asudarsono wrote:Hi Juve,
Kalau mau pasang piggyback / remapping bisa aja ke bengkel modifikasi yg biasa preparasi mobil buat balapan.
Kalau menurut saya sih, mobil Perancis nggak terlalu cocok dimodifikasi ke bawah. Lebih baik gunakan parts original. Kalau modif ke atas (jadi lebih bagus) sih bisa.
Ttg CC yg udah nggak ada, don't worry. Kalau gak ada ya udah, untuk apa dipikirin. Jangan terlalu banyak terbujuk ganti ini itu. Ntar ada yg bilang tiap 2.500 km harus ke bengkel, misalnya, kalau diturutin ya habis2in duit aja krn jadwal servis tiap 10.000 km. Di luar itu, asal lampu2 warning nggak nyala ya udah, jangan dipikirkan.
Sekarang aja saya bisa bujukin sampeyan : kelep mesinnya bunyi tek - tek - tek gitu khan. Hayo kalau mau habis2in duit setel itu kelep. Ntar bulan depan pasti bunyi lagi, krn emang dari pabriknya dibuat harus bunyi gitu.
Yg penting rajin ganti oli, filter dan air sesuai jadwal selanjutnya enjoy your car.
Betul itu oom darso.. (sorry oom, kalau dipanggil "oom asu" kasar soalnya wakaakakakaka...

)
Oom Juve saran saya biarkan saja mobilnya seperti itu dulu.. mungkin pemilik sebelumnya buang CC biar mobilnya bisa minum premium.. (aneh juga milih Renault Clio tapi takut pertamax

apa nggak malah kasian mobilnya..)
Kalau boleh tau alasan utama anda untuk masang CC apa? apakah anda termasuk salah satu anggota pecinta lingkungan hidup atau semacamnya? ataukah lebih concern ke takut internal mesin mobil bermasalah atau cuma sekedar takut ditilang karena ga lolos uji emisi?..
Kalau cuma takut yang ketiga, believe me, dalam beberapa waktu aturan ini akan terlupakan dengan sendirinya..
Untuk CC baru mahal oom, untuk tambah piggy pun juga mahal.. sekitar 5-25 jutaan harga yang sekarang.. Mending biarin aja dulu jangan dipaksakan untuk menyesuaikan kadar HC daripada ngulik asal-asalan apalagi pake CC bekas... brrr.....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...