Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

Ini ada berapa hasil uji tabrakan yang di lakukan di china dan jepang, supaya kita semua tau mana yang udah di uji dan terbukti aman untuk kita. mobil pakai airbag tapi kalau rangkanya lemah percuma, tetap akan nusuk tubuh lewati airbag. malah kalau ngak punya airbag, rangka bagus dan pakai seatbelt udah lumayan kan ?


nissan livina (tentu akan sama grand livina dan x gear)

http://www.c-ncap.org/content/pzjg/Alcyc/liwei.htm

total score 40.5 empat bintang. dari mana saya tau ini bagus ? ngak cuman dari 4 bintangnya tapi saya bandingkan ama ini :

nissan latio di china, pakai nama sama ama di jepang, nissan tiida

http://www.c-ncap.org/content/pzjg/Alcyc/qida.htm

score 40.8, 4 bintang juga. dan anda harus tau nissan tiida adalah model japanese domestic market, di jual di jepang, dan hasil tabrakannya udah lolos, kalau ngak percaya saya mau data hasil di jepang saya ada dan akan berikan. jadi dengan score yang mirip, otomatis semua anggota livina sama bagusnya ama nissan tiida.


suzuki sx4

http://www.c-ncap.org/content/pzjg/Alcyc/tainyu.htm

hasilnya juga bagus. score 43.2 4 bintang juga


honda city model lama

http://www.c-ncap.org/content/pzjg/Alcyc/guangbensd.htm

score 41.1, 4 bintang juga. ngak heran. ini model honda global, jdm model based

daihatsu xenia aka toyota avanza

http://www.c-ncap.org/content/pzjg/Alcyc/senya.htm

score 34.1, 3 bintang. dan score bagian tabrakan depan 9.88 banding livina 13.44, sx4 11.48, tiida 13.45 dan honda city 13.77. jadi hati hatilah pemakai avanza / xenia kalau tabrak depan. lebih rawan.


honda freed belum di test di china, tapi percayalah, tu mobil udah pasti bagus. hpm claim dapat banyak bintang di test jepang dan saya percaya. sebab tu mobil jdm model. jadi honda freed tidak perlu di ragukan safetynya. gimana ? fair ngak saya ? saya bukan nissan fanatik, saya fanatic mobil bagus, aman dan enak. jika ada yang ngotot, nanti saya buktikan freed itu lolos ujian.


crv dan xtrail juga percayalah, saya udah lihat datanya, 22nya scorenya mirip dan tentu lolos ujian dengan hasil luar biasa di jepang. yang ngotot mau lihat, nanti saya cari lagi datanya.


tapi setidaknya xenia avanza udah ketahuan meskipun segitu hasilnya. nah, itu dia, innova, fortuner entah kenapa toyota tidak berani jual jangan bilang di negara maju, di china aja ngak berani di jual. malah cuman berani di jual di negara yang tidak ada lembaga uji tabrakan.


itulah sampai hari ini saya udah cari ke mana mana, belum ketemu hasil uji tabrakan innova dan fortuner. gimana mau temukan, wong cuman di jual di negara yang ngak ada lembaga testing.


exora aja saya pernah lihat hasil uji tabrakannya dan mereka serius mau dapat 4 bintang uji tabrakan eropa. dan saya rasa mereka udah dapat. tu mobil juga enak, kaget saat saya test drive.


masa innova dan fortuner yang udah di jual banyak dan ngak murah lagi kalah serius ama exora ?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by gmx »

kalo liat crash test, bukannya gw ngga percaya, tapi apa unit2 yang dipasarkan di indonesia kualitasnya sama dengan yang diujikan.. terutama untuk yang mass production..

misal.. di mobil kita ada air bag... apa kita yakin air bagnya akan ngembang kalo pas tabrakan? kasus2 yang gw denger beberapa ngga ngembang.. khusus di indonesia ya...
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by zweifellos »

wah, cocok kurasa. :mrgreen:

meskipun cara posting om Freehahawawa seperti menggebu-gebu jadi bikin banyak orang jadi gimana gitu, saya ngerti inti dari postingan2 om Freehahawawa dan saya sangat setuju dengan inti dari postingan2 om recently. beberapa poin penting di antaranya safety dan quality.

