gan tlg saya dibantu ya...rencana mo bli 318i e36, knr dr dl sgt tertarik dg kemewahan dan stylishnya...pertanyaan saya :
1. apa saja yg perlu di cek waktu mo beli bmw bekas ?
2. perawatan mudah mana dibanding dg corona absolute ?
3. apa saja kelebiah dan kekurangan 318i vs 320i vs corabs ?
saya berharap ada agan2 disini yg bs bantu saya....matur suwun..
bmw 318i '92
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: bmw 318i '92
1. - Cek ada bunyi2 ga di kaki2, kl ada benerinya bisa lumayan (kl banyak yg rusak) , buat gambaran untuk 320i , harga shock depan (bilstein) 1,6 jt , shock belakang (bilstein) 800 rb, baljoint pendek 200 rb , balljoint panjang 350rb , long tie rod 700rb , stabilizer 250 rb , bushing-bushing @ 80 rb , kaki-kaki belakang total 1 jt (lupa partsnya apa saja tp ada 6 parts yang diganti)
- Cek mesinya alus ga suaranya (ga boleh ada suara2 aneh di mesin)
- Cek kelistrikan , harus idup semua fitur2nya dan ga ada jumper atau kabel yang sudah rusak
- RPM tidak boleh naik turun , harus stabil
- Penyakit utamanya = - Plafon udh turun ama pilar A copot ( benerinya di toko audio minta bikinin aja)
- shock kap mesin mati (harga per pcsnya 110rb
- power window suka kemakan gearnya (skitar 300 rb)
- Lampu banyak yang sudah buram (harus dicuci)
- Khusus 318i yg tahun-tahun awal cek selang bensin , kl udh getas cepat-cepat ganti ini yg suka bikin kebakar, selang udah tidak layak paki tetap dipakai
- Cari yang AC nya masih dingin , soalnya kalau ac nya rusak bisa lumayan , saya 3 tahun yang lalu kena 3 jt untuk ganti semua selang, evap, kondensor,dryer ama filter
- Parts yang rawan rusak di umur segitu : MAF (ini mahal bisa 5 juta tp umurnya >10 tahun ) ama kabel sensor TD (umurnya 8tahun)
- kl mo gampang : bawa aja ke bengkel resmi bayar 300 ribu minta cek total, nanti diberi tahu kondisinya
2. Mudah sama aja kok ama corabs, cuman untuk penggunaan ada hal-hal yang harus diperhatikan soalnya ga bisa sembarangan, harga parts berkisar 10-30% lebih mahal dari corabs
3. 318i = irit, sistem kaki-kaki sport (kalah nyaman dibanding corabs) , feel nyetir jauh diatas corabs ( respon stir, rem, handling) , mesin masih m40 rasio kompresi premium, tarikan lelet tp top speed dpt 190, perawatan ga terlalu mahal kalau di bengkel spesialis (asal bukan bmw p**m*)
320 = tenaga lebih besar dari 318i , bensin setara corabs (kalau sehat) , perawatan rada mahal (mesin 6 silinder ama rem lebih besar dari 318i), mesin m50 kompresi pertamax tp kl dipaksa premium masih jalan tp lemot bgt, sisanya sama ama318i
corabs = tenaga kecil kalau dibandingin seri 3, bensin so-so kl dibandingin seri 3 , harga spare part lebih murah sedikit, bengkel lebih banyak , lebih nyaman dari seri 3
- Cek mesinya alus ga suaranya (ga boleh ada suara2 aneh di mesin)
- Cek kelistrikan , harus idup semua fitur2nya dan ga ada jumper atau kabel yang sudah rusak
- RPM tidak boleh naik turun , harus stabil
- Penyakit utamanya = - Plafon udh turun ama pilar A copot ( benerinya di toko audio minta bikinin aja)
- shock kap mesin mati (harga per pcsnya 110rb
- power window suka kemakan gearnya (skitar 300 rb)
- Lampu banyak yang sudah buram (harus dicuci)
- Khusus 318i yg tahun-tahun awal cek selang bensin , kl udh getas cepat-cepat ganti ini yg suka bikin kebakar, selang udah tidak layak paki tetap dipakai
- Cari yang AC nya masih dingin , soalnya kalau ac nya rusak bisa lumayan , saya 3 tahun yang lalu kena 3 jt untuk ganti semua selang, evap, kondensor,dryer ama filter
- Parts yang rawan rusak di umur segitu : MAF (ini mahal bisa 5 juta tp umurnya >10 tahun ) ama kabel sensor TD (umurnya 8tahun)
- kl mo gampang : bawa aja ke bengkel resmi bayar 300 ribu minta cek total, nanti diberi tahu kondisinya
2. Mudah sama aja kok ama corabs, cuman untuk penggunaan ada hal-hal yang harus diperhatikan soalnya ga bisa sembarangan, harga parts berkisar 10-30% lebih mahal dari corabs
3. 318i = irit, sistem kaki-kaki sport (kalah nyaman dibanding corabs) , feel nyetir jauh diatas corabs ( respon stir, rem, handling) , mesin masih m40 rasio kompresi premium, tarikan lelet tp top speed dpt 190, perawatan ga terlalu mahal kalau di bengkel spesialis (asal bukan bmw p**m*)
320 = tenaga lebih besar dari 318i , bensin setara corabs (kalau sehat) , perawatan rada mahal (mesin 6 silinder ama rem lebih besar dari 318i), mesin m50 kompresi pertamax tp kl dipaksa premium masih jalan tp lemot bgt, sisanya sama ama318i
corabs = tenaga kecil kalau dibandingin seri 3, bensin so-so kl dibandingin seri 3 , harga spare part lebih murah sedikit, bengkel lebih banyak , lebih nyaman dari seri 3
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Wed Jun 25, 2008 10:55
Re: bmw 318i '92
Bro Tarra...
Numpang konsultasi...
Mobil BMW saya 318i 2002 (blm facelift) setirnya bunyi tek tek kalo ketemu jalan berlubang atau rada kasar...analisanya kira2 apa ya? Apakah ada bengkel BMW yg non resmi yg bagus dan rada murah (jika disarankan bengkel resmi rekomendasinya yg dimana?)? Soalnya blm lama ini masuk bengkel BMW yg di Supomo harganya mahal banget.
Thank's.
Numpang konsultasi...
Mobil BMW saya 318i 2002 (blm facelift) setirnya bunyi tek tek kalo ketemu jalan berlubang atau rada kasar...analisanya kira2 apa ya? Apakah ada bengkel BMW yg non resmi yg bagus dan rada murah (jika disarankan bengkel resmi rekomendasinya yg dimana?)? Soalnya blm lama ini masuk bengkel BMW yg di Supomo harganya mahal banget.
Thank's.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: bmw 318i '92
Kalo ane dulu sering bawa ke Tjung Service di jembatan lima (deket pegadaian), jalannya sih parah karena semraut tapi bengkelnya spesialis mobil eropa.....parts juga bisa milih mao genuine atau kw.Riff wrote:Bro Tarra...
Numpang konsultasi...
Mobil BMW saya 318i 2002 (blm facelift) setirnya bunyi tek tek kalo ketemu jalan berlubang atau rada kasar...analisanya kira2 apa ya? Apakah ada bengkel BMW yg non resmi yg bagus dan rada murah (jika disarankan bengkel resmi rekomendasinya yg dimana?)? Soalnya blm lama ini masuk bengkel BMW yg di Supomo harganya mahal banget.
Thank's.
Dulu reset oli aja punya alatnya disono, kalo dulu di BERES di charge 80rb cuma reset oli waktu jaman ane masih kuliah (jaman jadul banget deh

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: bmw 318i '92
bunyi di setirnya atau kaki-kaki? kalau setir dl e36 saya kena bearing setir (kalau tidak salah namanya itu) kalau suaranya rada di bawah bisa kena bushing / tie rod / stabilizerRiff wrote:Bro Tarra...
Numpang konsultasi...
Mobil BMW saya 318i 2002 (blm facelift) setirnya bunyi tek tek kalo ketemu jalan berlubang atau rada kasar...analisanya kira2 apa ya? Apakah ada bengkel BMW yg non resmi yg bagus dan rada murah (jika disarankan bengkel resmi rekomendasinya yg dimana?)? Soalnya blm lama ini masuk bengkel BMW yg di Supomo harganya mahal banget.
Thank's.
untuk bengkel coba ke Anugrah Motor di Jalan Haji Nawi , itu semua mekaniknya jebolan bengkel resmi dan jual sapre part oem & aftermarket yang harganya bisa 1/2 - 1/4 dari bengkel resmi dengan kualitas setara...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Wed Jun 25, 2008 10:55
Re: bmw 318i '92
Pekan lalu masalah bunyi tek tek nya udah dibetulin di bengkel (spesialis BMW) di Radin Inten Kalimalang...dicoba ganti joint steering nya ama yg punya bengkel...stlh dicek suaranya hilang...baru digantiin ama yg baru...lumayan ngirit yg tadinya versi bengkel resmi musti habis 20jt (ganti semua tmsk rack sttering nya) jadinya cuman 2jt udah tmsk ongkos kirim.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: bmw 318i '92
Emang gile tuh biaya kalau bongkar bongkar di BERES
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun