inter cooler
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
inter cooler
halo, saya mau tanya, apa benar pemasangan inter cooler pada mobil dapat menghemat FC? mohon pencerahannya, thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: inter cooler
I/C akan meningkatkan efisiensi adiabatik, terutama utk long run.christiantosetiawan wrote:halo, saya mau tanya, apa benar pemasangan inter cooler pada mobil dapat menghemat FC? mohon pencerahannya, thanks
FC tergantung dari kaki kanan anda.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
Re: inter cooler
saya pernah dengar testimony, honda city dari 1:14 bisa mencapai 1:26 (luar kota, normal driving), setelah di pasang inter cooler
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: inter cooler
honda city pake intercooler ?? maksud nya ntuh city uda pake turbo bro ?? btw setau ane sigh, intercooler berguna buat kalo mobil lagi jalan kenceng.... kalo macet mah sama aj boong, scara sirip2 pendingin nya kaga kena angin jg...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: inter cooler
Iya, utk top-mounted.DOHC wrote:kalo macet mah sama aj boong, scara sirip2 pendingin nya kaga kena angin jg...
kalo front-mounted yg penampang sirip2 jadi vertical gitu; lebih cepet adem, permanen ketiup angin fan radiator or extra fan a/c juga, walaupun sebenernya I/C kepakenya memang saat mobil melaju.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: inter cooler
di lomba irit2an, honda city bisa 1:45 tanpa perlu pasang apa2 bro.. irit atau nggak tergantung kaki..christiantosetiawan wrote:saya pernah dengar testimony, honda city dari 1:14 bisa mencapai 1:26 (luar kota, normal driving), setelah di pasang inter cooler
tapi memang intercooler meningkatkan efisiensi volumetrik, karena udara yang masuk mesin didinginkan dulu, sehingga lebih padat..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: inter cooler
yah tergantung kaki itu salah satu faktor, kalo pake innova atau feroza misalnya gimana pun tetep kalah sama mobil yg memang dasarnya irit, misal GL / vios. atau dengan gaya mengemudi yg sama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: inter cooler
mungkin maksudnya pak flexiblebil, keiritan FC suatu mobil (mobil yg sama, beda driver) lebih ditentukan kesopanan kaki kanan driver yg bersangkutan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: inter cooler
maaf nih... mohon dikoreksi :
setahu saya intercooler lebih sering digunakan untuk perangkat turbo... karena turbo bekerja untuk memadatkan udara dengan mengambil energi dari exhaust.. jadi semuanya menimbulkan panas yang agak berlebihan. Nah.. supaya dingin dan udara yang dipadatkan bisa dingin (udara dingin densitas lebih padat sehingga meledaknya cepat) maka dipasanglah intercooler.... kalau mobil lain yang tidak pakai turbo bagaimana ya... atau maksudnya water injection ya.. yang membuat kabut pendingin di inlet...
setahu saya intercooler lebih sering digunakan untuk perangkat turbo... karena turbo bekerja untuk memadatkan udara dengan mengambil energi dari exhaust.. jadi semuanya menimbulkan panas yang agak berlebihan. Nah.. supaya dingin dan udara yang dipadatkan bisa dingin (udara dingin densitas lebih padat sehingga meledaknya cepat) maka dipasanglah intercooler.... kalau mobil lain yang tidak pakai turbo bagaimana ya... atau maksudnya water injection ya.. yang membuat kabut pendingin di inlet...
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: inter cooler
bener pak, memang intercooler turbo maksudnya....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
Re: inter cooler
bung eljepe, setelah saya tanya lagi, ternyata pemasangan inter cooler tsb, di by pass dari jalur ac
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: inter cooler
dari jalur a/c? bukannya ini condensor a/c ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: inter cooler
oo..ini active intercooler yah mksdnya>??
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 197
- Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14
Re: inter cooler
ini gue pernah denger, emang cukup efektif sih (katanya), cuma pendinginan cabin agak berkurang, krn sebagian energi dingin dialihkan ke air intake.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: inter cooler
ini kayanya lbh ke performa yah peningkatannya...emg sudah ada produk baku nya?bknnya lagi dipatenkan?:)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: inter cooler
plumbing nya kaya apa nih.... mungkin lebih efektif yah, seolah jadinya bener2 cold air intake..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: inter cooler
sepertinya obrolan menjurus ke cold air intake
temen2 dari taruna club dan panther mania sudah beberapa yang mengaplikasikan sistem A/C CAI seperti ini, jadi memanfaatkan evaporator AC untuk saluran inlet udara sebelum masuk ke filter dengan tujuan udara yang dihisap lbh dingin sehingga molekul oksigennya lebih padat.
Secara simpelnya jalur a/c diparalel satu untuk evaporator di kabin satu lagi untuk evaporator CAI tsb, menurut mereka sih hasilnya cukup baik terhadap efisiensi dan performa, dan meski di jalan macet efek CAI tetap ada karena selama AC hidup sistem CAI tsb jg bekerja.
temen2 dari taruna club dan panther mania sudah beberapa yang mengaplikasikan sistem A/C CAI seperti ini, jadi memanfaatkan evaporator AC untuk saluran inlet udara sebelum masuk ke filter dengan tujuan udara yang dihisap lbh dingin sehingga molekul oksigennya lebih padat.
Secara simpelnya jalur a/c diparalel satu untuk evaporator di kabin satu lagi untuk evaporator CAI tsb, menurut mereka sih hasilnya cukup baik terhadap efisiensi dan performa, dan meski di jalan macet efek CAI tetap ada karena selama AC hidup sistem CAI tsb jg bekerja.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: inter cooler
oooh suatu teknik baru to!
saya sih lebih baik ya kabinnya yang tetap dingin (maksudnya tidak berkurang)
karena se-irit-2 nya, kalau yang namanya di sini.. pasti tidak seberapa bedanya.. tapi se-macet-2 nya dan panas.. ya tentunya lebih enak kalau kita didalam yang adem....
Saya pernah berpikir... lobang udara yang dari resonator (ada diskusi menganai resonator ini) disambung pakai selang ke kabin.. arahkan ke vent A/C... tinggal bikin lobang di firewall... tapi pikir-2 ah sayang juga ya...
saya sih lebih baik ya kabinnya yang tetap dingin (maksudnya tidak berkurang)
karena se-irit-2 nya, kalau yang namanya di sini.. pasti tidak seberapa bedanya.. tapi se-macet-2 nya dan panas.. ya tentunya lebih enak kalau kita didalam yang adem....
Saya pernah berpikir... lobang udara yang dari resonator (ada diskusi menganai resonator ini) disambung pakai selang ke kabin.. arahkan ke vent A/C... tinggal bikin lobang di firewall... tapi pikir-2 ah sayang juga ya...
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: inter cooler
pasang intercooler hampir gk berefek kalo mobil tidak menggunakan turbo/supercharger. coz tekanan udara di intake rendah, bahkan lebih rendah dari udara luar (coz high velocity). berbeda pada mesin dengan sistem pemasukan paksa (turbo/supercharger), udara dipaksa masuk dari luar, sehingga tekanan di intake jauh lebih besar.
tekanan besar secara cepat mengakibatkan temperatur udara naik secara drastis.
(contoh, kita lagi pompa ban pake pompa speda, lama2 pasti pompanya panas, bahkan kalo kelamaan selang berkualitas rendah bisa lumer n meletus)
naiknya temperatur sebenarnya bagus buat homogenitas campuran udara + bbm, tapi banyak kekurangannya, yaitu volumenya lebih besar pada jumlah yang sama.
(misal, yang panas 1 kg volumenya 100 liter, yang dingin 1 kg cuma 50 liter, ini cuma misal lo). lagipula, homogenitas lebih ditentukan oleh kualitas pencampuran bbm dengan udara (pengabutan), dengan swirl serta tekanan (untuk menaikkan temperatur, mengubah bbm dari cair menjadi gas) di dalam silinder.
volume udara yang lebih besar (padahal jumlah molekul sama) mengakibatkan jumlah masuknya udara ke intake lebih sedikit, sensor temperatur n vakum mampu mengoreksi hal tersebut, so jumlah bbm yang diinjeksikan sedikit. tenaga pun berkurang (dibandingkan udara yang masuk lebih dingin).
sebaliknya, kalo udara dingin, jumlah bbm yang diinjeksikan pun akan bertambah, so tenaga lebih besar daripada tanpa intercooler.
kenapa pasang intercooler pada mesin turbo/supercharger lebih hemat (dibanding tanpa inter cooler?)
kalo mobil tanpa turbo/supercharger, emang lebih efektif kalo memasang CAI, coz hasil yang diberikan cukup bagus dengan dana yang lebih hemat. meski demikian, kalo mo pasang intercooler juga gk dilarang, meski hasil yang diberikan kurang maksimal
tekanan besar secara cepat mengakibatkan temperatur udara naik secara drastis.
(contoh, kita lagi pompa ban pake pompa speda, lama2 pasti pompanya panas, bahkan kalo kelamaan selang berkualitas rendah bisa lumer n meletus)
naiknya temperatur sebenarnya bagus buat homogenitas campuran udara + bbm, tapi banyak kekurangannya, yaitu volumenya lebih besar pada jumlah yang sama.
(misal, yang panas 1 kg volumenya 100 liter, yang dingin 1 kg cuma 50 liter, ini cuma misal lo). lagipula, homogenitas lebih ditentukan oleh kualitas pencampuran bbm dengan udara (pengabutan), dengan swirl serta tekanan (untuk menaikkan temperatur, mengubah bbm dari cair menjadi gas) di dalam silinder.
volume udara yang lebih besar (padahal jumlah molekul sama) mengakibatkan jumlah masuknya udara ke intake lebih sedikit, sensor temperatur n vakum mampu mengoreksi hal tersebut, so jumlah bbm yang diinjeksikan sedikit. tenaga pun berkurang (dibandingkan udara yang masuk lebih dingin).
sebaliknya, kalo udara dingin, jumlah bbm yang diinjeksikan pun akan bertambah, so tenaga lebih besar daripada tanpa intercooler.
kenapa pasang intercooler pada mesin turbo/supercharger lebih hemat (dibanding tanpa inter cooler?)
yup, setiap efisiensi mesin bertambah, sebenarnya efisiensi bbm juga bertambah (dalam konstruksi mesin yang sama), dalam arti, kalo mobil digas dikit aja udah mau lari kencang, so kita gak perlu ngegas dalam lagi, hasilnya, mobil lebih irit. kalo mobil lemot, n kita gk sabar (maunya kenceng), pasti digas dalam, nah, digas dalam ini menyebabkan fc lebih boros.Turboman wrote:I/C akan meningkatkan efisiensi adiabatik, terutama utk long run.
FC tergantung dari kaki kanan anda.
kalo mobil tanpa turbo/supercharger, emang lebih efektif kalo memasang CAI, coz hasil yang diberikan cukup bagus dengan dana yang lebih hemat. meski demikian, kalo mo pasang intercooler juga gk dilarang, meski hasil yang diberikan kurang maksimal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: inter cooler
I hope this is for intercooler installation on a forced-induction engine ....
On naturally-aspirated engine, it's a complete waste of resources. No to mention it will look quite dumb to begin with ...
On naturally-aspirated engine, it's a complete waste of resources. No to mention it will look quite dumb to begin with ...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: inter cooler
Yang dimaksud adalah active intercooler ada di Tabloid *t*m*tif edisi 19:XIX 14 September 2009 halaman 13
Rubrik OTOTIPS dengan judul ACTIVE INTERCOOLER "Kulkas udara untuk performa"
Rubrik OTOTIPS dengan judul ACTIVE INTERCOOLER "Kulkas udara untuk performa"
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
Re: inter cooler
lebih efektif mana ya antara CAI dengan dastek?