Performa mesin Kijang Innova
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
Performa mesin Kijang Innova
Bagaimana dengan performa mesin kijang Innova atau Top speed nya kijang Innova ? Kalau saya baca di autobild atau otomotif katanya klaim dari TAM, kijang Innova bensin 2.0 M/T, top speednya 175 kph, sedangkan kijang innova diesel 2.5 M/T, top speednya 155 kph. Bagaimana kenyataannya ? ada yg mencobanya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Wah lumayan kenceng ya....
Kalo sedan yang 1500cc -1800cc menang ditarikan awal, tapi untuk tarikan menengah dan top speed udah mesti was2 dgn kijang inova yang sekarang.
kalo Kijang kapsul 2.0L yang dulu , top speednya masih tidak setinggi itu..... Memang hebat kijang inova yang sekarang.
Tapi di test drive nya tdk dibilang kijang A/T nya agak malas untuk di ajak kick down (seperti yang diberirtakan Autobild). Mungkin Autobild lebih detil dalam masalah pengetesan dibanding kompas.....CMIIW
Kalo sedan yang 1500cc -1800cc menang ditarikan awal, tapi untuk tarikan menengah dan top speed udah mesti was2 dgn kijang inova yang sekarang.
kalo Kijang kapsul 2.0L yang dulu , top speednya masih tidak setinggi itu..... Memang hebat kijang inova yang sekarang.
Tapi di test drive nya tdk dibilang kijang A/T nya agak malas untuk di ajak kick down (seperti yang diberirtakan Autobild). Mungkin Autobild lebih detil dalam masalah pengetesan dibanding kompas.....CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Saya juga ngak tahu persis nyebutnya apa? (kalo ngak salah, semi dan full kickdown).
Yang pasti waktu nginjak gas dengan penuh/mentok (step 1) mobilkan berakselerasi dengan cepat, namun jika merasa akselerasi kurang, anda masih bisa tekan lagi itu pedal gas (step 2) dengan sedikit menambah tenaga dikaki untuk menambah lagi akselerasi.
Yang pasti waktu nginjak gas dengan penuh/mentok (step 1) mobilkan berakselerasi dengan cepat, namun jika merasa akselerasi kurang, anda masih bisa tekan lagi itu pedal gas (step 2) dengan sedikit menambah tenaga dikaki untuk menambah lagi akselerasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
loh bukannya yg step 1 itu udah mentok tekannya, mana ada sisa lagi utk tekan lagi. Pas teken abis kan persnelingnya lgsg oper ke gigi yg lbh rendah. Dan lgsg berasa bgt akselerasinya. Nah kalo yg dimaksud autobild, pas ditekan gas mendadak sampe habis,mobil gak tuker gigi ke yg lbh rendah. Jd tetap pake gigi yg semula. Jd tarikan /hentakannya tdk terlalu terasa. Sy sih blm tau ya kalo ada mbl yg udah diinjek abis, trur msh bs diinjak lg. Coba rekan2 yg lain ada yg bs jwb?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Saya pikir ini bukan teknologi baru.DigitALL wrote:Setau gw sih kick down itu ngga ada 2 step deh. Apa itu teknologi terbaru ?
Sejak 1987 sampai sekarang, tetap saja kickdown nya ada 2 step.
Jika nanti service rutin, akan saya tanya ke teknisi bagaimana menjelaskan ini (1 and 2 step).
Kalau begitu, kijang kapsul,stream,serena, kickdown nya hanya ada 1 step ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Seperti juga hasil test drive bung d1d1k di Semarang yg mengatakan tarikan Innova lebih responsif dibanding Odysey 2.300 cc.handling wrote:Wah lumayan kenceng ya....
Kalo sedan yang 1500cc -1800cc menang ditarikan awal, tapi untuk tarikan menengah dan top speed udah mesti was2 dgn kijang inova yang sekarang.
kalo Kijang kapsul 2.0L yang dulu , top speednya masih tidak setinggi itu..... Memang hebat kijang inova yang sekarang.
Tapi di test drive nya tdk dibilang kijang A/T nya agak malas untuk di ajak kick down (seperti yang diberirtakan Autobild). Mungkin Autobild lebih detil dalam masalah pengetesan dibanding kompas.....CMIIW
Hasil test drive sayapun atas Innova V A/T, tarikanan nya cukup responsif dan kickdown nya baik dan selalu dapat.
Tarikan Innova ini mirip2 Toyota Wish.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Thu Sep 30, 2004 6:25
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Laporan TOP GEAR bilang, test drive innova M/T dengan limiter 6000 RPM
Gigi 3 bisa 120 km/jam
Gigi 4 bisa 180 km/jam
Gigi 5 kalo berani siap-siap mencapai 200 km/jam
Kalau dengan Rasio Gear Innova Manual
1=3,928 2=2,142 3=1,397 4=1 5=0,851 R=4,743
FinalGear=4,556
Coba yang ngerti hitungannya, apa benar bisa ?
Gigi 3 bisa 120 km/jam
Gigi 4 bisa 180 km/jam
Gigi 5 kalo berani siap-siap mencapai 200 km/jam
Kalau dengan Rasio Gear Innova Manual
1=3,928 2=2,142 3=1,397 4=1 5=0,851 R=4,743
FinalGear=4,556
Coba yang ngerti hitungannya, apa benar bisa ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Sorry baru bales skrg, telat baca.....hdrw wrote:Bung Handling,
Kalo boleh tahu, Gear ratio dan final gear innova yg anda minta untuk memprediksi apa sih?
itu untuk mengetahui giginya halus atau kasar biasanya diliat dari kombinasi final gear dan ratio gear V.
