Peugeot 406 ST
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
Peugeot 406 ST
Halo rekan SM semua,
Iseng-iseng nih mau tanya plus minus (konsumsi bbm, harga sparepart, kemudahan cari sparepart, bandel gaknya dsb..dsbnya) Peugeot 406 ST manual apa sih? Kali ada yg punya pglm, tau atau pernah pake, boleh dunk wejangannya.
Temen py Toyota R**h metik baru bbrp tahun. Eh kata bengkel kena kopling metiknya. Kalo ganti bisa 50 jeti keatas.
Akhirnya tunggu deh yg copotan ex Singapore. Dari pglm tsb, gmn sih cara milih mobil metik yg bener biar gak bangkrut kyk gitu?
Thanks.
Iseng-iseng nih mau tanya plus minus (konsumsi bbm, harga sparepart, kemudahan cari sparepart, bandel gaknya dsb..dsbnya) Peugeot 406 ST manual apa sih? Kali ada yg punya pglm, tau atau pernah pake, boleh dunk wejangannya.
Temen py Toyota R**h metik baru bbrp tahun. Eh kata bengkel kena kopling metiknya. Kalo ganti bisa 50 jeti keatas.
Akhirnya tunggu deh yg copotan ex Singapore. Dari pglm tsb, gmn sih cara milih mobil metik yg bener biar gak bangkrut kyk gitu?
Thanks.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Huuuus, masalah Toyota jangan dibesar2kan bro. Ntar disangka kita nyerang merk itu. Situasi lagi sensi. Apa nggak bisa diperbaiki aja itu otomatisnya? Kalau cari gelondongan mesin yg baru apa nggak susah ya? Kemarin nyari mesin Lipina buat dipasang di Datsun Kotak, eh gak dilayani. Takutnya ada policy tertentu mencegah mesin glondongan dijual bebas. Eh, Lipina itu Nissan lhoooo.
Pengguna Peugeot di sini kayaknya dikit buanget bro, tapi ada orang entah dari mana bilang ini mobil boros, rewel dll. Hahahaha.
Coba deh, aku jawab dari perspektif saya :
BBM : Itu tanki isinya 70 liter. Jadi sekali isi bisa hampir setengah juta rupiah (Shell super extra). Ini mobil berat buanget bro, jadi penggunaan BBM lumayan boros, kata Parkers sih 34 mpg. Pengalaman saya tiap hari jalan 25 km, satu tangki kuat 14 hari.
Harga spareparts : Tergantung tahunnya. Kalau udah berusia lebih dari 10 tahun, parts yg utama udah perlu diganti. Yg paling mahal timing belt, starter dan pompa bensin. Yah, siapkan anggaran 10 - 20 juta tiap tahun untuk biaya bengkel. Kalau di Jakarta sih, mau cari onderdil apa aja ada.
Bandel : Bro, tahun lalu ortu gue ketabrak truk tanah di BKT. Kalau naik mobil lain, pasti lain ceritanya. Kenyataan yg terjadi, 406nya masih gagah sampai sekarang. Asal anda servis tiap tahun (20.000 km) di bengkel resmi, oli2 dijaga (terutama oli power steering) harusnya aman aja. Kalau servis sembarangan, siap2 kena masalah elektrik.
Kuat nggak pakai Super Extra dan punya dana cadangan tahunan 10 jutaan?
Pengguna Peugeot di sini kayaknya dikit buanget bro, tapi ada orang entah dari mana bilang ini mobil boros, rewel dll. Hahahaha.
Coba deh, aku jawab dari perspektif saya :
BBM : Itu tanki isinya 70 liter. Jadi sekali isi bisa hampir setengah juta rupiah (Shell super extra). Ini mobil berat buanget bro, jadi penggunaan BBM lumayan boros, kata Parkers sih 34 mpg. Pengalaman saya tiap hari jalan 25 km, satu tangki kuat 14 hari.
Harga spareparts : Tergantung tahunnya. Kalau udah berusia lebih dari 10 tahun, parts yg utama udah perlu diganti. Yg paling mahal timing belt, starter dan pompa bensin. Yah, siapkan anggaran 10 - 20 juta tiap tahun untuk biaya bengkel. Kalau di Jakarta sih, mau cari onderdil apa aja ada.
Bandel : Bro, tahun lalu ortu gue ketabrak truk tanah di BKT. Kalau naik mobil lain, pasti lain ceritanya. Kenyataan yg terjadi, 406nya masih gagah sampai sekarang. Asal anda servis tiap tahun (20.000 km) di bengkel resmi, oli2 dijaga (terutama oli power steering) harusnya aman aja. Kalau servis sembarangan, siap2 kena masalah elektrik.
Kuat nggak pakai Super Extra dan punya dana cadangan tahunan 10 jutaan?
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Oya, satu lagi yg jarang disebut orang, kalau di pegunungan / lokasi banyak tikungan, selalu dengarkan ban. Kalau udah mulai kedengaran drifting di keempat roda, sebaiknya diperhatikan. Apa pun mobil ini penggerak roda depan.
Kalau udah 4 wheel drift, berarti bannya udah di limit. Walau mobilnya masih stabil, tapi limit bannya udah deket.
Kalau udah 4 wheel drift, berarti bannya udah di limit. Walau mobilnya masih stabil, tapi limit bannya udah deket.
Ready to Race
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
Re: Peugeot 406 ST
Waduh kayaknya gelap nih kalo denger info dari bro semua. Bikin ogah minang deh tuh boil.
Kalo timor atau Infiniti masing2 gmn ya bro? Sebenarnya sih ngeri juga pilih metik kyk infiniti kl terjadi kasus kyk diatas yg bikin kantong jebol. Tolong dunk kalo ada yang tau, ulas lengkap masing2 soal daya tahan mesin, harga sparepart dan kekurangan timor dan infiniti.
Thanks broooo.
Kalo timor atau Infiniti masing2 gmn ya bro? Sebenarnya sih ngeri juga pilih metik kyk infiniti kl terjadi kasus kyk diatas yg bikin kantong jebol. Tolong dunk kalo ada yang tau, ulas lengkap masing2 soal daya tahan mesin, harga sparepart dan kekurangan timor dan infiniti.
Thanks broooo.
Re: Peugeot 406 ST
Mungkin dari sini om...asudarsono wrote:Pengguna Peugeot di sini kayaknya dikit buanget bro, tapi ada orang entah dari mana bilang ini mobil boros, rewel dll. Hahahaha.
Jangan lupa dijual lagi udah nyaris gak ada harganya. Ownership 3 thn...kalo apes biaya perawatan 60 juta. Harga jual lagi mobilnya berapa?asudarsono wrote:Yah, siapkan anggaran 10 - 20 juta tiap tahun untuk biaya bengkel
It is a (very) beautiful car, tapi kaya kawin ama supermodel - alias berat di kocek.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
@ bro Frio : Sama - sama bro. Saya selalu anjurkan lebih baik cari yg minum premium aja.



Last edited by asudarsono on Thu Mar 25, 2010 8:36, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
Re: Peugeot 406 ST
**************************************************************************************
*************** WAH, CUMA MENANG BODI DOANG YA - GAK JANJI DEH! *********************
Mending 206 dunk ya? Cuma msh tinggi bro. Modal gak ngangkat! Cuma ada 50 jeti. Cari boil yang mesinya badak, sparepartnya mudah dan murah dan minumnya jgn kyk onta dari gurun kehausan min taon 97 kl bisa 2000.
dapet apa ya?
*************** WAH, CUMA MENANG BODI DOANG YA - GAK JANJI DEH! *********************
Mending 206 dunk ya? Cuma msh tinggi bro. Modal gak ngangkat! Cuma ada 50 jeti. Cari boil yang mesinya badak, sparepartnya mudah dan murah dan minumnya jgn kyk onta dari gurun kehausan min taon 97 kl bisa 2000.
dapet apa ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Bro Frio, biaya perawatan seri "6" ini, baik 206, 306, 406 sama aja. Setahun 10 - 20 jutaan. Bensin sih emang iritan tapi tetep aja Shell Extra.
Tuh bro FM di atas udah bener, kayak kawin ama supermodel. Cakep, naiknya enak dan semua orang akan kagum, tapi berani nggak di perawatannya? Kalau saya rekomend sesuatu, lihat orangnya juga soalnya kebutuhan masing2 orang beda. Kalau salah selain orangnya kejebur, mobilnya juga jadi rewel. Kayaknya ke depan kalau ada yg tertarik Peugeot, hrs ditanya bdget perawatannya kali.
Kalau tahun 1997 - 2000, Kijang Kapsul kali ya atau Starlet.
Tuh bro FM di atas udah bener, kayak kawin ama supermodel. Cakep, naiknya enak dan semua orang akan kagum, tapi berani nggak di perawatannya? Kalau saya rekomend sesuatu, lihat orangnya juga soalnya kebutuhan masing2 orang beda. Kalau salah selain orangnya kejebur, mobilnya juga jadi rewel. Kayaknya ke depan kalau ada yg tertarik Peugeot, hrs ditanya bdget perawatannya kali.
Kalau tahun 1997 - 2000, Kijang Kapsul kali ya atau Starlet.
Ready to Race
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
Re: Peugeot 406 ST
Bro asudarsono, emang kapsul 97 dapet gocap? Kalo ane lihat di Poskota msh di angka 70-80jt deh. Kalo Starlet dgn dana gocap dapetnya yg kotak. Heheheh..kalo bisa jgn yg kelihatan jadul.
Re: Peugeot 406 ST
Supermodel yg udah uzur
tampang luar masih keren, meliharanya 20 juta setahun. Enak juga biasa aja...rada sempit. Keunggulannya body yg indah dan tidak termakan jaman.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Wooow, Starlet kotak itu justru yg bagus daripada yg kapsul bro. Tapi emang kecil dan jadul ya.
Gimana ya, emang Peugeot harganya murah dan bandel, cuma ya kalau mau yg jajannya di bawah 5 jt, paling bisa anjurin 505 GR. Premium 1 : 6.
Kalau Jepang masih mahal2 ya. Apa coba Korea aja? Cuma Korea borosnya ampun2 deh.
Gimana ya, emang Peugeot harganya murah dan bandel, cuma ya kalau mau yg jajannya di bawah 5 jt, paling bisa anjurin 505 GR. Premium 1 : 6.
Kalau Jepang masih mahal2 ya. Apa coba Korea aja? Cuma Korea borosnya ampun2 deh.
Ready to Race
Re: Peugeot 406 ST
Kalo bandel meliharanya gak 10-20 juta setaun om.asudarsono wrote:Wooow, Starlet kotak itu justru yg bagus daripada yg kapsul bro. Tapi emang kecil dan jadul ya.
Gimana ya, emang Peugeot harganya murah dan bandel, cuma ya kalau mau yg jajannya di bawah 5 jt, paling bisa anjurin 505 GR. Premium 1 : 6.
Kalau Jepang masih mahal2 ya. Apa coba Korea aja? Cuma Korea borosnya ampun2 deh.
1. Peugeot itu indah, eksklusif - tapi rawatnya relatif mahal dibandingkan harga beli mobilnya.
2. Kalo memang hobi Peugeot, gpp perawatan mahal - itulah namanya hobby, kenikmatan gak ada nilainya.
3. Kalo financially masih pas2an, om FM tidak menganjurkan. Kalo udah kaya raya kaya om asudarsono, it's ok.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Busyet PNS ada yg kaya raya? Gimana caranya aku pingin ikut? Kalau aku sih ada triknya bro, beli dua sekaligus, kalau udah dipretelin, sisanya tinggal dijual ke tukang scrap. Tapi khan nggak semua orang bisa kayak gini.
Kalau bajaj meliharanya 10 - 20 jt setahun emang mahal, kalau mobil bagus, emang segitu - segitu semua. Makanya aku gak anjurin BMW, Mersi, Corona, Accord dst. tapi klau TS udah banding2in, ternyata sama, ya silahkan aja ambil Peugeot.
Udah ah, tuh udah ada Asmirandah. Sono aja hiburannya. Hormati TSnya.
Kalau bajaj meliharanya 10 - 20 jt setahun emang mahal, kalau mobil bagus, emang segitu - segitu semua. Makanya aku gak anjurin BMW, Mersi, Corona, Accord dst. tapi klau TS udah banding2in, ternyata sama, ya silahkan aja ambil Peugeot.
Udah ah, tuh udah ada Asmirandah. Sono aja hiburannya. Hormati TSnya.
