Pro Kontra JORR Barat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Pro Kontra JORR Barat
Jalan tol baru yang melintasi wilayah Cengkareng hingga Puri Kembangan sudah dibuka. Banyak sekali warga pengguna jalan yang menunggu diresmikannya jalan tol ini. Hal ini disebabkan kemacetan yang luar biasa baik sebelum maupun saat pembangunannya. Wilayah Cengkareng yg cukup padat dan ketertiban pengguna jalan yang sangat buruk memperparah kondisi jalur ini. Tak heran tol ini sangat dinantikan oleh banyak kalangan.
Disamping itu jalur tol ini juga bakal menjadi jalur utama bagi truk-truk besar dari pelabuhan Tanjung Priuk menuju daerah industri di Tangerang atau sebaliknya. Selama ini kemacetan parah selalu terjadi di perempatan Tomang hingga gerbang tol Karang Tengah pada pagi hari, atau perempatan Tomang hingga Jelambar pada sore hari.
Seperti umumnya jalan tol, jalan baru ini hanya memiliki sedikit jalur putar balik. Tak heran banyak warga sepanjang jalan ini merasa keberatan. Pada masa pembangunannya masih banyak ditemukan jalan pintas melewati kolong tol. Namun setelah itu seluruh jalan pintas dipagari rapat, karena kolong tol digunakan untuk saluran air.
Sempat muncul spanduk2 protes di sepanjang tol. Mungkin ini menyebabkan pembukaannya ditunda. Namun sepertinya kepentingan masyarakat luas ditempatkan di atas kepentingan warga sekitar. Sehingga akhirnya tol dibuka juga.
Disamping itu jalur tol ini juga bakal menjadi jalur utama bagi truk-truk besar dari pelabuhan Tanjung Priuk menuju daerah industri di Tangerang atau sebaliknya. Selama ini kemacetan parah selalu terjadi di perempatan Tomang hingga gerbang tol Karang Tengah pada pagi hari, atau perempatan Tomang hingga Jelambar pada sore hari.
Seperti umumnya jalan tol, jalan baru ini hanya memiliki sedikit jalur putar balik. Tak heran banyak warga sepanjang jalan ini merasa keberatan. Pada masa pembangunannya masih banyak ditemukan jalan pintas melewati kolong tol. Namun setelah itu seluruh jalan pintas dipagari rapat, karena kolong tol digunakan untuk saluran air.
Sempat muncul spanduk2 protes di sepanjang tol. Mungkin ini menyebabkan pembukaannya ditunda. Namun sepertinya kepentingan masyarakat luas ditempatkan di atas kepentingan warga sekitar. Sehingga akhirnya tol dibuka juga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pro Kontra JORR Barat
hahaha...saya salah satu korban hilangnya putaran-2. Tapi untungnya tidak terlalu parah karena putaran yang pindah adalah putaran jam pulang kerja. Tetapi kalau pagi saya terpaksa bergabung dengan orang sekitar yang menuju putaran tersebut, jadi jalan lebih padat dari biasanya. Sampai kampus terpaksa jam 07 lebih... Tetapi protes pun tidak akan ada gunanya karena level dari jalan Tol tersebut sangat rendah. Tidak mungkin lagi dibuat putaran di tengah sepanjang jalan tol tersebut.
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Re: Pro Kontra JORR Barat
Saya juga kena tuh soalnya bener2 gak tau kalau disitu sudah berubah semua, biasanya abis tol karang tengah langsung keluar puter balik langsung masuk puri, ini malah kena macet panjang dan muternya jauh bener hehehe.....sekarang terpaksa keluarnya harus di kebon jeruk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Pro Kontra JORR Barat
sekarang ga bisa langsung masuk tol ke pluit kan kalo dari kamal situ??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pro Kontra JORR Barat
1. Mengapa tidak semua dibuat pada elevasi yang tinggi. Hanya segmen yang dibawah jalur transmisi listrik dibuat lebih rendah. Seingat saya, tiang-2 pancang / paku bumi dibuat cukup panjang, tetapi karena sepanjang jalan elevasinya rendah, tiang-2 pancang / paku bumi yang sudah ada malah dipotong.
2. Mengapa persimpangan Puri tidak dibuat perempatan saja dengan diatur lampu lalu lintas. Sehingga yang dari arah Puri, arah Ciledug, arah keluar dari Tol, arah walikota dan arah Cengkareng bisa berkurang bebannya.
Tapi ya sudah lah..... betonnya guede-guede gak mungkin dirubah lagi heheheee
2. Mengapa persimpangan Puri tidak dibuat perempatan saja dengan diatur lampu lalu lintas. Sehingga yang dari arah Puri, arah Ciledug, arah keluar dari Tol, arah walikota dan arah Cengkareng bisa berkurang bebannya.
Tapi ya sudah lah..... betonnya guede-guede gak mungkin dirubah lagi heheheee
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pro Kontra JORR Barat
Udah beberapa bulan ga pernah ke mall puri lagi. Dulu sering mampir kalu dari klien di tangerang. Keluar tol, puter balik dikit langsung mall puri. Sekarang langsung ke ciledug lewat karang tengah. Muter jauh? Lewat Bonjer? Cape deeh...
Positifnya kalu mau ke klien di sekitar bandara, jalannya lebih enak. Lewat meruya, ke depan mall puri trus masuk tol, langsung ke tol bandara. Cepat banget. Dulu, ada 3 alternatif. Pertama lewat tomang, trus masuk ke tol dalam kota baru ke bandara. Kedua lewat Karang Tengah, Cengkareng, Kamal. Ketiga lewat Cipondoh, Poris, Daan Mogot, Pembangunan, lalu Jurumudi. Dari ke-3nya yg ga macet cuma alternatif ketiga. Tapi jalannya semi off road.
Positifnya lagi, jalur ini bisa buat alternatif ke daerah jakarta utara - timur. Kalu dulu sudah pasti lewat JORR Selatan (TB.Simatupang), ketemu macet di gerbang tol Jagorawi, baru bisa jalan lagi setelah lewat Cawang. Sekarang tinggal masuk tol JORR Barat, di ujungnya ambil arah ke Pluit, trus bablas masuk tol dalam kota arah Ancol.
Positifnya kalu mau ke klien di sekitar bandara, jalannya lebih enak. Lewat meruya, ke depan mall puri trus masuk tol, langsung ke tol bandara. Cepat banget. Dulu, ada 3 alternatif. Pertama lewat tomang, trus masuk ke tol dalam kota baru ke bandara. Kedua lewat Karang Tengah, Cengkareng, Kamal. Ketiga lewat Cipondoh, Poris, Daan Mogot, Pembangunan, lalu Jurumudi. Dari ke-3nya yg ga macet cuma alternatif ketiga. Tapi jalannya semi off road.
Positifnya lagi, jalur ini bisa buat alternatif ke daerah jakarta utara - timur. Kalu dulu sudah pasti lewat JORR Selatan (TB.Simatupang), ketemu macet di gerbang tol Jagorawi, baru bisa jalan lagi setelah lewat Cawang. Sekarang tinggal masuk tol JORR Barat, di ujungnya ambil arah ke Pluit, trus bablas masuk tol dalam kota arah Ancol.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Pro Kontra JORR Barat
bs jd di situ tanahnya labil, rawa. mungkin mereka memperhitungkan beban pas macet nya kalo elevasi tinggi semua. atau bisa jadi sudah ada planning lain. atau biaya? tol layang daerah ancol itu jg elevasi nya beda beda.€lj€p€ wrote:1. Mengapa tidak semua dibuat pada elevasi yang tinggi. Hanya segmen yang dibawah jalur transmisi listrik dibuat lebih rendah. Seingat saya, tiang-2 pancang / paku bumi dibuat cukup panjang, tetapi karena sepanjang jalan elevasinya rendah, tiang-2 pancang / paku bumi yang sudah ada malah dipotong.
2. Mengapa persimpangan Puri tidak dibuat perempatan saja dengan diatur lampu lalu lintas. Sehingga yang dari arah Puri, arah Ciledug, arah keluar dari Tol, arah walikota dan arah Cengkareng bisa berkurang bebannya.
Tapi ya sudah lah..... betonnya guede-guede gak mungkin dirubah lagi heheheee
yg disayangin traffic management nya ga pernah serius. mungkin kalo macet jika rapih teratur masih lumayan, ini malah sudah macet nanti ada yg nyelak, lawan arah..wah sudahlah..itu yg bikin gerah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Pro Kontra JORR Barat
enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.
ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.
ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pro Kontra JORR Barat
Jalur tol yg pembangunannya paling lama. Seingat saya rencana pembangunannya dari awal ane bekerja di pabrik 12 tahun yg lalu, baru bisa terealisasi sekarang.roadtrain99 wrote:enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.
ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
Untungnya anak ane gak sekolah lagi di daerah Bojong, kalo gak ane termasuk yg ikutan ngedumel soal u-turn yg jauh dan jarang. Jembatan penyeberangan pun tidak disediakan oleh pengembang.
Banyak warga sekitar ring road tsb yg tempat tinggal & sekolahnya berseberangan. Makanya diresmikannya ring road tersebut kembali menjadi simbol hilangnya hak2 pejalan kaki di jalan raya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Pro Kontra JORR Barat
kalau tidak salah tarif ny 7000 bro...
kalau lewat perempatan kolong macet bro..makany kalau tidak ada polisi truk berat masi bandel tetep milih lewat fly over walalupun tanjakan ny tinggi dan curam....
kalau lewat perempatan kolong macet bro..makany kalau tidak ada polisi truk berat masi bandel tetep milih lewat fly over walalupun tanjakan ny tinggi dan curam....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pro Kontra JORR Barat
Yang dari Daan Mogot ke arah Kosambi bisa masuk lewat terminal Rawa Buaya, tembus langsung di dekat stasiun kereta Rawa Buaya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pro Kontra JORR Barat
ntuh truk2 malah bikin rusak jalan aja, liat aja tuh flyover yg depan TA tsb, jalanan uda jadi bergelombang ga karuan.... malah bikin macet tuh, soalnya biar pun ga ada truk, jadi pengendara jg musti pelan2 lewatin jln tsb gara2 jalanannya uda bergelombang, bahaya kalo kenceng2...roadtrain99 wrote:enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.
ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pro Kontra JORR Barat
Hari ini Peresmian Tol JORR Barat... Tapi jembatan penyeberangan masih menggantung... baru bagian tengah yang selesai.. untuk naik/turun di kedua sisi masih belum ada tanda-2.. jadi mungkin orang harus pakai tali / sekalian belajar manjat tebing... Kasihan lihat anak sekolah yang gak bisa menyeberang, mau naik angkot juga macet... itupun kalau ada, karena kabarnya angkot juga malas putar jauh-2..dan ditambah lagi... trayeknya diambil angkutan lain... sebetulnya AMDAL bukan hanya terkait lingkungan hidup secara penghijauan tetapi harus dampak sosial juga ya.
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Pro Kontra JORR Barat
Lho, bukanna harus approve Andalalin (Analisa mengenai Dampak Lalu Lintas) ke polisi terlebih dahulu?
Halo halo Polda Banten????
Halo halo Polda Banten????
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pro Kontra JORR Barat
Sepertinya masih wilayah Jakarta Barat deh. Dari Puri Kembangan hingga Cengkareng, masih masuk wilayah Jakarta Barat, blum masuk Tangerang.