Biasanya untuk kelas MPV,SUV, final gear nya kasar berkisar 4,5 keatas
Contoh nya suzuki APV kalo gak salah 5,000 an keatas.....CMIIW
Dan Kalo untuk kelas sedan rata dibawah 4,500 - 3,500 umumnya...
Nah untuk truk lebih gila lagi ....bisa diatas 5,000 an.
Semua ini dibuat lain karena tergantung dari tujuan utama mobil itu dibuat. Kalo MPV,SUV, Truk. kan tujuan utamanya untuk bawa barang atau orang. Bukan mementingkan kecepatan...ya makanya dikasih Final Gear yang kasar. Supaya kerja mesin bisa ringan dan kalo dipake nanjak juga kuat.
Tapi ya tarikan giginya jadi pendek.Jadi sebentar2 udah mesti tuker gigi. Misalnya gigi 1 pada 5000rpm cuma bisa sampe 20km/h. Dan kalo pada kecepatan 60km/h kita biasanya udah pake gigi 3 atau 4. Tapi kalo di sedan pada kecepatan 60km/h masih pake gigi 2 atau 3.
Contoh lagi ...Kijang kapsul gigi 5 pada 3000rpm cuma berada di kecepatan 82,5 atau 85km/h (Kalo gak salah saya pernah bawa).
Nah kalo Sedan kan dibuat untuk kenyamanan, giginya dibuat halus. Jadi tarikannya jadi panjang. Misalnya gigi 1pada 5000rpm udah bisa sampe 40-45km/h. dan kalo gigi 5 pada 3000rpm udah di 95km/h bahkan ada yang udah di 120km/h (tergantung dari type mobil).
Nah kalo Truk lebih2 lagi, untuk mencapai 100km/h mesti butuh gigi 12.....CMIIW Kalo gak salah Truk Fuso.
Nah terlepas dari gigi nya halus atau kasar, masih ada lagi tenaga mesin. Jadi percuma kalo ratio giginya halus, tapi tenaga mesinnya tidak cukup kuat untuk muterin giginya sampe pada rpm tertentu. ya hasilnya untuk mencapai kecepatan tertentu butuh waktu lebih dari biasanya.
Tapi sekarang definisi utk itu semua sudah mulai melenceng, buktinya Porsche Cayanne yang basis nya SUV bisa melesat diatas 200-250km/h. Bayangin aja dgn bodinya yang tinggi bisa lari menyaingi sedan....gilakan....
Last edited by handling on Sat Oct 09, 2004 14:29, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
observer wrote:Cara ngitungnya gimana sih? Ajarin dong!
Top speed tidak bisa di hitung dgn angka. Melainkan harus dites . Biasanya yang dicantumkan di brosur itu cuma Claim dari pabrik. Ya paling gak itu tdk meleset jauh lebih cepat atau bisa lebih kurang dari yang tertera.
Biasanya yang bisa dihitung adalah keakuratan dari speedometer dan rpm, dgn memakai alat , kalo gak salah VERICOM....CMIIW. Dgn alat ini bisa ketahuan speedometernya akurat gak.
Misalnya di Speedometer udah tercantum 25km/h, padahal di vericom cuma 23km/h.
Nah satu lagi yang secara umum bisa diketahui dari itungan (biasanya gak melenceng jauh,dgn catatan speedometer dan rpm nya akurat).
Nih contohnya . pada gigi 3 2000rpm , kecepatan yang didapat 40km/h, nah untuk menghitung kecepatan pada 4000rpm ya tingal dikali 2, dapetnya 80km/h. (kalo speedometer dan rpm nya gak akurat akan melenceng)
Usahakan angka rpm yang diambil sebagai patokan agak tinggi, misalkan 2000-2500rpm.
Soalnya utk putaran rendah biasanya rpm yang di dashboard gak akurat.
Nah contoh lagi kalo pada gigi 5 pada 3000rpm bisa di 85km/h , kalo di 170km/h berarti rpmnya udah di 6000rpm.
Tapi apakah mesinnya sanggup untuk memutar giginya pada gigi5 sampe pada 6000rpm? hee..hee..he.... kembali lagi ke tenaga mesin.
Moga2 jelas....mungkin rekan2 ada yang lebih tahu , bisa membantu menjelaskan lebih detil....CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo Autobild bilang cuma di 175km/h kalo gak salah inget ya....CMIIWhdrw wrote:Laporan TOP GEAR bilang, test drive innova M/T dengan limiter 6000 RPM
Gigi 5 kalo berani siap-siap mencapai 200 km/jam
kalo bisa 200km/h wah hebat banget, bisa lewatin Nissan Teana yang cuma 190km/h dgn V6 nya (hasil test autobild), dan mobil sedan seperti lancer corolla galant (apalagi city dan baleno) juga mesti hati dgn kijang ini kalo di tol, bisa dilewatin....he...he...he....
Tapi saya sanksi dgn Nissan Teana yang cuma bisa 190km/h, seharusnya bisa lebih dari itu dgn mesin v6 nya.Paling tidak 210km/h.he...he...he...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46