BMW Terbakar Lagi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
BMW Terbakar Lagi
Wah bad news lagi buat BMW, saya baru baca koran Kompas tgl 28 Sept 2004, tapi kejadiannya tgl 27 Sept 04 siang di jalan Gatot Subroto. Kalo dilihat dr gambarnya dr atas, sepertinya Bmw seri 3(mgkn th 92 ke bwh...CMIIW). Kebakarannya disebabkan korsleting kabel mesin. Kasian ya yg punya. Moga2 ini yg tdk terjadi pd BM produksi sekarang kalo nanti udah tua. Kalo tetap terjadi bisa berabe nama bmw jd rusak.....
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
BMW mmg riskan bgt sistem kelistrikannya(teman mechanic yg bilang sendiri...)dia kerja di honda,tapi pakainya BMW318i th 93,sampai2 dia kasih perhatian ekstra ke kabel2 diruang mesin....
Tapi mobilnya enak bgt tuh ...(mgk jg krn yg punya seorang mekanik...hehehehe
)
Tapi mobilnya enak bgt tuh ...(mgk jg krn yg punya seorang mekanik...hehehehe

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Ya kejadian serupa sudah terjadi beberapa kali...
Dari yg saya lihat dari berita di berbagai media, yg paling banyak terbakar adalah BMW seri 3 M40 E30 tahun 1987-1992
Memang biasanya penyebabnya dari kelistrikannya, mungkin arena sudah tua atau bisa juga BMW lama kurang cocok sama daerah tropis.. Menurut BMW Indonesia, kejadian itu akibat kelalaian pemilik merawat mobilnya.
Biasanya memang kejadian seperti ini terjadi pada BMW tahun tua. Selain itu beberapa waktu lalu juga ada Mercedes E-Class New Eyes terbakar di tempat parkir...
Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi...

Dari yg saya lihat dari berita di berbagai media, yg paling banyak terbakar adalah BMW seri 3 M40 E30 tahun 1987-1992
Memang biasanya penyebabnya dari kelistrikannya, mungkin arena sudah tua atau bisa juga BMW lama kurang cocok sama daerah tropis.. Menurut BMW Indonesia, kejadian itu akibat kelalaian pemilik merawat mobilnya.
Biasanya memang kejadian seperti ini terjadi pada BMW tahun tua. Selain itu beberapa waktu lalu juga ada Mercedes E-Class New Eyes terbakar di tempat parkir...
Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Yg terakhir sy liat di majalah otomotif juli, seri 5 yg terbakar. itu juga tahun tua. sekitar th91-95....karena selang bensin.....CMIIW. Jadi selain kelistrikan jg karena selang bensin.
Moga2 tidak terjadi pada BMW produksi sekarang kalo udah tua.
Untuk itu kita mengetuk pintu hati para teroris.........loh apa hubungannya....?
Moga2 tidak terjadi pada BMW produksi sekarang kalo udah tua.
Untuk itu kita mengetuk pintu hati para teroris.........loh apa hubungannya....?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Apakah begitu drastisnya tidak tahan panas, sehingga bisa meledak? Begitu banyaknya BMW tua di negara-negara subtropis dan tropis lainnya, tapi yg kejadian sering meledak cuma terjadi di Indonesia.WP wrote:bisa juga BMW lama kurang cocok sama daerah tropis..
*Sorry, tadi ada typo, udah gue ralat*
Last edited by Chalupa on Thu Sep 30, 2004 17:53, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Hanya di Indonesia saja hal seperti BMW sering meledak ini sering terdengar. Dan mitos tentang "BMW tidak tahan iklim tropis" sering terhembus.WP wrote:Dari yg saya lihat dari berita di berbagai media, yg paling banyak terbakar adalah BMW seri 3 M40 E30 tahun 1987-1992
Di Singapore? Malaysia? Australia? Taiwan? China? Germany? Afrika? Egypt? Jordan? Arab Saudi? Iraq? Or wait........di Arab Saudi dan Iraq pernah ada BMW seri 3 model th. 87 yg meledak, penyebabnya............suicide bombers, atau bisa jadi seperti yg kalian katakan........TIDAK TAHAN IKLIM TROPIS!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Sebenarnya masalah electrical glitches ini sekarang ini boleh dibilang dialami oleh rata-rata mobil buatan Eropa, berita ini sudah sering di-published oleh media massa luar negeri. Gue anjurkan kalian untuk mengikuti berita luar negeri juga mengenai automotive, sehingga wawasan kalian lebih tambah terbuka.t0mc4t wrote: Mudah2an di seri2 yang baru BMW lebih memperhatikan sistem elektronik'nya..
Soal BMW keluaran model tua yg mengalami electrical glitches, itu sebenarnya bisa terjadi pada mobil tua mana saja, karena memang mobil berusia lanjut itu biasanya memang prone to electrical glitches (ini gue kutip dari seorang expert bernama Kevin Clemens yg menekuni mobil tua dan men-restore mobil tua), dapat dibaca disini (di bagian ELECTRICAL):
http://www.mobil1.com/article_printable.jsp?id=118
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kalo di Middle-East kan iklim gurun bukan tropis jadi udara cenderung kering.. beda sama di Indonesia iklim tropis, udara lembab, kadang hujan, kadang panas, dll...Chalupa wrote:Hanya di Indonesia saja hal seperti BMW sering meledak ini sering terdengar. Dan mitos tentang "BMW tidak tahan iklim tropis" sering terhembus.WP wrote:Dari yg saya lihat dari berita di berbagai media, yg paling banyak terbakar adalah BMW seri 3 M40 E30 tahun 1987-1992
Di Singapore? Malaysia? Australia? Taiwan? China? Germany? Afrika? Egypt? Jordan? Arab Saudi? Iraq? Or wait........di Arab Saudi dan Iraq pernah ada BMW seri 3 model th. 87 yg meledak, penyebabnya............suicide bombers, atau bisa jadi seperti yg kalian katakan........TIDAK TAHAN IKLIM TROPIS!
Mungkin juga karena orang Indonesia malas ngerawat mobilnya di bengkel2 resmi.. alasan utamanya adalah MAHALNYA BIAYA SERVIS....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
udah di jual pak cha sekarang pake jeep ceroke taun 94 aja tapi ngak tau tuh mobil rewel juga.indikator nya sering naik kalo macet bisa sampe 100++ gitu apa emang kelemahan ceroke ato apa yahChalupa wrote:Bukannya katanya mpoezz kemaren itu baru beli BMW seri 318?mpoezz wrote:untung udah ngak pakai bmw lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Lantas bagaimana dengan negara Asia lainnya yg iklimnya rada panas, udara juga lembab, kadang hujan, kadang panas seperti Thailand?WP wrote:.. beda sama di Indonesia iklim tropis, udara lembab, kadang hujan, kadang panas, dll...
Dan bukannya orang Indonesia suka mengatakan Indonesia itu panas, and that BMW tidak tahan panas? Bukannya dalam soal kepanasan, Middle East itu jauh lebih panas dari Indonesia? Dan pada malam hari, negara middle East itu dinginnya bukan main, karena adalah gurun? Justru seharusnya dengan kondisi Middle East yg bergurun tsb., mobil-mobil seharusnya mengalami lebih banyak kesulitan, bahkan mobil-mobil Hummer yg canggih sekalipun yg dipake oleh tentara koalisi di Iraq sampai ngadat karena mengalami masalah seperti debu pasir, badai pasir, dan terik panas daerah sana, begitu banyak masalah yg dialami oleh Hummer dan Helicopter canggih mereka oleh karena kondisi Terrain, iklim cuaca, badai pasir di daerah seperti Iraq, and yet dikau masih merasa kondisi iklim Indonesia lebih menyiksa mobil daripada negara-negara di Middle East?
Kadang sangat ridiculous membaca atau mendengar komentar orang-orang yg seakan-akan itu Indonesia begitu panas, begitu lembab, di-bandingkan dengan negara Asia lainnya seperti Malaysia, Thailand, Philippine, dsb. sehingga menyebabkan BMW meledak di Indonesia.
Bisa jadi kejadian BMW yg meledak ini memang disebabkan oleh pemilik BMW yg tidak terlalu memperhatikan kondisi mobil mereka dan lalai dalam men-check dan men-maintain secara routine seluruh bagian parts mobil mereka.WP wrote: Mungkin juga karena orang Indonesia malas ngerawat mobilnya di bengkel2 resmi.. alasan utamanya adalah MAHALNYA BIAYA SERVIS....
Di sini sebenarnya orang Amerika yg pemilik mobil BMW dan mobil mewah lainnya juga banyak yg berkunjung ke independent mechanics, tetapi engga pernah ada kejadian mobil BMW yg meledak, terbakar oleh karena electronic glitchesnya.
Memang ada electronic glitches pada BMW dan mobil Eropa pada umumnya, tetapi not to the point dimana sampai menyebabkan mobil tsb. sampai meledak.
So, mengenai kejadian BMW di Indonesia?
All I can say is, hanya di Indonesia saja, kejadian BMW meledak sering terjadi dan rumour mengenai BMW tidak tahan panas sering dihembuskan oleh masyarakat Indonesia.
Sepanas-panasnya Jakarta, masih kalah panas dibandingkan Arizona. Daku tau ini karena dulu daku pernah tinggal di Arizona. Jadi jangan dikira Amerika tidak ada daerah yg panas, Amerika pun ada desert, so jangan dikira Amerika itu daerah beriklim dingin semua.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Ya jelas dong karena kurang perawatan.....Chalupa wrote: Bisa jadi kejadian BMW yg meledak ini memang disebabkan oleh pemilik BMW yg tidak terlalu memperhatikan kondisi mobil mereka dan lalai dalam men-check dan men-maintain secara routine seluruh bagian parts mobil mereka.
Tapi seumur2 saya bawa mobil, belum pernah yang nama mesti cek kelistrikan (kecuali karena mobil kebanjiran...he...he...he....) , slang bensin, atap plafon turun .
Saya percaya mutu internasional BMW kalo dari sana bagus, mungkin saja pihak BMw indo yang mutu barangnya kurang kualitasnya. Jadi tidak bisa dibilang "Kok daerah yang lebih panas dari Indo, terbukti aman2 aja". Diluar itu masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan terbakar.
Nah kenapa mobil2 Jepang jarang terbakar? bingungkan.....
Seperti Plafon turun, ya mau gimana rawatnya, wong memang turun sendiri. Nah setelah turun baru diganti atau di lem lagi he....he....he.....
Nah kalo kabel, kalo main ganti belum tentu bener...Belum tentu pasang kembalinya selalu bener.... Kalo hal ini saya yakin sehebat2nya mekanik kadang bisa salah dalam pemasangan kabel.
Nah kadang konsumen tuh segan, masak belum rusak gua ganti, kan sayang . Ibarat toelin penyakit. Wong penyakitnya belum ada, ntar malah kepancing penyakitnya.... ITULAH YANG KADANG BIKIN KONSUMEN BINGUNG, DISATU PIHAK DARI SEGI SERVIS SUDAH WAKTUNYA, TAPI DISEGI RUSAK MASIH BELUM WAKTUNYA. Jadinya dilema kan?
At last , saya percaya BMW luar bagus, tapi yang BMW indo mungkin perlu memperbaharui lagi produk barangnya....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Yang penting sekarang adalah produk BMW yang sekarang tidak mengalami nasib yang sama lagi, bilamana sudah tua.
Kalo yang dulu2 terbakar, ya mau gimana lagi, emang bisa di recall lagi.....he...he...he......
Ini Sebagai bukti BMW Indo sudah menangani masalah ini......kalo tidak, konsumen yang jeli pasti bisa memilih sendiri produk yang akan dipakainya.
Kalo yang dulu2 terbakar, ya mau gimana lagi, emang bisa di recall lagi.....he...he...he......
Ini Sebagai bukti BMW Indo sudah menangani masalah ini......kalo tidak, konsumen yang jeli pasti bisa memilih sendiri produk yang akan dipakainya.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Biasanya kalau setiap dilakukan oil change itu bisa juga dilakukan basic inspection gratis dari pihak dealer resminya untuk mencheck apakah ada masalah pada mobil anda (yg dapat dilihat secara visible dengan mata), kalau terdetect langsung dikasih tau. Untuk intermediate & major services biasanya sudah termasuk full safety inspection, dimana mencakup daerah electrical systemnya sampai ke bagian-bagian lainnya. Full safety inspection pun bisa lakukan tersendiri dengan biaya extra. Full inspection ini biasanya juga bisa dilakukan di bengkel-bengkel independent, walaupun peralatannya mungkin tidak secanggih dan selengkap dealer resmi merek bersangkutan.handling wrote: Tapi seumur2 saya bawa mobil, belum pernah yang nama mesti cek kelistrikan (kecuali karena mobil kebanjiran...he...he...he....) , slang bensin, atap plafon turun .
So, itu salah anda sendiri, siapa suruh gak pernah melakukan full inspection mobil anda mengingat mobil anda sudah berumur? Gak peduli anda menyetir BMW atau Toyota atau Honda. So, blame it on yourself.
Oh? Lho, bukannya sebelum di-CKD disini, untuk model lama itu BMW Indonesia masih dimasukkan dari salah satu negara asia? Sedangkan dari negara asal kita mengimpor masuk BMW ini ke Indonesia tidak sering terdengar ada BMW meledak karena electrical glitches ataupun hal lainnya. So what's your excuse now? Dan apakah lantas hanya karena dipasarkan di Indonesia, BMW tidak menjunjung dan menerapkan quality standard mereka? Bahkan sekarang BMW yg sudah di-CKD di Indonesia saja pun menerapkan quality standard mereka dan diawasi ketat langsung oleh pusatnya (BMW AG).handling wrote:mungkin saja pihak BMw indo yang mutu barangnya kurang kualitasnya. Jadi tidak bisa dibilang "Kok daerah yang lebih panas dari Indo, terbukti aman2 aja". Diluar itu masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan terbakar.....
Dan mengenai daerah panas itu, gue mentioned disini karena banyak orang Indonesia yg sangat konyol cara berpikirnya dan sering mengatakan ooooh, BMW tidak tahan panas, sampai meledak tuh. Dan memang gue setuju kalau masih banyak faktor lain yg bisa menyebabkan suatu mobil itu meledak, tapi yg sering mengatakan BMW itu meledak karena tidak tahan panas itu kan berasal dari mulut orang-orang di Indonesia sendiri tho yg suka sekali menyebarkan rumour tsb?
Last edited by Chalupa on Fri Oct 01, 2004 10:25, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Hehehe, pasang tampang badak aja, ke dealer BMW saja, and di depan mereka ngotot mau kembaliin BMW th.87-92 loe. Kali aja mereka kasihan ama loe, terus BMW model th.87-92 loe diganti ama Bajaj keluaran th. 2000.handling wrote:Yang penting sekarang adalah produk BMW yang sekarang tidak mengalami nasib yang sama lagi, bilamana sudah tua.
Kalo yang dulu2 terbakar, ya mau gimana lagi, emang bisa di recall lagi.....he...he...he......
Hey, not bad man, paling tidak sebising-bisingnya Bajaj, tho engga pernah sampai meledak parah dan terbakar gosong kan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Untuk sementara jangan beli Volvo dulu, sekarang kualitas Volvo merosot sangat tajam, lebih tajam dari Mercedes. Kalau model th. 90-an sih masih sangat awet, sejak akhir 90-an sampai sekarang reliability Volvo mengalami pemerosotan kualitas yg sangat drastis, sangat mirip dengan kondisi Mercedes. Cuma bedanya, tahun ini Mercedes berhasil men-improve kualitas mereka by 20% (menurut study yg dilakukan oleh consumer reports). Sedangkan Volvo masih belum terlihat mengalami improvement yg berarti dalam hal kemerosotan kualitasnya.handling wrote:Eh ada yang pernah denger volvo kebakar gak ? Moga2 tidak ada beritanya ya.......he....he...he....
Saya fans berat sama volvo dari yang 960,850 sampe yang S80 S60 skrg (kecuali S40 jelek banget...)tapi harganya hancur banget kalo udah tua.....he...he....he....
Sebenarnya sebelum Volvo mengalami kemerosotan kualitas yg terjadi baru-baru ini, mobil Volvo itu terkenal awet sekali lho, bokap temen gue disini punya Volvo seri 740 kalo engga salah yg model akhir th. 80-an, sampe sekarang masih awet, dan pas gue tanya ke dia, dia bilang ke gue, mereka belum pernah sekali pun mengalami major problems dengan mobil Volvo mereka yg mileagenya udah 300,000 lebih. So, menurut gue Volvo itu memang a good car, cuma untuk saat ini, jangan dulu membeli model keluaran awal th.2000-an gitu atau akhir th. 90-an, soalnya mulai dari model-model tahun itu lah dimana terjadi kemerosotan kualitas Volvo.
Untuk sekarang ini, kalau kamu mau beli mobil Eropa, saya cuma men-recommend 3 brands, Porsche, BMW, Saab. Sedangkan yg lain mengalami pemerosotan kualitas yg sangat tajam. Audi pun mengalami pemerosotan kualitas, cuma di antara mobil Eropa (spt. Mercedes, VW, Volvo, Audi) yg mengalami pemerosotan kualitas secara tajam, Audi berhasil bangkit kembali lebih cepat daripada merek seperti Mercedes, Volvo, dan VW (walaupun sebenarnya VW ini adalah parent company-nya Audi sekarang ini), jadi diantara ke-4 brands yg mengalami pemerosotan kualitas secara tajam ini, Audi masih tetap yg terunggul dan ter-reliable dan yg paling duluan berhasil mengatasi masalah kualitas mereka.
Sebenarnya semua mobil Eropa mengalami pemerosotan kualitas (dalam hal reliability), cuma paling tidak, Porsche, BMW, dan Saab masih boleh dibilang terbagus (ter-reliable) di bandingkan merek Eropa lainnya.
Untuk Volvo sih, kalo mo beli, beli yg bekas saja, sayang harganya anjloknya cepet sekali, jangankan di Indonesia, di Amerika pun resale value Volvo itu anjlok sekali.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Hmm middle east mmg gurun pasir semua , dan cuacanya sangat tidak bersahabat buat kendaraan bermotor secanggih apapun.WP wrote:Kalo di Middle-East kan iklim gurun bukan tropis jadi udara cenderung kering.. beda sama di Indonesia iklim tropis, udara lembab, kadang hujan, kadang panas, dll...Chalupa wrote:Di Singapore? Malaysia? Australia? Taiwan? China? Germany? Afrika? Egypt? Jordan? Arab Saudi? Iraq? Or wait........di Arab Saudi dan Iraq pernah ada BMW seri 3 model th. 87 yg meledak, penyebabnya............suicide bombers, atau bisa jadi seperti yg kalian katakan........TIDAK TAHAN IKLIM TROPIS!WP wrote:Dari yg saya lihat dari berita di berbagai media, yg paling banyak terbakar adalah BMW seri 3 M40 E30 tahun 1987-1992
Mungkin juga karena orang Indonesia malas ngerawat mobilnya di bengkel2 resmi.. alasan utamanya adalah MAHALNYA BIAYA SERVIS....
Musim panas dimulai bln mei mencapai puncak bln juli agustus dan sept,okt nop mulai musim peralihan,terus desember januari adalah puncaknya musim dingin,dalam kasus2 ekstrem dinginnya smp 5' celsius.
Sedangkan puncak musim panas tahun ini cuma 51' celsius......
Yg luarbiasa dimusim panas adalah anginnya!
Anginnya berhembus bukan sepoi2,tapi kadang kencang dan panas menampar muka,dan bukan hanya disiang hari nan bolong,malam haripun setelah jam 7 malam masih juga ada angin panas!
Yup faktor perawatan ini memang sangat krusial,
namun apa daya biaya perawatan mobil mmg tidak sesuai dg kantong kebanyakan orang kita,shg terpaksa harus kompromi ke bengkel non authorised......
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Cha yg cepat panas tuh cherooke 94nya mpoezz bukan BM nya.Chalupa wrote:Udah pernah ke bengkel resminya untuk dicheck radiator and cooling system BMW dikau? Model tahun berapa BMW dikau?mpoezz wrote: tapi penyakit nih mobil panas an temperatur nya kalo macet 100 tuh.
Mgk perlu servis radiator,atau pasang radiator yg 2ply,dijamin lebih adem...
Cuma mesti tanya ketukangnya,bisa compatibel gak 2ply dg cherooke?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016