CARI mobil matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed May 07, 2008 2:38
- Location: Jakarta
CARI mobil matic
temen2 yg udah senior disini.. saya mau numpang tanya dong.
kalau saya mau cari mobil matic, th2000 keatas, dengan budget dibawah 100jt,
alternatif mobil (second) yg bisa saya dapetin apa aja yah?
mohon pencerahannya.. thank you all.
kalau saya mau cari mobil matic, th2000 keatas, dengan budget dibawah 100jt,
alternatif mobil (second) yg bisa saya dapetin apa aja yah?
mohon pencerahannya.. thank you all.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 321
- Joined: Thu Jan 14, 2010 23:53
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: BMW G80 M3
Re: CARI mobil matic
Aku punya Honda City vtec tahun 2001 matic... sampai sekarang masih okay2 saja, harga jual pasti di bawah 100 juta
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: CARI mobil matic
TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: CARI mobil matic
emang apa aja pilihannya? tahun 2000 ke atas dan matik dan di bawah 100jt...?DOHC wrote:TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Jan 18, 2010 5:16
- Location: Jakarta Timur
Re: CARI mobil matic
Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: CARI mobil matic
betul.. 2 bulan lalu angkat 206 matic 2003 akhir (CKD) 85jtkay wrote:Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
-------#BIC-701#--------
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Jan 18, 2010 5:16
- Location: Jakarta Timur
Re: CARI mobil matic
Tuh kan...yang lagi honeymoon ama pug nya nongol...frandika wrote:betul.. 2 bulan lalu angkat 206 matic 2003 akhir (CKD) 85jtkay wrote:Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 21, 2011 11:42
Re: CARI mobil matic
sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: CARI mobil matic
emang mobilnya apaan om?javapride wrote:sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1289
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: CARI mobil matic
waktu cek dipstick, dengan kondisi mesin nyala ato mati ?javapride wrote:<cut>
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2288
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: CARI mobil matic
sepertinya hot itu bukan kondisi jalan jauh. Tapi ya sekedar panas aja, misal 10 menit jalan.
http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy- ... smisi.html
http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy- ... smisi.html
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: CARI mobil matic
woooo lhaaa...guoblog tenan ki aku... lha wong cek dipstick oli matik kok kondisi belum dipanasin mesinnyaa....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2288
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: CARI mobil matic
maksudnya, kalo abis jalan jauh banget, panas, ya akan melebihi diatas batas hot.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1289
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: CARI mobil matic
kalo kondisi mesin mati, ntuh oli banyak turun ke pan, begitu mesin hidup pompa maticnya sirkulasi oli, makanya tuas maticnya disuruh pindah2in biar jalur2 di CVB nya keisi oli
dengan kondisi mesin hidup lakukan pengecekan dipstick....
contoh aja kalo di next g matic, kondisi semaleman dibiarin paginya dipstick di HOT - Full, begitu nyala mesin dan pindah2in tuas maticnya ntuh dipstick di cek di COLD antara Full ama Low...... ntuh mesin blom sampe temperatur ideal....
dengan kondisi mesin hidup lakukan pengecekan dipstick....
contoh aja kalo di next g matic, kondisi semaleman dibiarin paginya dipstick di HOT - Full, begitu nyala mesin dan pindah2in tuas maticnya ntuh dipstick di cek di COLD antara Full ama Low...... ntuh mesin blom sampe temperatur ideal....