mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mbah Joyo
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 27, 2011 23:56

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by mbah Joyo »

Kemarin saya kembali jalan-jalan berkunjung ke showroom untuk melihat pajero sport dakar, ini dalam rangka mempertimbangkan mobil suv diesel yang akan saya beli. Saya sudah melihat pajero dakar pada waktu pameran di sebual mall, tapi saya tidak bisa melihat dari dekat karena ramainya pengunjung pada waktu itu.

Pajero dakar tdk tersedia di showroon tersebut, kemudian saya diminta untuk melihat-lihat pajoro sport exceed AT/4x2 dan dijelaskan bahwa "hanya" ada beberapa perbedaan saja antara dakar dan exceed. Setelah melihat-lihat dan berbincang-bincang, bahkan diperbolehkan untuk test drive berikut komentar saya: (membandingkan dengan Fortuner Diesel)

Penampilan: PS memberikan penampilan yang lebih segar, meski kesan pick-up yang dipasangi karoseri masih terasa kental. Paling tidak bisa menjadi variasi dari model-model yang sdh ada dari merek lain. Posisi mengemudi yang nyaman dan tinggi memberi dorongan percaya diri.

Akomodasi dan fasilitas: rasanya akomodasi yang diberikan adalah standard bagi mobil masa kini, sayangnya power window pengemudi tidak dilengkapi dengan "once-up button", jari harus tetap menahan saklar sampai kaca tertutup penuh--Sungguh sayang---. menurut pramuniaga ini adalah langkah "safety", meskipun saya belum paham safety yang bagaimana yang dimaksudkan karena tdk mendapat penjelasan lanjut ketika bertanya. Exceed tdk dilengkapi dengan auto-lock, jadi jangan lupa untuk mengunci mobil begitu meninjak jalan raya. Rasanya agak aneh mobil seharga sekian tapi fasilitas masih berada di bawah mobil yg jauh lebih murah.

Build of Quality: Bicara sebuah SUV seharag sekitar 400 juta, Exceed yang saya amati, mohon maaf build of qualitynya berada dibawah mobil keluaran perusahaan karoseri di kampung halaman saya...., konstruksi plastik interior terlihat kasar dan sambungan tidak rapi...kok bisa ya...disisi exterior juga terlihat sambungan panel yg tidak rapi dan makin menambah kesan seperti pick-up yang dipasangi karoseri.... beberapa hari yang lalu saya masuk ke dalam fortuner diesel dan melihat interior memberi kesan rapi eksklusif, sayang modelnya sudah mulai kelihatan uzur....

Test Dive: test drive yang saya lakukan dalam pemakaian yang wajar, yaitu sekedar keluar dari showroom ke jalan raya yang padat dan kembali ke showroom lagi, dengan demikian tdk bisa merasakan performance yg sesungguhnya. dari test drive itu saya tdk merasakan perbedaan yang mencolok dengan mobil diesel pada umumnya.

Performace (dari keterangan pramuniaga): Exceed dilengkapi turbo, sedangkan dakar dilengkapi variable geometri turbo (VGT). Ouput dakar katanya lebih dahsyat daripada Exceed berkat VGT, beda powernya sekitar 40 PS. Saya jadi bertanya-tanya, semua diesel A/T memang dilengkapi turbo, dan turbo model baru, VGT tsb, rasanya tdk akan menambah power sebesar 40 PS, saya juga tdk tahu bagaimana manufacturer mengukur keluaran power tsb. VGT rasanya hanya akan menekan turbo-lag saja. Kalaupun memang ternyata ada power yang meningkat sebesar itu tentunya ada modifikasi lain, yaitu injector bahan bakar. Tentu saja peningkatan power dengan merubah injektor bahan bakar akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Saya tdk tahu apakah benar demikian, yang jelas fortuner diesel baru kabarnya juga akan dilengkapi dengan VGT (meskipun namanya berbeda, tapi fungsi dan kerjanya sama), tapi penambahan tenaga yg didapat tdk sampai 10 PS.

Harga: Perbedaan harga exceed dan dakar sangat menyolok, yaitu sekitar 40 juta, bahkan kata pramuniaga, exceed masih bisa kasih potongan dan bonus yg lain..., dakar sebaliknya: indent lama dan tdk ada bonus/potongan harga. Bagi konsumen di level ini, mungkin akan lebih memilih dakar ketimbang exceed (ini berdasarkan sifat konsumen menengah Indonesia), terlihat dari adanya banyak persediaan exceed yang bisa dibeli setiap saat, tetapi indent dakar terlihat mengular. Dari iklan-iklan yang adapun rasanya dakar tidak sekedar sebagai varian PS tapi disiapkan utk menggantikan model non VGT. Saya, secara pribadi masih berpikir keras: kalau saya beli exceed, ini adalah model yang bakal dihabiskan..., kalau saya pilih dakar, bagi saya beda 40 juta, masih belum worth dengan VGT, jendela di atap, semprotan pembersih lampu.... Kalau memang saya butuh tenaga lebih besar, dengan mudah dibawa ke bengkel tuner.... paling-paling beberapa juta rupiah saja untuk mendongkrak performa. Jendela Atap? hmmm, kapan makainya?, jendela samping saja jarang di buka....(tapi memang sih...terkesan ekslusif). Pembersih lampu?, mobil 2WD tdk akan pernah sekotor itu lampunya....mikir seribu kali buat off-road.. Fasilatas lain? wah gak tahu ya....

Kesimpulan: Binun!!!!
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by maskopat »

wah, review mantap mbah Joyo... :frm_salut:
salam kenal...

tentang fortuner, setelah direlease oleh TAM, sepertinya tetap menggunakan D4D lama.. belum VGT dan intercooler.
D4D VGT disebut sebagai D4D VN.. cmiiw. beda powernya pun sekitar 40PS.. :big_peace:

untuk PS, selisih power sekitar 35PS... emang bukan karena faktor geometri turbo aja, mungkin boost injector juga lebih besar. cmiiw.

kalo mbah Joyo masuk ke tret pajero sport, sudah ada yang boost up power hingga 200HP lebih!!! dan torsi 400NM... :frm_salut:

tentang semprotan lampu, dipasang di PS dakar karena dia sudah pake HID. di beberapa negara, diwajibkan penggunaan pembersih lampu ini jika pake HID. karena ane pernah baca spek lampu2 HID dari suatu merk, mereka tulis kalo pake HID wajib beli cleaning set nya... kurang paham kenapa diwajibkan.. :big_peace:

kalo sering keluar kota dan jalan malem, semprotan lampu ini cukup membantu. karena kalo jalan malam, banyak nempel serangga di mika lampu.. tapi gak perlu2 amat sih..
di bmw dan mercy, rasanya dulu pernah ada yang pake wiper di lampu depan.. fungsinya juga sama... cmiiw..

kesimpulan: beli yang disuka aja mbah.. pilihannya ada captiva dan everest di SUV diesel... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mbah Joyo
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 27, 2011 23:56

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by mbah Joyo »

Salam kenal kembali Mas... Terimakasih sarannya dan tambahan pengetahuannya ttg HID lamp dsb...

Betul Mas, besok rencana mau ke diler Chevy buat nyoba captiva diesel, kabarnya lebih nyaman dan ekonomis...

Salam...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by ZombiEE »

Ngomong2 waktu duduk di jok ps dakar ada serasa claustrophobic ga oom?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by Hansen »

apa itu artinya jemb? :e-think:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by ZombiEE »

Metaphor utk "serasa sempit" sen..cmiiw
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by DOHC »

jok depan nya sehhh ane rasa kelewat rendah jemb utk ukuran mobil sgitu, kaki musti selonjoran kalo ga mau nekuk... lumayan bikin pegel jg tuh... jok baris kedua masi lebi mending dikit...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by ZombiEE »

Ane malah suka posisi kaki ke pedal gas nya...cuma rasanya headroom nya itu minmal sekali...‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by Hansen »

:upss: :upss: :upss:
Image
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: mohon sarannya... Pajero Sport atau Captiva Diesel?

Post by smgandi »

Kalo saya liat posisi duduknya memang tinggi PS dibanding Triton. Tapi karena PS posisi duduknya tinggi emang bener headroomnya jadi kerasa sempit. Sedangkan Triton karena posisi duduknya rendah, jadi headroomnya lumayan lega. Juga kalo mau masuk mobil, karena headroom yg sempit di PS kepala serasa musti nunduk abis. Kalo diliat memang kayanya ke-2 mobil di atas headroomnya kurang tinggi. Kalo ditinggiin lagi atapnya akan berasa lega nih mobil. Cuman mungkin stabilitynya jadi berkurang. Coba kalo PS dikawinin sama Fortie yg sebelum Grand Fortie. Moncong Fortie, tapi mulai ruang penumpang sampe habis ke belakang PS. Pake mesin PS yg VGT, sluuurppp ahhhhh.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi