Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sesepuh sekalian mohon pencerahannya. dirumah saya helm merk INK yang biasa saya pakai dengan standar DOT. baru-baru ini kan ada aturan kalau kita harus pakai helm dengan standar SNI. kebetulan merk ink termasuk yang sudah ber-SNI (berdasarkan artikel di detik.com). masalahnya karena saya beli helm tersebut sudah lama jadi belum ada tanda SNI nya. kira-kira melanggar aturan ga yah??...soalnya enek juga kalau beli helm baru lagi (cuman ngejar stiker SNI ). ada yang tau tempat jualan stiker SNI?
kalau ga ada saya rencana mau beli helm lagi bisa tolong di rekomen helm murah yang asal ada tulisan SNI nya. berapa harganya?
kalo stiker SNI mah udah dr dulu bang,...yg peraturan baru itu yg gw denger dr toko langganan gw adl. SNI nya itu berupa embose (cetak timbul) pada batok helm bag.blkg CMIIW
Yg lucu pedagang sok protes soal emboss helm SNI. Padahal bikin embos ga susah koq. Tinggal ubah dikit di mold helmnya. Biayanya jg ga mahal seperti bikin mold baru.
Pedagang harusnya tinggal retur helm2 yg belum diemboss ke pabrik. Nanti oleh pabrik helm yg diretur tinggal di preteli sparepartnya, tinggal batoknya. Bersihkan catnya lalu dihancurkan, lalu dicampur dgn bahan baru lalu cetak lagi dan cat ulang. Abis itu spare part yg dipreteli dipasang lagi. Hampir tidak ada yang terbuang.
bro TS, sebenernya gak harus SNI, asal standar, ada tali dan ditalikan, ada visor, dan MINIMAL SNI.
kalo helm-nya bro TS udah DOT berarti udah lebih baik daripada SNI, CMIIW
*oot, wah dah lama gak posting nih
eNeR wrote:bro TS, sebenernya gak harus SNI, asal standar, ada tali dan ditalikan, ada visor, dan MINIMAL SNI.
kalo helm-nya bro TS udah DOT berarti udah lebih baik daripada SNI, CMIIW
*oot, wah dah lama gak posting nih
iya masak koq yang punya helm yang dah standard full face/half face dari dulu yang blon ada emboss/stiker SNI nya musti beli lagi kan berabe tuh, trus yang punya helm import juga ga ada stiker SNI nya dong...
Bagusnya sih beli lagi. Inget, bahan luar helm dari plastik. Sekeras2nya bahan plastik, tiap hari kena panas dan hujan, lama-lama pasti rusak atau lebih tepatnya kekuatannya menurun. Jadi kalau punya helm lama, silahkan beli baru.
Apalagi bila helm yg dipakai merk lokal yg harganya pun kelas bawah (range 100-200ribuan). Bukannya merendahkan suatu merk, tp ada harga ada kualitas pasti bicara. Utk menekan harga, umumnya produsen memakai bahan campuran, yakni bahan murni (baru) dan bahan recycle (bekas). Mau makin murah, ya otomatis bahan murninya dikurangi. Efeknya ya mirip2 ember yg mahal dgn ember yg murah. Ember mahal awet, ember murah gampang pecah.
Kalu ga salah helm2 import yg mahal2 umumnya dicantumkan expired datenya. Sama orang sini malah salah kaprah. Helm2 import yg udah expired justru dibeli dan bangga banget. Pdhl keamanannya udah jauh menurun.
Saya bisa tau karena di pabrik tempat kerja (pabrik plastic injection) lagi buat helm. Dan salah satu korbannya adalah mobil saya. Ga sengaja kena helm yg lagi tes dibanting dari lantai 2. Helmnya utuh, mobil saya yg penyok. Apeessss......
sukurlah berarti ga perlu beli helm baru. helm saya merk INK fullface dah lama (2 thn an) tapi masih bagus dulu beli sekitar 350RBan .kemaren dah muter-muter dibandung liat helm murah (judulnya ada emboss sni huehue) dapet satu merk CABERG SERI J-KING itu harganya sekitar 100rb an. bahannya kayaknya ga sekuat INK, catnya kyknya tipis.. tapi lumayan lah(ada harga ada kualitas hehe...)ada SNI nya. nanti kalau ada yang kena tilang gara2 pakai helm fullface tapi ga ada SNI nya post disini yah biar temen2 yang lain bisa prepare beli helm murah yang judulnya ada SNI.
Helm Sertifikasi Internasional Tak Kena Tilang
Rabu, 7 April 2010 | 12:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com  Pemberlakuan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), mulai Kamis (1/4/2010) pekan lalu, memunculkan berbagai pertanyaan di kalangan pengendara sepeda motor. Salah satu pertanyaan yang muncul tersebut adalah bagaimana nasib helm yang memiliki standar keselamatan juga tetapi non-SNI?
Misalnya, Department Of Transportation USA (DOT) yang merupakan sertifikasi kualitas produk yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi di Amerika, ataupun Snell Memorial Foundation (Snell), yang merupakan sertifikasi keluaran badan independen internasional khusus untuk menangani masalah helm. Helm-helm berkualitas internasional biasanya mengantongi sertifikasi ini.
Padahal, helm tersebut tidak jarang dipakai sebagai pelindung kepala oleh pengendara sepeda motor di Indonesia. Bahkan, pengendara sepeda motor harus merogoh kocek lebih dalam untuk menebus helm impor tersebut.
Kabid Humas Polda Kombes Roy Rafli Amar menyatakan, untuk helm-helm dengan standar asing itu, kepolisian tidak akan melakukan penindakan. "Ya kalau dilihat di lapangan sudah bagus, jadi tidak diapa-apain. Kalau mereka standarnya sudah lebih bagus ya tidak ditilang. Kecuali dia pakai helm yang asal tempel saja seperti helm proyek ya enggak boleh," kata Boy kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (7/4/2010).
Untuk melindungi keselamatan pengedara motor, Kementerian Perindustrian selaku regulator mengeluarkan SK Peraturan Menteri No 40/M-IND/Per/6/2008 tentang Pemberlakuan SNI Helm Pengendara Kendaraan Bermotor Roda Dua secara wajib dan efektif berlaku 1 April 2010. Pemerintah mewajibkan agar produsen helm memproduksi helm sesuai standar SNI. Selain itu, UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang juga diberlakukan efektif mulai 1 April 2010.
Harusnya ditambahkan pasal ttg umur pakai helm. Jangan sampai 10 tahun lagi helm SNI paling murah, yg dibeli tahun ini masih dipakai. Sudah pasti ga aman lagi. Wong helm bekas jatuh saja udah ga aman, apalagi yg udah 10 tahun.
Bertahap kali yee.. Yg begini aja orang udah banyak yg protes..
y_anjasrana wrote:Bagusnya sih beli lagi. Inget, bahan luar helm dari plastik. Sekeras2nya bahan plastik, tiap hari kena panas dan hujan, lama-lama pasti rusak atau lebih tepatnya kekuatannya menurun. Jadi kalau punya helm lama, silahkan beli baru.
Apalagi bila helm yg dipakai merk lokal yg harganya pun kelas bawah (range 100-200ribuan). Bukannya merendahkan suatu merk, tp ada harga ada kualitas pasti bicara. Utk menekan harga, umumnya produsen memakai bahan campuran, yakni bahan murni (baru) dan bahan recycle (bekas). Mau makin murah, ya otomatis bahan murninya dikurangi. Efeknya ya mirip2 ember yg mahal dgn ember yg murah. Ember mahal awet, ember murah gampang pecah.
Kalu ga salah helm2 import yg mahal2 umumnya dicantumkan expired datenya. Sama orang sini malah salah kaprah. Helm2 import yg udah expired justru dibeli dan bangga banget. Pdhl keamanannya udah jauh menurun.
Saya bisa tau karena di pabrik tempat kerja (pabrik plastic injection) lagi buat helm. Dan salah satu korbannya adalah mobil saya. Ga sengaja kena helm yg lagi tes dibanting dari lantai 2. Helmnya utuh, mobil saya yg penyok. Apeessss......
hmmm.... klo bisa tolong di share dong bro.... syarat2 helm yg bagus itu spt apa ya...... misalkan helm harus tahan klo dipulul dg beban sekian kilo, bukan sekedar dibanting2 gituuu......tengkiu......
sharing,
skrg masih sosialisasi 1 bulan. mungkin setelah itu kalo dirazia lsg denda. denda nya 250rb.
yg helm import atau yg udah snell/dot masih gak apa2, krn stdnya lebih bagus. itu kata polisi nya.
anak buah br beli helm sni, 240rban. mending beli helmnya ketimbang didenda, plus kepala terlindungi.
Cara testnya sih gampang. Cukup dilempar ke atas trus biarkan jatuh ke lantai yg keras (bukan dibanting). Kalau retak atau pecah, berarti reject. Tp di pabrik proses test itu hanya waktu trial. Setelah dpt hasil contoh yg bagus, lalu dicatat beratnya serta settingan mesinnya, lalu mulai diproduksi deh. Berat produk yg dicatat tadi jadi patokan standard produk. Tiap mesin mati, semua harus diulang dari awal lagi. Makanya pabrik seperti ini ga ada istilah mati mesin.
Oiya, test ini berlaku utk semua produk, dgn spesifikasi tertentu pastinya.
y_anjasrana wrote:Cara testnya sih gampang. Cukup dilempar ke atas trus biarkan jatuh ke lantai yg keras (bukan dibanting). Kalau retak atau pecah, berarti reject. Tp di pabrik proses test itu hanya waktu trial. Setelah dpt hasil contoh yg bagus, lalu dicatat beratnya serta settingan mesinnya, lalu mulai diproduksi deh. Berat produk yg dicatat tadi jadi patokan standard produk. Tiap mesin mati, semua harus diulang dari awal lagi. Makanya pabrik seperti ini ga ada istilah mati mesin.
Oiya, test ini berlaku utk semua produk, dgn spesifikasi tertentu pastinya.
betul, kalo tiap unit di test sangat makan waktu.
tapi snell dan dot spt ini jg bukan atau mereka satu per satu?
btw, pernah baca di koran, sni kalo ga salah testnya dijatuhin (bukan baning) dr tinggi 3mtr? apa betul?
sekitar_dago wrote:sukurlah berarti ga perlu beli helm baru. helm saya merk INK fullface dah lama (2 thn an) tapi masih bagus dulu beli sekitar 350RBan .kemaren dah muter-muter dibandung liat helm murah (judulnya ada emboss sni huehue) dapet satu merk CABERG SERI J-KING itu harganya sekitar 100rb an. bahannya kayaknya ga sekuat INK, catnya kyknya tipis.. tapi lumayan lah(ada harga ada kualitas hehe...)ada SNI nya. nanti kalau ada yang kena tilang gara2 pakai helm fullface tapi ga ada SNI nya post disini yah biar temen2 yang lain bisa prepare beli helm murah yang judulnya ada SNI.
bro...denger2 sebenernya kalo udah 2thn itu udah cukup expired buat helm, apalagi kalo sering pake. busanya kempos.
soalnya kalo helm2 spt nolan, arai gitu, busa nya bisa rusak padahal jarang pakai. sedangkan kalo yg misalnya merk import dari china atau lokal malah ga rusak2. kalo kata dealer2 helm import itu spt signal helmnya harus diganti. tapi disini sih ada tempat service nya buat ganti busa.
sekitar_dago wrote:sukurlah berarti ga perlu beli helm baru. helm saya merk INK fullface dah lama (2 thn an) tapi masih bagus dulu beli sekitar 350RBan .kemaren dah muter-muter dibandung liat helm murah (judulnya ada emboss sni huehue) dapet satu merk CABERG SERI J-KING itu harganya sekitar 100rb an. bahannya kayaknya ga sekuat INK, catnya kyknya tipis.. tapi lumayan lah(ada harga ada kualitas hehe...)ada SNI nya. nanti kalau ada yang kena tilang gara2 pakai helm fullface tapi ga ada SNI nya post disini yah biar temen2 yang lain bisa prepare beli helm murah yang judulnya ada SNI.
bro...denger2 sebenernya kalo udah 2thn itu udah cukup expired buat helm, apalagi kalo sering pake. busanya kempos.
soalnya kalo helm2 spt nolan, arai gitu, busa nya bisa rusak padahal jarang pakai. sedangkan kalo yg misalnya merk import dari china atau lokal malah ga rusak2. kalo kata dealer2 helm import itu spt signal helmnya harus diganti. tapi disini sih ada tempat service nya buat ganti busa.
pengalaman ane saat mau ganti busa helm improttt........ payaaaaahhhhhhhhhhh..........................
sang penjual (yg ngaku2 importir) dg entengnya menjawab klo busanya lagi habis n ane tanya kapan masuknya lagi..... dijawab dg 'ga tau'......
mangkenye hati2 klo beli helm improtttt......... ...
ane sihh ga mau bilang2 klo helm yg ane maksud merknya 'SHOEI'....... takut dibilang menjelek2an produk tsb lagi.... padahal khan produk tsb lumayan bagus.... cuma penjualnya aja yg gablekkkkkkk..................
ngomong2 soal SNI............ ampe saat ini ane ga tau, standard helm yg baik itu spt apa ya...... ato cuma ada stiker aja ato benar2 harus melalui standard pengetesan........ ....
kalau beneran boleh dan legal gw beli/buat satu huahahaha ....pasti tiap dijalan diliatin
Kalau polisi liat kan bisa "Lah Pak kan ini SNI"paling polisinya nanti
sekitar_dago wrote:sukurlah berarti ga perlu beli helm baru. helm saya merk INK fullface dah lama (2 thn an) tapi masih bagus dulu beli sekitar 350RBan .kemaren dah muter-muter dibandung liat helm murah (judulnya ada emboss sni huehue) dapet satu merk CABERG SERI J-KING itu harganya sekitar 100rb an. bahannya kayaknya ga sekuat INK, catnya kyknya tipis.. tapi lumayan lah(ada harga ada kualitas hehe...)ada SNI nya. nanti kalau ada yang kena tilang gara2 pakai helm fullface tapi ga ada SNI nya post disini yah biar temen2 yang lain bisa prepare beli helm murah yang judulnya ada SNI.
bro...denger2 sebenernya kalo udah 2thn itu udah cukup expired buat helm, apalagi kalo sering pake. busanya kempos.
soalnya kalo helm2 spt nolan, arai gitu, busa nya bisa rusak padahal jarang pakai. sedangkan kalo yg misalnya merk import dari china atau lokal malah ga rusak2. kalo kata dealer2 helm import itu spt signal helmnya harus diganti. tapi disini sih ada tempat service nya buat ganti busa.
pengalaman ane saat mau ganti busa helm improttt........ payaaaaahhhhhhhhhhh..........................
sang penjual (yg ngaku2 importir) dg entengnya menjawab klo busanya lagi habis n ane tanya kapan masuknya lagi..... dijawab dg 'ga tau'......
mangkenye hati2 klo beli helm improtttt......... ...
ane sihh ga mau bilang2 klo helm yg ane maksud merknya 'SHOEI'....... takut dibilang menjelek2an produk tsb lagi.... padahal khan produk tsb lumayan bagus.... cuma penjualnya aja yg gablekkkkkkk..................
whew..bro sjamsul momod ternyata...
itu sih penjual nya sotoy berarti. ngaku busa abis. Kayaknya kalo di luar sana, busa nya ga bisa digonta ganti seperti disini. gw ga tau kalo shoei arai busa nya bisa kempos. sebab kalo helm2 misalnya agv buatan malaysia dan merk2 lain (selain arai, nolan, shoei) itu busa nya tetep awet, tidak keropos.
yg gw maksud busa, bukan lapisan styrofoam yg putih lho, tapi lapisan busa tipis yg sebelum lapisan kain cover.