Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Top 10 Best Selling Cars 2009 (USA)
============================
1. Ford F-150
2. Toyota Camry
3. Chevrolet Silverado
4. Toyota Corolla
5. Honda Accord
6. Nissan Altima
7. Ford Escape
8. Honda CR-V
9. Ford Fusion
10. Honda Civic
Data 2009 Uni Eropa belon ada atau saya belon nemu, kalo 2008 nya
1st Volkswagen Golf
2nd Peugeot 207
3rd Ford Focus
4th Opel Corsa
5th Renault Clio
6th Ford Fiesta
7th Opel Astra
8th Fiat Punto
9th Volkswagen Polo
10th Audi A4
Beda sekali dgn Amerika, tapi banyak merek2 diatas yg nyerah di sono (Peugeot, Renault, Fiat). Yg greng di dua market raksasa ini, Ford..
No ....... AS ............ Eropa
1 ....... pickup ...... hatchback
2 ....... sedan ....... hatchback
3 ....... pickup ...... hatchback
4 ....... sedan ....... hatchback
5 ....... sedan ....... hatchback
6 ....... sedan ....... hatchback
7 ....... SUV ......... hatchback
8 ....... SUV ......... hatchback
9 ....... sedan ....... hatchback
10 ..... hatchback . sedan
Kalau di Indonesia kayak apa ya? 1. Avanza (MPV) 2. Xenia (MPV) 3. Kijang (MPV) 4. Jazz (hatchback) 5. Terios (SUV) 6. Rush (SUV, 10534 unit Nopember 2009).... (Catatan : data Suzuki belum ketemu nih, ada yg bisa bantu?)
maskopat wrote:bukan tofonda dong... tapi fotochenda...
Chevrolet cuman satu di Top 10....Nissan juga ada. Kalo Toyota Ford Honda lebih dr satu.
kalo gitu jadi fotochendasan....
halah, singkatan aja dibahas. jadi malu...
oke, tapi menarik juga ya komposisi mobil antara eropa dan US... entah karena tradisi atau kebutuhan... atau gabungannya. di eropa, all european cars.. (ford focus dan fiesta ane anggap mobil eropa)..
kalo pasar jepang gimana ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
asudarsono wrote:No ....... AS ............ Eropa
1 ....... pickup ...... hatchback
2 ....... sedan ....... hatchback
3 ....... pickup ...... hatchback
4 ....... sedan ....... hatchback
5 ....... sedan ....... hatchback
6 ....... sedan ....... hatchback
7 ....... SUV ......... hatchback
8 ....... SUV ......... hatchback
9 ....... sedan ....... hatchback
10 ..... hatchback . sedan
Kalau di Indonesia kayak apa ya? 1. Avanza (MPV) 2. Xenia (MPV) 3. Kijang (MPV) 4. Jazz (hatchback) 5. Terios (SUV) 6. Rush (SUV, 10534 unit Nopember 2009).... (Catatan : data Suzuki belum ketemu nih, ada yg bisa bantu?)
Iya org Eropa mupeng bgt yak ama hatchback...beda total sama di Amerika. Saya rasa sih karena bensin MAHAL BGT di EU.
sampe 2008 merk jepang blom bisa 'nembus' eropa ya. bisa beda jauh gitu dengan amerika.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Belum cukup indah mobil Jepang buat org Eropa - selera org sana udah lebih advanced. Dan merek2 yg terkenal rewel pun mungkin tidak rewel krn emang dirancang untuk iklim disana. Harga pun mungkin tidak mahal...karena bikinan "lokal"...so, no reason to buy Japanese.
zweifellos wrote:sampe 2008 merk jepang blom bisa 'nembus' eropa ya. bisa beda jauh gitu dengan amerika.
eropa condong ke mobil modern, praktis, efisien.
sebagian ford dari teknologi jepang, mazda.
om GTR, bukannya mobil ejpang juga modern, praktis dan efisien?
satu lagi yang ane lihat di mobil eropa, rata2 memiliki rasio power/volume yang besar. bahkan mesin2 vw sudah tembus 80-100 HP/Liter untuk mobil penumpang biasa...
kalo mobil jepang masih sekitar 70-80 HP/Liter.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maksud ogut, dalam kategori mobil, dalam hal ini hatchback.
Seems orang eropa memilih kendaraan praktis modern efisien.
Kalo kenapa merk eropa aja, Jepangnya ga ada /dikit, yah bisa karena faktor2 lain, misal umur merk masuk market dll.
nah soal "satunya"; misal output spesifik mesin, ini memang makin modern makin besar.
Engineering mobil2 eropa terkesan lebih modern, kadang2 'kelebihan' modern malah.
Sebesar itu pada mobil2 eropa, bagi Jepang mungkin beda 1-2 generasi, tapi bukan berarti ga bisa tapi mungkin lebih tepat dianggap "belum saatnya" karena mempertimbangkan faktor lain, misal karena persepsi perilaku maintenance si konsumen di market area.
Karena mobil2/varian terbaik Jepang yg mungkin setara eropa itu bisa aja ada, tapi memang cuma diperuntukan di Jepangnya sana, mendiskriminasikan konsumen domesticnya tersendiri.
GTR wrote:Engineering mobil2 eropa terkesan lebih modern, kadang2 'kelebihan' modern malah.
betul, pertimbangan saya kurang ngelirik mobil eropa karena 1 hal ini
kalo rusak gimana benerinnya (susah / mahal / lama indennya)
imagenya selalu begini, susah dirubah entah kenapa
padahal blom pernah punya
Kenapa orang Eropa nggak suka mobil non-Eropa, ya itu subyektifitas. Mereka emang maunya merk Eropa doang. Mulai mobil, TV, jam tangan dll. Sama khan orang Korea maunya mobil Korea, orang Malaysia maunya mobil Malaysia, orang Indonesia maunya mobil Jepang. Wajar - wajar aja.
Eh, BTW, onderdil mobil Eropa justru di Indonesia paling gampang lho. Masa disuruh inden, belum pernah aku selama 20 tahun pakai mobil Perancis disuruh inden tuh. Aku paling lama inden itu 6 jam, waktu kaca depan gue digetok ama kapak merah. Coba kalau Kijang berapa lama tuh indennya (pengalaman saya sih 2 minggu, waktu itu saya cuma mikir apa kaca depan ini impor apa buatan dalam negeri). Tapi itu kembali ke subyektifitas. Boleh2 aja semua punya pendapat sendiri.
asudarsono wrote:Kenapa orang Eropa nggak suka mobil non-Eropa, ya itu subyektifitas. Mereka emang maunya merk Eropa doang. Mulai mobil, TV, jam tangan dll. Sama khan orang Korea maunya mobil Korea, orang Malaysia maunya mobil Malaysia, orang Indonesia maunya mobil Jepang. Wajar - wajar aja.
Eh, BTW, onderdil mobil Eropa justru di Indonesia paling gampang lho. Masa disuruh inden, belum pernah aku selama 20 tahun pakai mobil Perancis disuruh inden tuh. Aku paling lama inden itu 6 jam, waktu kaca depan gue digetok ama kapak merah. Coba kalau Kijang berapa lama tuh indennya (pengalaman saya sih 2 minggu, waktu itu saya cuma mikir apa kaca depan ini impor apa buatan dalam negeri). Tapi itu kembali ke subyektifitas. Boleh2 aja semua punya pendapat sendiri.
yang bener nih om? boleh cerita2 nih... bagi pecinta mobil eropa, koq kayaknya ngerawatnya gak susah2 amat yah... barang juga gak terlalu lama indennya. harga juga bersaing.
kaget juga kalo tahu harga tie rod ori mercy 78, lebih murah daripada kijang super yang KW!!!
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Tahun 1998 gue ada niat beli Corolla 73, dulu aku punya kenangan bagus ama mobil itu sih. Tapi kesulitan cari karburatornya, modelnya masih yg kotak gitu. Kalau ganti yg kijang punya kok males ya.
Kemarin 2009 cari karburator VW Kodok 1973 juga, ditawarin mau Weber (6jt) apa Solex (12 jt). Temenku pilih yg Solex buat ngejar orinya. Apa sih spare parts VW Kodok yang nggak tersedia? Kayaknya sampai mur baut aja ada deh. Begitu pula Mercy. Mercy khan mesinnya macam2 tapi pemilik Mercy santai2 aja tuh.
Masalahnya bukan mobil ini bagus apa jelek, tapi aftersalesnya bagus apa nggak. Ini mungkin krn org Eropa pakai mobil cukup lama, kalau org Jepang khan pakai mobil paling 5 tahun aja.
KAlau pendapat saya ttg mobil Eropa : Mobil Eropa didesain sbg "mobil org bego". Jadi kalau nggak rusak jangan diotak - atik. Ntar jadi rusak beneran. Petunjuk perawatan diikuti dgn urut. Prinsipnya "kita bego aja, kalau mobilnya perlu, ntar kasih tahu sendiri". Ini berlaku untuk mobil Jerman - Prancis - Inggris. Kalau mobil Itali mah lain lagi (hahahaha).
Org Eropa pergi ke bengkel tuh setahun / 10.000 km sekali, sekalian uji MOT dan uji emisi. Sekalian ganti aki, oli, filter dll. Nggak cocok buat kita yang tiap bulan ada aja alasan ke bengkel. Kalau yg kayak gini mah, ya jelas aja jebol.
wah, nice info om asudarsono... emang iya nih, spare part mercy, bmw tahun 70-an - 80-an masih bisa dapet ori nya.. apalagi bodynya.. kita pesen ke team panzer juga masih bisa... mobil japs? wiper arm carry futura yang ori aja dah susah cari barangnya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Karena masih banyak yg pake/kepengen mobil Eropa tua2, orang dagang ya dgn senang hati melayani - karena memang masih indah. Mobil Jepang udah tua jarang yg masih indah...liatnya aja males apalagi meliharanya.
Kalo mobil2 tua Eropa jaman 80-90an, masih ada kaum "acting rich" yg doyan - mercy tua bangka kan masih keliatan keren dan bikin yg punya keliatan berduit, walaupun harganya udah gak seberapa. Kalo udah tua banget, udah jadi klasik...yg doyan juga masih banyak...car collectors. Jadi memang "nyawa" mobil Eropa jauh lebih lama - bukan hanya nyawa hidup tapi faktor desirability. Contohnya Corolla DX...jalan sih jalan, tapi siapa sih yg mau naik ini kalo gak terpaksa. Kalo MB 190E jadul, beh masih nendang tampangnya.
GTR wrote:Engineering mobil2 eropa terkesan lebih modern, kadang2 'kelebihan' modern malah.
betul, pertimbangan saya kurang ngelirik mobil eropa karena 1 hal ini
kalo rusak gimana benerinnya (susah / mahal / lama indennya)
imagenya selalu begini, susah dirubah entah kenapa
padahal blom pernah punya
Hehehe....pengalaman punya mobil eropa 3 kali ujung"nya balik ke merk jepang lagi kalo ane sih skr ngerasa merk eropa dipake lama ngebosenin, dipake sebentar bikin rugi,, hehehe....