Case 1 :
Taft GT ,pas lagi keluar kota dari dari perjalanan pulang bontang ke samarinda di pertengahan jalan tiba tiba kap mobil mengeluarkan asap , kemudian mobil segera ditepikan BERUNTUNGNYA di tempat tersebut pas di daerah restoran tengah kota nah itu kejadiannya pas sore hari kira kira jam 4 . sewaktu kap mesin dibuka ternyata pipa injektor solar retak sehingga solarnya muncrat ke sekitar daerah mesin dan kabel .kabelnya terbakar bokap gue buru2 ambil air cadangan terus di siram ke daerah yg terbakar . sialnya waktu itu pas pulang dari bontang beli ikan di pasar ikan karena murah . pusing dah ortu gue karena kalau kelamaan bisa basi nih ikan rugi dong udah beli ikan 50 Kg buat persediaan 3 bulan jadi mubazir . pas lagi madamin api orang di sekitar datang juga .
terus setelah berdiskusi kata mereka mobilnya masih bisa jalan kok pak dieselkan gak perlu listrik kalau dinyalain . akhirnya berkat bantuan sesama tamu restoran mobil di dorong ke jalan raya yg menurun . setelah mobil bergerak cepat akhirnya mobil bisa starter kemudian kabel elektrikal di lepas sedangkan pipa besi injektornya di ikat pake bungkus plastik dan tali rafia AKHIRNYA kami sampe juga di rumah setelah 2 jam perjalanan . puji tuhan
case 2 :
Timor DOHC , ceritanya gue ma nyokap mau jemput kakak di bandara balikpapan maka sehari sebelumnya mobil di bawa ke bengkel KIA motor buat gantiin Alternator sama karet mounting mesin sebenarnya alternator masih berfungsi baik hanya saja bunyi bearingya udah agak kasar bunyinya . nah waktu itu sayangnya karena servisnya selesai jam 5 sore makanya mobil belum dites apakah berfungsi baik. sampai di rumah gue nyantai nyantai pas mau keluar beli makanan jam 7 malam pake Taft gue sempet cek kondisi mobil timor gue , nah pas gue puter kunci kontak ternyata mesin gak mau hidup sama sekali bahkan lampu dalam maupun tape gak nyala .ALAMAK ,gue lapor ma nyokap akhirnya terpaksa aki dikeluarkan dan di charge kebetulan kita punya setrum aki mini merknya Bendhul. pas paginya di starter gak bisa juga terpaksa menggunakan aki baru yg belinya kemarin sore lengkap dengan air Accunya sebanyak 5 liter di dalam jerikan vol 5 liter . pas waktu pagi diisi aki GS barunya ternyata airnya kurang dikit padahal waktu itu masih jam 4.30 pagi . berhubung rumah gue di jalan besar dan banyak toko maupun restoran nah kebetulan ada kenalan sesama orang batak yg punya klinik aki . di telpon nyokap gue , anehnya di angkat teleponnya
nyokap bilang : permisi , amang apakah bisa kami beli air aki kebetulan mau jemput keluarga di balikpapan tapi air accunya kurang ,
klinik aki : bisa bisa datang aja ,nanti pintu relnya dibuka tapi ketok dulu
akhirnya gue bareng nyokap jalan ke klinik akinya sejauh 100 m sekalian beli mur dan baut kepala aki karena yg lama udah Doll . nah setelah selesai ngisi air aki dan pasang aki di mobil kami segera berangkat ke balikpapan tapi belum pasang AC .

pas di perjalanan kira kira 40 menit , ada bunyi nging.... nging... nging... di depan bagian kanan ban mobil. gue tanya nyokap gue bunyi apaan tuh . kata nyokap gue paling suara ban. nah pas udah di pertengahan jalan bunyinya gak ilang ilang . gue suruh pinggirkan mobil di cek sekitar mesin mobil gak apa apa .
nah setelah sampai di bandara jemput saudara gue kami pulang dan Eng Ing ong AC Timor dinyalakan . setelah mobil berjalan 30 menit tiba tiba meter temperatur naik ke posisi 2/3 ternyata setelah di cek Kipas kondensor tidak berfungsi padahal sebelum ganti alternator kipas kondensor berfungsi . alhasil kakak gue marah marah . Gimana sih kalian mobil diperbaiki kok tambah parah , gak usahlah servis servis mobil duah tua malah tambah bikin stress ,ngerepotin akhirnya di perjalanan kami berdua kena semprot terus .
setelah kira kira 2/3 perjalanan menuju samarinda tiba tiba suhu mobil mendadak naik ke posisi 2/3 bukan hanya itu suara klaskon lambat tapi pasti semakin MENGECIL volumenya gue juga HERAN , langsung tiba tiba mobil dipinggirkan kaget gue ma kakak gue . terpaksa mobil istirahat 10 menit . kemudian di start akhirnya mau jalan di perjalanan hampir sampai ke pinggir kota mobil MOGOK lagi . berhubung mobil transmisi manual . gue bilang ma Nyokap
ma aku dorong aja alhasil di mobil bertiga saja gue yg dorong kakak gue ma nyokap di mobil . kebetulan pas jalan lurus dan menurun .
dorongan pertama gagal !!!
dorongan kedua gagal !!!
terus gue marahin nyokap gue ??? yg serius dong bawa mobilnya kalau udah larinya kenceng putar kunci kontaknya kuat kuat
nah pas dorongan ketiga gue dorong sekuat kuatnya ... dan Bremmm .. mmph .. akhirnya nyala juga setelah sampi di tengah kota eh pas di lampu merah mogok lagi beruntung sudah dekat kota .
setelah mobil di pinggirkan nyokap gue telpon dealer KIA terus suruh ambil mobil buat di tarik .
lusa setelah mobil ditarik ? ditanya nyokap apa masalahnya . katanya sih gara gara Tali alternator rusak jadi pengisian gagal . gue sih curiga mereka aja masangnya gak bener .
Kesimpulan : Jadi sewaktu perjalanan kami dari Pinggir kota samarinda menuju balikpapan dan ke samarinda lagi ALTERNATOR gak ngisi MUKZIZAT man ...

Buat para SMers dimohon dukungannya tentang pengalamannya pas mogok2 di perjalanan beserta solusinya
Wassalam