, tapi rupanya bukan!! Menurut sales Mercy, C-Sport ini adalah stok lama, hanya direpackage (seperti lampu depan kristal bening) supaya lebih serupa dengan versi facelift . Sedangkan yang betul betul versi facelift adalah C240 Elegance yang harga off the roadnya Rp577 juta. CMIIW.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hehehehe wah ternyata stok lama di operasi plastik lalu di jual lagi hehehe.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Pinteran tuh Daimler-Chrysler Indonesia......................

stok lama di'baru'kan..............

Tapi Bung mpoezz, Bung Cha, sang kritikus kita belum mengeluarkan pernyataan resminya he.........he........he...................
Last edited by WP on Tue Oct 19, 2004 6:47, edited 1 time in total.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

iya nih sibuk katanya hueuheuhe kemanakah beliau gerangan.
tapi kayak nya harga nya lebih murah yah yang sport nya.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

C-Sport dimaksudkan Mercedes agar bisa bertarung dgn harga lebih murah.......................

Mercedes menciptakan image mobil itu buat eksekutif muda yg suka nyetir sendiri dgn membuat pemikiran di iklannya, Bahwa sayang kalau hanya supir yg hanya bisa merasakan nikmatnya menyetir C-Class ini............... begitu kira2.....................................
The Stream X
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Thu Jul 15, 2004 16:50
Location: Jakarta

Post by The Stream X »

First Drive-nya bisa dilihat di majalah AutoBild paling baru. Edisi 39 / 23 Okt - 5 Nov 2004 halaman 24.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks buat infonya... gw juga pernah denger berita ini dari media.

Untuk C-Sport memang ditujukan bagi kaum eksekutif muda dan yang pasti nyetir sendiri. Kemudian warna bodinya juga baru : Red solid (mirip red Ferrari) dan Black solid. Perubahan juga terjadi di sektor interior dan eksterior. Eksteriornya yang lebih cakep.

Untuk C240 Elegance ditujukan bagi kaum yang lebih mapan. Dan stylingnya lebih ke arah elegance.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Kapan ya c class baru bakal keluar lagi....Kalo rivalnya seri 3 kan udah ada sekarang.
ada yang opunya prototypenya gak ya....


thanks
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Wah lucu juga nih infonya...
nih kutipannya autobild....


Dari segi mesin 2597cc V6 170dk, mampu diapacu 0-100km/h dalam 10,4 detik. Lebih cepat 1 detik dari 318i, NAMUN MASIH DIBAWAH C180 K, YANG BERMAIN DI 9 DETIKAN.

Wah3x, cc nya lebih gede , tapi akserelasi nya memble.. dibawah C180K.

Mungkin ini cuma untuk habisin stok seri C class kali ya....
Image
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

handling wrote:Kapan ya c class baru bakal keluar lagi....Kalo rivalnya seri 3 kan udah ada sekarang.
ada yang opunya prototypenya gak ya....
Go here:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=956
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

lo c240 itu saingan nya 325i mana bisa di sandingkan sama 318i bego banget tuh auto bild.
mesin v6 lama i4 jelas lah lalu kapisatas beda hampir 600cc setan aja ketawa liat nya.

kalo c240 di sandingkan ama 325i yang i6 2500 cc kan wajar tapi sih jauhhhh pasti ketinggalan nya ama 318i aja cuman beda 1 detik.CMIIW
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Dari segi mesin 2597cc V6 170dk, mampu diapacu 0-100km/h dalam 10,4 detik. Lebih cepat 1 detik dari 318i, NAMUN MASIH DIBAWAH C180 K, YANG BERMAIN DI 9 DETIKAN.
Jangan2 ... salah ketik lagi tuh majalah.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

iya dodol banget masa disandingin ama c180 ama 318i sekalian aja ama jazz heehehe
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

mpoezz wrote:iya dodol banget masa disandingin ama c180 ama 318i sekalian aja ama jazz heehehe
Kadang2 majalah memang suka aneh..........
Pernah ditulis kompetitor Camry selain Accord adalah 318i, apa ga kebanting?
Padahal 406 atau Galant lebih pas.............

Pernah juga Camry 3.0 dibandingin sama Hyundai Grandeur............... harga sih mahalan Grandeur, trus dibilang Toyota kasih harga murah............kan aneh, mestinya tuh Grandeur diadu sama Toyota Crown 3.0...........yg harganya nyaingin Jaguar S-Type........PASTI KELIHATAN MURAH SEKALI TUH Grandeur.................
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

Gue lupa nama majalahnya, tapi pernah di-post di salah satu thread yg ada di forum SM ini, di majalah itu pernah wartawannya tuh ngebandingin Jaguar S-type head-to-head dengan BMW 7-series and MB S-class, padahal seharusnya Jaguar S-type itu sekelas dengan BMW 5-series dan MB E-class. Kadang memang suka ngawur nih beberapa wartawan otomotif Indonesia, masih jauh lebih pintar kalian-kalian disini. Kalo engga salah nama majalah tsb. adalah majalah MOBIL MOTOR.........atau mungkin majalah MOTOR, wah....lupa sih, tapi kalo kalian cari di bagian archive-nya thread-thread lama yg pernah di-post di forum SM ini, pasti deh ketemu.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo yang camry,accord di VS ama 318i sih katanya mereka mengambil dari segi harga nya walaupun sebenarnya kelas 318i itu altis dan civic tapi harganya diatas camry dan accord.

kadang kadang yang ngak habis pikir itu ya ngabandingin kayak yang itu tuh akslerasi ama mobil di bawah nya.

v6 dilawan kan ama I4 lalu sama c180 yang mengunakan kompresor yang ngejar dan main di putaran bawah.
kompresor juga kalo udah jalan panjang pasti ngos2 an ngejar v6
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Bung Cha thanks atas info C classs barunya ya......
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

mpoezz wrote: kompresor juga kalo udah jalan panjang pasti ngos2 an ngejar v6
Wa ha3x.. bener juga........


Tapi susah juga sih ngomong 318i bukan setara dgn camry ddan accord.
Dulu waktu jamannya maestro, corona, 318i yang lama (sebelum E36)harganya masih di 80jt an. sedangkan accord juga pasang di harga itu.
jadi mungkin udah kebawa2 lah sejak dari itu.

Memang sih 318i seharusnya bersanding dgn corolla , civic, lancer kalo dilihat dari cc nya.

Tapi ATPM 318i pasti menilai saingan mereka adalah camry accord galant, bukan altis, civic,lancer. Mengingat orang yang beli camry accord galant juga relatif mungkin bisa beli 318i (dgn menambah puluhan juta lagi, bukan ratusan juta lagi).

So tergantung kita liat dari segi mana, dari harga atau dari spec mesin......he..h.e...he.....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hehehe dilihat dari segimana pun sih tetap aja kurang bisa di jajarin di diatas altis paling menang kontrol traksi lalu harga + brand image nya aja hehehe.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ini nih salah satu yang dodol juga dapet dari mobil motor

Mesin Dan Mekanikal

BMW 530i: Acungan jempol memang pantas dilayangkan kepada mesin yang diusung New 530i. Performanya nyaris tanpa cacat, dan tenaganya terasa padat pada berbagai putaran. Dengan torsi sebesar 300 Nm, mesin sangat andal pada low end dan high end. Mengusung mesin sama dengan yang digunakan BMW Z4, menyebabkan karakteristik sportscar terasa pada mesin New 530i. Dengan kapasitas 2.979 cc dan bertenaga 231 tk, maka mobil ini mampu melesat cepat. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dibutuhkan sekitar 9 detik saja meski pada uji coba mobil ini diisi oleh 4 penumpang. Saat uji coba mobilmotor mampu melarikan mobil ini hingga kecepatan 220 km/jam. Jika kondisi lalu lintas lebih sepi bukan tidak mungkin kecepatan akan terus meningkat. Secara umum mobilmotor beranggapan, bahwa sungguh menyenangkan mengemudikan New 530i, apalagi bagi Anda yang gemar memacu kecepatan.

Persneling otomatis dilengkapi sistem Steptronic memang menjadi rekan kerja mesin yang baik. Berkat sistem itu, performa mesin dapat tetap melaju sempurna tanpa banyak tenaga terbuang. mobilmotor juga menangkap kesan baik pada sistem pengereman. Ketika uji coba di jalan Tol Jagorawi, pada kecepatan 160 km/jam direm hingga kecepatan 80 km/jam, kinerja rem terasa baik tanpa ada gejala brake fade sekalipun.

MB E200 K: menggunakan mesin bertipe M271E18 berkapasitas 1.800 cc, tipe mesin ini sama dengan yang digunakan oleh C 180 Kompressor. Mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris merupakan tipe dari generasi terbaru MB yang mempunyai sistem unik bernama Twinpulse. Sistem ini merupakan kombinasi dari berbagai macam teknologi yang di antaranya adalah supercharged, charge-air cooling, 4 katup per silinder, fully variable camshaft adjustment, dan lancaster balancing shaft. Kombinasi itu dipercaya mampu menghasilkan performa yang baik, lembut, mantap, serta mampu menjaga keiritan konsumsi BBM.

