Bantuin milih dunk...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Jun 11, 2009 2:41
Bantuin milih dunk...
Kebetulan gw masih baru nich disini...
Gw niat pengen ngambil bebek, tapi bingung, ada beberapa masukan dari temen2 gw...
2 orang sobat gw, nyaranin JupiterZ. Tapi gw kurang sreg sama desain JupiterZ
Sementara, kalo gw survey, gw liat sendiri, gw seneng banget sama desain Shogun 125 SP.
Pas liat brosur dari dealer, gw bingung lagi... Koq harga Shogun sama Jupiter MX, lebih mahal Shogun yach??
Padahal bukanny kalo dari teknologi lebih bagus JupiterMX yach??? *ni pendapat pribadi
Nah, belakangan ini, gw jadi kepikiran untuk ngambil JupiterMX.
Tapi yang pengen gw tanyain, Apa bener kalo Shogun ntu harganya lebih mahal dari MX??
Trus kalo pilihan gw jatoh ke MX, salah gak yach???
Secara gw masih baru... Pls yach bantuanny utk menjelaskan...
Gw niat pengen ngambil bebek, tapi bingung, ada beberapa masukan dari temen2 gw...
2 orang sobat gw, nyaranin JupiterZ. Tapi gw kurang sreg sama desain JupiterZ
Sementara, kalo gw survey, gw liat sendiri, gw seneng banget sama desain Shogun 125 SP.
Pas liat brosur dari dealer, gw bingung lagi... Koq harga Shogun sama Jupiter MX, lebih mahal Shogun yach??
Padahal bukanny kalo dari teknologi lebih bagus JupiterMX yach??? *ni pendapat pribadi
Nah, belakangan ini, gw jadi kepikiran untuk ngambil JupiterMX.
Tapi yang pengen gw tanyain, Apa bener kalo Shogun ntu harganya lebih mahal dari MX??
Trus kalo pilihan gw jatoh ke MX, salah gak yach???
Secara gw masih baru... Pls yach bantuanny utk menjelaskan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
tergantung selera bro, kalo shogun cocok buat kendaraan di kota, buat jalan jauh juga lumayan.
kalo mx, buat di kota cocok juga, cuma kalah lincah dibandingkan shogun. tapi buat jalan jauh lebih enak.
kalo teknologi n performa, ini selera juga,
mx jelas lebih unggul teknologinya,
perhatikan juga konsumsi bbmnya, shogun jelas lebih irit,
handling? coba bro pinjem py temen (yg masih bgs lo, jgn yg gk beres), rasain perbedaan 2 motor tsb.
power n speed? diatas kertas jelas menang mx, test jalan juga,
tapi, mungkin tarikan awal shogun lebih cepat dikit (tergantung pengendara juga sih), tapi bentar lagi pasti kesusul deh,
faktor model, tergantung selera bro, tapi menurut saya, model shogun kurang eye catching, beda ma produk honda yang 125 ato mx (pendapat saya lo), tapi kayaknya pendapat saya benar, coz penjualan suzuki masih kalah,
bodi, berdasarkan pengalaman (punya keduanya), suzuki lebih cepat rusak, kalo yamaha lebih awet,
termasuk cat, apalagi stiker2, suzuki cepat mengelupas.
faktor aftersales, kayaknya imbang2 aja, tapi dealer yamaha lebih banyak, n komponen lebih mudah dicari, bahkan hingga toko2 variasi deket rumah,
faktor x,
pilihan ditangan anda, faktor harga berbicara,
intinya, keduanya bagus, tinggal selera bro pilih yang mana, itulah yang bro pilih,
kalo mx, buat di kota cocok juga, cuma kalah lincah dibandingkan shogun. tapi buat jalan jauh lebih enak.
kalo teknologi n performa, ini selera juga,
mx jelas lebih unggul teknologinya,
perhatikan juga konsumsi bbmnya, shogun jelas lebih irit,
handling? coba bro pinjem py temen (yg masih bgs lo, jgn yg gk beres), rasain perbedaan 2 motor tsb.
