CARI mobil matic

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
eddie01
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed May 07, 2008 2:38
Location: Jakarta

CARI mobil matic

Post by eddie01 »

temen2 yg udah senior disini.. saya mau numpang tanya dong.

kalau saya mau cari mobil matic, th2000 keatas, dengan budget dibawah 100jt,
alternatif mobil (second) yg bisa saya dapetin apa aja yah?

mohon pencerahannya.. :frm_salut: thank you all.
User avatar
g4ndr1k
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: Thu Jan 14, 2010 23:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW G80 M3

Re: CARI mobil matic

Post by g4ndr1k »

Aku punya Honda City vtec tahun 2001 matic... sampai sekarang masih okay2 saja, harga jual pasti di bawah 100 juta :ungg:
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode 🤪
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: CARI mobil matic

Post by DOHC »

TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: CARI mobil matic

Post by maskopat »

DOHC wrote:TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
emang apa aja pilihannya? tahun 2000 ke atas dan matik dan di bawah 100jt...?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jan 18, 2010 5:16
Location: Jakarta Timur

Re: CARI mobil matic

Post by kay »

Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: CARI mobil matic

Post by frandika »

kay wrote:Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
betul.. 2 bulan lalu angkat 206 matic 2003 akhir (CKD) 85jt :mrgreen:
-------#BIC-701#--------
User avatar
kay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jan 18, 2010 5:16
Location: Jakarta Timur

Re: CARI mobil matic

Post by kay »

frandika wrote:
kay wrote:Peugeot 206 boleh juga tuh...2003nya aja kan pasti dibawah cepek...
betul.. 2 bulan lalu angkat 206 matic 2003 akhir (CKD) 85jt :mrgreen:
Tuh kan...yang lagi honeymoon ama pug nya nongol... :big_peace:
javapride
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jun 21, 2011 11:42

Re: CARI mobil matic

Post by javapride »

sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.

saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.

dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.

waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.

saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).

kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.

seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.

waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.

setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...

yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: CARI mobil matic

Post by maskopat »

javapride wrote:sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.

saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.

dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.

waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.

saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).

kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.

seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.

waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.

setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...

yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
emang mobilnya apaan om? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1289
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: CARI mobil matic

Post by singachu »

javapride wrote:<cut>

seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.

waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.

setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...

yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
waktu cek dipstick, dengan kondisi mesin nyala ato mati ?

regards,
singachu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: CARI mobil matic

Post by ilhami »

sepertinya hot itu bukan kondisi jalan jauh. Tapi ya sekedar panas aja, misal 10 menit jalan.

http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy- ... smisi.html
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: CARI mobil matic

Post by VanzMatic »

woooo lhaaa...guoblog tenan ki aku... lha wong cek dipstick oli matik kok kondisi belum dipanasin mesinnyaa.... :big_slap: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: CARI mobil matic

Post by ilhami »

maksudnya, kalo abis jalan jauh banget, panas, ya akan melebihi diatas batas hot.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1289
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: CARI mobil matic

Post by singachu »

kalo kondisi mesin mati, ntuh oli banyak turun ke pan, begitu mesin hidup pompa maticnya sirkulasi oli, makanya tuas maticnya disuruh pindah2in biar jalur2 di CVB nya keisi oli
dengan kondisi mesin hidup lakukan pengecekan dipstick....
contoh aja kalo di next g matic, kondisi semaleman dibiarin paginya dipstick di HOT - Full, begitu nyala mesin dan pindah2in tuas maticnya ntuh dipstick di cek di COLD antara Full ama Low...... ntuh mesin blom sampe temperatur ideal....