kalo liat gini tentu konsumen lebih yakin (meski belum tentu 100%), dikasih bukti bukan hanya janji sudah gini sudah gitu, bisa ini bisa gitu. jadi ingat test AWD dari beberapa merk mobil dibandingin dengan keluaran subaru. saya suka iklan model gini, iklan mendidik (konsumen dikasih tau, apa keunggulan merk si produsen dan juga dikasih gambaran/bukti nya).

mestinya semakin banyak orang2 seperti om Freehahawawa, khususnya para wartawan otomotif indonesia biar produsen² yang terlalu fokus ngejar margin keuntungan kena sentil telinganya. jadi at least, lebih banyak konsumen yang semakin melek otomotif sebelum membeli jenis otomotif tertentu.

lanjut om! :frm_tumbright:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

gmx wrote:kalo liat crash test, bukannya gw ngga percaya, tapi apa unit2 yang dipasarkan di indonesia kualitasnya sama dengan yang diujikan.. terutama untuk yang mass production..

misal.. di mobil kita ada air bag... apa kita yakin air bagnya akan ngembang kalo pas tabrakan? kasus2 yang gw denger beberapa ngga ngembang.. khusus di indonesia ya...
gmx wrote:kalo liat crash test, bukannya gw ngga percaya, tapi apa unit2 yang dipasarkan di indonesia kualitasnya sama dengan yang diujikan.. terutama untuk yang mass production..

misal.. di mobil kita ada air bag... apa kita yakin air bagnya akan ngembang kalo pas tabrakan? kasus2 yang gw denger beberapa ngga ngembang.. khusus di indonesia ya...

anda harus sadar, untuk pabrik, biayanya akan sangat mahal kalau jual model sama tapi rangkanya di beda bedakan di antara negara. lebih efisien dan tidak pusing kalau rata semua. contoh mungkinkah indofood bedakan migorengnya yang mereka jual di indonesia dan yang di export ke luar negeri ? kan repot banget.


lebih enak sekali jalan tu mesin indomie, jadi ribuan kardus indomie, dan ambil sebagian untuk export. coba kalau tiap kali untuk export, mesinnya di stop, formula di ganti, bumbu di ganti, dan pakai kertas bungkus yang sama lagi. itu mie, mobil lebih ribet.


mau juga pabrik akan jual model baru dengan spec yang memang lebih low, harga lebih murah. iya ngak ? misalnya indofood tinggal keluar indomie special harga super mahal atau murah untuk export. sekali jalan satu production line khusus untuk masing masing tipe / merek.


toh andai kata anda benar, coba pikir, udah di uji aja kalau bisa beda di indonesia, apalagi belum dan ngak berani di uji ?


tapi percayalah. pabrik mobil tidak begitu. yang beda paling cuman feature, accessory doang. basic rangkanya pasti sama.


saya dulu pernah lihat tabrakannya xtrail lama di nissan warung buncit. depannya hancur tapi cabinnya utuh dan penumpang selamat.


kalau airbag kembang atau ngak tergantung kondisi dan posisi tabrakan. airbag ngak bakal kenal tabrakan di jepang atau di indonesia.
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

zweifellos wrote:wah, cocok kurasa. :mrgreen:

meskipun cara posting om Freehahawawa seperti menggebu-gebu jadi bikin banyak orang jadi gimana gitu, saya ngerti inti dari postingan2 om Freehahawawa dan saya sangat setuju dengan inti dari postingan2 om recently. beberapa poin penting di antaranya safety dan quality.