power n speed? diatas kertas jelas menang mx, test jalan juga,
tapi, mungkin tarikan awal shogun lebih cepat dikit (tergantung pengendara juga sih), tapi bentar lagi pasti kesusul deh,
faktor model, tergantung selera bro, tapi menurut saya, model shogun kurang eye catching, beda ma produk honda yang 125 ato mx (pendapat saya lo), tapi kayaknya pendapat saya benar, coz penjualan suzuki masih kalah,
bodi, berdasarkan pengalaman (punya keduanya), suzuki lebih cepat rusak, kalo yamaha lebih awet,
termasuk cat, apalagi stiker2, suzuki cepat mengelupas.
faktor aftersales, kayaknya imbang2 aja, tapi dealer yamaha lebih banyak, n komponen lebih mudah dicari, bahkan hingga toko2 variasi deket rumah,
faktor x,
pilihan ditangan anda, faktor harga berbicara,
intinya, keduanya bagus, tinggal selera bro pilih yang mana, itulah yang bro pilih,
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Jun 11, 2009 2:41
Re: Bantuin milih dunk...
Cloud wrote:tergantung selera bro, kalo shogun cocok buat kendaraan di kota, buat jalan jauh juga lumayan.
kalo mx, buat di kota cocok juga, cuma kalah lincah dibandingkan shogun. tapi buat jalan jauh lebih enak.
kalo teknologi n performa, ini selera juga,
mx jelas lebih unggul teknologinya,
perhatikan juga konsumsi bbmnya, shogun jelas lebih irit,
handling? coba bro pinjem py temen (yg masih bgs lo, jgn yg gk beres), rasain perbedaan 2 motor tsb.
power n speed? diatas kertas jelas menang mx, test jalan juga,
tapi, mungkin tarikan awal shogun lebih cepat dikit (tergantung pengendara juga sih), tapi bentar lagi pasti kesusul deh,
faktor model, tergantung selera bro, tapi menurut saya, model shogun kurang eye catching, beda ma produk honda yang 125 ato mx (pendapat saya lo), tapi kayaknya pendapat saya benar, coz penjualan suzuki masih kalah,
bodi, berdasarkan pengalaman (punya keduanya), suzuki lebih cepat rusak, kalo yamaha lebih awet,
termasuk cat, apalagi stiker2, suzuki cepat mengelupas.
faktor aftersales, kayaknya imbang2 aja, tapi dealer yamaha lebih banyak, n komponen lebih mudah dicari, bahkan hingga toko2 variasi deket rumah,
faktor x,
pilihan ditangan anda, faktor harga berbicara,
intinya, keduanya bagus, tinggal selera bro pilih yang mana, itulah yang bro pilih,
Jadi bener yach kalo shogun emang lebih mahal?
Gw jarang make motor jauh2. paling buat ngantor aja...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
tambahan, fitur2 juga perlu dilihat, kaya model kunci kontak, bagasi, dsb, mana yang sesuai selera,
tambahan lagi, saya mengalami stiker suzuki ngelupas (tepi2nya), pada pemakaian diatas 4 tahun,
ada juga teman yang mengalami hal kaya gitu baru beberapa bulan,
tambahan lagi, saya mengalami stiker suzuki ngelupas (tepi2nya), pada pemakaian diatas 4 tahun,
ada juga teman yang mengalami hal kaya gitu baru beberapa bulan,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
eh, lebih mahal?
coba bro cek harga resminya di web, sebagai pembanding di dealer. sapa tahu ada diskon, ato cashback,
coba bro cek harga resminya di web, sebagai pembanding di dealer. sapa tahu ada diskon, ato cashback,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
saya mengalami ngelupas sticker pada produk lama (bukan new shogun 125 sp),
tapi py temen yg beli shogun 125 (bukan sp), juga cepet ngelupas, n berkerut, tapi ditanggapi dealer, n diganti stickernya,
tapi py temen yg beli shogun 125 (bukan sp), juga cepet ngelupas, n berkerut, tapi ditanggapi dealer, n diganti stickernya,
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Bantuin milih dunk...
ane sih kagak ngikutin perkembangan motor nih..
tapi pengalaman ane, naek yamaha ZR yang baru enak banget. joknya lumayan nyaman.. sayang cuman naek 10 menit.. waktu itu nyobain jadi penumpang ojeg.
kalo shogun, untuk yang dibonceng, enak banget. joknya empuk. tapi ciri khas suzuki, kalo udah 2-3 tahun, suara mesin berubah.. kagak ngarti nape.
ane pernah jalan2 sampe ke garut, kuningan, cirebon.. selama lihat bebek, lebih banyak merk yamaha.. bahkan dibanding honda sekalipun..
sori nih, gak ngasih masukan yang MX..
tapi pengalaman ane, naek yamaha ZR yang baru enak banget. joknya lumayan nyaman.. sayang cuman naek 10 menit.. waktu itu nyobain jadi penumpang ojeg.
kalo shogun, untuk yang dibonceng, enak banget. joknya empuk. tapi ciri khas suzuki, kalo udah 2-3 tahun, suara mesin berubah.. kagak ngarti nape.
ane pernah jalan2 sampe ke garut, kuningan, cirebon.. selama lihat bebek, lebih banyak merk yamaha.. bahkan dibanding honda sekalipun..
sori nih, gak ngasih masukan yang MX..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Jun 11, 2009 2:41
Re: Bantuin milih dunk...
Pilihan jatoh ke MX kayanya... Thanx yach buat yang ngasih masukan... Hueheheheee...
Mo beli motor, mpe kagak bisa tidur... gara2 bingung mo milih yang mana..
Mo beli motor, mpe kagak bisa tidur... gara2 bingung mo milih yang mana..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
Nice choice bro,
rata2, bearing maupun girnya udah aus (lubang di tengah girnya yg dapat bearing yang aus), n punya temen saya (shogun 1997), malah bos poros kruk asnya juga ikut aus (yang bergesekan ma bearing). rata2 gir stater pada dilepas, lebih ringan n gak berisik.
yang baru (new 110), smash, sama 125, rata2 berisik di head. n kalo diperhatikan, ternyata kelemahan pada kepresisian dudukan bearing noken as, juga dudukan pen rocker arm. setelah dipake sekian lama, lubang dudukan keduanya mulai aus, so, meski katup disetel rapat, tetep ada celah coz dudukan longgar, apalagi kalo mesin panas. kalo disetel lebih rapat lagi, mesin susah hidup. katup gk menutup sempurna.tapi tetep kadang rapat kadang longgar.
tadinya saya cuma ganti bearing noken as, juga pen sekalian rocker arm, ternyata masih berisik (cuma beberapa minggu, berisik muncul lagi).
di bengkel resmi malah nyaranin ganti head biar halus suaranya,
saya jelas2 nolak, kalo digratisin mau, mahal tuh head, (sejak itu, saya selalu servis sendiri, kurang percaya aja sama bengkel)
tadinya sih pasrah aja, toh berisiknya enggak terlalu parah, masih lebih berisik GL punya tetangga.
trus, punya ide,
saya mengatasi masalah ini pake hard chrome (tadinya mau dishock ulang lubangnya, tapi mahal). bearing noken as diganti, tapi bearing penggantinya di hardchrome dulu outer ringnya.
begitu pula pen rocker arm, saya hard chrome. saya minta ke tukangnya, hard chromenya jangan tebal2, cuma biar enggak longgar aja.
pas dipasang, emang susah, jadi, head saya panasin dulu (direbus), trus noken as dipasang (dilumuri oli dulu), pen rocker arm juga dipasang, (dilumuri oli juga). agak susah, tapi tetep bisa, dipukul pelan2 pake kayu, ternyata masuk pelan2 dengan mudah. trus dikeringin headnya.
hasilnya, mesin halus seperti baru, n belum bermasalah meski dh lama, n sering banget dipake rpm tinggi.
