1. WORN BRAKE PARTS
Penundaan perawatan / pergantian rem mobil dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah di sistim rem mobil seperti: disk piringan rem, klep rem, dsb dan juga mengganggu keamanan dalam mengendarai mobil.
2. TIRED WINDSHIELD WIPER BLADES
Janganlah menunggu sampai hujan untuk pergantian karet wiper mobil.
3. BURNED OUT LIGHTS
Periksalah semua lampu mobil dengan teliti.
4. WORN SPARK PLUGS
Busi-busi mobil yang hangus dan lama menyebabkan sistim pembakaran jadi boros dan jalannya mesin jadi kurang baik.
5. CLOGGED FILTERS
Periksa dan gantilah oil, gas, fuel, transmission filter sesuai dengan masa pemakaiannya.
6. CORRODED BATTERY CABLES
Kabel accu yang penuh korosi dan lemah dapat menyebabkan hambatan dalam penyalaan mesin mobil.
7. GLAZED BELTZ, ROTTEN HOSES
Karet-karet alternator, power steering, AC, cooling mesin yang sudah rapuh dan kendor dapat merusak mesin dan kenyamanan mobil waktu dikendarai.
8. NEGLECTED COOLING SYSTEM
Pemeriksaan yang tidak teratur dapat merusak radiator mobil dan menimbulkan overheat sistim mobil.
9. LEAKING SHOCK ABSORBERS
Shok yang rapuh dan lemah mengakibatkan ban mobil jadi rusak dan mengurangi keseimbangan mobil.
10. DAMAGED CV JOINT BOOTS
Karet penyelubung aksel mobil ini melindungi as mobil dan memberikan tenaga bagi roda-roda mobil, harap diperhatikan.
11. LEAKING MUFFLER
Kebocoran knalpot mobil dapat memperlambat akselerasi kendaraan dan menyebabkan bensin jadi boros dan suaranya berisik.
12. TIRED TIRES
Ban yang gundul, kempes dan rusak sangat membahayakan. Penambahan angin, keseimbangan dan spurring ban dapat diperhatikan.
Tips Umum Perawatan Mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
buat cat :
1. usahakan cuci mobil di tempat yg teduh & jgn malem2 kalo mau nyuci
2. bilas mobil dengan air mengalir sambil diusap dengan tangan untuk merontokkan debu (jgn langsung pake spons)
tujuan pake tangan karena tangan gak memerangkap debu seperti spons, untuk menghindari baret2 halus..
3. pake shampoo yg khusus buat mobil, kalo bisa cari yg pH-balance & yg clear-coat safe... (jgn pernah pake detergen buat nyuci)
4. cuci mobil bagian per bagian, jgn langsung sabunin seluruh bodi sebab kalo keburu kering shampoonya bakal ninggalin flek.
5. lagnsung dilap sampe kering bagian bodi yg abis dicuci, jgn tunggu sampe semua bodi dicuci dulu... ini juga kalo kering bisa flek
6. kalo bisa waktu ngelap (mis : pake kanebo) lapnya jgn diseret di bodi, kalo pake kanebo ditaruh ke permukaan bodi nanti airnya diserap sendiri, kalo udah angkat trus pindahin ke sebelahnya... biar gak baret2 halus juga..
1. usahakan cuci mobil di tempat yg teduh & jgn malem2 kalo mau nyuci
2. bilas mobil dengan air mengalir sambil diusap dengan tangan untuk merontokkan debu (jgn langsung pake spons)
tujuan pake tangan karena tangan gak memerangkap debu seperti spons, untuk menghindari baret2 halus..
3. pake shampoo yg khusus buat mobil, kalo bisa cari yg pH-balance & yg clear-coat safe... (jgn pernah pake detergen buat nyuci)
4. cuci mobil bagian per bagian, jgn langsung sabunin seluruh bodi sebab kalo keburu kering shampoonya bakal ninggalin flek.
5. lagnsung dilap sampe kering bagian bodi yg abis dicuci, jgn tunggu sampe semua bodi dicuci dulu... ini juga kalo kering bisa flek
6. kalo bisa waktu ngelap (mis : pake kanebo) lapnya jgn diseret di bodi, kalo pake kanebo ditaruh ke permukaan bodi nanti airnya diserap sendiri, kalo udah angkat trus pindahin ke sebelahnya... biar gak baret2 halus juga..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Kalo gitu gak isa dicuci di tempat cuci mobil dong.calvin99 wrote:buat cat :
1. usahakan cuci mobil di tempat yg teduh & jgn malem2 kalo mau nyuci
2. bilas mobil dengan air mengalir sambil diusap dengan tangan untuk merontokkan debu (jgn langsung pake spons)
tujuan pake tangan karena tangan gak memerangkap debu seperti spons, untuk menghindari baret2 halus..
3. pake shampoo yg khusus buat mobil, kalo bisa cari yg pH-balance & yg clear-coat safe... (jgn pernah pake detergen buat nyuci)
4. cuci mobil bagian per bagian, jgn langsung sabunin seluruh bodi sebab kalo keburu kering shampoonya bakal ninggalin flek.
5. lagnsung dilap sampe kering bagian bodi yg abis dicuci, jgn tunggu sampe semua bodi dicuci dulu... ini juga kalo kering bisa flek
6. kalo bisa waktu ngelap (mis : pake kanebo) lapnya jgn diseret di bodi, kalo pake kanebo ditaruh ke permukaan bodi nanti airnya diserap sendiri, kalo udah angkat trus pindahin ke sebelahnya... biar gak baret2 halus juga..
Cara ngelapnya disana, wuihh yang penting cepat dan kering





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
iyalah boss, di tempat cuci mobil kan orientasinya bisnis.... asal cepet selesai ya udah bisa lanjut ke next customer..hehehhee
kalo mereka pake cara gini, bisa2 omset turun gara2 kelamaan di satu mobil..hehehe
saya suka perhatiin mobil2 di jalan.... kalo lagi siang2 terik pantulan matahari di catnya gak mulus, kaya ada gurat2 halusnya (bahasa kerennya sih katanya swirl mark)
saya udah nyobain sendiri...kebetulan mobil saya satu saya cuci sendiri, satu lagi dari baru sering dicucinya di tempat cuci mobil
sekarang yg sering ditaro di tempat cuci mobil, swirl marknya lumayan parah... kalo siang keliatan jelas banget, malah sampe kalo malem keliatan juga kalo kena pantulan lampu jalan itu di kap mesin sama atepnya.....
Mr. Szli mana nih commentnya?? biasa kan anda antusias kalo urusan ngerawat mobil...hehehehhe
kalo mereka pake cara gini, bisa2 omset turun gara2 kelamaan di satu mobil..hehehe
saya suka perhatiin mobil2 di jalan.... kalo lagi siang2 terik pantulan matahari di catnya gak mulus, kaya ada gurat2 halusnya (bahasa kerennya sih katanya swirl mark)
saya udah nyobain sendiri...kebetulan mobil saya satu saya cuci sendiri, satu lagi dari baru sering dicucinya di tempat cuci mobil
sekarang yg sering ditaro di tempat cuci mobil, swirl marknya lumayan parah... kalo siang keliatan jelas banget, malah sampe kalo malem keliatan juga kalo kena pantulan lampu jalan itu di kap mesin sama atepnya.....
Mr. Szli mana nih commentnya?? biasa kan anda antusias kalo urusan ngerawat mobil...hehehehhe