Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
DOHC wrote:TS nya agak kurang jelas mendefinisikan jenis mobil matic apa yg diincer, soalnya kalo taon 2000 keatas, ama harga dibawah 100 jt itu pilihan nya lumayan banyak...
emang apa aja pilihannya? tahun 2000 ke atas dan matik dan di bawah 100jt...?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
javapride wrote:sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya...
emang mobilnya apaan om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kalo kondisi mesin mati, ntuh oli banyak turun ke pan, begitu mesin hidup pompa maticnya sirkulasi oli, makanya tuas maticnya disuruh pindah2in biar jalur2 di CVB nya keisi oli
dengan kondisi mesin hidup lakukan pengecekan dipstick....
contoh aja kalo di next g matic, kondisi semaleman dibiarin paginya dipstick di HOT - Full, begitu nyala mesin dan pindah2in tuas maticnya ntuh dipstick di cek di COLD antara Full ama Low...... ntuh mesin blom sampe temperatur ideal....