Peugeot 406 ST

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57

Peugeot 406 ST

Post by frio »

Halo rekan SM semua,

Iseng-iseng nih mau tanya plus minus (konsumsi bbm, harga sparepart, kemudahan cari sparepart, bandel gaknya dsb..dsbnya) Peugeot 406 ST manual apa sih? Kali ada yg punya pglm, tau atau pernah pake, boleh dunk wejangannya.

Temen py Toyota R**h metik baru bbrp tahun. Eh kata bengkel kena kopling metiknya. Kalo ganti bisa 50 jeti keatas.
Akhirnya tunggu deh yg copotan ex Singapore. Dari pglm tsb, gmn sih cara milih mobil metik yg bener biar gak bangkrut kyk gitu?

Thanks.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Huuuus, masalah Toyota jangan dibesar2kan bro. Ntar disangka kita nyerang merk itu. Situasi lagi sensi. Apa nggak bisa diperbaiki aja itu otomatisnya? Kalau cari gelondongan mesin yg baru apa nggak susah ya? Kemarin nyari mesin Lipina buat dipasang di Datsun Kotak, eh gak dilayani. Takutnya ada policy tertentu mencegah mesin glondongan dijual bebas. Eh, Lipina itu Nissan lhoooo.

Pengguna Peugeot di sini kayaknya dikit buanget bro, tapi ada orang entah dari mana bilang ini mobil boros, rewel dll. Hahahaha.

Coba deh, aku jawab dari perspektif saya :
BBM : Itu tanki isinya 70 liter. Jadi sekali isi bisa hampir setengah juta rupiah (Shell super extra). Ini mobil berat buanget bro, jadi penggunaan BBM lumayan boros, kata Parkers sih 34 mpg. Pengalaman saya tiap hari jalan 25 km, satu tangki kuat 14 hari.

Harga spareparts : Tergantung tahunnya. Kalau udah berusia lebih dari 10 tahun, parts yg utama udah perlu diganti. Yg paling mahal timing belt, starter dan pompa bensin. Yah, siapkan anggaran 10 - 20 juta tiap tahun untuk biaya bengkel. Kalau di Jakarta sih, mau cari onderdil apa aja ada.

Bandel : Bro, tahun lalu ortu gue ketabrak truk tanah di BKT. Kalau naik mobil lain, pasti lain ceritanya. Kenyataan yg terjadi, 406nya masih gagah sampai sekarang. Asal anda servis tiap tahun (20.000 km) di bengkel resmi, oli2 dijaga (terutama oli power steering) harusnya aman aja. Kalau servis sembarangan, siap2 kena masalah elektrik.

Kuat nggak pakai Super Extra dan punya dana cadangan tahunan 10 jutaan?
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Oya, satu lagi yg jarang disebut orang, kalau di pegunungan / lokasi banyak tikungan, selalu dengarkan ban. Kalau udah mulai kedengaran drifting di keempat roda, sebaiknya diperhatikan. Apa pun mobil ini penggerak roda depan.

Kalau udah 4 wheel drift, berarti bannya udah di limit. Walau mobilnya masih stabil, tapi limit bannya udah deket.
Ready to Race
frio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57

Re: Peugeot 406 ST

Post by frio »

Waduh kayaknya gelap nih kalo denger info dari bro semua. Bikin ogah minang deh tuh boil.

Kalo timor atau Infiniti masing2 gmn ya bro? Sebenarnya sih ngeri juga pilih metik kyk infiniti kl terjadi kasus kyk diatas yg bikin kantong jebol. Tolong dunk kalo ada yang tau, ulas lengkap masing2 soal daya tahan mesin, harga sparepart dan kekurangan timor dan infiniti.

Thanks broooo.
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

asudarsono wrote:Pengguna Peugeot di sini kayaknya dikit buanget bro, tapi ada orang entah dari mana bilang ini mobil boros, rewel dll. Hahahaha.
Mungkin dari sini om...
asudarsono wrote:Yah, siapkan anggaran 10 - 20 juta tiap tahun untuk biaya bengkel
Jangan lupa dijual lagi udah nyaris gak ada harganya. Ownership 3 thn...kalo apes biaya perawatan 60 juta. Harga jual lagi mobilnya berapa?

It is a (very) beautiful car, tapi kaya kawin ama supermodel - alias berat di kocek.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

@ bro Frio : Sama - sama bro. Saya selalu anjurkan lebih baik cari yg minum premium aja. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Last edited by asudarsono on Thu Mar 25, 2010 8:36, edited 1 time in total.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

@FM : Ha ha, ya persis. Kayak kawin ama supermodel.
Ready to Race
frio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57

Re: Peugeot 406 ST

Post by frio »

**************************************************************************************
*************** WAH, CUMA MENANG BODI DOANG YA - GAK JANJI DEH! *********************

Mending 206 dunk ya? Cuma msh tinggi bro. Modal gak ngangkat! Cuma ada 50 jeti. Cari boil yang mesinya badak, sparepartnya mudah dan murah dan minumnya jgn kyk onta dari gurun kehausan min taon 97 kl bisa 2000.

dapet apa ya?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Bro Frio, biaya perawatan seri "6" ini, baik 206, 306, 406 sama aja. Setahun 10 - 20 jutaan. Bensin sih emang iritan tapi tetep aja Shell Extra.

Tuh bro FM di atas udah bener, kayak kawin ama supermodel. Cakep, naiknya enak dan semua orang akan kagum, tapi berani nggak di perawatannya? Kalau saya rekomend sesuatu, lihat orangnya juga soalnya kebutuhan masing2 orang beda. Kalau salah selain orangnya kejebur, mobilnya juga jadi rewel. Kayaknya ke depan kalau ada yg tertarik Peugeot, hrs ditanya bdget perawatannya kali.

Kalau tahun 1997 - 2000, Kijang Kapsul kali ya atau Starlet.
Ready to Race
frio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57

Re: Peugeot 406 ST

Post by frio »

Bro asudarsono, emang kapsul 97 dapet gocap? Kalo ane lihat di Poskota msh di angka 70-80jt deh. Kalo Starlet dgn dana gocap dapetnya yg kotak. Heheheh..kalo bisa jgn yg kelihatan jadul.
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

Supermodel yg udah uzur :mrgreen: tampang luar masih keren, meliharanya 20 juta setahun. Enak juga biasa aja...rada sempit. Keunggulannya body yg indah dan tidak termakan jaman.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Wooow, Starlet kotak itu justru yg bagus daripada yg kapsul bro. Tapi emang kecil dan jadul ya.

Gimana ya, emang Peugeot harganya murah dan bandel, cuma ya kalau mau yg jajannya di bawah 5 jt, paling bisa anjurin 505 GR. Premium 1 : 6.

Kalau Jepang masih mahal2 ya. Apa coba Korea aja? Cuma Korea borosnya ampun2 deh.
Ready to Race
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

asudarsono wrote:Wooow, Starlet kotak itu justru yg bagus daripada yg kapsul bro. Tapi emang kecil dan jadul ya.

Gimana ya, emang Peugeot harganya murah dan bandel, cuma ya kalau mau yg jajannya di bawah 5 jt, paling bisa anjurin 505 GR. Premium 1 : 6.

Kalau Jepang masih mahal2 ya. Apa coba Korea aja? Cuma Korea borosnya ampun2 deh.
Kalo bandel meliharanya gak 10-20 juta setaun om.

1. Peugeot itu indah, eksklusif - tapi rawatnya relatif mahal dibandingkan harga beli mobilnya.
2. Kalo memang hobi Peugeot, gpp perawatan mahal - itulah namanya hobby, kenikmatan gak ada nilainya.
3. Kalo financially masih pas2an, om FM tidak menganjurkan. Kalo udah kaya raya kaya om asudarsono, it's ok.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Busyet PNS ada yg kaya raya? Gimana caranya aku pingin ikut? Kalau aku sih ada triknya bro, beli dua sekaligus, kalau udah dipretelin, sisanya tinggal dijual ke tukang scrap. Tapi khan nggak semua orang bisa kayak gini.

Kalau bajaj meliharanya 10 - 20 jt setahun emang mahal, kalau mobil bagus, emang segitu - segitu semua. Makanya aku gak anjurin BMW, Mersi, Corona, Accord dst. tapi klau TS udah banding2in, ternyata sama, ya silahkan aja ambil Peugeot.

Udah ah, tuh udah ada Asmirandah. Sono aja hiburannya. Hormati TSnya.
Ready to Race
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

Mercedes E-Class W124 cukup badak untuk mobil jadul. Saya rekomen ini kalo mau murah, bagus, dan kuat. Cari yg manual, gak bakalan 20 juta tiap tahunnya. Spare part melimpah, users banyak untuk berkeluh kesah, resale masih kuat.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Peugeot 406 ST

Post by maskopat »

W124 kayaknya masih di atas 60 kalo yang bagus... kalo yang kondisinya kurang mungkin masih bisa di bawah 50... cmiiw..

kemarin ada yang nawarin tiger merah.. cakep tuh..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

Tiger juga badak tuh...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Peugeot 406 ST

Post by uch »

Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw... :D :D
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

uch wrote:Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw... :D :D

1. Bukannya lebih murah 406 ya om uch? Nah kalo udah nemu montir panggilan ini maknyosss...
2. Di Refi Auto itu beneran bagus gak jualannya? Kalo ane liat emang mechanically pada bagus2, cuman rada mahal harganya...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Peugeot 406 ST

Post by uch »

FortunerMan wrote:
uch wrote:Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw... :D :D

1. Bukannya lebih murah 406 ya om uch? Nah kalo udah nemu montir panggilan ini maknyosss...
2. Di Refi Auto itu beneran bagus gak jualannya? Kalo ane liat emang mechanically pada bagus2, cuman rada mahal harganya...
Kan kelasnya dibawah 406 Om FM.

IMHO, Kalo dipas2in, 306 setara Corolla, 406 setara Camry. Fitur nya juga "seadanya".. :D. Yg tahun2 pertama (N3) belum ABS Air bag, nggak tau kalo yg belakangan (N5). Populasi 306 juga lebih bejibun dibanding 406.
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

Ya memang di bawah 406, cuman kadang kalo udah uzur perawatannya gak tentu....misalnya E-Class W124 lebih badak dr C180.

Yg N5 cakep sih. Tapi ane dr dulu kesengsem ama 406, always my favorite Pug. Apalagi 406 2-pintunya...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Peugeot 406 ST

Post by maskopat »

kalo ane sih 406SW... beuh... setelah itu yang kupe... top dah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Peugeot 406 ST

Post by FortunerMan »

406 yg 2 pintu mahal euy, bener2 rare. Pininfarina designed. Timeless beauty...jauh lebih bagus dr foto ini

Image

Obsesi ane nih liatin ini kalo ada yg bagus http://www.peugeot-refiauto.com/index.php?a=products
Atau http://mobil.kapanlagi.com/peugeot/406.html
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 406 ST

Post by asudarsono »

Yaudah, kalau emang bener2 paham plus minus pelihara macan, ya aku ikut support. Kalau mau beli, diupayakan CKD dan pilih yg setelah facelift. Jadi kalau 405 pilih yg STi, 306 yg N5. Dulu aku pelihara 306, emang itu mobil bandel buanget. Cuma krn blm banyak uang, jadi pakai premium. Ya rusaklah mobilnya. Satu kali mogok, krn filter bensinnya mampet kena premium SPBU di Merak. Selebihnya gak pernah rewel. 306 buatan 1997, 8 tahun pertama cuma ganti oli. Tahun 2002 kerendem banjir sampai jendela 3 hari, langsung nyala setelah banjir. Cuma tahun ke-10, mulai jajan.Keluar duit segitu tiap tahun.

Masih mending dari Grand Livina 2008 gue, dari tahun pertama udah jajan melulu.

Kalai TS emang mau beli Peugeot, nanti saya mau kok cek barang sebelum pembelian. Kalau ada keluhan selama pemakaian, bisa PM.
Ready to Race