Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bro bro yg pernah overhaul atau ganti mesin baru gimana pendapat kalian akan dua hal tersebut .
saya pribadi pernah overhaul Taft GT di Bengkel Resmi Daihatsu Taft GT hasilnya setengah memuaskan karena setelah pemakaian 3 tahun performa turun seperti waktu mobil mau di overhaul gak tahu karena kurang perawatan atau overhaul yg kurang PRESISI .
mengenai overhaul saya cenderung lebih PERCAYA overhaul transmisi daripada Mesin . karena mesin membutuhkan ketelitian tinggi,alat alat yg khusus dan mahal sekali serta mekanisme yg berat dibanding transmisi . jadi kesimpulan kalian bagaimana ? apakah bila memakai mesin baru bisa awet 6 tahun mesin tersebut .
disini kita gak bahas MESIN LIMBAH ALIAS MESIN SAMPAH karena kalau bekas ketemu bekas jadi Bekas sialan .
Blum lama overhaul. Seblom overhaul, top speed 170km/jam. Setelah overhaul jadi 160km/jam. Itu jg karena takut jebol lagi mesinnya. Oiya mobilnya atoz. Ngerjainnya juga di bengkel kecil, deket rumah. Kyknya sih ga punya peralatan canggih. Sy percaya disitu, karena seringkali liat mobil2 eropa mampir disitu. Ibaratnya mobil eropa aja bisa, palagi mobil korea....
bengkelnya boleh resmi, suku cadang boleh yg ori tapi buat masang booring,piston n metal duduk n jalan tergantung bengkel bubutnya...
pengalaman saya mercy tiger bokap tambah ga enak, mesin jadi kasar tarikan ga ada akhirnya dijual juga padahal udh abis 10jeti. CJ7 diesel saya dulu bis turun mesin gak enak blas.. susah distart,rasanya berat bgt coz rumah silindernya masih perawan,seret bgt... tp setelah inreyen 2 bulanan lumayan enak,kok.. plg gak mirip sama dulu lah..
diesel mania wrote:bengkelnya boleh resmi, suku cadang boleh yg ori tapi buat masang booring,piston n metal duduk n jalan tergantung bengkel bubutnya...
pengalaman saya mercy tiger bokap tambah ga enak, mesin jadi kasar tarikan ga ada akhirnya dijual juga padahal udh abis 10jeti. CJ7 diesel saya dulu bis turun mesin gak enak blas.. susah distart,rasanya berat bgt coz rumah silindernya masih perawan,seret bgt... tp setelah inreyen 2 bulanan lumayan enak,kok.. plg gak mirip sama dulu lah..
makanya gue bilang bro gak SEMUDAH itu overhaul mesin , kalau Transmisi manual gue percaya banget selain mekanismenya sederhana ,kerja komponen tidak sevakum dan seprisisi mesin .loe bayangin aja kalau mesin gak presisi bisa bisa 1 liter buat 1 km
tp klo ganti booring terutama buat mesin diesel,nih.. biasanya lebih bagus drpd oversize.. krn ga harus bikin diameter baru yg sangat dituntut kepresisian tinggi...
sharing pengalaman... bulan ini , sudah lewat 2 tahun setelah restorasi mesin...
niat awal, sebenarnya cuma ganti seal, bersihkan kerak cyl-head dan porting polished, jadi sebenarnya ga ada yg salah dgn mesinnya...., tapi nanggung...mumpung ada dana dan waktu, parts daleman mesin yg "kelihatan" aus, sekalian diganti....
selain mesin, beberapa parts pendukung dan elektronik juga diremajakan, misalnya busi, kabel busi, sensor2...
odo saat itu 100.000an KM
saat ini, odo sudah menyentuh 165.000an KM, alias sejak disegerin mesinnya, sudah jalan 2 tahun/65.000an KM
saat itu, begitu selesai "inreyen" kalo gasalah sekitar 500km, langsung ditest "tega", jalan non stop 300 KM muatan penuh dan dibawa ngebut, trus dibawa naik ke puncak gunung penanjakan (kawasan bromo), muatan penuh (2 bule dan 3 orang indonesia) plus barang dan ac selalu on
proses ini dikerjakan di bengkel spesialis engine performance di surabaya, biasanya jadi rujukan pemakai mitsubishi meskipun mobil saya bukan mitsu, prosesnya sampai 2 bulan dan lumayan mahal...
sampai saat ini, saya rasa performa mesin masih sangat baik, beberapa parameter yg saya rasakan:
- akselerasi masih baik
- top speed masih normal
- konsumsi BBM masih baik
- oli tidak pernah kurang tiap ganti oli (5000 km), hasil buangan oli juga tidak terlihat/terasa hal yg aneh2
- suhu mesin normal dan tidak ada suara aneh2, padahal kompresi sudah dinaikkan dari spek awal karena porting polished
pemakaian mobil normal malah cenderung lebih sering dipakai jarak jauh luar kota (sekali jalan bisa 300-400KM), dgn gaya nyetir banyak agresifnya (secara dipakai jalur luar kota)...intinya bukan tipe mobil yg jadi simpanan di garasi, mengingat pemakaiannya sekitar 30.000Km/tahun, artinya dipakai normal
pabrikan mobil pun rata-rata kasih garansi 100.000km/3 tahun, alias estimasi pemakaian normal 30.000-35.000km/tahun
jadi...meskipun belum sampai 6 tahun pemakaian, saya merasa restorasi yg saya lakukan sepadan dengan hasilnya
kesimpulannya....selama overhaul/restorasi dikerjakan dengan teliti dengan alat/perkakas yg benar dan pergantian parts menggunakan parts yg baik, setidaknya original, saya yakin hasilnya sepadan...
kalau memang ada yg ingin overhaul, usahakan kenal baik dengan bengkelnya, sedapat mungkin setiap hari dijenguk saat restorasi dan jangan takut untuk cerewet buat tanya-tanya....
dan biasanya (tidak selalu...) bengkel2 spesialis engine performance/tuning, akan memberikan hasil yg lebih baik...meskipun kadang prosesnya lama dan ongkosnya lebih mahal, malah kadang lebih mahal dari BeRes.... maksud hasil baik disini adalah konsistensi dan daya tahan performa
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
^ berarti kita harus cari bengkel spesialis jangan yg umum gitu yah , hehheehe susah juga ngandalin BERES gak punya semua alat kaya alat bubut, terus alat kompressor buat ngisi freon,mesin pelurus sasis dan lain sebagainya yg penting kita harus teliti dalam memilih bengkel dan juga harus di perhatikan dalam pengerjaan OK