Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Gambar di bawah ini adalah Throttle Body Ipah VVT-i yang menggunakan HHO dlm jangka panjang
Monggo utk ambil kesimpulan & saya pribadi : No Comment
Gambar di bawah ini adalah Throttle Body Ipah VVT-i yang menggunakan HHO dlm jangka panjang
Monggo utk ambil kesimpulan & saya pribadi : No Comment
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
HHO itu apa yg bang turbo?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
koq bisa berkerak yah
apa gara2 ntuh uap nya ngendap disitu kalo abis dipake trus lama2 kelamaan kaya waktu lg dingin dia malah bikin kerak
trus servis nya gmana tuh om, semprot carb jet lgs beres kah







numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
oooiii noken as, HHO itu apaan seh? 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Yg sering dibilang Brown EnergyAbu2 wrote:oooiii noken as, HHO itu apaan seh?
Byk artikelnya di google.
Yang saya bisa guarantee bahwa gambar tsb. asli, sumbernya bisa dipertanggung jawabkan & sama sekali bukan hasil rekayasa.
So maaf bagi siapa saja yg tidak berkenan, this is a reality bites......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
itu logh wan, sejenis teknis menyemprotkan hidrogen ke dalem ruang bakar... cuman pirinsip nya, ntuh hidrogen didapet dari aer, soalnya kalo pake gas hidrogen beneran, yg ada mobil nya meledug....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
mohon para ahli yg berkompeten d bidang ini memberikan analisanya donk sesuau judul tret ini.........
dg bermunculannya teknik2 pengirit bbm semacam ini d harapkan masyarakat calon penggunanya bsa lbh aware terhadap dampak2 yg berpotensi d timbulkan...
dg bermunculannya teknik2 pengirit bbm semacam ini d harapkan masyarakat calon penggunanya bsa lbh aware terhadap dampak2 yg berpotensi d timbulkan...

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
stuju ama om dog... ayo donk ahli2 nya bagi ilmu... om turbo jg bole bagi2 ilmu nya ttg HHO ini...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
sebenarnya hasil elektrolisa air pada tabung HHO masih harus benar2x dibuktikan secara ilmiah apakah:
Berupa murni gas H2 (hidrogen),
atau - juga terkandung - Air (H2O) dalam bentuk gas.
karena apabila air yg dipakai untuk reaksi HHO banyak mengandung unsur mineral,
bukan air distilasi seperti air aki botol biru,
maka bisa jadi akan menimbulkan akibat seperti gambar di atas.
kemungkinan lain,
unsur lempeng logam pada anoda dan katoda juga terlepas dalam proses pembentukan HHO tsb (elektrolisa?),
dan secara kimiawi zat2x dari logam tadi kemudian mengendap kembali seperti contoh gambar TS.
Just sharing,
mo didebat,
mangga bae lah .......
Berupa murni gas H2 (hidrogen),
atau - juga terkandung - Air (H2O) dalam bentuk gas.
karena apabila air yg dipakai untuk reaksi HHO banyak mengandung unsur mineral,
bukan air distilasi seperti air aki botol biru,
maka bisa jadi akan menimbulkan akibat seperti gambar di atas.
kemungkinan lain,
unsur lempeng logam pada anoda dan katoda juga terlepas dalam proses pembentukan HHO tsb (elektrolisa?),
dan secara kimiawi zat2x dari logam tadi kemudian mengendap kembali seperti contoh gambar TS.
Just sharing,
mo didebat,
mangga bae lah .......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
ane mau tanya nih om turboman, apakah di piston juga ada kerak seperti ini? dan untuk mobil yang jenisnya sama tanpa HHO, apakah juga berkerak? 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
makin parah kalo pake soda kue airnya. ntar bisa jadi kerak tsb juga mengandung logam yang terlepas dari elektroda. tapi emang HHO tidak dianjurkan, soalnya kalo emang efektif dan aman, para pabrikan otomotif pasti udah bikin yang lebih canggih n safe, nyatanya, gak dibuat, malah pada bikin mobil listrik, fuel cell, ato hybrid, hayo,
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Nov 14, 2009 5:17
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Saran bagi pengguna/calon pengguna hho
melihat gambar tsb diatas ada berbagai penyebabnya :
1.produsen tidak mengerti betul cara membuat produk hho yang aman untuk mesin sebagai mana yang dianjurkan oleh organisasi internasional nasa(dalam rubriknya diulas justru water injection lah yg bisa mengakibatkan karat dlm jangka panjang),hho sdh dinyatakan aman dlm jangka panjang asalkan mengikuti aturan pembuatan yg benar.
2.pemakaian katalis yang melebihi batas yang dianjurkan
3.pemakaian katalis yg tdk dianjurkan
4.pemakai tidak mengikuti aturan yg diberikan produsen
bagi para penguna yg sdh memakai produk hho ,pastikan selang menuju intake manifold tidak mengeluarkan air sedikitpun,jika ada matikan sistem segera konsultasikan dgn saya .phone:08562108636
melihat gambar tsb diatas ada berbagai penyebabnya :
1.produsen tidak mengerti betul cara membuat produk hho yang aman untuk mesin sebagai mana yang dianjurkan oleh organisasi internasional nasa(dalam rubriknya diulas justru water injection lah yg bisa mengakibatkan karat dlm jangka panjang),hho sdh dinyatakan aman dlm jangka panjang asalkan mengikuti aturan pembuatan yg benar.
2.pemakaian katalis yang melebihi batas yang dianjurkan
3.pemakaian katalis yg tdk dianjurkan
4.pemakai tidak mengikuti aturan yg diberikan produsen
bagi para penguna yg sdh memakai produk hho ,pastikan selang menuju intake manifold tidak mengeluarkan air sedikitpun,jika ada matikan sistem segera konsultasikan dgn saya .phone:08562108636
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Nov 14, 2009 5:17
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
SAYA TERUS TERANG MERASA CURIGA DGN BPK TURBOMAN/GAJAH TERBANG DI KASKUS YANG MENGANGKAT TOPIK TSB TANPA MEMEBERIKAN FOTO LAIN MISALKAN PRODUK YANG DIPAKAI ATAUPUN PEMAKAINYA YANG KOMPLAIN,TETAPI HANYA SATU BUAH FOTO YANG MUNGKIN JUGA DI SEBABKAN PEMAKAIAN WATER INJECTION ATAU PENGGUNAAN HHO YANG MENYALAHI ATURAN ,SEHINGGA TERASA TIDAK FAIR SAMA SEKALI DAN KURANG MEMBERIKAN FAKTA YG SESUNGGUHNYA BUAT PARA NETTERS.SEHINGGA TERASA SEBAGAI BENTUK ANTI PRODUK/SAINGAN YG JELAS 2 TERASA PENGHEMATAN BBM NYA DIBANDUNGKAN PRODUK 2 LAIN YG PROMOSINYA BISA MENGHEMAT BBM .
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
tenang2 bro... jgn pake emosi gt... mending ente bahas gmana cara pasang HHO yg bener, kalo perlu dibahas beserta skema2 nya dgn detail.... shg ente bisa memberikan info yg berguna buat para netters yg laen...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
setuju sm oom DOCHDOHC wrote:tenang2 bro... jgn pake emosi gt... mending ente bahas gmana cara pasang HHO yg bener, kalo perlu dibahas beserta skema2 nya dgn detail.... shg ente bisa memberikan info yg berguna buat para netters yg laen...


lbh baik d jelaskan cara2 pemakaian HHO yg benar berikut penggunaan katalis yg d anjurkan....
tentunya sebagai produsen, oom hydro banyak mengerti mengenai ini.....
apa yg d posting oom turboman mungkin bsa d sebut fakta yg kurang lengkap, maka d harapkan pihak2 yg lbh mengerti dpt mengisi informasi yg d anggap kurang lengkap itu....

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
saya mah cuman menyampaikan fakta utk didiskusikan........ogut mah ga ada kepentingan apa2......murni sharing aja.........emang apa ogut nyebut merek itu HHO buatan mana ? Bukankah produsen HHO / Brown Energy itu banyak sekali ?hydropowerbdg wrote:SAYA TERUS TERANG MERASA CURIGA DGN BPK TURBOMAN/GAJAH TERBANG DI KASKUS YANG MENGANGKAT TOPIK TSB TANPA MEMEBERIKAN FOTO LAIN MISALKAN PRODUK YANG DIPAKAI ATAUPUN PEMAKAINYA YANG KOMPLAIN,TETAPI HANYA SATU BUAH FOTO YANG MUNGKIN JUGA DI SEBABKAN PEMAKAIAN WATER INJECTION ATAU PENGGUNAAN HHO YANG MENYALAHI ATURAN ,SEHINGGA TERASA TIDAK FAIR SAMA SEKALI DAN KURANG MEMBERIKAN FAKTA YG SESUNGGUHNYA BUAT PARA NETTERS.SEHINGGA TERASA SEBAGAI BENTUK ANTI PRODUK/SAINGAN

Kalau om mau tahu sumbernya ya nanti kita ketemuan aja di lokasi tempat mobil ber-garam tsb diperiksa......saksinya saat itu banyak kok.........anak2 dr FCI juga banyak yg liat.
nah silahkan deh om di sono nanti kasih kuliah ttg HHO yg benar menurut om......he he he
Silahkan PM saya utk atur waktunya

Monggo.......

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
HHO ada juga yang menyebutnya Hydrogen Booster. istilahnya beda esensinya kira-kira sama dengan HHO, Blue energy, Brown energy dll. Energi yang murah dan ramah lingkungan, cuman kok heran juga kenapa tidak ada dukungan memadai untuk pengembangannya....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
oom turbo,
kira2x selain dari (kemungkinan) penggunaan HHO,
adakah akibat dari effek lainnya ?
misal bensin yang berair, mobil di dekat daerah pantai atau mobil dari proyek galian tambang dan pabrik semen ?
kalo bisa info profil mobil tsb dong oom ......,
biar gak ada yang sewot merasa produknya "Disalahkan".
kira2x selain dari (kemungkinan) penggunaan HHO,
adakah akibat dari effek lainnya ?
misal bensin yang berair, mobil di dekat daerah pantai atau mobil dari proyek galian tambang dan pabrik semen ?
kalo bisa info profil mobil tsb dong oom ......,
biar gak ada yang sewot merasa produknya "Disalahkan".
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
mustinya ada filter buat menangkal air hasil penguapan.
gak usah pake istilah njelimet2an, segala sesuatu proses elektrolisis ataupun hidrolisis pasti menghasilkan kalor. makin banyak hidrogen yang dihasilkan, ato makin banyak arus listrik mengalir, pasti makin panas tuh. kalo makin dingin boong, gak mungkin. nah, penguapan ini yang memicu, apalagi kalo airnya pake soda2an, ato pake apalah (garam2an),
soalnya, air murni gak mungkin bisa diurai tanpa elektrolit. jadi butuh media penghantar arus buat mengurai air. bahkan sekedar garam pun bisa kok,
kalo air murni sebenarnya bisa, namun kalo cuma listrik sekapasitas aki mobil ato motor jelas gak signifikan. penguraian hidrogen jelas2 butuh energi yang sangat besar, jauh melebihi energi hidrogen hasil penguraian, meski pakai katalis. kalo gak percaya, coba cek ato tanya pabrik2 penghasil gas hidrogen,
memang udara banyak mengandung uap air, tapi uap air dari hydrogen booster, apalagi yang pake garam2an ato soda2an ya jadi kayak gitu, timbul kerak, kalo emang kerak bisa dihindari, pasti udah dibikin ma produsen2 otomotif ternama yang punya segudang engineer dengan penelitian yang matang. produsen mana sih yang gak mau mobilnya dicap mobil irit, ramah lingkungan? alasan pencekalan teknologi hidrogen oleh produsen minyak saya kira hanya rekaan. toh produsen minyak juga ketar-ketir kalo minyaknya abis, harusnya berhemat, jangan dijual jor2an saat ini, kalo bisa tetep dijual hingga bertahun2 ke depan, dengan harga yang tentunya lebih mahal dibandingkan saat ini. kalo toh misalnya bbm gak diperlukan lagi, minyak bumi tetep komoditi yang menggiurkan, misalnya hampir semua peralatan yang kita pake, plastik, dll, itu semua dari minyak bumi juga.
gak usah pake istilah njelimet2an, segala sesuatu proses elektrolisis ataupun hidrolisis pasti menghasilkan kalor. makin banyak hidrogen yang dihasilkan, ato makin banyak arus listrik mengalir, pasti makin panas tuh. kalo makin dingin boong, gak mungkin. nah, penguapan ini yang memicu, apalagi kalo airnya pake soda2an, ato pake apalah (garam2an),
soalnya, air murni gak mungkin bisa diurai tanpa elektrolit. jadi butuh media penghantar arus buat mengurai air. bahkan sekedar garam pun bisa kok,
kalo air murni sebenarnya bisa, namun kalo cuma listrik sekapasitas aki mobil ato motor jelas gak signifikan. penguraian hidrogen jelas2 butuh energi yang sangat besar, jauh melebihi energi hidrogen hasil penguraian, meski pakai katalis. kalo gak percaya, coba cek ato tanya pabrik2 penghasil gas hidrogen,
memang udara banyak mengandung uap air, tapi uap air dari hydrogen booster, apalagi yang pake garam2an ato soda2an ya jadi kayak gitu, timbul kerak, kalo emang kerak bisa dihindari, pasti udah dibikin ma produsen2 otomotif ternama yang punya segudang engineer dengan penelitian yang matang. produsen mana sih yang gak mau mobilnya dicap mobil irit, ramah lingkungan? alasan pencekalan teknologi hidrogen oleh produsen minyak saya kira hanya rekaan. toh produsen minyak juga ketar-ketir kalo minyaknya abis, harusnya berhemat, jangan dijual jor2an saat ini, kalo bisa tetep dijual hingga bertahun2 ke depan, dengan harga yang tentunya lebih mahal dibandingkan saat ini. kalo toh misalnya bbm gak diperlukan lagi, minyak bumi tetep komoditi yang menggiurkan, misalnya hampir semua peralatan yang kita pake, plastik, dll, itu semua dari minyak bumi juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Pak Turboman : terima kasih banyak atas sharingnya.. paling tidak, sebagai orang awam, saya jadi kenal ada teknologi HHO.Turboman wrote:saya mah cuman menyampaikan fakta utk didiskusikan........ogut mah ga ada kepentingan apa2......murni sharing aja.........emang apa ogut nyebut merek itu HHO buatan mana ? Bukankah produsen HHO / Brown Energy itu banyak sekali ?hydropowerbdg wrote:SAYA TERUS TERANG MERASA CURIGA DGN BPK TURBOMAN/GAJAH TERBANG DI KASKUS YANG MENGANGKAT TOPIK TSB TANPA MEMEBERIKAN FOTO LAIN MISALKAN PRODUK YANG DIPAKAI ATAUPUN PEMAKAINYA YANG KOMPLAIN,TETAPI HANYA SATU BUAH FOTO YANG MUNGKIN JUGA DI SEBABKAN PEMAKAIAN WATER INJECTION ATAU PENGGUNAAN HHO YANG MENYALAHI ATURAN ,SEHINGGA TERASA TIDAK FAIR SAMA SEKALI DAN KURANG MEMBERIKAN FAKTA YG SESUNGGUHNYA BUAT PARA NETTERS.SEHINGGA TERASA SEBAGAI BENTUK ANTI PRODUK/SAINGAN![]()
Kalau om mau tahu sumbernya ya nanti kita ketemuan aja di lokasi tempat mobil ber-garam tsb diperiksa......saksinya saat itu banyak kok.........anak2 dr FCI juga banyak yg liat.
nah silahkan deh om di sono nanti kasih kuliah ttg HHO yg benar menurut om......he he he
Silahkan PM saya utk atur waktunya![]()
Monggo.......
Pak hydropowerbdg : tidak usah marah-2 dan pakai huruf besar segala. Untuk saya, masalah beli atau tidak itu tetap tergantung menteri keuangan dirumah.... jadi tidak terpengaruh pak Turboman. hehee...
Selain itu, saya juga sudah pasrah dengan Fuel Efficiency mobil yang saya gunakan 1:7. Daripada ribet mikirin alat-2 penghemat, lebih baik saya menghemat dalam hal lain..
Tapi bagaimanapun sebagai orang teknik, saya mengucapkan terima kasih akan adanya teknologi ini.
Ibaratnya seperti PRIUS,,, kita bisa berhemat BBM, tetapi mobilnya tidak bisa berhenti karena brake systemnya bermasalah... hehehehe... (bercanda lho)
Dari Solo ke Oslo


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Utk diskusi ttg HHO juga bisa join milis : [email protected]
Di sana ada pakar HHO yg mana benar2 user (bukan pedagang) yaitu pak Nugraha Tama, dimana beliau sudah pakai HHO selama ber-tahun2, menurut beliau selama ini mobilnya konon baik2 saja & sewaktu mesin dibuka juga nggak ada endapan garam / kerak.
Utk detailnya mending discuss lgs ama beliau.
Di sana ada pakar HHO yg mana benar2 user (bukan pedagang) yaitu pak Nugraha Tama, dimana beliau sudah pakai HHO selama ber-tahun2, menurut beliau selama ini mobilnya konon baik2 saja & sewaktu mesin dibuka juga nggak ada endapan garam / kerak.
Utk detailnya mending discuss lgs ama beliau.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
pemasangan perangkat HHO perlu juga dipertimbangkan faktor keamanannya, karena proses elektrolisnya bisa menimbulkan panas dan tekanan gas hidrogen yang berpotensi bisa meledak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
pemasangan perangkat HHO perlu juga dipertimbangkan faktor keamanannya, karena proses elektrolisnya bisa menimbulkan panas dan tekanan gas hidrogen yang berpotensi bisa meledak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
afaik... itu throttle body belum ketemu bensin om... baru ketemu udara aja buat dimasukkin ke mesin...herbid wrote:oom turbo,
kira2x selain dari (kemungkinan) penggunaan HHO,
adakah akibat dari effek lainnya ?
misal bensin yang berair, mobil di dekat daerah pantai atau mobil dari proyek galian tambang dan pabrik semen ?
kalo bisa info profil mobil tsb dong oom ......,
biar gak ada yang sewot merasa produknya "Disalahkan".
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Oct 24, 2015 3:44
Re: Analisa dampak HHO thd saluran intake mesin
Terima kasih atas komentarnya Om Evan Wide di video youtube pada pemasangan HHO Joko Energy di mobil Toyota ALPHARD 3000cc yang mencantumkan link Seraya Motor sehingga saya masuk di diskusi tentang analisa dampak HHO thd saluran intake mesin ini:
Jawab : Itu semua benar adanya tapi jika reaktornya belum sempurna, krn elektrolisa air disamping menghasilkan gas HHO juga menghasilkan kalor tinggi yg menyebabkan air dalam reaktor mendidih, sehingga yang dihasilkan bukan hanya gas HHO saja tapi juga uap air yang mengandung kimia yang bersifat korosif terhadap logam. Itu saya alami hingga mobil harus overhoul sekitar 6 tahun yang lalu . Kita semua tahu bahwa dengan sistem sederhana hanya dengan menggunakan 2 kawat atau 2 plat saja orang bisa bikin dan menghasilkan gas HHO juga, tapi itu sungguh sangat berbahaya karena dapat merusak mesin karena suhu airnya mendidih, apalagi jika di pasang diruang mesin maka sudah pasti suhu reaktor sangat tinggi sekali. Jadi saran saya teliti sebelum membeli, jangan hanya melihat harganya yang murah, karena saya yakin jika mereka tahu, jangankan disuruh beli dengan harga yang mahal, mungkin di kasih gratispun orang tidak ada yang mau pasang karena mobil bukan barang yang murah.
Terima kasih admin
Jawab : Itu semua benar adanya tapi jika reaktornya belum sempurna, krn elektrolisa air disamping menghasilkan gas HHO juga menghasilkan kalor tinggi yg menyebabkan air dalam reaktor mendidih, sehingga yang dihasilkan bukan hanya gas HHO saja tapi juga uap air yang mengandung kimia yang bersifat korosif terhadap logam. Itu saya alami hingga mobil harus overhoul sekitar 6 tahun yang lalu . Kita semua tahu bahwa dengan sistem sederhana hanya dengan menggunakan 2 kawat atau 2 plat saja orang bisa bikin dan menghasilkan gas HHO juga, tapi itu sungguh sangat berbahaya karena dapat merusak mesin karena suhu airnya mendidih, apalagi jika di pasang diruang mesin maka sudah pasti suhu reaktor sangat tinggi sekali. Jadi saran saya teliti sebelum membeli, jangan hanya melihat harganya yang murah, karena saya yakin jika mereka tahu, jangankan disuruh beli dengan harga yang mahal, mungkin di kasih gratispun orang tidak ada yang mau pasang karena mobil bukan barang yang murah.
Terima kasih admin

Last edited by WiraSoenaryo on Sat Oct 24, 2015 4:45, edited 1 time in total.
Reason: Hapus link promo.
Reason: Hapus link promo.