sepeda motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Jun 20, 2010 12:06
sepeda motor
mu nanya lg nich...apa benar kalau sepeda motor tidak digunakan harus dipanasi setiap hari? Dan bagaimana prosedur yang benar?thanx b4....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: sepeda motor
kalo jarang2 dipakai, 2 hari sekali boleh lah dipanasin, cukup 10min aja, atau keliling aja sebentar udah cukup. yg penting aki ngisi.
kalo bener2 super jarang dipakai, motor nya di center stand aja atau di dongkrak atau diganjel apalah, supaya kedua ban menggantung, supaya shock dan ban jadi agak awet.
kalo bener2 super jarang dipakai, motor nya di center stand aja atau di dongkrak atau diganjel apalah, supaya kedua ban menggantung, supaya shock dan ban jadi agak awet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: sepeda motor
gak dipanasi gpp, kalo gk dipake. gk membuat mesin rusak. justru gk dipake mesin lebih awet, hehehe....
cuma paling aki habis ketika mo dipake, n umur aki jadi pendek. jadi, bagusnya harus dipanasi minimal seminggu sekali, gak cuma stasioner, digas2 agak tinggi biar pengisian jalan. paling bagus ya sambil dibawa jalan kemana gitu sebentar, biar bermanfaat, gak buang2 bbm. yah kira2 10-30 menit. dah cukup.
terus kalo disimpan lama sebaiknya distandar tengah (spt yg dibilang bro roadtrain), trus, ban depan kalo bisa jangan nempel lantai, dialasi kardus atau papan. lebih bagus lagi roda depan juga dibuat menggantung. kalo ban belakang kan menggantung, jadi gk masalah.
motor gk dipanasi gk masalah kalo rutin mo ngecharge aki, tapi seandainya gk ada waktu ngecharge ya gpp. paling kalo pas mo dipake lagi harus ngecharge dulu ato repot pake kick starter, kalo injeksi emang harus rutin ngecharge biar mesin tetep jalan, kalo sampai voltase aki ngedrop ya gk bisa idup,
cuma paling aki habis ketika mo dipake, n umur aki jadi pendek. jadi, bagusnya harus dipanasi minimal seminggu sekali, gak cuma stasioner, digas2 agak tinggi biar pengisian jalan. paling bagus ya sambil dibawa jalan kemana gitu sebentar, biar bermanfaat, gak buang2 bbm. yah kira2 10-30 menit. dah cukup.
terus kalo disimpan lama sebaiknya distandar tengah (spt yg dibilang bro roadtrain), trus, ban depan kalo bisa jangan nempel lantai, dialasi kardus atau papan. lebih bagus lagi roda depan juga dibuat menggantung. kalo ban belakang kan menggantung, jadi gk masalah.
motor gk dipanasi gk masalah kalo rutin mo ngecharge aki, tapi seandainya gk ada waktu ngecharge ya gpp. paling kalo pas mo dipake lagi harus ngecharge dulu ato repot pake kick starter, kalo injeksi emang harus rutin ngecharge biar mesin tetep jalan, kalo sampai voltase aki ngedrop ya gk bisa idup,
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu Dec 16, 2010 10:09
Re: sepeda motor
nambahin...
Mending sih dipanasin aja, paling 5 menit doang.
Efeknya kalo gak salah, oli jadi kurang bagus, ngendap kali ya, pas motor mau dihidupin beban nya juga jadi berat karena oli udah turun dan belum kecampur.
Terus bensin nya juga agak gimana gitu. Tangki kalo gak salah gak bagus kalau dibiarin ada kosong nya (1/2 isi, 1/2 kosong), bisa jadi mirip air (secara teknis kurang ngerti kenapa bisa gitu). Kalau mau bagus sih mending diisi full tank cuma ada resiko kebakaran kalau ada apa2 atau dikosongin semua walaupun tetap aja ada sisa2 bensin di dalam nya yang pasti bikin efek lainnya.
Aki juga drop banget.
Ban pada kempes semua.
FYI, CMIIW untuk info di atas, ini juga dari pengalaman ngurus 5 motor kantor yang didiamkan selama hampir 1 bulan tanpa dipanaskan dan efek nya gak banget deh.
Mending sih dipanasin aja, paling 5 menit doang.
Efeknya kalo gak salah, oli jadi kurang bagus, ngendap kali ya, pas motor mau dihidupin beban nya juga jadi berat karena oli udah turun dan belum kecampur.
Terus bensin nya juga agak gimana gitu. Tangki kalo gak salah gak bagus kalau dibiarin ada kosong nya (1/2 isi, 1/2 kosong), bisa jadi mirip air (secara teknis kurang ngerti kenapa bisa gitu). Kalau mau bagus sih mending diisi full tank cuma ada resiko kebakaran kalau ada apa2 atau dikosongin semua walaupun tetap aja ada sisa2 bensin di dalam nya yang pasti bikin efek lainnya.
Aki juga drop banget.
Ban pada kempes semua.
FYI, CMIIW untuk info di atas, ini juga dari pengalaman ngurus 5 motor kantor yang didiamkan selama hampir 1 bulan tanpa dipanaskan dan efek nya gak banget deh.