tapi lumayan nyedot banyak cost, (beli bearing 4 buah, yg 2 buat ganti, gk berhsl, beli 2 dihardchrome, baru berhasil)
beli 2 pen rocker arm, sama 2 rocker arm.
hitung aja totalnya,
plus hardchrome,
plus paking set,
kalo ongkos kerja gratis (kerjain sendiri),
tapi kayaknya di bengkel manapun belum pernah pake trik ini y?
kalo punya yamaha, saya buka pen rocker arm susah banget, dimasukin baut, ditarik susah, sampai dipukul2, akhirnya pake treker bikinan. mungkin karena lebih rapat gitu, jadi gk gampang aus, so suara mesin gk gampang berisik kaya suzuki.
kalo di suzuki, jangankan ditarik, dimiringin aja, udah jatuh sendiri (krn udah aus)
kalo perawatan bagus (ganti oli sesuai anjuran), n pemakaian halus, nggak sampai rpm atas (kebut2an), mesin bisa lebih tahan lama,
yang ini emang bener, biasanya diatas 3 tahun mulai berisik di sekitar head ato gir stater. tapi untuk shogun lama (yang 110, bukan new, materialnya lebih bagus), headnya enggak berisik, kecuali minim perawatan (ganti oli, stel klep, dll). kalo gir stater, rata2 semua ky gitu (untuk shogun)maskopat wrote:ciri khas suzuki, kalo udah 2-3 tahun, suara mesin berubah.. kagak ngarti nape.
rata2, bearing maupun girnya udah aus (lubang di tengah girnya yg dapat bearing yang aus), n punya temen saya (shogun 1997), malah bos poros kruk asnya juga ikut aus (yang bergesekan ma bearing). rata2 gir stater pada dilepas, lebih ringan n gak berisik.
yang baru (new 110), smash, sama 125, rata2 berisik di head. n kalo diperhatikan, ternyata kelemahan pada kepresisian dudukan bearing noken as, juga dudukan pen rocker arm. setelah dipake sekian lama, lubang dudukan keduanya mulai aus, so, meski katup disetel rapat, tetep ada celah coz dudukan longgar, apalagi kalo mesin panas. kalo disetel lebih rapat lagi, mesin susah hidup. katup gk menutup sempurna.tapi tetep kadang rapat kadang longgar.
tadinya saya cuma ganti bearing noken as, juga pen sekalian rocker arm, ternyata masih berisik (cuma beberapa minggu, berisik muncul lagi).
di bengkel resmi malah nyaranin ganti head biar halus suaranya,
saya jelas2 nolak, kalo digratisin mau, mahal tuh head, (sejak itu, saya selalu servis sendiri, kurang percaya aja sama bengkel)
tadinya sih pasrah aja, toh berisiknya enggak terlalu parah, masih lebih berisik GL punya tetangga.
trus, punya ide,
saya mengatasi masalah ini pake hard chrome (tadinya mau dishock ulang lubangnya, tapi mahal). bearing noken as diganti, tapi bearing penggantinya di hardchrome dulu outer ringnya.
begitu pula pen rocker arm, saya hard chrome. saya minta ke tukangnya, hard chromenya jangan tebal2, cuma biar enggak longgar aja.
pas dipasang, emang susah, jadi, head saya panasin dulu (direbus), trus noken as dipasang (dilumuri oli dulu), pen rocker arm juga dipasang, (dilumuri oli juga). agak susah, tapi tetep bisa, dipukul pelan2 pake kayu, ternyata masuk pelan2 dengan mudah. trus dikeringin headnya.
hasilnya, mesin halus seperti baru, n belum bermasalah meski dh lama, n sering banget dipake rpm tinggi.
tapi lumayan nyedot banyak cost, (beli bearing 4 buah, yg 2 buat ganti, gk berhsl, beli 2 dihardchrome, baru berhasil)
beli 2 pen rocker arm, sama 2 rocker arm.
hitung aja totalnya,
plus hardchrome,
plus paking set,
kalo ongkos kerja gratis (kerjain sendiri),
tapi kayaknya di bengkel manapun belum pernah pake trik ini y?
