setahu saya, santi generasi 1 yg beredar di indonesia hanya ada 2 tipe mesin (semuanya bensin):
- I4 2400 cc
- V6 2700 cc
yg 1500 cc tidak ada...mungkin salah pasang info.... lagipula kalo dipasang mesin 1500 cc....
dibanding aerio, rasanya ga pas....satunya MPV satunya CUV/SUV, body dan mesinnya pun beda kelas
IMHO, singkat aja tentang santi:
- isu reliabilitas (mesin dan keseluruhan) bagi yg awam atau belam pernah pelihara santi, pasti cenderung bilang suzuki lebih reliable, apalagi mesin yg dipasang di aerio termasuk keluarga mesin suzuki yg legendaris. tapi saya bilang, santi juga sangat reliable...been there done that...
santi saya thn 2001, odo saat ini 165.000an KM
silakan cari mobil yg sekelas/setipe santi saya, umur sama, dan silakan cek odo-nya, pasti umur odonya hanya berkisar 100.000an KM, dan kalo ketemu yg odo-nya sama, 150.000-160.000an KM, silakan ditest drive/compare performanya dgn santi saya...

itulah definisi saya tentang "reliabilitas"
- spare parts, servis dan perawatan, untuk point ini, santa fe jelas kalah jauh dgn aerio.... bahkan bicara merknya saja (Hyundai vs Suzuki), sudah jelas untuk saat ini masalah suku cadang dan perawatan, hyundai masih tertinggal dibanding suzuki, apalagi bicara santa fe, yg diantara keluarga hyundai sendiri termasuk "minoritas:
sejauh ini, meski harus sedikit repot, untuk masalah servis/suku cadang santi saya masih bisa teratasi dgn baik (domisili semarang/mojokerto)
intinya, untuk pelihara santi, musti siap sayang dan komitment
- jika sering luar kota dgn jalanan kurang baik, sudah jelas sebagai "jenis"nya, santi lebih unggul di kenyamanan dan daya tahan (durabilitas), disinilah umumnya keunggulan mobil dengan body besar dan kapasitas mesin sedang/besar, sangat menyenangkan buat menjelajah (cruising)...nyaman dan napasnya panjang
kalo ingin tau lebih tentang santi...silakan main ke kost2an kami
