Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Ada bengkel modif di Jakarta Pusat, tapi dia nggak mau terbuka dulu. Tadinya mau aku post alamat dan no telpon tapi katanya mau lewat mulut ke mulut, soalnya orangnya sibuk dan ini cuma sampingan. Makanya saya diminta jadi saringan. Kalau posting saya menyalahi aturan SM saya minta maaf dan mohon pengarahannya.
Model modifikasi mobil bisa ke arah touring dan bisa ke rally. Kalau ke touring, jadinya keren dan ceper. Kita tahu semua pada kecepatan tinggi sangat stabil, namun kualitas pengendaraan memang harus mengalah.
Kalau mau ke rally, mobil jadi tidak ceper. Malah kalau perlu jadi lebih tinggi (barangkali ada banjir atau polisi tidur). Kenyamanan tidak terganggu. Kecepatan tinggi juga harusnya sama stabilnya sampai titik di mana aerodinamika menjadi lebih penting dari power. Off road juga sah - sah aja dijalanin. Masalahnya gaya rally ini SULIT dan TIDAK BANYAK AHLINYA. Mengapa? Karena pasti ada additional parts yang harus dibeli. Jatuhnya MAHAL.
Nah, untuk rally, komponen stategis adalah STABILIZER, agar mobil tidak limbung dan enak masuk ke tikungan (drifting). Di toko-toko banyak merk luar negeri tapi untuk merk2 tertentu sulit dicari. Juga, yang tersedia hanya stabilizer 2 titik depan dan 2 titik belakang. Nah, teman saya ini bisa buat sampai 16 titik DAN UMUMNYA TIDAK PENGARUHI GROUND CLEARANCE DAN TIDAK MERUSAK / MELUBANGI yaitu :
a. 2 - 4 titik untuk assy. roda belakang.
b. 2 - 4 titik untuk bagian tengah mobil
c. 2 - 4 titik untuk assy roda depan
d. 2 - 4 titik untuk stud engine bay (melintang di atas mesin)
Kalau stabilizer merk, ukurannya paling 5 cm. Yg teman saya ini bisa dihitung shg optimum. Saya lihat juga las2annya bagus dan tidak ada HAZ / slag. Bentuknya macam2 sesuai hitungan, tidak selalu silindris. Apalagi yg 4 titik (trapesium), aneh2 deh. Keakuratan pengelasan juga okay. Kalau sampai pasang lengkap 16 titik nggak deh kalau ada body flex ataupun goyang.
Pengalaman saya : Mobil Subaru R2 ini nggak ada sama sekali stabilizer after marketnya. Dari pabriknya cuma diberi stabilizer depan yg silindris kecil. Sama teman saya dikasih stabilizer belakang 2 titik dan tambahan stabilizer depan 2 titik jadi total 2 + 0 + (2+2). Karena per shock tidak diubah, kenyamanan tidak berubah. Kalau dulu nikung di tikungan tertentu cuma bisa 50 kpj, sekarang 65 kpj juga masuk. Ada understeer tapi emang efek itu bia diantisipasi. Yg penting bodi rigid dan tidak goyang ditikungan maupun kena angin samping.
Untuk mobil Avanza, Kijang, Livina, Xtrail sih udah ada jignya, jadi mobil gak perlu datang. Pengalaman R2 saya Senin jam 00.00 malam masuk, Selasa jam 21.00 udah kelar. Biaya yg saya keluarkan imbang2lah sama yg merk, namanya juga special order. Kalau yg merk normal bisa murah lagi.
Model modifikasi mobil bisa ke arah touring dan bisa ke rally. Kalau ke touring, jadinya keren dan ceper. Kita tahu semua pada kecepatan tinggi sangat stabil, namun kualitas pengendaraan memang harus mengalah.
Kalau mau ke rally, mobil jadi tidak ceper. Malah kalau perlu jadi lebih tinggi (barangkali ada banjir atau polisi tidur). Kenyamanan tidak terganggu. Kecepatan tinggi juga harusnya sama stabilnya sampai titik di mana aerodinamika menjadi lebih penting dari power. Off road juga sah - sah aja dijalanin. Masalahnya gaya rally ini SULIT dan TIDAK BANYAK AHLINYA. Mengapa? Karena pasti ada additional parts yang harus dibeli. Jatuhnya MAHAL.
