Tentang Accu

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Accu

Post by GTR »

prop gmx,
sebelum AVometer meledak, kan pengaman/sekeringnya duluan yang putus...soalnya kaya tadi, kapasitas avometer rata2 1-4 ampere, ini sama aja sekeringnya.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Tentang Accu

Post by mandala1 »

maskopat wrote: ane baru serpis sih sabtu kemarin.. kurang tahu apa yang dikerjain. soalnya si SL ane tinggal...
I/C regulator juga pernah diganti 3 tahun yang lalu pake yang buka ori.. katanya yang ori mahal banget... emang berapaan alternator barunya ya?

kalo pake alternator elsape diesel, boleh gak? atau pake alternator colt t 120 ss??
Pake i/c non ori masih idup 3 taon sih udah hebat om,, ya itu kn 3 taon lalu nt belon kenal ane jadi ya dapetnya mahal......kalo skr kan dah kenal ane tapi pasti dapetnya lebih mahal lagi :mrgreen: (soalnya harga 3 taon yg lalu kan beda sama harga skr gitu loooh) :)

Pake alt elsape diesel ato T120ss sih bisa2 ajah, asal bisa ngakalin braket dudukannya n robah puli nya......tapi seprtinya sih malah ngerepotin,,
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

mandala1 wrote: Pake i/c non ori masih idup 3 taon sih udah hebat om,, ya itu kn 3 taon lalu nt belon kenal ane jadi ya dapetnya mahal......kalo skr kan dah kenal ane tapi pasti dapetnya lebih mahal lagi :mrgreen: (soalnya harga 3 taon yg lalu kan beda sama harga skr gitu loooh) :)

Pake alt elsape diesel ato T120ss sih bisa2 ajah, asal bisa ngakalin braket dudukannya n robah puli nya......tapi seprtinya sih malah ngerepotin,,
3 taon itu, SL ane cuman jalan 20-30rb km om... :big_peace: :big_peace:

nanti deh om beli alternator atau dinamo amper (takut diomelin propesor kalo salah sebut, jadi sebut 2-2nye aje) nabung dulu...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Accu

Post by BADAK »

Bro,lebih prefer mana kalo diberi pilihan, GS diisi air zuur biasa (merk lokal) dengan Yuasa diisi dgn air zuur merk Yuasa. Maksud saya krn harga Yuasa lbh murah drpd GS, jd selisihnya dipake untuk subsidi air zuur Yuasa yg jauh lebih mahal drpd air zuur lokal. Kira2 bakal lebih awet mana ya bro?
@Bro sjamsul : Siapa tau aja sang pakar accu bro Sjam mau melakukan pengujian lagi :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Bro,lebih prefer mana kalo diberi pilihan, GS diisi air zuur biasa (merk lokal) dengan Yuasa diisi dgn air zuur merk Yuasa. Maksud saya krn harga Yuasa lbh murah drpd GS, jd selisihnya dipake untuk subsidi air zuur Yuasa yg jauh lebih mahal drpd air zuur lokal. Kira2 bakal lebih awet mana ya bro?
@Bro sjamsul : Siapa tau aja sang pakar accu bro Sjam mau melakukan pengujian lagi :big_peace:
hmmm...... pertanyaan nt rada susah dijawabnya bro........ krn air zuur biasa itu terdiri dari berbagai macam merk...... nah, nt ga sebut merk apa aja nih............... yang ane dah biasa pake n dah lama banget merk zuur lokal yg baik adalah cap singa......... wlp ada beberapa merk lainnya yg cukup baik......... jadi perhatikan kualitas zuurnya.... ntah merk apapun, asalkan syarat2 zuur yg baik dipenuhi ... ya sama aja bro......... yg penting sebelum aki dipake (klo mau awet) yah itu sebaiknya di charge dulu .... ampe full.... baru deh aki dipake.... penjelasan tentang hal ini akan memakan tulisan yg panjang, jadi ane cuma kasih yg singkatnya aja ya.......


pengujian apa nih bro............ klo pengujian aki zuur, ane ga mau, krn dah yakin ama satu merk yaitu cap singa........ :e-whistle:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Accu

Post by BADAK »

Cara menguji kualitas air zuur itu namanya hidrometer ya bro?
Bagaimana cara kerja alat ini? Mengingat ada banyak sekali merk air zuur lokal..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Cara menguji kualitas air zuur itu namanya hidrometer ya bro?
Bagaimana cara kerja alat ini? Mengingat ada banyak sekali merk air zuur lokal..
setau ane, hidrometer buat ukur berat jenis zuur..... tp yg udah di aki.... klo sebelon diisi... ane ga ngarti.........krn asalnya khan dari H2SO4.... n ada campurannya yg ane ga tau detailnya bro............

hmmm...... cara kerja alat ini pernah dibahas deh.... tp ane lupa nih....... coba nt liat di perlakuan thd aki n embel2nya.......
naga_sakti
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Sep 05, 2009 14:36

Re: Tentang Accu

Post by naga_sakti »

kalo aki motor boleh juga ya tanya-tanya disini?
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Tentang Accu

Post by mandala1 »

naga_sakti wrote:kalo aki motor boleh juga ya tanya-tanya disini?
Boleh koq bro....silahkan :) sebisa mungkin kita2 akan bantu untuk menjawab pertanyaan nya......
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
naga_sakti wrote:kalo aki motor boleh juga ya tanya-tanya disini?
Boleh koq bro....silahkan :) sebisa mungkin kita2 akan bantu untuk menjawab pertanyaan nya......
kalo aki UPS boleh? secara UPS ane akinya jebol... :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
mandala1 wrote:
naga_sakti wrote:kalo aki motor boleh juga ya tanya-tanya disini?
Boleh koq bro....silahkan :) sebisa mungkin kita2 akan bantu untuk menjawab pertanyaan nya......
kalo aki UPS boleh? secara UPS ane akinya jebol... :mrgreen: :mrgreen:
silahkan bro...... klo bisa ane akan berusaha bantu........... :e-whistle:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tentang Accu

Post by ZombiEE »

haii oom sjamsiullll:)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

hai jom.......... dah malem belon bobo neghhh.............. :e-think:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tentang Accu

Post by ZombiEE »

lagi nungguin mbah sjamsiul nih..huehuehuee :upss: :weekk:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:lagi nungguin mbah sjamsiul nih..huehuehuee :upss: :weekk:
ohhhh......... sini2......... dari tadi nungguin ini yah...... :cupss: ..........



:upss: .......... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...........
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tentang Accu

Post by ZombiEE »

widddiiihh..ampunn oomm :weekk: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:widddiiihh..ampunn oomm :weekk: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
woiiiii.............. jangan kaboer dulu............... sini2 dikit aja jom.................wakakakakaka...................... :big_weee:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tentang Accu

Post by ZombiEE »

kaga mau... :weekk: :ngacir: :ngacir:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tentang Accu

Post by esh »

ayo om sjamsul dan om jombie, pada btt yach :e-naughty:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

esh wrote:ayo om mandala dan om jombie, pada btt yach :e-naughty:
pada oot aja neghhh.............. hayooo pada BTT................ :upss:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tentang Accu

Post by ZombiEE »

oom sjamsiul..btt.. :big_smoking:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tentang Accu

Post by esh »

Btw, apa nggak sebaiknya thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=11760 dimerge saja ke sini? :e-think:
akoe97
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jan 08, 2009 3:27

Re: Tentang Accu

Post by akoe97 »

gmx wrote:prop, mohon ijin untuk bantu ngasih masukan ya..

aki kering memerlukan suhu yang cukup dingin supaya bisa awet, sedangkan kalo di mobil dipasangnya disamping mesin yang suhunya tinggi. kalo di instalasi elektronik selalu dijaga suhunya sekitar 22 derajat celcius. kalo panas, aki kering akan cepet retak2. aki basah lebih tahan terhadap suhu panas. menurut pengalaman gw di kerjaan, aki kering yang bagus merk oerlikon, dia cukup tahan terhadap panas, ga tau untuk mobil ada apa ngga. yang biasa gw pake itu oerlikon 6V 150Ah. ada juga sih yang 12V. kalo yang 6V 150Ah itu tiap block battery beratnya bisa 70kg. yang biasa gw pake 2 bank, tiap bank-nya 8 battery, jadi total 16 battery. bayangin kalo ada kerjaan relokasi battery dari satu tempat ke tempat lain.. biasanya ada uang dari kantor buat nyewa man power, tapi temen2 lebih suka ngangkat2 sendiri, trus duitnya dipake pijet :mrgreen:

beberapa merk battery lain juga dipakai, tapi performancenya ngga sebagus oerlikon. yang lain itu kalo sempet AC rusak, suhu ruangan bisa sampai 55 derajat, pasti langsung pecah2 atau kembung, kalo oerlikon masih ngga apa2. battery lain kadang secara fisik masih bagus, tapi udah ngga nyimpen. kalo oerlikon selama dia belum pecah, masih bagus nyimpen muatan. banyak yang umurnya hampir 10 tahun masih bagus layak pakai. tapi gw ngga tau apa oerlikon dijual untuk umum, dan ga tau juga tahan ga dia kalo dipake panas2an terus2an

tips lain supaya battery awet adalah perlu dijaga arus yang masuk/keluar battery jangan terlalu besar, standard di kantor gw adalah 10% dari kapasitas battery, jadi beban standardnya adalah maks 10% dari kapasitas battery, pengisian juga di set maks 10% dari kapasitas battery, makanya ada bagusnya juga ukur arus aki di mobil dengan kondisi mesin mati, coba nyalain segala macem alat listrik mobil seperti sound system, klakson, lampu dll supaya tau berapa beban terpasang di mobil, jadi bisa ngitung berapa besar aki yang diperlukan. itu makanya banyak motor2 yang sering rusak akinya setelah ada peraturan nyalain lampu di siang hari karena arus beban terlalu besar.

juga jaga supaya muatan aki jangan terlalu sedikit atau aki sampe abis. kalo di kantor gw, dengan tegangan nominal 48V, terus mati lampu, battery back up akan diputus pada saat tegangan battery 43V, yaitu kira2 90% dari tegangan standard. karena pertama supaya battery awet, kedua supaya peralatan pengisian battery juga awet karena ngga perlu memberikan arus yang besar saat ngisi. arus yang besar akan menimbulkan panas, kalo kelamaan bisa angus..
mangtapf bener nih om :frm_tumbright: pekerja catu daya tulen, standarnya tinggi bener om oerlikon charge/discharge 10%, rectifier pake apa om :big_peace:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Accu

Post by BADAK »

Emang gimana sih bro standar pengujian beban elektrik yg bener pada mobil??
Apa ada alat yg bnr2 valid buat ngetestnya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today