Ready to Race
Re: Peugeot 406 ST
Mercedes E-Class W124 cukup badak untuk mobil jadul. Saya rekomen ini kalo mau murah, bagus, dan kuat. Cari yg manual, gak bakalan 20 juta tiap tahunnya. Spare part melimpah, users banyak untuk berkeluh kesah, resale masih kuat.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Peugeot 406 ST
W124 kayaknya masih di atas 60 kalo yang bagus... kalo yang kondisinya kurang mungkin masih bisa di bawah 50... cmiiw..
kemarin ada yang nawarin tiger merah.. cakep tuh..
kemarin ada yang nawarin tiger merah.. cakep tuh..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Peugeot 406 ST
Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw...



Re: Peugeot 406 ST
uch wrote:Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw...![]()
1. Bukannya lebih murah 406 ya om uch? Nah kalo udah nemu montir panggilan ini maknyosss...
2. Di Refi Auto itu beneran bagus gak jualannya? Kalo ane liat emang mechanically pada bagus2, cuman rada mahal harganya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Peugeot 406 ST
Kan kelasnya dibawah 406 Om FM.FortunerMan wrote:uch wrote:Kalo mo maintenance yg lebih murah coba Pesot 306 Om. Kalo lokasi di Jkt (apalagi Selatan) nggak semahal yg diomongin orang koq. Bengkel swastanya buaanyak... Kalo perlu montir pesot panggilan wilayah jabotabek, japri gw...![]()
1. Bukannya lebih murah 406 ya om uch? Nah kalo udah nemu montir panggilan ini maknyosss...
2. Di Refi Auto itu beneran bagus gak jualannya? Kalo ane liat emang mechanically pada bagus2, cuman rada mahal harganya...
IMHO, Kalo dipas2in, 306 setara Corolla, 406 setara Camry. Fitur nya juga "seadanya"..

Re: Peugeot 406 ST
Ya memang di bawah 406, cuman kadang kalo udah uzur perawatannya gak tentu....misalnya E-Class W124 lebih badak dr C180.
Yg N5 cakep sih. Tapi ane dr dulu kesengsem ama 406, always my favorite Pug. Apalagi 406 2-pintunya...
Yg N5 cakep sih. Tapi ane dr dulu kesengsem ama 406, always my favorite Pug. Apalagi 406 2-pintunya...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Peugeot 406 ST
kalo ane sih 406SW... beuh... setelah itu yang kupe... top dah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
Re: Peugeot 406 ST
406 yg 2 pintu mahal euy, bener2 rare. Pininfarina designed. Timeless beauty...jauh lebih bagus dr foto ini

Obsesi ane nih liatin ini kalo ada yg bagus http://www.peugeot-refiauto.com/index.php?a=products
Atau http://mobil.kapanlagi.com/peugeot/406.html

Obsesi ane nih liatin ini kalo ada yg bagus http://www.peugeot-refiauto.com/index.php?a=products
Atau http://mobil.kapanlagi.com/peugeot/406.html
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Peugeot 406 ST
Yaudah, kalau emang bener2 paham plus minus pelihara macan, ya aku ikut support. Kalau mau beli, diupayakan CKD dan pilih yg setelah facelift. Jadi kalau 405 pilih yg STi, 306 yg N5. Dulu aku pelihara 306, emang itu mobil bandel buanget. Cuma krn blm banyak uang, jadi pakai premium. Ya rusaklah mobilnya. Satu kali mogok, krn filter bensinnya mampet kena premium SPBU di Merak. Selebihnya gak pernah rewel. 306 buatan 1997, 8 tahun pertama cuma ganti oli. Tahun 2002 kerendem banjir sampai jendela 3 hari, langsung nyala setelah banjir. Cuma tahun ke-10, mulai jajan.Keluar duit segitu tiap tahun.
Masih mending dari Grand Livina 2008 gue, dari tahun pertama udah jajan melulu.
Kalai TS emang mau beli Peugeot, nanti saya mau kok cek barang sebelum pembelian. Kalau ada keluhan selama pemakaian, bisa PM.
Masih mending dari Grand Livina 2008 gue, dari tahun pertama udah jajan melulu.
Kalai TS emang mau beli Peugeot, nanti saya mau kok cek barang sebelum pembelian. Kalau ada keluhan selama pemakaian, bisa PM.
Ready to Race