Nah, untuk rally, komponen stategis adalah STABILIZER, agar mobil tidak limbung dan enak masuk ke tikungan (drifting). Di toko-toko banyak merk luar negeri tapi untuk merk2 tertentu sulit dicari. Juga, yang tersedia hanya stabilizer 2 titik depan dan 2 titik belakang. Nah, teman saya ini bisa buat sampai 16 titik DAN UMUMNYA TIDAK PENGARUHI GROUND CLEARANCE DAN TIDAK MERUSAK / MELUBANGI yaitu :
a. 2 - 4 titik untuk assy. roda belakang.
b. 2 - 4 titik untuk bagian tengah mobil
c. 2 - 4 titik untuk assy roda depan
d. 2 - 4 titik untuk stud engine bay (melintang di atas mesin)
Kalau stabilizer merk, ukurannya paling 5 cm. Yg teman saya ini bisa dihitung shg optimum. Saya lihat juga las2annya bagus dan tidak ada HAZ / slag. Bentuknya macam2 sesuai hitungan, tidak selalu silindris. Apalagi yg 4 titik (trapesium), aneh2 deh. Keakuratan pengelasan juga okay. Kalau sampai pasang lengkap 16 titik nggak deh kalau ada body flex ataupun goyang.
Pengalaman saya : Mobil Subaru R2 ini nggak ada sama sekali stabilizer after marketnya. Dari pabriknya cuma diberi stabilizer depan yg silindris kecil. Sama teman saya dikasih stabilizer belakang 2 titik dan tambahan stabilizer depan 2 titik jadi total 2 + 0 + (2+2). Karena per shock tidak diubah, kenyamanan tidak berubah. Kalau dulu nikung di tikungan tertentu cuma bisa 50 kpj, sekarang 65 kpj juga masuk. Ada understeer tapi emang efek itu bia diantisipasi. Yg penting bodi rigid dan tidak goyang ditikungan maupun kena angin samping.
Untuk mobil Avanza, Kijang, Livina, Xtrail sih udah ada jignya, jadi mobil gak perlu datang. Pengalaman R2 saya Senin jam 00.00 malam masuk, Selasa jam 21.00 udah kelar. Biaya yg saya keluarkan imbang2lah sama yg merk, namanya juga special order. Kalau yg merk normal bisa murah lagi.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Ini untuk Toyota Innova
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Ini untuk Toyota Avanza, Rush, Daihatsu Xenia dan Terios
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Nissan Livina dan Grand Livina
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
bro sudarsono, sekilas warnanya keliatan eye catchy..
tolong dishare dong, harga vs keuntungan yang didapat worthed nggak nih..
apa cuma untuk aplikasi rally aja? kalo untuk sehari-hari gimana, kira2 bikin bantingan jadi tambah keras nggak. kalo yang kena gundukan atau masuk lobang cuma satu ban, bantingannya gimana?
tolong dishare dong, harga vs keuntungan yang didapat worthed nggak nih..
apa cuma untuk aplikasi rally aja? kalo untuk sehari-hari gimana, kira2 bikin bantingan jadi tambah keras nggak. kalo yang kena gundukan atau masuk lobang cuma satu ban, bantingannya gimana?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
kalo yg underbrace... dulu ad lipina yg make gtuan jg... buatan alutech tapi..... nahh katanya handling jadi rigid, mantap di tikungan biarpun kenceng.... cuman karena bagian2 mounting besi2 tsb kan di sekrup ke bagian body.... nahhh bagian2 di body tsb yg rada dekok atau bengkok gt jadinya....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
nice inpo neh oom darso......
one day am gonna use these......klo bole tau, utk strutbar depan gambaran biayanya dunk oom....


