Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Senior2 semua mohon pencerahannya,Ada yang tau ga kenapa maestro saya indicator lampu oli dan CHG nya mati?? cuma Parking break aja yang nyala kalo dikontak, tapi pas distasrter chgnya nyala dikit/redup banget(malem baru keliatan) pas mesin dah idup mati lagi(normal). Indicator oli nya mati total, sebelum mati total indicator olinya kedap kedip mulu. dah 2 hari ini indicator oli atau CHG mati(kecuali CHG redup pas distarter). Oiya maestronya masih carbu dan sekring2 dari kap mesin ampe kolong yang deket pedal gas dah dicheck pake test pen DC, normal semua. Ada yang tau atau pernah ngalamin? mau ngurut kabelnay bingung, banyak amat... ada hubungannya ga sama jarang dipake? mohon Infonya.. Thanks in advance
indikator lampu oli :
- kemungkinan dari sensor olinya, entah penuh/mampet sama oli yang mengering (berkerak) atau emang kabelnya kendor/sambungan kabelnya buruk. bisa dibersihkan, atau diganti.
alternator /charging : umumnya karena kabel kendor saja, dibelakang alternatornya..bisa dicek. selain itu bisa juga karna jarang dipakai, aki terkuras (walau tidak habis/msh bisa starter) sehingga waktu mbl hidup pertama kali, alternator kerja keras mengisi aki yang sudah terkuras sebagian. musti nya diliat agak lama apakah lampu chg nya mati atau tidak. cara bodoh dan berbahaya mengetes alternator adalah pake obeng, sentuhkan ke tengah pulli alternator yang lagi bergerak (tapi bahaya kalau salah2 bisa celaka)...baiknya sih bawa ke tukang alternator, minta cek voltase dan apakah pengisiannya bener.
kemungkinan lain ya aki nya udah agak lemah..jadi tewas.com..biasanya saat aki melemah, timbul masalah2 kelistrikan yang sulit dijelaskan...hehe
iwang wrote:indikator lampu oli :
- kemungkinan dari sensor olinya, entah penuh/mampet sama oli yang mengering (berkerak) atau emang kabelnya kendor/sambungan kabelnya buruk. bisa dibersihkan, atau diganti.
alternator /charging : umumnya karena kabel kendor saja, dibelakang alternatornya..bisa dicek. selain itu bisa juga karna jarang dipakai, aki terkuras (walau tidak habis/msh bisa starter) sehingga waktu mbl hidup pertama kali, alternator kerja keras mengisi aki yang sudah terkuras sebagian. musti nya diliat agak lama apakah lampu chg nya mati atau tidak. cara bodoh dan berbahaya mengetes alternator adalah pake obeng, sentuhkan ke tengah pulli alternator yang lagi bergerak (tapi bahaya kalau salah2 bisa celaka)...baiknya sih bawa ke tukang alternator, minta cek voltase dan apakah pengisiannya bener.
kemungkinan lain ya aki nya udah agak lemah..jadi tewas.com..biasanya saat aki melemah, timbul masalah2 kelistrikan yang sulit dijelaskan...hehe
Thanks 4the input . Indikator lampu oli bisa jadi kendor tar sore rencananya mau dchk ulang lagi sendiri, cuma ya itu maestro itu rapet ruang mesinnya rada susah ngerogohnya..mesti sdikit perjuangan..
Lampu CHG : so far di check pake tang ampere voltase pengisian masih antara 13,3-13,7 volt. amperenya kisaran 3-4ampere, akinya pake aki kering Delcor 60AH. Lampu CHG langsung mati begitu mesin nyala, cuma ya itu tadi pas kontak aja lampunya mati pas mulai starter lampu nyala agak redup, pas mesin muter lampu langsung mati(normal). Cuma semalem saya tendang2 penasaran didaerah kabel2 yang deket pedal gas(keadaan kontak, mesin mati) lampu CHG sempet nyala terang tapi redup terus mati lagi. masalahnya saya ga tau kabel mana yang terhubung ke CHG, kabelnya lumayan banyak dan ribet dikolong... Thanks alot ya....
cari dari gampangnya dulu pak, dari alternatornya dulu, urutin kabelnya...karena di alternator kan kabelnya kena panas terus..kadang kendor, kadang jadi getas.
abis itu diurut dari ujung satunya di kotak sekring..memang ruwet kalo kita liatnya di tengah, harness kan banyak banget kabelnya..heheh
iwang wrote:cari dari gampangnya dulu pak, dari alternatornya dulu, urutin kabelnya...karena di alternator kan kabelnya kena panas terus..kadang kendor, kadang jadi getas.
abis itu diurut dari ujung satunya di kotak sekring..memang ruwet kalo kita liatnya di tengah, harness kan banyak banget kabelnya..heheh
Oke, sip...thanks bro iwang yang selalu membantu dan baik hati...hehehehehhe.....