dickymop wrote:Saya uda bulet beli trajet 2nd, cman rada bingung, penyakit nya apa aja, apalagi budget nya cman
cukup buat trajet taon 2001-2003. Ngeri juga kan, mobil yg uda 6 - 8 taon tuanya, pasti banyak kekurangannya. Kebetulan saya kurang ngerti soal mesin mobil, jd minta bantuan temen yg rada ngerti. Tapi kalo ada para pakar yg mo bagi" ilmu, soal memeriksa trajet 2nd yg uda uzur, kan lebih aman, nga bakalan beli kucing dalam karung
Kalo bisa, ilmunya mulai dari gmana periksa kaki", sasis, mesin, kelistrikan, ac, radiator, injektionnya, dan macem" lah,
umumnya. mobil korea sangat rentan di kelistrikan... kalau mesin/mekanis, dapat dikatakan bandel kok
mobil MPV, umur 8 tahunan, periksa kaki2nya... kalau bantingannya terlalu mentul2, berarti shock sudah almarhum. bisa dicoba jalan pelan2 lewat lubang/gundukan/polisi tidur, kalau ayunan body lebih dari 2 kali, itu shock sudah lemah atau malah tewas... terpaksa musti ganti
kalau masih mantap tapi gluduk2, itu bushing suspensi minta ganti
trajet sangat stabil dan nyaman, itu karena konstruksi kaki2nya lumayan ribet....jadi jangan heran kalau biaya servis/gantinya mahal
trajet juga mobil MPV medium FWD, cermati kondisi kaki2 dan as penggerak (roda depan). coba jalan pelan (dibawah 5kph) terus belokkin patah kanan atau kiri, kalau kedengaran suara krek-krek-krek dari roda depan, itu as penggerak sudah bermasalah... oya, kalau coba, jendelanya dibuka biar kedengaran suaranya
terus lihat ke kolong, perhatikan apakah karet boot penutup cv jointnya masih bagus. kalau sobek...SEGERA ganti dan di grease ulang, jangan menunda ini, karena ini pangkal jebolnya as penggerak
kalau mau all in one check kaki2 dan suspensi, bawa ke bengkel yg bagus untuk rotasi/balancing ban dan spooring
mobil yg kaki2nya sudah ga bagus PASTI TDK BISA dispooring dengan baik...kalau bengkel/mekaniknya baik, mereka akan diagnosa dan kasih saran ttg kondisi kaki mobil kita
untuk kondisi mesin dan kelistrikan, kalau ga salah trajet sudah pake ECU yg sistem OBD2... gampang tuh... cari aja bengkel yg bagus (tdk harus BeRes) asal punya scanner OBD2, tinggal colok... biasanya mekanik langsung bisa mendiagnosa kondisi mesin
sedangkan untuk yg lain2 seperti oli, cairan, minyak rem, dsb... tdk usah ambil resiko...begitu ambil mobilnya, mendingan diganti semuanya aja...total...
yg lumayan mahal tapi penting, pastikan kondisi Timing Belt msh baik atau setidaknya tahu kapan terakhir kali diganti
maaf...saya tdk punya trajet, adanya santa fe... tapi kedua mobil ini mirip kok
