IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

Hari Sabtu 31 Juli 2010 kemarin saya sambangi IIMS dengan beberapa mobil menjadi tujuan prioritas untuk dilihat dan dirasakan, diantaranya adalah Ford Fiesta. Review internet yang sudah tersebar mulai tahun lalu menuai pujian dan sangat jarang sekali ada nilai minus didalam review Ford Fiesta.. Bahkan belum sampai di Indonesia, Ford Fiesta sudah menjadi Best Car di negara2 lain bahkan Jeremy Clarkson (Top Gear) yang sering menghina city car juga memuji mobil ini... Meskipun saya tau Clarkson orang yang sangat "biased" dalam review mobil, tetap saja membuat penasaran.

Lalu saya sambangi Booth Ford yang berada di dekat Booth Toyota..

Review:

Eksterior:

Yang terpajang dan boleh di elus2 adalah varian 1,4 AT dan 1,6 AT yang dipajang diatas panggung... Booth Ford dipenuhi Fiesta dan animo yang luar biasa tentang Fiesta...

Dari sisi Bentuk depan... errr...... ketika lihat aslinya.. yaang terlihat di benak saya adalah.. "aneh".... bentuknya seperti telur.. dan tidak terkesan aerodinamis... ketika di gambar terlihat ini mobil ada macho2nya dikit.. setelah lihat asli malah ga ada macho2nya... :e-wall:
IMG_1816.JPG
ini yang 1,6
IMG_1822.JPG
Bagian samping; untuk bagian samping kelihatan cute... tarikan garis tegas dan sporty tapi digabung atap melengkung, body gembung dan warna ngejreng...
IMG_1824.JPG
Belakang... (Ada 1 ford fiesta putih yang menyita perhatian saya karena penggantian velg yang dilakukan) bagian belakang ford fiesta is... Damn... So nice... I love It!
IMG_1818.JPG
Tarikan garis dari depan ke belakang juga bagus banget ketika dilihat dari belakang:
IMG_1819.JPG
Interior:
Pintu dibuka: Lho Kok?... Sempit amat? :e-wall:
IMG_1831.JPG
Saya minta adik saya duduk di belakang, tinggi dia 170-an cm dan lihat posisi duduknya;
IMG_1835.JPG
Man!.... Itu anak SMP yang kelihatan ketekuk dimobil... (Baca: anak kecil).. Begitu saya duduk ternyata posisi duduk adik saya bukan karena dia sengaja membungkuk, tetapi back-support kursi belakang yang memang agak menekan jadi kita seperti membungkuk.. Terus saya mikir.... Kalo anak kecil nggak bisa nyaman duduk di belakang, terus buat siapa desain kabin belakang? :shrug:

Poin plus adalah gembar-gembor layout dan penelitian bahan pembuat kabin... meskipun bisa dikatakan nggak keseluruhan bahan pembuat interior bagus... (paling jelek adalah dash tengah kebawah dan fabrik jok) tapi overall mantap.. okelah dibilang soft touch itu nggak tepat karena mostly hard plastic, tapi yang jelas tahan gores... contoh simpel adalah warna silver di setir yang ada coating sehingga tahan gores.. ga seperti Jazz dan honda lain yang hanya cat dove silver jadi mudah berubah warna... :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
IMG_1833.JPG
Desain layout dash juga cantik... warna silver, bukan chrome merupakan pilihan yang sangat tepat

Tambahan lain adalah desain tombol2 dan speedo meter yang sangat sporty...

Tapi adalagi poin minus.... Tombolnya kebanyakan di sekeliling setir.. jujur pasti agak membingungkan untuk awal2 mengendarai fiesta

Bagasi:
Cukup luas.. karena bagasi juga agak memakan ruang untuk penumpang belakang:

Fitur2:
Voice command agak susah di operasikan...
MID luar biasa lengkap!!
IMG_1832.JPG
:frm_tumbright: :frm_tumbright:

So far so good...

(Posting kedua menyusul)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

Kita lihat under the bonnet;
Biasa saja
IMG_1836.JPG
Bagian yang saya nggak suka:
pengontrol lampu depan yang disatukan.... Nggak ergonomis.. kita harus majuin badan untuk menyalakan lampu mobil
IMG_1828.JPG
Door trim: Keren!
IMG_1830.JPG
Hal lain yang minus:
Posisi keluar pintu belakang yang membuka tidak 90 derajat.. dan posisi bukaan pintu hanya ada 2 bukaan (45 derajat 80 derajat, bukan 3 seperti Jazz..

Jadi kita yanng dibelakang harus berputar untuk keluar, bukan tinggal menyerong
IMG_1827.JPG

Setelah melihat cangkangnya.. saya mundur beberapa langkah dan berpikir sejenak... kenapa kok Fiesta yang besar badannya segini bisa sempit sekali ketika duduk dibelakang?... Lalu saya mundur beberapa langkah lagi dan baru terlihat kenapa:

Desain Bonnet terlalu panjang untuk mobil kecil, begitu kita buka kap mesin juga terlihat mesin yang terlalu menjorok kebelakang posisinya, ketika diperhatikan bagian dash nya menjadi agak kebelakang, sehingga dash memenuhi 1/4 bagian interior mobil... sayang padahal harusnya bisa lebih baik... :frm_bang_head:

Posting TD menyusul
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

TEST DRIVE
Ketika teman-teman saya beristirahat minum, saya sempat mencuri waktu untuk mencoba Fiesta... Lumayan hanya menunggu 5 menit mengantri untuk 2 putaran... karena mobil yang disediakan ada 3, kalau nggak salah 2 matik dan 1 manual yang bermesin 1,4. Saya mencoba varian matik 1,4 AT

Mesin dinyalakan: suara halus.. Disini saya harus memperbaiki posisi duduk agar nyaman, viewing angle luas
gas di pencet dikit, dan langsung jalan....
ternyata tipikal mesin fiesta ini adalah galak akselerasinya.. saya konfirmasi dengan pendamping test drive dan benar memang begitu...

jarak antar gigi tidak terlalu panjang, saya nggak sempat mainkan giginya (karena belum tau caranya gimana hehehe),

diajak menikung, buset, gesit sekali, akurasi juga lumayan, kurang greget karena setir yang terlalu ringan.. ren cukup pakem..

Saya ajak akselerasi dan memutar lokasi test drive sangat menyenangkan...

Pokoknya bisa dikatakan fiesta ini adalah driver's car... Fun to drive

Suspensi juga nyaman, firm tapi enak dinaiki

minus:
-Kaca belakang terlalu kecil, sehingga menyulitkan melihat kebelakang
-Posisi duduk dan jok yang kurang nyaman, sehingga cuma test beberapa menit saja sudah terasa fiesta nggak cocok buat jalan jauh...
-Agak susah mengoperasikan tombol2nya jika belum hapal... terutama voice command yang berjalan kurang baik meskipun bahasa Inggris kita lancar.. sepertinya dia di setting untuk aksen Inggris.. yang mana orang Indonesia belum terbiasa
-Tempat kompartemen barang termasuk minim
-Kabin terasa tidak lega
-Audio standar, bass terlalu besar sedangkan tweeter lemah... biasalah penyakit mobil kelas gini
-Kekedapan mesin baik, tapi kekedapan dari pintu agak kurang... saya curiga mungkin karena seal kaca, kok suara mobil test drive lain masuk ke dalam kabin...


Kesimpulan:
Saya jujur agak kecewa mencoba Fiesta.. dengan segala gembar-gembor review dan juga dari SM ada bro Squalled yang memuji-muji terus Fiesta..
Saya rasa mobil ini Over-rated..

It's not that good.. I can tell you that..

Fiesta bukan mobil yang dibeli ketika belum punya mobil..
Fiesta lebih cocok digunakan oleh kaum hawa
Fiesta dengan harga yang segitu sangat worth to buy jika tujuan utamanya mobil digunakan lebih banyak untuk sendirian
Fiesta cocok digunakan untuk city driving
Fiesta untuk kedepannya saya rasa nggak akan bisa mengalahkan Yaris, dan Jazz, tapi untuk Swift... berhati-hatilah...

Yang belum di test:
Ketahanan
Konsumsi BBM
___________________________________________

IMHO :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by FortunerMan »

Good review bro...

He he.. duduk belakangnya sempit + gak enak (terlalu tegak)...sama aja kaya Focus. Mungkin org Eropa bentuk badannya lain kali :P Lokasi tombol power window juga gak enak, tangan nekuk gak jelas dulu baru bisa pencet power windownya...

Nggak mungkin bisa ngalahin Yaris or Jazz...Swift masih mungkin (sama sempitnya)
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by aldy »

http://asia.vtec.net/article/Jazz/
Maaf nih kalo ada yang tersinggung.. :mrgreen: :mrgreen: tapi kalo ane berpendapat harusnya ford banyak2 belajar dari honda kalo masalah efisiensi ruang (man maximum machine minimum) coba liat desain ultra seat, tangki bahan bakar ditengah, moncong yg pendek dll bikin jazz semakin luas paling ga bisa nyaman kalo ada yg numpang dibelakang dan fleksibel..Kayaknya ini yang lebih dicari orang indo daripada fitur seabrek tapi belum tentu berguna sepenuhnya..Just my opinion.. :big_peace: :big_peace:

Jadi kalo ane simpulkan ikon si ford fiesta ini kebalikan dari njezz..Man minimum = sempit..Machine and feature maximum = Dual clutch (walaupun banci ga ada manual modenya), voice command, stability control, mesin powerfull..

Jadi kembali ke selera masing2..Kalo fantasi liar ane sih mbayangin njezz pake feature persis kayak fiesta + dual clutch (with manual mode)..Harga naikkan lah say 15 juta dari sekarang..wow laku bak kacang goreng kayaknya tuh njezz.. :big_peace: :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by everester »

good review bro...inilah yg membuat saya batal indent karena sebagus2nya plus2 point di Fiesta, ga worthed sampai harus nunggu 6 bln+ gara2 indent dimolorin. City car yg bagus ga cuman Fiesta koq. Tetap city car yg bagus tapi yah ga ada yg namanya mobil yg perfect kan?
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
FortunerMan

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by FortunerMan »

Kalo di Eropa yg getol handling harus bagus, manusianya gak gede2, yg banyak anak sedikit (makanya yg berkuasa small hatchback disana) - mungkin Fiesta lebih pas. Justru moncong gede gini digemari - gak terlalu gak ada hidung kaya Jazz/Yaris. Kenyataannya Fiesta best seller di Eropa...Honda/Toyota mah kaya gak dianggep...

Saya rasa di Amerika sulit juga sukses ini mobil....manusianya gede2, dan memang small hatchback berkonotasi mobil murahan di Amerika.

Di Indonesia...terlalu sempit, jok belakang gak enak. Mau handling kaya apa juga...it's just not that important - buat sebagian besar konsumen sini.

Tapi masih mending lah dr saingannya sesama merek Amerika - Chevy Spark. Nah ini bener2 pecundang, gak ada bagus2nya - fUGLY inside and outside.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

FortunerMan wrote:Good review bro...

He he.. duduk belakangnya sempit + gak enak (terlalu tegak)...sama aja kaya Focus. Mungkin org Eropa bentuk badannya lain kali :P Lokasi tombol power window juga gak enak, tangan nekuk gak jelas dulu baru bisa pencet power windownya...

Nggak mungkin bisa ngalahin Yaris or Jazz...Swift masih mungkin (sama sempitnya)
Makasi pak bos.. ya masalah power window juga sama buat fiesta ini kok kalo ga salah... :big_weee:
aldy wrote:http://asia.vtec.net/article/Jazz/
Maaf nih kalo ada yang tersinggung.. :mrgreen: :mrgreen: tapi kalo ane berpendapat harusnya ford banyak2 belajar dari honda kalo masalah efisiensi ruang (man maximum machine minimum) coba liat desain ultra seat, tangki bahan bakar ditengah, moncong yg pendek dll bikin jazz semakin luas paling ga bisa nyaman kalo ada yg numpang dibelakang dan fleksibel..Kayaknya ini yang lebih dicari orang indo daripada fitur seabrek tapi belum tentu berguna sepenuhnya..Just my opinion.. :big_peace: :big_peace:

Jadi kalo ane simpulkan ikon si ford fiesta ini kebalikan dari njezz..Man minimum = sempit..Machine and feature maximum = Dual clutch (walaupun banci ga ada manual modenya), voice command, stability control, mesin powerfull..

Jadi kembali ke selera masing2..Kalo fantasi liar ane sih mbayangin njezz pake feature persis kayak fiesta + dual clutch (with manual mode)..Harga naikkan lah say 15 juta dari sekarang..wow laku bak kacang goreng kayaknya tuh njezz.. :big_peace: :big_peace:
Nggak lah... nggak harus gitu juga... Masing2 produsen kan punya prinsip sendiri...

Ford lebih digital.. sedangkan Honda analog... Tujuan akhir sama2 agar pengemudi terlibat penuh dalam mobil..

Tapi sebenarnya yang paling penting dari sebuah kendaraan kan kemampuan akomodasi...

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

everester wrote:good review bro...inilah yg membuat saya batal indent karena sebagus2nya plus2 point di Fiesta, ga worthed sampai harus nunggu 6 bln+ gara2 indent dimolorin. City car yg bagus ga cuman Fiesta koq. Tetap city car yg bagus tapi yah ga ada yg namanya mobil yg perfect kan?
Makasih bro... Setuju.. ga ada mobil yang sempurna...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
squalledd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Dec 15, 2009 12:53

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by squalledd »

Mantap bro reviewnya... Nanti buat review kayak gini kalo Fiesta dateng ah...

Sip! Setuju banget kalo Fiesta ini:
1. Bukan sebagai mobil utama keluarga, apalagi jadi family car! Cocoknya sebagai secondary car dan mobil buat anak muda dan eksekutif berjiwa muda..
2. Bakal nggak disukai orang yang numpang di barisan belakang Fiesta.. :p

Dari dulu ketika mereview Fiesta, saya selalu bilang bahwa ada satu kelemahan Fiesta di mataku, yaitu: space kabin belakang! Karena desain eksterior yang menukik, sehingga pilar C menjadi pendek dan mempengaruhi head room penumpang belakang.. Dan ketika driver dengan tinggi di atas 178cm berada di depan, maka nasib lutut penumpang belakang yang memiliki tinggi 175 menjadi tragis..

Tapi berhubung saya pakai mobil ini lebih banyak dengan teman2 dan saya yang setir, fun to drive tetap no 1. Syarat mutlak! Makanya masalah space belakang yang jadi momok bagi sebagian orang, aku ndak peduli.. They still can live with it.. :) Kan mereka numpang, jadi ndak boleh bawel (Sorry Chris, Argo... Yang betah di kabin belakang ya, hihihihi..)

Performa mesin, rem kombinasi disc dan tromol, dll pasti tidak mengecewakan.. Ini kan global car dan laris di Eropa, China, Australia (menyusul: Thailand, Philippine, dan Indonesia), kemampuannya tidak akan beda jauh dengan pesaingnya atau bahkan bisa menjadi lebih baik.

Yang justru dikhawatirkan (sampai detik ini) adalah biaya servis, spare parts, dan after sales dari Ford (masih belum jelas program nya apa untuk Fiesta.. semoga keinginanku terkabul -> kartu member discount kerja sama dengan outlet2 yang terkenal seperti 21Cineplex, cafe2 dan resto, Secure Parking buat parkir gratis; kemudian berkesempatan menemui Ken Block dan naek Fiestanya dan ikutan drifting.. kemudian liat dia tanding.. WOW.. it will be opportunity that blow my mind).

Oya sama fitur pintu mobil yang bisa dibuka mesti terkunci dan mobil melaju kencang! Agak buat deg2an kalo mau bawa ponakan jalan2.. Mesti extra hati2 atau sama sekali gak mau ajak mereka naik Fiesta.. Daripada om nya sport jantung.. :)
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by AD74YA »

Oya bener satu poin lagi yang minus...

baik penumpang depan dan belakang... headroomnya minim dibanding rivalnya...

rem belakang tromol bukan merupakan kekurangan...

wah pengharapannya tinggi ya bro squalled... bagus lah... no dream no life
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
squalledd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Dec 15, 2009 12:53

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by squalledd »

Bukan harapan lagi, bro.. Udah lihat unitnya pas Roadshow.. utak atik sana sini... :)

Kalau di bangku depan... Bener2 gak ada kekurangan yang berarti di mataku (selain kualitas plastic yang di downgrade dari versi Europe tetapi masih lebih bagus dari pesaingnya) .. USB input, Aux input, dan 12V sangat pas diletakkan di dekat handbrake, letak sunglasses, penjepit kartu tol, laci buat taruh sepatu olah raga di bawah bangku depan, follow me home lighting, spion yang melipat sendiri ketika pintu di lock dan otomatis membuka sendiri ketika lock dibuka, layout tombol handphone di dashboard buat telpon, dll.. Fitur2 kayak gini meskipun kecil tapi sungguh menambah kenyamanan berkendara. Merek lain nggak ada yang se detail ini.. Good job Ford Europe!
Belum lagi ada integrated bluetooth.. Bener2 fungsional!
Voice command, letak tombol wiper, lampu -> harus dibiasakan dulu biar nggak kagok pas nyetir..
Oya headroom nya menurutku pas.. (tinggiku 175cm)

Masalah timbul ketika berada di bangku belakang.. Pas temenku yang tingginya 178cm berada di depan dan aku dibelakang... lututku pas menyentuh jok bangku depan..
Bisa dibayangkan kalo depan belakang sama2 tinggi 178cm.. Sangat ndak nyaman.
Mengenai headroom juga seperti itu.. Pas temenku di belakang, kepalanya hampir nyentuh bagian atas kabin..

Audio Fiesta menurutku diatas rata2.. Waktu itu aku koneksikan BB ku dengan kabel aux-in yang seharga 10rb. Boom Boom Pow... Boom Boom Pow...
Mantap! Kaget aku pas denger.. Ternyata review dari temenku dan review profesional yang pernah aku baca tidak berlebihan ketika memuji audio Fiesta. Asli mantap! Belum lagi yang tipe Sport (additional 2 more speakers)..

Suara Klakson juga nggak terlalu malu2 in. Nggak kayak cewek menjerit.. :p

Pindah ke bagian "pantat" Fiesta untuk liat bagasi.. Not bad! Kekurangan nya adalah sistem lipat bangku belakang nya tidak membuat rata seperti ANJ. But hey.. it's small hatchback! what do you expect.. :)

And thanks god there is shift lock di transmisi maticnya (unlike Mazda 2)..

Ada problem buat ku yaitu fitur door lock nya yang menurutku agak membuat ketar ketir..
Masalahnya dalam keadaan mobil melaju kencang pun bisa dibuka dari dalem meskipun terkunci..
Solusinya: pakaikan child seat buat anak2.. dan jangan lupa aktifkan child lock kalau ada anak kecil..
xtrailer
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Feb 19, 2010 18:38

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by xtrailer »

good review. tp emg semua mobil ada kelemahan n keunggulan, semua tergantung sama kebutuhan masing2. tp untuk bilang mobil fiesta overated, sy ga setuju.
menurut sy fiesta emg sudah tertujuh ama sekian market. emg bangku blakang ga se besar jazz ama yaris. tp seperti pak squaledd bilang, hey its a small hatchback. jujur sy ga rasa belakang fiesta sempit bgt. dulu audi a4 b6 sy jg segitu koq. ga jauh2 amat leganya. tp emg dibanding jazz dan yaris pasti kalah. soalnya jazz/yaris emg besar sekali. xtrail sy aja kalah lega ama jazz.

ok backseat space fiesta emg kalah. skrg coba banding dari segi laen:

exterior: sangat subjective. tp sy yakin designya paling fresh diantara rival2nya. sy pribadi sangat suka design exterior fiesta. ga ada aneh2nya. sangat proportional. sporty. fun. energetic. ga culun (sorry yaris), cowo n cewe jg cocok koq. kan kesan sporty aggressive. ga terlalu feminin.

interior: emg lebi sempit, tp lebi qualitas. coba bandingin pintunya aja dh. rivalnya pd enteng kopong, fiesta merasa keker. seperti typical mobil eropa, bukan kaleng biscuit. lg tutup pintu aja terasa suaranya berbeda. bahanya pun tahan gores.

safety: ga perlu ragu. 1.6sport airbag ada 2 (jazz rs cuman 1, jazz s 0). terbuat dari bahan baron yg sangat kuat n tahan benturan, masalah pintu kunci kan ada plus minusnya. sy pribadi ga terlalu risih ya. ponakan2 sy yg umur 2-4th sampe skrg ga perna iseng2 buka pintu lg di jalan..

fitur: ada yg bs lawan? kyknya ga ada dh.... hey ada bluetooth, ada phonecall tinggal pencet 1 button untuk ngobrol di speakernya. how cool is that in a 187jt car?! foldable side windows!? big MID!? wow. coba liat review kocak ini: http://www.youtube.com/watch?v=fUVjxk7WNNE

harga: semua setuju fiesta sangat worthed to buy. resale value blm tau dh.... yg pasti ga sebaek jazz n yaris. tp ga jelek2 amat lar.

audio: sy sangat pentingin audio mobil dan sy rasa fiesta is the best in its class. yg 4 speaker aja uda mantap, apalagi yg sport dapet 6speakers. yg di IIMS showcar warna orange dalamnya ada cd. sy test dan sy yakin lebi baek dari jazz n yaris (lumayan jauh lho qualitasnya)

ride: handling mantap, ga kalah ama jazz n yaris. semua review uda bukti itu. malah 1 review kata fiesta menang jaz 2detik per lap, yaris kalah 4sec. coba liat: http://www.youtube.com/watch?v=Yaxt3kDCAhY

bbm: teririt di classnya. coba ntn review ini: http://www.youtube.com/watch?v=yVC7ZjMu ... re=channel

emg sh fiesta ada kelemahanya (service, sparepart dll), tp its certainly not overated! peace :big_peace:
User avatar
g4ndr1k
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: Thu Jan 14, 2010 23:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW G80 M3

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by g4ndr1k »

Great review... :frm_tumbleft:

Seandainya semua mobil TD yg di IIMS direview semua oleh om AD74YA, pasti lebih asik dari pada baca ulasan di majalah (yg mungkin saja ada titipan sponsor :upss: :ngacir: )...

Well done mate :frm_tumbright:
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode 🤪
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by Turboman »

AD74YA wrote: Desain Bonnet terlalu panjang untuk mobil kecil, begitu kita buka kap mesin juga terlihat mesin yang terlalu menjorok kebelakang posisinya, ketika diperhatikan bagian dash nya menjadi agak kebelakang, sehingga dash memenuhi 1/4 bagian interior mobil
AFAIK:
Penempatan mesin yg lebih mengarah ke belakang biasanya bertujuan utk membuat weight distribution depan - belakang menjadi sedikit lebih balance.......implikasinya ke handling si mobil........walau dengan resiko berkurangnya volume kabin memang.

Dualisme di sini.......Interior space vs. handling purpose.

Mau pilih pendekatan yg mana.....tergantung keperluan user.....regardless of brand / type.

salam

CMIIW

*Bukan sales Ford / Mazda*
Last edited by Turboman on Mon Aug 02, 2010 2:24, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by Turboman »

squalledd wrote: Dari dulu ketika mereview Fiesta, saya selalu bilang bahwa ada satu kelemahan Fiesta di mataku, yaitu: space kabin belakang! Karena desain eksterior yang menukik, sehingga pilar C menjadi pendek dan mempengaruhi head room penumpang belakang.. Dan ketika driver dengan tinggi di atas 178cm berada di depan, maka nasib lutut penumpang belakang yang memiliki tinggi 175 menjadi tragis..
Atap bagian belakang mobil yang landai memang membuat head room belakang menjadi kurang lega, tetapi efeknya adalah utk aerodinamika.

Penjelasan di URL di bawah ini :
http://ecomodder.com/forum/showthread.p ... -3518.html

makanya kenapa mobil-mobil yg diklaim sgt hemat BBM spt Prius / H. Insight disain belakangnya spt Citroen.......tetapi produsen2 mobil tsb hanya menggembar - gemborkan mengenai teknik Hybrid-nya aja.

Memang ada dualisme di sini.......rear headroom vs. aerodinamika yg berimplikasi thd kinerja kelajuan si mobil.

Mau pilih disain yg mana.....tergantung keperluan user.

salam

*Bukan sales Mazda / Ford*
* Bukan ajakan Beli *
djrudal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:24

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by djrudal »

Dear All,
Kesan masing2 orang tentang satu produk mobil memang (bisa) cenderung subyektif dan relatif ya..
Kalau bagi saya sendiri yang udah test drive 4 kali (utk masing2 AT dan MT) dan mengamati & merasakan berulangkali 'rasa' yg ada di interior dan xterior-nya, kok agak beda sama review bro AD ya.
Saya tinggi 177 cm, merasa nggak bermasalah sama space bangku belakang. Keluar masuk biasa aja nggak kepentok, he3..
Memang nggak ada mobil yang sempurna, bahkan untuk mobil2 mahal sekalipun. Overall Fiesta menurut saya rating2nya di atas rata2 model hatchback yang beredar di Indonesia. Kalaupun ada sedikit kekurangan disana-sini, sudah cukup terbayar dg kelebihan2 mobil ini. Walaupun dalam hati berencana pindah ke Mazda 2 kalau delivery-nya molor, tapi jujur dalam hati saya jauh lebih menginginkan Fiesta utk mobil saya yang berikutnya.. Semoga sesuai sama janji sales-nya yang meyakinkan akhir agustus paling lambat katanya.. :e-pray:
tepoz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jan 15, 2010 4:21

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by tepoz »

xtrailer wrote: ...
safety: ga perlu ragu. 1.6sport airbag ada 2 (jazz rs cuman 1, jazz s 0). terbuat dari bahan baron yg sangat kuat n tahan benturan, masalah pintu kunci kan ada plus minusnya. sy pribadi ga terlalu risih ya. ponakan2 sy yg umur 2-4th sampe skrg ga perna iseng2 buka pintu lg di jalan..

...
perasaan jazz rs ada 2 deh air bag-nya....
FortunerMan

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by FortunerMan »

tepoz wrote:
xtrailer wrote: ...
safety: ga perlu ragu. 1.6sport airbag ada 2 (jazz rs cuman 1, jazz s 0). terbuat dari bahan baron yg sangat kuat n tahan benturan, masalah pintu kunci kan ada plus minusnya. sy pribadi ga terlalu risih ya. ponakan2 sy yg umur 2-4th sampe skrg ga perna iseng2 buka pintu lg di jalan..

...
perasaan jazz rs ada 2 deh air bag-nya....
betul, Jazz RS 2 airbag.
squalledd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Dec 15, 2009 12:53

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by squalledd »

Ada kemungkinan penjelasan yang masuk akal mengapa ada yang bilang kejedok kepalanya di bagian depan (driver) dan ada yang bilang tidak (saya termasuk yang bilang tidak kejedok alias headroom wajar dan bahkan Jeremy dari Top Gear yang tingginya 185cm saja masih tersisa headroom nya) ADALAH:

Apakah yang bilang kejedok telah mengatur ketinggian seat nya? Di bagian samping seat ada parts yang bisa di adjust untuk meninggikan dan merendahkan seat depan...

Yup.. seperti yang dikatakan Turboman, selalu ada 2 sisi dalam segala sesuatu..
Design, aerodinamika VS kelegaan kabin..

Yang perlu diingat dari Fiesta adalah ini adalah small hatchback dengan berbagai fitur yang detail dan membuat nyaman driver, harga yang reasonable, kualitas audio yang WOW, design exterior yang menawan (menang penghargaan di red dot design award), dan kualitas kabin yang mewah, performa mesin, handling, peredaman kabin yang bagus..

Apakah segala kelebihan tersebut masih tidak bisa menebus kelemahan yang ada pada Fiesta (kelegaan penumpang belakang)???

Remember, Fiesta is fun to drive and will give you a better driving experience :) and it's not over rated! :)
xtrailer
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Feb 19, 2010 18:38

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by xtrailer »

jazz rs 2 airbag ya? hehe sorry, my bad. :frm_salut:

anyway. kalo ga salah di US, harga fiesta lebi mahal dari Jazz lho. tp dsini koq jazz lebi mahal dari fiesta? pdhl masing2 ada kena spec down...
hmmm :e-think: honda indonesia mau untung kebnykan nh. mentang2 uda establised nama Honda. bole seenaknya aja pasang harga. :e-snooty:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by jalu »

itu hak masing2 merek untuk menentukan berapa keuntungan yg ingin diraih....yang jelas dengan semakin banyak kompetitor di pasar (termasuk fiesta)....mudah2an persaingan harga semakin kompetitif....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by FortunerMan »

jalu wrote:itu hak masing2 merek untuk menentukan berapa keuntungan yg ingin diraih....yang jelas dengan semakin banyak kompetitor di pasar (termasuk fiesta)....mudah2an persaingan harga semakin kompetitif....
Betul...namanya org dagang bebas memanfaatkan peluang pasar demi keuntungan sebesar besarnya masing2 - asal persaingannya fair. Lagian Ford di USA dan Ford di Indonesia mah jauh bener...di Amerika setiap jengkal bisa servis Ford. Indonesia?

Fiesta seharusnya pake start/stop button...knee airbag...lis krom di kacanya...ntah apa lagi yg di spek down. Spek down mana yg lebih banyak...dan brp efeknya ke harga? Hanya mereka yg tau.

Saya setuju sekali dgn pernyataan ini...lebih banyak saingan = kompetisi makin mantapppp...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by maskopat »

makanya, mitsubishi harus ngeluarin colt nya neh.... biar makin rame small hatchback...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: IIMS 2010-Ford Fiesta Review & TD

Post by jalu »

maskopat wrote:makanya, mitsubishi harus ngeluarin colt nya neh.... biar makin rame small hatchback...
tapi sebaiknya jangan pake nama colt mas.....krn udah melekat identik sm mbl niaga....... :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby