(Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
(Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Tertarik untuk ngambil Avanza E A/T yang baru keluar, tadi nanya sales 143.6 jt harga Jakarta, tapi saya kemungkinan mau ambil di daerah.
Perbandingannya mungkin ama Daihatsu Xenia 1.3 yg harganya lebih mahal dikit dari Avanza E tapi lebih lengkap fitur2nya.
Kemaren sempat minjem mobil baru punya kakak ipar, Daihatsu Terios TX A/T, maticnya sih kalo dibanding Jazz CVT ya jauh halusnya, lebih mirip ke Innova A/T kayaknya (yang ini bokap gw punya).
Nah kalo di Avanza 1.3 gimana ya maticnya? Ada review dari pengguna langsung?
Perbandingannya mungkin ama Daihatsu Xenia 1.3 yg harganya lebih mahal dikit dari Avanza E tapi lebih lengkap fitur2nya.
Kemaren sempat minjem mobil baru punya kakak ipar, Daihatsu Terios TX A/T, maticnya sih kalo dibanding Jazz CVT ya jauh halusnya, lebih mirip ke Innova A/T kayaknya (yang ini bokap gw punya).
Nah kalo di Avanza 1.3 gimana ya maticnya? Ada review dari pengguna langsung?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
btw..harga segitu udah nett atau masih ada diskon menarik ?? 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Cepet amat balesnya bung jalu!
diskon ga nanya, pas ke mal aja tadi ngambil pricelist ga nanya2 lagi sama salesnya soal diskon dan indennya berapa lama.
kekurangan Avanza E yang paling vital mungkin ACnya ga double blower...
Terus audionya, sama sekali ga ada audio --> yang ini bisa ditambah sih, tapi kalo tambah ini itu lama2 jadi melambung budgetnya
Kekurangan lain ga ada power door mirror, masih manual setel spionnya ---> ribet!
Lalu velgnya yang masih kaleng (+dop)
Yang lain kemungkinan masih bisa diterimalah... kalo make mobil di daerah itu kemana-mana dekat paling lama 30 menit rata2 15 menit dah nyampe. Kalo perlu keluar kota pake mobil lain yang udah ada...
diskon ga nanya, pas ke mal aja tadi ngambil pricelist ga nanya2 lagi sama salesnya soal diskon dan indennya berapa lama.
kekurangan Avanza E yang paling vital mungkin ACnya ga double blower...
Terus audionya, sama sekali ga ada audio --> yang ini bisa ditambah sih, tapi kalo tambah ini itu lama2 jadi melambung budgetnya
Kekurangan lain ga ada power door mirror, masih manual setel spionnya ---> ribet!
Lalu velgnya yang masih kaleng (+dop)
Yang lain kemungkinan masih bisa diterimalah... kalo make mobil di daerah itu kemana-mana dekat paling lama 30 menit rata2 15 menit dah nyampe. Kalo perlu keluar kota pake mobil lain yang udah ada...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
setau saya xenia Xi jg gak dilengkapi dbl blower....dl pernah liat gak ada, entah kalo xenia xi maticnya...
cmiiw
cmiiw
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
xenia emang gak ada yang double blower dari seluruh variannya.jalu wrote:setau saya xenia Xi jg gak dilengkapi dbl blower....dl pernah liat gak ada, entah kalo xenia xi maticnya...
cmiiw
avanza G dan S aja yg double blower.
katanya direview majalah varian matic avanza dan xenia lebih irit dari M/T ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
bener tuh Xenia Xi Matic ga double blower, tapi sudah dikasih pritilan ini itu yg cukup menarik seperti single cd audio, alloy wheel dsb, tapi harganya juga kalo ga salah dah 150 jt.
Perbandingan lagi Avanza G A/T 1.3 158.5 jt dan Daihatsu Terios TS A/T 166.6 jt
Perbandingan lagi Avanza G A/T 1.3 158.5 jt dan Daihatsu Terios TS A/T 166.6 jt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Wah di daerah mana bro?? ini matic banyak yg bilang boyo kalo dipake nanjak2 lo.. ini salah satu infonya http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/7871
(ane udah pernah pake yg xenia manual udh lumayan boyo kalo tanjakkan extrem apalagi matic
)
cocoknya macet2an di dalem kota aja bro..Terus matic avxen lebih konvensional dibanding maticnya innova,ini transmisi dipake jaman jadul taon 91an,kurang halus perpindahan giginya tapi ketahanannya ga usah ditanya kuat bgt..
ini infonya..
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/8909
FC matic avxen..
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/9234
just sharing info..
(ane udah pernah pake yg xenia manual udh lumayan boyo kalo tanjakkan extrem apalagi matic

cocoknya macet2an di dalem kota aja bro..Terus matic avxen lebih konvensional dibanding maticnya innova,ini transmisi dipake jaman jadul taon 91an,kurang halus perpindahan giginya tapi ketahanannya ga usah ditanya kuat bgt..
ini infonya..
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/8909
FC matic avxen..
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/9234
just sharing info..

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
@aldy
Thanks infonya, artikel mengenai transmisi matic Avanza yg katanya udah dipakai sejak 91-an blon pernah gw baca. Kalo artikel mengenai test drive Avanza G at sih pernah baca.
Menurut artikel yg dipost bung aldy berarti (karena gw pernah nyetir Daihatsu Terios AT) gw ada gambaran mengenai matiknya Avanza 1.3. Transmisinya memang jauh dari halus, rada berkesan bolot juga, malah lebih buruk dari punya Innova.
Oh ya, saya rencananya pakai di Jambi, Sumatra. Kebetulan tinggal di ibukota provinsinya yg termasuk ga banyak tanjakan ekstrim. Kalo jadi beli juga ini bakalan jadi mobil ketiga, untuk gantiin mobil Panther keluarga gw yg udah 16 tahun (bentar lagi suit sepentin)
Thanks infonya, artikel mengenai transmisi matic Avanza yg katanya udah dipakai sejak 91-an blon pernah gw baca. Kalo artikel mengenai test drive Avanza G at sih pernah baca.
Menurut artikel yg dipost bung aldy berarti (karena gw pernah nyetir Daihatsu Terios AT) gw ada gambaran mengenai matiknya Avanza 1.3. Transmisinya memang jauh dari halus, rada berkesan bolot juga, malah lebih buruk dari punya Innova.
Oh ya, saya rencananya pakai di Jambi, Sumatra. Kebetulan tinggal di ibukota provinsinya yg termasuk ga banyak tanjakan ekstrim. Kalo jadi beli juga ini bakalan jadi mobil ketiga, untuk gantiin mobil Panther keluarga gw yg udah 16 tahun (bentar lagi suit sepentin)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
.Dennif wrote:xenia emang gak ada yang double blower dari seluruh variannya.jalu wrote:setau saya xenia Xi jg gak dilengkapi dbl blower....dl pernah liat gak ada, entah kalo xenia xi maticnya...
cmiiw
avanza G dan S aja yg double blower.
katanya direview majalah varian matic avanza dan xenia lebih irit dari M/T ya?
Banyak variable yang menentukan konsumsi bbm antara MT dan AT.
Kalau untuk kecepatan konstan di jalan Tol , misal 100 km / jam . bisa jadi AT lebih irit. Karena Rpm lebih rendah.
Tapi kalau untuk kota2 dan perjalanan luar kota dengan medan yang agak berat dan sering bejek2 gas , bisa jadi AT jauh lebih boros , karena efisiensi matic menyaluran tenaga masih dbawah manual.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Btw, artikel di Otomotif.net itu menyinggung soal biaya transmisi otomatis itu lebih mahal dari Manual, dalam total cost of ownership.
Di salah satu postingan di SM, ada yg bikin itung2an bahwa jika hanya membandingkan biaya perawatan saja (tak termasuk konsumsi BBM), transmisi otomatis itu lebih irit:
- Ganti kopling hanya 5 tahun sekai vs 2 tahun sekali bagi manual.
- Biaya oli yg tidak terlalu mahal.
Jadi diitung2, manual itu lebih boros. Belum kalau diitung opportunity lost karena kaki pegel, manggil tukang pijet, dsb hehehe
Gimana nih senior2?
Di salah satu postingan di SM, ada yg bikin itung2an bahwa jika hanya membandingkan biaya perawatan saja (tak termasuk konsumsi BBM), transmisi otomatis itu lebih irit:
- Ganti kopling hanya 5 tahun sekai vs 2 tahun sekali bagi manual.
- Biaya oli yg tidak terlalu mahal.
Jadi diitung2, manual itu lebih boros. Belum kalau diitung opportunity lost karena kaki pegel, manggil tukang pijet, dsb hehehe
Gimana nih senior2?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
@afatchur
Ganti kopling 2 tahun sekali mobilnya dipake apaan bro..qiqiqiqi
Kalo ganti oli,matic hukumnya wajib...kalo manual udah ane coba di dua mobil melewati 1x masa penggantian seharusnya (40ribu km ane baru ganti di 70ribu km)..enggak ada problem apa2 cuma agak seret aja ngoper giginya..
Ane punya kijang LGX manual buat nanjak naik turun..lukot bolak-balik..nyetir sampe spin rodanya
..sampe 120ribuan km (7 tahun) kampas koplingnya masih oke bgt tuh
Ga tau lagi kalo avanzanya dipake macet2an ditanjakkan nahan pake kopling terus..he2
Kalo menurut ane harus diakui rata2 mobil kelas dibawah 150juta maticnya ga pinter2 bgt banyak power loss dll..Jadi keuntungannya cuma satu kaki kiri bisa santai ga capek dipake macet2an extrem..
Ganti kopling 2 tahun sekali mobilnya dipake apaan bro..qiqiqiqi

Kalo ganti oli,matic hukumnya wajib...kalo manual udah ane coba di dua mobil melewati 1x masa penggantian seharusnya (40ribu km ane baru ganti di 70ribu km)..enggak ada problem apa2 cuma agak seret aja ngoper giginya..

Ane punya kijang LGX manual buat nanjak naik turun..lukot bolak-balik..nyetir sampe spin rodanya


Ga tau lagi kalo avanzanya dipake macet2an ditanjakkan nahan pake kopling terus..he2

Kalo menurut ane harus diakui rata2 mobil kelas dibawah 150juta maticnya ga pinter2 bgt banyak power loss dll..Jadi keuntungannya cuma satu kaki kiri bisa santai ga capek dipake macet2an extrem..
Last edited by aldy on Mon May 17, 2010 11:34, edited 3 times in total.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
ganti kopling 2 thn sekali untuk pemakaian mobil pribadi nampaknya gak sesering itu deh..... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
manual ganti kopling minimal 5 tahun sekali. kalau matic sangat sensitif dengan oli. oli harus bener berkualitas walaupun pake yang embel2nya life time ,tetap harus sering dikuras tuh oli transnya. biasanya sih ane 25 ribu sekali. kalau rusak minta ampun.mahalnya bikin kantong kempes.
untuk jazz lama yang cvt misanya ,kalo rusak ganti segelondong harga 15 jutaan bro. bengkel resmi mengatakan nggak rekomend di reppair.
kalo manual mungkin kerusakan berkisar di matahari ,kopling ama release bearing. 3 juta udah cukup satu set untuk pemakaian 8 tahun pada kondisi normal.
kerusakan trans automatic biasanya ditandai akselerasi yang terhambat ama perpindahan gigi yang kasar.
bagaimanapun lebih irit manual bro.
kalau ada yg punya mobil matic usia diatas 5 tahub bisa sharing disini. biasanya kinerjanya udah menurun. sementara manual trans , ganti kopling udah serasa mobil baru hehehe..
untuk jazz lama yang cvt misanya ,kalo rusak ganti segelondong harga 15 jutaan bro. bengkel resmi mengatakan nggak rekomend di reppair.
kalo manual mungkin kerusakan berkisar di matahari ,kopling ama release bearing. 3 juta udah cukup satu set untuk pemakaian 8 tahun pada kondisi normal.
kerusakan trans automatic biasanya ditandai akselerasi yang terhambat ama perpindahan gigi yang kasar.
bagaimanapun lebih irit manual bro.
kalau ada yg punya mobil matic usia diatas 5 tahub bisa sharing disini. biasanya kinerjanya udah menurun. sementara manual trans , ganti kopling udah serasa mobil baru hehehe..
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Di Ford Focus ane (101,000 km)...pergantian gigi kalo di D atau manual mode bagus2 aja - cuman yg terasa tidak seperti mobil baru kalo pindah dr D ke R misalnya - rasanya gak semantep kalo mobil baru. Mau ngencengin/servis juga tanggung - gak mengganggu2 amat juga.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
matic selama pemakaian benar, dan rajin ganti oli sebenernya awet dan hitungan 10th pun sampai ratusan ribu km kayak focus bro fm, biasanya diganti di kelipatan 25rb km, dan di 50rb di kuras total, kerusakan2 biasanya di selenoid2 nya, dan bisa diganti sekitar 300rban / pc biasanya pake 4 unit, diganti yg rusak saja.
kalo untuk dalam kota dan akselerasi santai matic ok kok, apa lagi matic avxen itu masih kategori jadul yg lebih minim perawatan.
kalo masalah cost sebenernya mirip2 lah, cuma memang cost di BBM yg agak beda
kalo untuk dalam kota dan akselerasi santai matic ok kok, apa lagi matic avxen itu masih kategori jadul yg lebih minim perawatan.
kalo masalah cost sebenernya mirip2 lah, cuma memang cost di BBM yg agak beda
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
om FM, cobain aja di focus baru, apakah merasakan hal yang sama. kalo yang baru lebih baik, sebaiknya diperiksa aja focus om FM. takutnya ada yang sudah longgar sehingga tidak presisi jadi bikin masalah di kemudian hari... imho..FortunerMan wrote:Di Ford Focus ane (101,000 km)...pergantian gigi kalo di D atau manual mode bagus2 aja - cuman yg terasa tidak seperti mobil baru kalo pindah dr D ke R misalnya - rasanya gak semantep kalo mobil baru. Mau ngencengin/servis juga tanggung - gak mengganggu2 amat juga.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Mar 03, 2010 8:48
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
bagaimanapun lebih irit manual bro.
kalau ada yg punya mobil matic usia diatas 5 tahub bisa sharing disini. biasanya kinerjanya udah menurun. sementara manual trans , ganti kopling udah serasa mobil baru hehehe..[/quote]
Om,
Saya pakai Camry 2.4AT thn 2003, beli second, terakhir cek ke Toyota saat 90k Transmisi matic masih OK, saya pakai juga gak ada masalah, akselerasi OK, sdh saya bawa ke Jateng lewat Cadas Pangeran dan bolak-balik Puncak, sejauh ini aman saja.
Mungkin untung-untungan juga ya kalau pakai transmisi matic yg sdh berumur, apalagi dapat mobil janda kayak saya....
Kesimpulannya, matic Camry 2.4 cukup reliable dan sejauh ini gak nyusahin
kalau ada yg punya mobil matic usia diatas 5 tahub bisa sharing disini. biasanya kinerjanya udah menurun. sementara manual trans , ganti kopling udah serasa mobil baru hehehe..[/quote]
Om,
Saya pakai Camry 2.4AT thn 2003, beli second, terakhir cek ke Toyota saat 90k Transmisi matic masih OK, saya pakai juga gak ada masalah, akselerasi OK, sdh saya bawa ke Jateng lewat Cadas Pangeran dan bolak-balik Puncak, sejauh ini aman saja.
Mungkin untung-untungan juga ya kalau pakai transmisi matic yg sdh berumur, apalagi dapat mobil janda kayak saya....
Kesimpulannya, matic Camry 2.4 cukup reliable dan sejauh ini gak nyusahin

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Jadi kalau harus milih mobil matic dgn budget terbatas tapi maunya baru rekan2 bakalan pilih mobil apa?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Minggu lalu nyobain punya temen avanza s matic. trus terang matic pertama yg sy cobain. jadi perbandingannya cuma dgn avanza s manual punya sy.
Utk macet2 dan jalan pelan2, lumayan enak. ditanjakan juga ngebantu bgt. tapi kalu udah di tol, kebiasaan ngebut di mobil sendiri kambuh. nyoba gas langsung dari D, ga ada akselerasinya. rpm ganti sekitar 2500an. kecuali dari awal udah injek pedal gas cukup dalam, bisa baru ganti sekitar 4000an (agak lupa persisnya). utk dapat akselerasi harus sering2 mainkan tuas persnelingnya ke 3 baru ke D lagi. dibanding dgn manual, jelas kalah. dan parahnya bbm jadi boros. topspeed waktu itu baru 140km/jam. ga berani ditrusin karena bbm langsung geser ke posisi E. lagipula ga enak jg. soalnya yg punya duduk di sebelah, dan dia selama pakai cuma berani sampai 120km/jam. hehehe....
Utk macet2 dan jalan pelan2, lumayan enak. ditanjakan juga ngebantu bgt. tapi kalu udah di tol, kebiasaan ngebut di mobil sendiri kambuh. nyoba gas langsung dari D, ga ada akselerasinya. rpm ganti sekitar 2500an. kecuali dari awal udah injek pedal gas cukup dalam, bisa baru ganti sekitar 4000an (agak lupa persisnya). utk dapat akselerasi harus sering2 mainkan tuas persnelingnya ke 3 baru ke D lagi. dibanding dgn manual, jelas kalah. dan parahnya bbm jadi boros. topspeed waktu itu baru 140km/jam. ga berani ditrusin karena bbm langsung geser ke posisi E. lagipula ga enak jg. soalnya yg punya duduk di sebelah, dan dia selama pakai cuma berani sampai 120km/jam. hehehe....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jun 21, 2010 14:03
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
halo...
saya baru ambil avanza G 1.3 matic bulan februari 2010, dan saya happy banget sama transmisinya
bisa dikendalikan di semua gigi, dari 1 - 4, jadi bisa responsif seperti pake manual, tergantung pengendalian kita. lengkep, dari P-R-N-D-3-2-L, tidak seperti model lama yang ngga ada 3 ya..
sudah di bawa ke puncak, dan bolak balik garut jakarta via nagreg, n tidak ada masalah, jangan sampe telat pindah gear aja, supaya tetep di rpm tinggi jika diperlukan
untuk gossip bahwa matic lebih irit, itu bukan gosip tapi kenyataan hehe... terutama kalau di tol, untuk sampai 150 km/jam, rpm tetep di 4000-an, kalau di manual, kudu nyampe 5500an rpmnya.
trus yang bikin irit lagi, adalah kalau pakai matic, kita ngga pernah telat pindah gigi, 2500 otomatis pindah. jadi ngga akan ngegerung dulu baru di pindah. yang satu ini emang tergantung kedalaman nginjek gasnya bro..
masalah lembut, lembut banget, worthed lah.. pokonya...
saya baru ambil avanza G 1.3 matic bulan februari 2010, dan saya happy banget sama transmisinya
bisa dikendalikan di semua gigi, dari 1 - 4, jadi bisa responsif seperti pake manual, tergantung pengendalian kita. lengkep, dari P-R-N-D-3-2-L, tidak seperti model lama yang ngga ada 3 ya..
sudah di bawa ke puncak, dan bolak balik garut jakarta via nagreg, n tidak ada masalah, jangan sampe telat pindah gear aja, supaya tetep di rpm tinggi jika diperlukan
untuk gossip bahwa matic lebih irit, itu bukan gosip tapi kenyataan hehe... terutama kalau di tol, untuk sampai 150 km/jam, rpm tetep di 4000-an, kalau di manual, kudu nyampe 5500an rpmnya.
trus yang bikin irit lagi, adalah kalau pakai matic, kita ngga pernah telat pindah gigi, 2500 otomatis pindah. jadi ngga akan ngegerung dulu baru di pindah. yang satu ini emang tergantung kedalaman nginjek gasnya bro..
masalah lembut, lembut banget, worthed lah.. pokonya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Mencurigakan... baru gabung, post baru 1, postnya seakan akan mromosiin suatu produk tertentu.. hm... 150km/jam?? avanza?? rpm 4000??? am i dreaming???abifaros wrote:halo...
saya baru ambil avanza G 1.3 matic bulan februari 2010, dan saya happy banget sama transmisinya
bisa dikendalikan di semua gigi, dari 1 - 4, jadi bisa responsif seperti pake manual, tergantung pengendalian kita. lengkep, dari P-R-N-D-3-2-L, tidak seperti model lama yang ngga ada 3 ya..
sudah di bawa ke puncak, dan bolak balik garut jakarta via nagreg, n tidak ada masalah, jangan sampe telat pindah gear aja, supaya tetep di rpm tinggi jika diperlukan
untuk gossip bahwa matic lebih irit, itu bukan gosip tapi kenyataan hehe... terutama kalau di tol, untuk sampai 150 km/jam, rpm tetep di 4000-an, kalau di manual, kudu nyampe 5500an rpmnya.
trus yang bikin irit lagi, adalah kalau pakai matic, kita ngga pernah telat pindah gigi, 2500 otomatis pindah. jadi ngga akan ngegerung dulu baru di pindah. yang satu ini emang tergantung kedalaman nginjek gasnya bro..
masalah lembut, lembut banget, worthed lah.. pokonya...



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
kalo saya liat sih itu review bukan promosi. mo dari yang cuman 1 postingan mo dari yang 1 juta postingan kalo saya liat isinya bukan udah berapa postingan ia buat.ahmadinejad wrote:Mencurigakan... baru gabung, post baru 1, postnya seakan akan mromosiin suatu produk tertentu.. hm... 150km/jam?? avanza?? rpm 4000??? am i dreaming???abifaros wrote:halo...
saya baru ambil avanza G 1.3 matic bulan februari 2010, dan saya happy banget sama transmisinya
bisa dikendalikan di semua gigi, dari 1 - 4, jadi bisa responsif seperti pake manual, tergantung pengendalian kita. lengkep, dari P-R-N-D-3-2-L, tidak seperti model lama yang ngga ada 3 ya..
sudah di bawa ke puncak, dan bolak balik garut jakarta via nagreg, n tidak ada masalah, jangan sampe telat pindah gear aja, supaya tetep di rpm tinggi jika diperlukan
untuk gossip bahwa matic lebih irit, itu bukan gosip tapi kenyataan hehe... terutama kalau di tol, untuk sampai 150 km/jam, rpm tetep di 4000-an, kalau di manual, kudu nyampe 5500an rpmnya.
trus yang bikin irit lagi, adalah kalau pakai matic, kita ngga pernah telat pindah gigi, 2500 otomatis pindah. jadi ngga akan ngegerung dulu baru di pindah. yang satu ini emang tergantung kedalaman nginjek gasnya bro..
masalah lembut, lembut banget, worthed lah.. pokonya...![]()
![]()
ga tau masalah rpm 4 ribu, tapi avanza/xenia emang salah satu rajanya di tol (medan-belawan). dah biasa di salip avanza dengan cepat di kmh 120. jadi 150 kmh mah logis bgt ngeliat gimana ngebutnya avanza/xenia di tol.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Thx reviewnya bung abifaros. Kalo saya lihat bung abifaros itu happy customer, ga berarti cuma 1 postingan artinya jelek kan. Justru sangking puasnya bung abifaros sampe ngereview positif semua.
Kalo gw, akhirnya gw mutusin untuk mutasi mobil Jazz 2005 gw dari Jkt ke daerah aja. Pikir2 kalau jual Jazz beli Avanza E AT agak sayang juga. Untuk beli mobil yg lebih mahal budgetnya ditabung dulu untuk keperluan lain. Liat 2-3 taon lagi baru tuker mobilnya, kira2 dapat mobil apa ya?
Kalo gw, akhirnya gw mutusin untuk mutasi mobil Jazz 2005 gw dari Jkt ke daerah aja. Pikir2 kalau jual Jazz beli Avanza E AT agak sayang juga. Untuk beli mobil yg lebih mahal budgetnya ditabung dulu untuk keperluan lain. Liat 2-3 taon lagi baru tuker mobilnya, kira2 dapat mobil apa ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: (Ask) Matic di Avanza 1.3 (Type G & E) bagus ga?
Oh ya thx juga buat reviewnya bung y_anjasnara. Avanza S yg 1.5 ya? Mestinya lebih gesit dari yg 1.3. Kalau budget segitu mungkin gw ambil Terios TS Matic aja, harga mirip2 walau fitur agak kurang.