kalo liat gini tentu konsumen lebih yakin (meski belum tentu 100%), dikasih bukti bukan hanya janji sudah gini sudah gitu, bisa ini bisa gitu. jadi ingat test AWD dari beberapa merk mobil dibandingin dengan keluaran subaru. saya suka iklan model gini, iklan mendidik (konsumen dikasih tau, apa keunggulan merk si produsen dan juga dikasih gambaran/bukti nya).

mestinya semakin banyak orang2 seperti om Freehahawawa, khususnya para wartawan otomotif indonesia biar produsen² yang terlalu fokus ngejar margin keuntungan kena sentil telinganya. jadi at least, lebih banyak konsumen yang semakin melek otomotif sebelum membeli jenis otomotif tertentu.

lanjut om! :frm_tumbright:

yes ! lanjutkan ! fyi saya pilih partai democrat dan pilih presiden sby.

sby, presiden ku !

kalau wartawan otomotif, hati hatilah, mereka kadang masih pengaruh siapa yang uang iklannya paling gede, cenderung bela siapa. jadi mending cari data, info sendiri. lebih adil, objective dan akurat.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by gmx »

cuma ber-retorika, karena beberapa type di sini beda dengan di luar, misalnya swift beda antara CBU dan CKD, contoh lain pug 206 dan banyak lagi... dan adanya beberapa kasus di mana safety tools tidak bekerja.. gimana pendapat teman2..

kalo gw sih, mobil gw dua2nya mitsubishi dan dua2nya ga ada air bag.. pengen tau aja pendapat temen2 di sini yang menurut gw berwawasan cukup luas dan ngetik juga ngga sembarang ngetik..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

akhirnya ketemu jg ama nigh link... btw utk hal ini ane stuju ama bro freehaha... mungkin kalo soal airbag, antara CBU dan CKD bisa ada perbedaan...tapi kalo soal rangka, struktur body dan keamanan pasif lain nya, seharusnya tidak berbeda jauh dgn negara2 yg lain... karena toh mereka menggunakan desain yg sama, istilahnya blue print yg sama utk setiap negara gt... mungkin yg membedakan adalah material nya, tapi mungkin ga sigh di indo pake besi kaleng lantas di lluar negeri pake besi baja beneran ?? toh pastinya jg sama2 pake besi baja kan...

btw, inova itu dipake di negeri timur tengah sana logh...

btw, menurut ane, body bagus, pake seatbelt jg tetep aja kurang aman... lebi bagus lagi kalo ada airbag...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mpvlover »

Om freehuahahaha alias om sithlord , ngapain pake nama baru seh ??
skywalk2235
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Apr 04, 2007 12:25

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by skywalk2235 »

mpvlover wrote:Om freehuahahaha alias om sithlord , ngapain pake nama baru seh ??
wah kalo bener oom sithlord, welcome back deh om
dulu saya beli GL jg ada peran oom sithlord waktu bela2in GL.. seru banged....hehehe
sekarang promosiin honda freed nih oom
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by avansa »

Hmmn Av Xen...memprihatinkan..tapi btw di sini mobil kan sebagian untuk prestise ....
tapi apa mau di kata, biar di jepun pun atau di korea masih juga produksi mobil mobil ,biasanya yang versi city car yang minim untuk safetynya.

Susuki baleno napa juga nggak di ikutkan..yoh..?
Image
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by toratora »

oh kualitas mobil ckd indo dengan yg diluar negri (atau rakit di indonesia tapi utk pasar luar) memang beda.

Plat besi utk body mobil yg dipake untuk pasar lokal setebal 0.6mm sementara untuk pasar export atau mobil cbu rata2 punya ketebalan 0.8mm-1mm

dan ini sedikit banyak akan mempengaruhi kenyamanan dan hasil crash test. Makanya avz/xen/innv lokal bodinya serasa kaleng banget, sementara tuk pasar export lebih solid pastinya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

oww ternyata gt yah.. ribet amat yah, jadi tiap pabrikan musti punya 2 jalur produksi donk kalo gt, yg satu pake material baja tebel yg satu lagi yg jenis tipis... kalo gt bukanya kaga cost effective tuh namanya yah :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by toratora »

bung dohc, mana gw tau, coba aja nanya pabrik t****a karawang kenapa mobil tuk pasar lokal dianak tirikan kualitas plat bodinya :mrgreen:

besi baja kan mahal setau gw, jadi pastinya very cost effective donk. Kan production line nya bisa diset per batch.

