Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by gasa_gandony »

klo menurut gw sih inreyen perlu coz di buku manual dari pabrik sudah dicantumkan. cara2 udah ada seperti klo 500 km pertama buka gas boleh lebih dari setengah trus klo dibawah 2500 km jangan buka gas penuh dalam jangka waktu lama n sering2 over gigi katanya sih biar komponen2 mesinnya saling bersesuaian dulu. memang sih dalam pengetesan motor terutama sport kadang digeber2 , tujuan sebenernya untuk melihat kalo ada kelainan dalam mesin maklum motor sport kan buat ngebut, kerusakan mesin dikit bisa buat pengendaranya celaka. bayangkan ja, kecepatan 100 km/j tiba2 mesin mati....alamat pindah alam he..he.. tapi khusus yang beli mocin harap perhatiin inreyennya coz temen gw pernah beli mocin baru langsung digeber2, ga lama mesinya ngebul.... untung ada garansinya.
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by gasa_gandony »

ga boleh lebih dari setengah...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by y_anjasrana »

Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...
Accurate V5 Accounting System Consultant
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by TUFF Stough »

y_anjasrana wrote:Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...
^berani jamin? Pabrikan aja gak berani.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...
setuju..... ane pake mtr bebek ga pake inreyen segala..... dari baru digeber aja.......alhasil ampe sekarang ga masalah tuh.......asal jangan berlebihan aja....... :upss:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by y_anjasrana »

Udah nyoba koq... Mobil baru digeber di atas 150km/jam (kalu ga salah pernah ada review avanza S). Ga ada masalah sampe beberapa tahun kemudian. Tp itu mobil ya..

Kalu motor blum pernah coba. Soalnya waktu punya motor baru, blom bisa naek motor... :ungg:

Istilah inreyen itu udah melekat turun temurun. Bisa dibilang mitos yg udah nempel di masyarakat. Akibatnya biar teknologi produksi udah canggih, mitos inreyen susah hilang.

Ibaratnya perawan, sekali coblos, mau digeber berkali2 ga bakal masalah.. Soalnya didisain dan dibuat dgn sistem pelumasan yg canggih. :upss:
setuju..... ane pake mtr bebek ga pake inreyen segala..... dari baru digeber aja.......alhasil ampe sekarang ga masalah tuh.......asal jangan berlebihan aja.......
yg namanya berlebihan jelas ga boleh lah. mau motor/mobil lama atau motor/mobil baru ya ga boleh lewat redline misalnya. cuma umumnya motor/mobil baru udah dilengkapi banyak limiter. jadi mau dipaksa ga bisa juga. asal masih standard loh.. kyk dulu karisma cuma mentok di 120km/jam, ga bisa lebih lagi.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
mr_dhani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
Location: Pasar Rebo, Jak-Tim

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by mr_dhani »

istilah kata..... sewajarnya aje!
kalo mau awet pakainya juga yg normal2 alias ngga berlebihan...
User avatar
abah rommy
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Aug 28, 2012 6:39
Location: Parijs van Java

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by abah rommy »

Yang umumnya terjadi apabila Masa Inreyen diabaikan, di beberapa bulan ke depan dan tahun-tahun mendatang akan terjadi:

Konsumsi BBM akan semakin boros
Konsumsi Oli akan meningkat (lebih cepat tambah oli / topping-up)
Kerusakan mesin lebih cepat terjadi.
.



Jadi manfaat dari mematuhi Masa Inreyen ini adalah:
“Untuk mendapatkan penghematan dan keawetan kendaraan kita di masa mendatang”

CMIIW
“hargailah barang milik anda dan barang
milik orang lain, karena tidak semua orang ekonominya sama”
User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by razorus »

Saya masih percaya mitos zaman dahulu "bawa dengan kecepatan yang bertahap"

Tujuannya?
1. Buat mesin tentunya menyesuaikan komponen baru
2. Buat komponen rem penyesuaian bidang gesek rotor dan kanvas rem
3. Buat rider tentunya penyesuaian karakter handling motor baru :mky_02:
4. Tentunya sayang kalau motor baru tapi bodi lecet-lecet karena ngebut :mky_03:



Sori kalo gak nyambung :ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by daftar »

banyak yang menyangka mitos, namun bener lho motor jaman sekarang pun masih perlu inreyen. Punya supra 125 sama dengan tetangga, yg punya saya dulu partama langsung digeber, punya tetangga tidak. dan sekarang dipake lebih enak punya saya, punya tetangga napas cepet habis (dikit2 udah minta naik gigi), tapi punya tetangga jadinya malah irit, wkwk. dengan perawatan sama2 ala kadarnya :D. Mau dibilang gmn kondisinya begitu.

Memang orang sekarang banyak yang bilang hal2 yang dulu diyakini banyak orang gitu cuman mitos dengan membangga2kan teknologi sekarang, katanya presisi dll. Tapi kan itu di proses produksinya saja, sampai motor keluar dealer. Selama bahan mesinnya tetap logam yang bisa memuai dan melar ya perlu perlakuan yang sama. mungkin lain cerita kalo mesinnya terbuat dari intan :P
:ngacir: