Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Pada hari Sabtu tgl 26 Juni berkesempatan utk test drive singkat Hyundai H1 CRDi di showroom Hyundai - arteri Pondok Indah yang belum lama direnovasi.
Test drive bertepatan dengan showroom event.
Saat duduk di bangku pengemudi H1, view ke depan dan samping sangat leluasa, mengingat MPV bongsor ini memiliki luas panel kaca yang lebar.
Driving position enak, dimana kursi pengemudi dilengkapi manual height adjuster, bisa diatur naik - turun, posisi tuas transmisi juga cukup pas, mudah dijangkau oleh tangan.
Driving Impression :
Saat meluncur di jalan raya terasa Torsi yang melimpah, mobil berakselerasi dgn cukup gesit layaknya sedan compact, baik saat berakselerasi maupun saat middle acceleration.
Transmisi 5 speed A/T Shiftronic dari Aisin Warner melayani penyaluran tenaga dengan shifting yang mulus, mengingat Transmisi Otomatis mobil ini sudah termasuk type Lock Up Slip Control A/T.
Fun factor saat berkendara boleh dibilang mengasyikkan, Torsi yang melimpah membuat kita merasa tidak spt membawa mobil bongsor, sempat 2 - 3 X saya down shift dgn steptronic utk membantu pengereman.
Rem tergolong baik utk ukuran MPV "Gajah mammoth", membuat manuver jadi lebih confident. (4 wheel disc brake, ABS - EBD)
Setir juga enak, "berat"-nya cukup proporsional, respons juga cukup direct, enak utk bermanuver di dalam kota.
Saat idle & sampai sekitar 2400 RPM suara mesin tergolong halus, sedang saat berputar hingga 3000 RPM lebih sedikit raungannya agak terdengar........tetapi sepadan dengan tenaga besar yang disemburkan.........andai dibarengi dengan penggunaan oli Full Synth maka tentunya suara mesin bisa lebih halus lagi saat berkitir @ RPM tengah - tinggi.
Lag akibat mekanisme TBW (Throttle By Wire) ada terasa, terutama saat berakselerasi di kecepatan rendah.
Juga saat melindas permukaan jalan yang agak jelek ada terdengar noise dari bagian bawah..........mungkin jika dibarengi penggunaan ban yang kompon lebih empuk (type Comfort) maka hal tsb bisa dieliminir.
Bagaimanapun juga secara keseluruhan si H1 CRDi ini adalah MPV Bongsor CRDi yg sangat menarik, mengingat harganya yg cukup kompetitif, adanya Garansi selama 5 tahun, juga tenaga & Torsi mesinnya yg Powerfull utk kelas 2500 cc CRD (nyaris setara dgn Nissan Frontier Navara / VW Caravelle TDI) dan juga dilengkapi A/T 5 speed Shiftronic.
Demikian report test drive singkat
Gambar gambar lengkap bisa visit :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
Test drive bertepatan dengan showroom event.
Saat duduk di bangku pengemudi H1, view ke depan dan samping sangat leluasa, mengingat MPV bongsor ini memiliki luas panel kaca yang lebar.
Driving position enak, dimana kursi pengemudi dilengkapi manual height adjuster, bisa diatur naik - turun, posisi tuas transmisi juga cukup pas, mudah dijangkau oleh tangan.
Driving Impression :
Saat meluncur di jalan raya terasa Torsi yang melimpah, mobil berakselerasi dgn cukup gesit layaknya sedan compact, baik saat berakselerasi maupun saat middle acceleration.
Transmisi 5 speed A/T Shiftronic dari Aisin Warner melayani penyaluran tenaga dengan shifting yang mulus, mengingat Transmisi Otomatis mobil ini sudah termasuk type Lock Up Slip Control A/T.
Fun factor saat berkendara boleh dibilang mengasyikkan, Torsi yang melimpah membuat kita merasa tidak spt membawa mobil bongsor, sempat 2 - 3 X saya down shift dgn steptronic utk membantu pengereman.
Rem tergolong baik utk ukuran MPV "Gajah mammoth", membuat manuver jadi lebih confident. (4 wheel disc brake, ABS - EBD)
Setir juga enak, "berat"-nya cukup proporsional, respons juga cukup direct, enak utk bermanuver di dalam kota.
Saat idle & sampai sekitar 2400 RPM suara mesin tergolong halus, sedang saat berputar hingga 3000 RPM lebih sedikit raungannya agak terdengar........tetapi sepadan dengan tenaga besar yang disemburkan.........andai dibarengi dengan penggunaan oli Full Synth maka tentunya suara mesin bisa lebih halus lagi saat berkitir @ RPM tengah - tinggi.
Lag akibat mekanisme TBW (Throttle By Wire) ada terasa, terutama saat berakselerasi di kecepatan rendah.
Juga saat melindas permukaan jalan yang agak jelek ada terdengar noise dari bagian bawah..........mungkin jika dibarengi penggunaan ban yang kompon lebih empuk (type Comfort) maka hal tsb bisa dieliminir.
Bagaimanapun juga secara keseluruhan si H1 CRDi ini adalah MPV Bongsor CRDi yg sangat menarik, mengingat harganya yg cukup kompetitif, adanya Garansi selama 5 tahun, juga tenaga & Torsi mesinnya yg Powerfull utk kelas 2500 cc CRD (nyaris setara dgn Nissan Frontier Navara / VW Caravelle TDI) dan juga dilengkapi A/T 5 speed Shiftronic.
Demikian report test drive singkat
Gambar gambar lengkap bisa visit :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Lalu spek output mesinnya apakah benar 227hp / 392Nm seperti yg tertulis di salah satu media cetak? 


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
BHP nya gak sampe segitu, 169 - 170 PS, kalo Torsinya mmg konon 396 Nm (based on brochure)Hansen wrote:Lalu spek output mesinnya apakah benar 227hp / 392Nm seperti yg tertulis di salah satu media cetak?
Dalam kondisi standard sih larinya kayak Ipah D4 D + Down Pipe + Dastek Q.......tapi H1 bobot kosongnya aja nyaris 2 Ton or masuk 2 Ton saat diisi 2 orang.
Last edited by Turboman on Mon Jun 28, 2010 8:40, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Hmm....brarti si media cetak tsb salah ngasih info yah...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
bukannya 170ps on crank (engine) ya..ini infonya http://indonesia.hyundai-motor.com/
Wah mantab emang dieselnya hyundai..Mana nih toyota (udah ada tapi boyo),honda,nissan masak kalah ama merk korea yg diesel super canggih tapi masih bisa minum solar busuk
..
Ada fenomena apa ya ini..
Kayaknya di indo 5 tahun lagi bukan ga mungkin mesin diesel mulai digemari kayak di europe..
Wah mantab emang dieselnya hyundai..Mana nih toyota (udah ada tapi boyo),honda,nissan masak kalah ama merk korea yg diesel super canggih tapi masih bisa minum solar busuk



Ada fenomena apa ya ini..

Kayaknya di indo 5 tahun lagi bukan ga mungkin mesin diesel mulai digemari kayak di europe..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sat Jun 26, 2010 16:54
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Apakah dijamin untuk bisa meminum solar pertamina?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
thx
saya sempet tertarik ... tapi bagaimana comfort dan kesenyapan kabin kalau di adu dgn ipah ...
maksudnya comfort (kenyaman jok+ kenyamanan suspensi+lega)/3 = nilai total comfort
buat saya dalam memilih mobil faktor comfort amat penting

maksudnya comfort (kenyaman jok+ kenyamanan suspensi+lega)/3 = nilai total comfort
buat saya dalam memilih mobil faktor comfort amat penting
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
dan tipe limousine dijual di indonesia gak ya?brp?




ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Ya klaimnya sih bisa bro..tapi kalo diracuni solar busuk terus2an kayaknya mabook juga mesinnya lama2..



RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Tinggal di purging aja......beresaldy wrote:Ya klaimnya sih bisa bro..tapi kalo diracuni solar busuk terus2an kayaknya mabook juga mesinnya lama2..![]()

Kalo pake solar / biosolar biasa, ada baiknya dicampur sedikit additive solar yg berkualitas.......selain filter solar akan lebih awet, tarikan juga akan lebih enak.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
bung turbo gimana comfortnya dong?
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Kenyamanan oke, bantingan khas mobil besar dgn wheelbase panjang.cowcool wrote:bung turbo gimana comfortnya dong?
Tapi ane belom bisa review detail krn belom nyobain duduk jadi penumpang di kursi tengah.....he he
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Kalo jadi driver , lebih nyaman mana dibanding ipah dan serena Thx
Turboman wrote:Kenyamanan oke, bantingan khas mobil besar dgn wheelbase panjang.cowcool wrote:bung turbo gimana comfortnya dong?
Tapi ane belom bisa review detail krn belom nyobain duduk jadi penumpang di kursi tengah.....he he
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
Wah kalo ini subjektif yah......om cowcool sebaiknya test drive lgs.....cowcool wrote:Kalo jadi driver , lebih nyaman mana dibanding ipah dan serena Thx
Jika kita duduk di H1, posisi mata kita thd jalan jelas lebih tinggi daripada Ipah, posisi tuas Transmisi matic Ipah lebih dekat ke tangan kiri, walau tuas trans si H1 juga mudah dijangkau tangan kiri.......tuas transmisi di console dashboard memungkinkan console tengah dihilangkan
Serena baru nggak pernah coba.......Serena yg ane pernah coba justru Serena generasi pertama yg dulu bgt.....ehehheeheheh
Menurut ane utk posisi driver, baik Ipah maupun H1 itu nyaman, masing2 ada karakter tersendiri.......
Utk bangku sih harus diakui konstruksi bangku-nya si H1 boleh dibilang nyaman, sebab sebelum test drive ane coba duduk cukup lama di bangku paling belakang sebuah H1 yg dipajang di showroom.
Sedang utk diduduki selama 2 jam belum bisa comment krn waktu test drive gak sampai 30 menit.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Jul 05, 2010 4:46
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
jaminan om, klo ngga ngapain Hyundai berani kasih garansi mesin Sampe 5tahun untuk H-1 CRDi, trus garansi buyback hingga 3 tahun.Triptonite wrote:Apakah dijamin untuk bisa meminum solar pertamina?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
mantap... oom turboman jadi kesimpulannya worth to buy lah ya?....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
yg menarik dr H1 ini adalah radius putarnya masih lincah meski badannya bongsor, 2 thn lalu saya sempet test drive versi bensin......
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
H1 menurut saya...
kebetulan ada H1 CRDi putih yg dah ganti velg 18 (bukan punya saya hehehe)
pengendalian gak kayak bawa mobil besar, terasa pas semua, baik dari tenaga dan handling, dibanding trajet yg lebih kecil masih lebih lincah menurut saya, mungkin karena karakter mesin yg kaya torsi.
kenyamanan dengan velg besar masih ok efeknya pengendalian naik, walau kenyamanan turun, tapi saya lebih suka yg dah velg besar sepertinya, masih lebih nyaman dari ipah.
untuk leg room ini yg saya suka, leg room sampai row ke 4 masih ok, bayangkan versi 7 seaternya seluas apa...
walau gak semewah alphard tapi cukup buat saya, fitur biasa, perlu tambahan2 untuk ICE.
peredaman kabin cukup baik, di tambah peredam lebih senyap lebih ok lagi, kelebihanya baik mengemudi maupun penumpang gak masalah di H1.
demikian sekilas dari test drive singkat
dengan kurang dari 400jt saya sangat berharap harga 2nd nya jatuh biar bisa menikmatinya lebih lama hehehehe, kira2 2nd 2th nya dah dapet 200 lum yak
kebetulan ada H1 CRDi putih yg dah ganti velg 18 (bukan punya saya hehehe)
pengendalian gak kayak bawa mobil besar, terasa pas semua, baik dari tenaga dan handling, dibanding trajet yg lebih kecil masih lebih lincah menurut saya, mungkin karena karakter mesin yg kaya torsi.
kenyamanan dengan velg besar masih ok efeknya pengendalian naik, walau kenyamanan turun, tapi saya lebih suka yg dah velg besar sepertinya, masih lebih nyaman dari ipah.
untuk leg room ini yg saya suka, leg room sampai row ke 4 masih ok, bayangkan versi 7 seaternya seluas apa...
walau gak semewah alphard tapi cukup buat saya, fitur biasa, perlu tambahan2 untuk ICE.
peredaman kabin cukup baik, di tambah peredam lebih senyap lebih ok lagi, kelebihanya baik mengemudi maupun penumpang gak masalah di H1.
demikian sekilas dari test drive singkat
dengan kurang dari 400jt saya sangat berharap harga 2nd nya jatuh biar bisa menikmatinya lebih lama hehehehe, kira2 2nd 2th nya dah dapet 200 lum yak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
apa sih bedanya elgance dan xg?
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
mungkin karena faktor RWD-nya juga, cmiiwjalu wrote:yg menarik dr H1 ini adalah radius putarnya masih lincah meski badannya bongsor, 2 thn lalu saya sempet test drive versi bensin......
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
ini dari postingan om rezai20 mengenai beda jumlah (peletakan kursi) di dalam ruang H1:cowcool wrote:apa sih bedanya elgance dan xg?

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
katanya interior H1 bisa dikustom sesuai permintaan dan dikerjakan oleh hyundai. info ini bener kah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Jul 05, 2010 4:46
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
di custom seperti apa nih om?paling yg ud di lakukan di dealer saya sih.maskopat wrote:katanya interior H1 bisa dikustom sesuai permintaan dan dikerjakan oleh hyundai. info ini bener kah?
kursinya dibikin jadi kursi putar yg di baris ke 2.
terus type elegance di bikin jd seperti type XG, dengan menambahkan tv plafon dan rear cam.
terus pasan bodykit(yg ini paling sering di kerjakan)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Fri Apr 18, 2008 4:17
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
jadi penasaran dengan H-1...
tadi siang saya sempatkan main ke dealer Hyundai di Bandung, sayangnya gak ada unit tes drive karena harus request ke kantor Jakarta....
ada unit baru yang type XG, tapi bensiners.....
yang jadi pertanyaan sebenernya worth mana sih type bensin atau solarnya?
kalo liat spek mesin sih memang yang diesel jauh lebih unggul dan lebih canggih...cuma ya itu, salesnya pun bilang bahwa solarnya kudu pertadex atau petronas--> cuma ada dua ini di Bandung...dan mungkin ini yang menjadi critical factor dari garansi 5 tahun? alias kalo pake solar biasa, garansi = gugur?
Mesin bensin lebih gampang cari bahan bakarnya, lebih ga pusing, tapi denger2 berat ya untuk narik si gajah ini?
tapi overall ngeliat design terutama interior, udah kepincut juga karena kelegaaannya yang luar biasa...
mohon sarannya.....(udah ngubek review corner, blon ada yang nge-review H-1 bensin)

tadi siang saya sempatkan main ke dealer Hyundai di Bandung, sayangnya gak ada unit tes drive karena harus request ke kantor Jakarta....
ada unit baru yang type XG, tapi bensiners.....
yang jadi pertanyaan sebenernya worth mana sih type bensin atau solarnya?
kalo liat spek mesin sih memang yang diesel jauh lebih unggul dan lebih canggih...cuma ya itu, salesnya pun bilang bahwa solarnya kudu pertadex atau petronas--> cuma ada dua ini di Bandung...dan mungkin ini yang menjadi critical factor dari garansi 5 tahun? alias kalo pake solar biasa, garansi = gugur?
Mesin bensin lebih gampang cari bahan bakarnya, lebih ga pusing, tapi denger2 berat ya untuk narik si gajah ini?
tapi overall ngeliat design terutama interior, udah kepincut juga karena kelegaaannya yang luar biasa...
mohon sarannya.....(udah ngubek review corner, blon ada yang nge-review H-1 bensin)

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Report Test drive singkat Hyundai H1 CRDi
dugaan ane sih, selama rajin purging dan bersih2, trus sering dikasih racun solar, harusnya gak apa2 H1 CRDi ini dikasih bio solar atau solar.
dilihat rasio volume silinder dan tenaga yang dihasilkan, harusnya mesin ini sama denga captiva vcdi dan navarra. tapi emang akan lebih bagus kalo pake kelas pertadex.
dilihat rasio volume silinder dan tenaga yang dihasilkan, harusnya mesin ini sama denga captiva vcdi dan navarra. tapi emang akan lebih bagus kalo pake kelas pertadex.

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green