one day am gonna use these......klo bole tau, utk strutbar depan gambaran biayanya dunk oom....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Bantingan (gerakan atas - bawah) tergantung per dan shok bro. Per untuk mengubah mengubah gaya kejut menjadi gaya gerak dan akhirnya menjadi gaya potensial. Shock untuk mendesipasi gaya potensial tersebut. Selama per dan shock standar ya kenyamanan tetap sama.
Batang2 ini untuk mengikat agar momen puntir (fleksibilitas) dapat teredam. Gerakan atas bawah tidak terganggu sama sekali. Jangan samakan dgn bikin ceper, itu emang ada pengaruh ke kenyamanan.
Nanti dibuat bertahap : stabilizer belakang, stabilizer depan, brace atas mesin, baru kemudian brace yg tengah. Kalau masangnya nggak urut, bisa aja ada yg rusak. Apalagi kalau dipasang bautnya nggak sama kencengnya .... Sama prinsipnya kayak ban mobil khan, ada aturannya.
Untuk Lipina dikasih harga 1,5 juta untuk bawah depan belakang, untuk engine brace sejuta, 1,5 juta untuk brace tengah. Kalau mobil yg jarang, sbg gambaran Subaru R2 saya 2,5 juta stabilizer depan belakang.
Stabilizer aja dulu, baru kalau masih kurang enak ke yg lain. Kalau udah komplit sih emang buat rally beneran juga asik aja. Kalau buat sehari2 ntar terlalu rigid, pas tikungan penumpang belakang kegeser2..... mobilnya sih diem tapi energi sentrifugalnya ke penumpang semua.
Batang2 ini untuk mengikat agar momen puntir (fleksibilitas) dapat teredam. Gerakan atas bawah tidak terganggu sama sekali. Jangan samakan dgn bikin ceper, itu emang ada pengaruh ke kenyamanan.
Nanti dibuat bertahap : stabilizer belakang, stabilizer depan, brace atas mesin, baru kemudian brace yg tengah. Kalau masangnya nggak urut, bisa aja ada yg rusak. Apalagi kalau dipasang bautnya nggak sama kencengnya .... Sama prinsipnya kayak ban mobil khan, ada aturannya.
Untuk Lipina dikasih harga 1,5 juta untuk bawah depan belakang, untuk engine brace sejuta, 1,5 juta untuk brace tengah. Kalau mobil yg jarang, sbg gambaran Subaru R2 saya 2,5 juta stabilizer depan belakang.
Stabilizer aja dulu, baru kalau masih kurang enak ke yg lain. Kalau udah komplit sih emang buat rally beneran juga asik aja. Kalau buat sehari2 ntar terlalu rigid, pas tikungan penumpang belakang kegeser2..... mobilnya sih diem tapi energi sentrifugalnya ke penumpang semua.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
bahan logam yg d gunakan terbuat dr apa oom?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
Baja terus dicat. Kalau yg saya lihat kemarin sih pejal (tidak berongga). Tidak berengsel.
Gimana ada yg minat? Ada diskon lho buat SMers
Gimana ada yg minat? Ada diskon lho buat SMers
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
minat bgt nih oom......cm g skarang seh
blom ada dananya


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
- Location: DKI Jakarta, 13460
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
nanya dahulu boleh pak?
bisa customized?
kalau bisa strut bar depan corolla TC GTi, estimasinya berapa pak?

bisa customized?
kalau bisa strut bar depan corolla TC GTi, estimasinya berapa pak?

Excuses doesn't change the Outcome


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: Bengkel stabilizer : 2 - 16 titik
ada no telp penjualnya gak? klo stabilizer avanza kena berapa ya?