Lalu bagaimana kenyataannya? Selama melakukan uji coba, perpaduan sistem itu memang cukup terasa. Kinerja supercharger yang bekerja memampatkan udara ke ruang bakar dengan memanfaatkan putaran mesin yang diatur ECU ini membantu mendongkrak tenaga mesin, namun tidak seperti yang terdapat pada mobil sport. MB membedakan setingannya pada mobil yang peruntukan bagi kendaraan penumpang. Hal tersebut sepertinya didasari oleh beragam faktor yang salah satunya adalah faktor keselamatan. Berbeda dengan mobil balap yang memiliki supercharger dengan seting maksimal dan berespon instan, E200 K memiliki setingan medium dan bekerja pada putaran di atas 3.000 rpm. Memang bila digunakan untuk pengendaraan dalam kota yang relatif padat, gebrakan yang dimiliki E200 K tidak terasa karena respon mesin jadi kurang gesit pada putaran bawah atau cenderung under power. Bila ingin memaksimalkan kinerja mesin, dapat dicoba pada jalan bebas hambatan dengan trek panjang dan kondisi lengang. Mobil asal Negeri Bavaria ini mampu dipacu secara maksimal. MB mengklaim, bahwa E200 K mampu dipacu hingga kecepatan 230 km/jam. Hal itu memang sangat sesuai dengan kenyataan. Saat mobilmotor mencobanya pada sepanjang jalan Tol Cikampek dan dalam kota diperoleh kecepatan maksimum 210 km/jam. Pedal gas seharusnya masih mampu diinjak lebih dalam, tapi sayangnya terhambat oleh kondisi jalan.

Supercharger memang selalu dilengkapi intercooler agar pasokan udara bertekanan tinggi dapat lebih dingin bila masuk pada intake manifold. MB menyebut intercooler dengan istilah charge-air cooled. Sementara fully variable camshaft adjustment bekerja mengatur bukaan katup agar mendapatkan durasi bukaan katup ideal. Bila disimak, prinsip kerjanya tidaklah jauh berbeda dengan VTEC pada Honda atau Vanos pada BMW. Sedangkan lancaster balancing shaft bekerja untuk mereduksi getaran yang ditimbulkan mesin.

Rangkuman dari sistem Twinpulse memang terbukti selama pengujian, performa mantap namun konsumsi BBM tergolong tidak terlalu boros. Untuk penggunaan pengendaraan kombinasi dari dalam kota dan jalan bebas hambatan, mobil ini mencatat konsumsi BBM rata-rata 9,2 km/liter. Sedikit hal yang mengganggu selama pengujian, yakni terdengar suara agak kasar dari mesin.

BMW 530i : ****
MB E200 K: ***

Komentar: Untuk tenaga mesin, BMW memiliki keunggulan dibanding MB. Pantas kalau akselerasi BMW lebih cepat ketimbang E200 K. Namun keduanya tetap ramah lingkungan berkat adanya katalitik konverter.

huauhauha ada ada aja kan 530i baru di sandingkan sama e200K biar pake kompresor juga mana ngejar tuh.
coba 530i vs e320 nah itu baru adil dari segi fitur dan mesin
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

huauhauha ada ada aja kan 530i baru di sandingkan sama e200K biar pake kompresor juga mana ngejar tuh.
coba 530i vs e320 nah itu baru adil dari segi fitur dan mesin
Emang pada ngawur ya. Belum lagi yang salah ketiknya ... Heehehehe ... harus belajar sama wartawan luar kali.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Chalupa wrote:Gue lupa nama majalahnya, tapi pernah di-post di salah satu thread yg ada di forum SM ini, di majalah itu pernah wartawannya tuh ngebandingin Jaguar S-type head-to-head dengan BMW 7-series and MB S-class, padahal seharusnya Jaguar S-type itu sekelas dengan BMW 5-series dan MB E-class. Kadang memang suka ngawur nih beberapa wartawan otomotif Indonesia, masih jauh lebih pintar kalian-kalian disini. Kalo engga salah nama majalah tsb. adalah majalah MOBIL MOTOR.........atau mungkin majalah MOTOR, wah....lupa sih, tapi kalo kalian cari di bagian archive-nya thread-thread lama yg pernah di-post di forum SM ini, pasti deh ketemu.
Saya cuma usul nih:
APA MESTINYA KITA BIKIN MAJALAH OTOMOTIF SENDIRI SAJA YAH?
Kontributor dan reporternya kita2 juga................

Tapi bener kan majalah Indonesia suka aneh................makanya saya kadang bandingin dgn majalah luar misal AUTOCAR ASEAN EDITION, MOTORING (Singapore), WHEELS (Australia), Auto Express (UK), dan juga MOTOR TREND (USA).......... Autocar & Motor Trend juga udah ada edisi Indonesianya sih tapi wartawannya kan org Indonesia, jadi masih suka ngawur (bukan menghina lho, tapi mengkritisi.........)
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

saya sih lebih senang top gear duluuu cuman sekarang juga udah rada eror juga.lay out nya bikin sendiri kalo dulu masih ikut luar