Batch A tuk pasar lokal
Batch B tuk pasar export
Batch C,D,E........
Tinggal menyesuaikan materialnya aja setiap production batch. Apa disini ada manufacturing expert yg bisa koreksi saya?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by maskopat »

DOHC wrote:oww ternyata gt yah.. ribet amat yah, jadi tiap pabrikan musti punya 2 jalur produksi donk kalo gt, yg satu pake material baja tebel yg satu lagi yg jenis tipis... kalo gt bukanya kaga cost effective tuh namanya yah :e-think: :e-think:
kalo ane lihat berat rush dan ipah di indo dan malingsia, beratan di sana negeri malingsia. ane coba bandingin Rush S AT dan Ipah G AT 2.0...

http://www.toyota.com.my/index.aspx
http://www.toyota.co.id

hm... :e-think: :e-think:
Last edited by maskopat on Fri Aug 07, 2009 15:12, edited 1 time in total.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

jiahh... ane mah bukan orang astra bro.. bisa2 ditendang ane ama yg jaga ntuh pabrik waktu ane mo ngeliat produksinya....

btw, bener nigh, kira2 ada ga yah orang yg berkecimpung di dunia ginian utk kasi penjelasan... karena kalo emang bener yg bung tora2 bilang, bearti apa gunanya tuh atpm2 gombal2 ncap lah, gcon lah, GOA lah...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Handy »

Freehahawawa wrote: anda harus sadar, untuk pabrik, biayanya akan sangat mahal kalau jual model sama tapi rangkanya di beda bedakan di antara negara. lebih efisien dan tidak pusing kalau rata semua. contoh mungkinkah indofood bedakan migorengnya yang mereka jual di indonesia dan yang di export ke luar negeri ? kan repot banget.


lebih enak sekali jalan tu mesin indomie, jadi ribuan kardus indomie, dan ambil sebagian untuk export. coba kalau tiap kali untuk export, mesinnya di stop, formula di ganti, bumbu di ganti, dan pakai kertas bungkus yang sama lagi. itu mie, mobil lebih ribet.
tapi indomie khusus export beda dengan indomie yang di jual di indo. soalnya gw makan indomie di jepang bumbunya beda, hambar akhirnya minta kirim dari indo :big_peace:
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by MitshuToyo »

Handy wrote:
Freehahawawa wrote: anda harus sadar, untuk pabrik, biayanya akan sangat mahal kalau jual model sama tapi rangkanya di beda bedakan di antara negara. lebih efisien dan tidak pusing kalau rata semua. contoh mungkinkah indofood bedakan migorengnya yang mereka jual di indonesia dan yang di export ke luar negeri ? kan repot banget.


lebih enak sekali jalan tu mesin indomie, jadi ribuan kardus indomie, dan ambil sebagian untuk export. coba kalau tiap kali untuk export, mesinnya di stop, formula di ganti, bumbu di ganti, dan pakai kertas bungkus yang sama lagi. itu mie, mobil lebih ribet.
tapi indomie khusus export beda dengan indomie yang di jual di indo. soalnya gw makan indomie di jepang bumbunya beda, hambar akhirnya minta kirim dari indo :big_peace:
Setuju .. Indomie di luar rasanya hambar. lebih enak indomie dari indo. mungkin penyedapnya yang di kurangi.. bungkus untuk export jg lebih tebal serta warna di plastik gak mudah luntur.. bumbu juga tidak lengkap untuk rasa2 tertentu.. :mrgreen:

Ok BTT ; nurut gw sangat mungkin kok pabrikan menurunkan spek kendaraan yang beredar di suatu wilayah ; dan celahnya sangat banyak. Sudah umum di bahas, penurunan spek bisa dilakukan dengan pemakaian bahan yang lebih tipis, atau memakai bahan dengan spesifikasi / kualitas yang berbeda.

Okay mungkin tidak exstrim dengan merubah desain dasar. Misalnya dua buah mobil yang sama ; di kap mesin mobil pertama ada 5 buah stiffener dari bahan Hardox 400, tentu akan sangat sulit sekali di bedakan dengan mobil ke dua yang menggunakan bahan SS-41. Apalagi di analisa dengan mata telanjang. dengan ketebalan sama, kekuatan serta harganya udah juauuh berbeda. Imo, Untuk sekedar berubah ketebalan dan kualitas plat, tidak perlu mengganti dies.. and Sorry material yang gw sebutkan hanya analogi.. karena hardox 400 sebenarnya lebih untuk kendaraan mining.. :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by the-mantal »

saya lihat lagi, handle pintu xenia di cina tnyata beda sama handle pintu xenia disini. beratnya jg beda. kemungkinan di indo klo diuji test crash lebih parah lagi tuh...
untungnya jakarta macet mlulu, jd kemungkinan crash pada kecepatan lebih dari 60 km/h lebih kecil drpd di negara-negara lain.

jd macet bawa berkah juga yah, hehe
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by the-mantal »

MitshuToyo wrote:
Handy wrote:
Freehahawawa wrote: anda harus sadar, untuk pabrik, biayanya akan sangat mahal kalau jual model sama tapi rangkanya di beda bedakan di antara negara. lebih efisien dan tidak pusing kalau rata semua. contoh mungkinkah indofood bedakan migorengnya yang mereka jual di indonesia dan yang di export ke luar negeri ? kan repot banget.


lebih enak sekali jalan tu mesin indomie, jadi ribuan kardus indomie, dan ambil sebagian untuk export. coba kalau tiap kali untuk export, mesinnya di stop, formula di ganti, bumbu di ganti, dan pakai kertas bungkus yang sama lagi. itu mie, mobil lebih ribet.
tapi indomie khusus export beda dengan indomie yang di jual di indo. soalnya gw makan indomie di jepang bumbunya beda, hambar akhirnya minta kirim dari indo :big_peace:
Setuju .. Indomie di luar rasanya hambar. lebih enak indomie dari indo. mungkin penyedapnya yang di kurangi.. bungkus untuk export jg lebih tebal serta warna di plastik gak mudah luntur.. bumbu juga tidak lengkap untuk rasa2 tertentu.. :mrgreen:

indomie di luar negeri dikurangin micin nya bro, rasanya kurang mantep tp lebih baik utk kesehatan.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by asudarsono »

Honda di dalam negeri juga lain dari di luar (spec down). Ford Ranger di Indonesia juga beda pol ama di Amerika sana. Biasa aja kali, tiap negara beda.

Yg jelas saya belum pernah nemuin mobil perakitan dalam negeri yg airbag maupun ABSnya jalan. Barangkali saya kurang pengalaman aja. Tapi gitulah pengalaman aku. Istriku takut waktu pertama kali denger ABSnya Subaru, disangka rusak.
Ready to Race
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

Handy wrote:
Freehahawawa wrote: anda harus sadar, untuk pabrik, biayanya akan sangat mahal kalau jual model sama tapi rangkanya di beda bedakan di antara negara. lebih efisien dan tidak pusing kalau rata semua. contoh mungkinkah indofood bedakan migorengnya yang mereka jual di indonesia dan yang di export ke luar negeri ? kan repot banget.


lebih enak sekali jalan tu mesin indomie, jadi ribuan kardus indomie, dan ambil sebagian untuk export. coba kalau tiap kali untuk export, mesinnya di stop, formula di ganti, bumbu di ganti, dan pakai kertas bungkus yang sama lagi. itu mie, mobil lebih ribet.
tapi indomie khusus export beda dengan indomie yang di jual di indo. soalnya gw makan indomie di jepang bumbunya beda, hambar akhirnya minta kirim dari indo :big_peace:
dulu waktu ane maen ke australia... indomie disana packing nya lebi banyak dari sini... disana indomie goreng aja 85 atau 90 gram tapi kalo disini cuman 75 atau 80 gram :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

toratora wrote:oh kualitas mobil ckd indo dengan yg diluar negri (atau rakit di indonesia tapi utk pasar luar) memang beda.

Plat besi utk body mobil yg dipake untuk pasar lokal setebal 0.6mm sementara untuk pasar export atau mobil cbu rata2 punya ketebalan 0.8mm-1mm

dan ini sedikit banyak akan mempengaruhi kenyamanan dan hasil crash test. Makanya avz/xen/innv lokal bodinya serasa kaleng banget, sementara tuk pasar export lebih solid pastinya.
Ini data ketebelan plat dapetnya darimana bos?
0.6mm ke 1mm itu artinya hampir 2x lipat lho tebelnya :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

toratora wrote:bung dohc, mana gw tau, coba aja nanya pabrik t****a karawang kenapa mobil tuk pasar lokal dianak tirikan kualitas plat bodinya :mrgreen:

besi baja kan mahal setau gw, jadi pastinya very cost effective donk. Kan production line nya bisa diset per batch.

Batch A tuk pasar lokal
Batch B tuk pasar export
Batch C,D,E........
Tinggal menyesuaikan materialnya aja setiap production batch. Apa disini ada manufacturing expert yg bisa koreksi saya?
Datanya darimana bro bahwa toyota menganaktirikan pasar lokal?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
DOHC wrote:oww ternyata gt yah.. ribet amat yah, jadi tiap pabrikan musti punya 2 jalur produksi donk kalo gt, yg satu pake material baja tebel yg satu lagi yg jenis tipis... kalo gt bukanya kaga cost effective tuh namanya yah :e-think: :e-think:
kalo ane lihat berat rush dan ipah di indo dan malingsia, beratan di sana negeri malingsia. ane coba bandingin Rush S AT dan Ipah G AT 2.0...

http://www.toyota.com.my/index.aspx
http://www.toyota.co.id

hm... :e-think: :e-think:
lebih berat di malay kan bukan selalu berarti pelat bodinya dia lebih tebel bro atau kualitasnya lebih bagus, kalo ane bilang sih karena fitur2 dia aja lebih banyak/beda dengan versi sini.

Ane gak bilang pasti sih, mungkin juga beneran beda tapi kalo liat contoh dibawah ini:
Misal kaya Rush S AT beda 10 kg sama disini karena di malay rush udah standard pake 3rd row seat (3rd row artinya juga tambah lagi aksesoris lain spt lebih banyaknya seat belt, dll), juga ada bbrp aksesoris lain kaya rear spoiler yg kayaknya dikita gak ada.......

Juga Misal Innova G AT beda 25 kg disono lebih berat, tapi perlu diliat juga bahwa di malay tipe G adalah tipe tertinggi, jadi penampilan udah kaya tipe V disini (semua udah krom: spion-grill, udah pake rear spoiler, udah ada foot step, udah ada dual airbag, dll) jadi wajar aja kalo mereka punya lebih berat kalo dibanding innova G kita yg masih "kosong"........itukan cuma beda fitur :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Honda di dalam negeri juga lain dari di luar (spec down). Ford Ranger di Indonesia juga beda pol ama di Amerika sana. Biasa aja kali, tiap negara beda.

Yg jelas saya belum pernah nemuin mobil perakitan dalam negeri yg airbag maupun ABSnya jalan. Barangkali saya kurang pengalaman aja. Tapi gitulah pengalaman aku. Istriku takut waktu pertama kali denger ABSnya Subaru, disangka rusak.
masa sih airbag/abs nya produk dalam negeri pada gak jalan semua hehehe......