Mudah2an perempatan Tomang jadi lebih lancar ya. Tapi hari ini masih macet parah jg tuh. Mungkin belum banyak yg tau ya...
Cuma potensi macet parah justru di ujungnya, yakni pertemuan dgn tol bandara. Disana ga dibuatkan simpang susun. Dari tol dan Kamal dibiarkan bersimpangan begitu saja. Pd jam berangkat kerja, sebelum ada tol, sudah lumayan padat yg ke arah pluit, bagaimana setelah ada tol ya...
Mudah2an perempatan Tomang jadi lebih lancar ya. Tapi hari ini masih macet parah jg tuh. Mungkin belum banyak yg tau ya...
Cuma potensi macet parah justru di ujungnya, yakni pertemuan dgn tol bandara. Disana ga dibuatkan simpang susun. Dari tol dan Kamal dibiarkan bersimpangan begitu saja. Pd jam berangkat kerja, sebelum ada tol, sudah lumayan padat yg ke arah pluit, bagaimana setelah ada tol ya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Pro Kontra JORR Barat
hm..kadangg2 kalo yg flyover macet, penyebabnya biasanya si truk2 besar itu, lantas ggw jd pilih lewat kolong, dan ternyata lebih lancar bro..kebanyakkan...buatandi wrote:kalau tidak salah tarif ny 7000 bro...
kalau lewat perempatan kolong macet bro..makany kalau tidak ada polisi truk berat masi bandel tetep milih lewat fly over walalupun tanjakan ny tinggi dan curam....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Pro Kontra JORR Barat
sulitlah pak kalo bicara amdal..org2nya ngejer target semua...€lj€p€ wrote:Hari ini Peresmian Tol JORR Barat... Tapi jembatan penyeberangan masih menggantung... baru bagian tengah yang selesai.. untuk naik/turun di kedua sisi masih belum ada tanda-2.. jadi mungkin orang harus pakai tali / sekalian belajar manjat tebing... Kasihan lihat anak sekolah yang gak bisa menyeberang, mau naik angkot juga macet... itupun kalau ada, karena kabarnya angkot juga malas putar jauh-2..dan ditambah lagi... trayeknya diambil angkutan lain... sebetulnya AMDAL bukan hanya terkait lingkungan hidup secara penghijauan tetapi harus dampak sosial juga ya.
kita masih perlu lebih banyak org idealist...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pro Kontra JORR Barat
Sekarang sudah diresmikan, tetapi masih banyak hal-2 yang belum terselesaikan seperti tanah yang bertumpuk bekas truk-2, batu trotoar yang tidak tersusun rapih.. alias malang melintang. Saya lihat sudah tidak ada kegiatan lagi.. pasti sampai beberapa tahun kedepan akan tetap seperti begitu. Jadi mengharapkan Pemda Jakarta Barat yang bertanggung jawab.
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pro Kontra JORR Barat
Kemacetan yang terparah saat jam pulang kerja (17.00 ~ 20.00) di wilayah Selatan dari JORR ini (Cengkareng - Puri Kembangan) ada pada 2 titik. Pertama pada perempatan Kembangan - Karang Tengah, yang kedua di ex-terminal Rawa Buaya arah Kosambi yang jadi jalur alternatif.
Seandainya dibuat u-turn 2 arah di wilayah dekat pertigaan Pondok Randu, mungkin kemacetan tersebut bisa sedikit terurai.
Seandainya dibuat u-turn 2 arah di wilayah dekat pertigaan Pondok Randu, mungkin kemacetan tersebut bisa sedikit terurai.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: Pro Kontra JORR Barat
Wah kalo topicnya diarahkan kependapat warga sekitar JORR barat ini, pasti mereka pilih kontra karena kepentingan mereka terganggu....kenyamanan mereka terusik.....
Tapi itulah pembangunan, selain ada aspek positif...pasti ada ekses negatifnya juga...
Tapi jangan khawatir, nanti juga semua orang akan beradaptasi dengan kondisi baru tsb. Begitupun dengan pihak dinas perhubungan dan Kepolisian, keputusan2 baru atas kondisi2 baru tsb. pasti akan dibuat segera, misal: rambu2 lalin baru, rute lintasan baru, jalan alternatif baru, dll. Yang pasti akan tercipta kondisi keseimbangan yang baru di daerah tsb.
Salam tertib lalu lintas.....
Tapi itulah pembangunan, selain ada aspek positif...pasti ada ekses negatifnya juga...
Tapi jangan khawatir, nanti juga semua orang akan beradaptasi dengan kondisi baru tsb. Begitupun dengan pihak dinas perhubungan dan Kepolisian, keputusan2 baru atas kondisi2 baru tsb. pasti akan dibuat segera, misal: rambu2 lalin baru, rute lintasan baru, jalan alternatif baru, dll. Yang pasti akan tercipta kondisi keseimbangan yang baru di daerah tsb.
Salam tertib lalu lintas.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pro Kontra JORR Barat
Ane termasuk pro kok, walopun ane tinggalnya di sekitaran situ. JORR ini lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Lagipula kalo kontra, emang masih bisa dibongkar?
Kalopun bisa dibongkar, bukannya malah menciptakan masalah baru yang dampaknya lebih parah?
Hanya sekedar ikut menyuarakan bagaimana menyempurnakan pembangunan JORR yang sudah jadi ini. Syukur2 suaranya didengar.

Hanya sekedar ikut menyuarakan bagaimana menyempurnakan pembangunan JORR yang sudah jadi ini. Syukur2 suaranya didengar.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pro Kontra JORR Barat
Tinggal kapan orang2 yg puter balik semaunya ditertibkan ya. Itu yg bikin jalur pinggir tol jadi tambah parah. Motor2 yg males muter di ujung, banyak yg muter semaunya bikin lalin kacau. Polantasnya seperti biasa menghilang...
Btw sekarang udah buka lagi atau belum ya? Minggu depan ada rute kesana lagi nih. Terakhir lewat jalur situ Februari ditutup lagi. Ga tau sekarang.
Btw sekarang udah buka lagi atau belum ya? Minggu depan ada rute kesana lagi nih. Terakhir lewat jalur situ Februari ditutup lagi. Ga tau sekarang.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Pro Kontra JORR Barat
kayakny uda bro,,itu di tutup buat peresmian aja kan...cmiiw...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 403
- Joined: Thu Nov 06, 2008 3:24
Re: Pro Kontra JORR Barat
udah dibuka bro..
tarifnya 7000 (mahal bener) tapi kalo buat nebus waktu sih ok lah.. sama jalannya ga rata.. tes top speed cuma dapet 160 km aja.. hehehe..
gw rasa jalan sampingnya (non tol) sengaja dibikin amburadul (genangan air, dll) biar orang2 pada masuk tol aja kali tuh..
tarifnya 7000 (mahal bener) tapi kalo buat nebus waktu sih ok lah.. sama jalannya ga rata.. tes top speed cuma dapet 160 km aja.. hehehe..
gw rasa jalan sampingnya (non tol) sengaja dibikin amburadul (genangan air, dll) biar orang2 pada masuk tol aja kali tuh..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13
Re: Pro Kontra JORR Barat
jalan ga rata.. paling lari 90 - 100 km/jam aja
serem cepet2..
biarin dah mahal juga.. naek nya juga jarang.. kalo tiap hari naek 7000 kacao jg he he..
tp sangat membantu skalee.. langsung bablas jalan tol dalam kota.. maknyus.. bayar toll terus juga maknyus ha ha
serem cepet2..
biarin dah mahal juga.. naek nya juga jarang.. kalo tiap hari naek 7000 kacao jg he he..
tp sangat membantu skalee.. langsung bablas jalan tol dalam kota.. maknyus.. bayar toll terus juga maknyus ha ha