kalo punya yamaha, saya buka pen rocker arm susah banget, dimasukin baut, ditarik susah, sampai dipukul2, akhirnya pake treker bikinan. mungkin karena lebih rapat gitu, jadi gk gampang aus, so suara mesin gk gampang berisik kaya suzuki.
kalo di suzuki, jangankan ditarik, dimiringin aja, udah jatuh sendiri (krn udah aus)
kalo perawatan bagus (ganti oli sesuai anjuran), n pemakaian halus, nggak sampai rpm atas (kebut2an), mesin bisa lebih tahan lama,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Bantuin milih dunk...
Shogun SP ane dah 3,5 tahun suaranya belum berubah S0b, soalnya udah berisik dari awalnya sih.
Yang bikin tambah berisik suara cover lampu yang dah kendor.
But nice sharing Bro Cloud.
Yang bikin tambah berisik suara cover lampu yang dah kendor.
But nice sharing Bro Cloud.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Bantuin milih dunk...
kl0 Jupi MX mank mengusung tekn0l0gi baru... dibanding m0t0r sekelas lainnya...
kl0 bilang spare part murah Yamaha.. memang betul.. tp menurut temanku yang pakai suzuki biarpun harga sparepartnya lebih mahal.. tapi ketahannanya.. lebih kuat..
so... kesimpulannya.. mau keluar uang besar sekali at0 uang kecil berkali2.. wkwkwkwkwk
S0al suara tambahan... mank betul.. Yamaha paling PELIT karena.. designnya..yg s0lid anti kend0r...
Tapi kembali lagi selara br0... n buget tentunya..
selamat memilih...
kl0 bilang spare part murah Yamaha.. memang betul.. tp menurut temanku yang pakai suzuki biarpun harga sparepartnya lebih mahal.. tapi ketahannanya.. lebih kuat..
so... kesimpulannya.. mau keluar uang besar sekali at0 uang kecil berkali2.. wkwkwkwkwk
S0al suara tambahan... mank betul.. Yamaha paling PELIT karena.. designnya..yg s0lid anti kend0r...
Tapi kembali lagi selara br0... n buget tentunya..
selamat memilih...
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: Bantuin milih dunk...
TVS RockZ bagus lho...
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2063168
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2063168
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Bantuin milih dunk...
Berdasarkan pengalaman punya yg jadul2 ke 3 merk itu:(semua 4 tak)
Honda: mesinnya kuat bandel dan awet. Tenaga biasa saja.Irit bbm. Kerapian Las2an sasis kurang baik/kasar Kualitas klem2an sambungan kabel juga kurang baik(kawat tembaga dibiarin telanjang pada klem). Kualitas pop-up cover/body juga biasa saja tdk istimewa, tetapi lebih baik dari suzuki walau masih dibawah yamaha.
Yamaha(4tak): Mesin awet, tenaga lebih oke dr honda. Sedikit lebih boros utk mengkompensasi tenaga yg lebih gedhe. (tetapi khusus utk vega akselerasi dan FCnya jauh lebih irit dari supra).Kualitas pop-up Cover/body paling baik dibanding competitor.Bodynya erat dan jarang berbunyi. Demikian juga dengan sambungan2 kabel. Kawat tembaganya bahkan di solder.Kualitas las2an sasinya paling rapi dan halus...
Suzuki: tenaga besar( nih merk identik dengan over square/langkah pendek,yg identik dengan kecepatan tinggi). Khusus utk smash akselerasinya cepat tapi tidak bisa mencapai kec tinggi(maks 90 sd 95km/jam). FC lumayan irit.Kualitas pop-up cover/body paling lemah, sering goyang dan berbunyi. Kualitas kabel kelistrikan sama dg Honda. Banyak sharing dgn pengguna , mesinnya kasar dan gampang nglothok, kurang awet.( bener nggaknya saya juga belum tahu).Mesin yang bandel dan halus justru terdapat pada shogun versi lama(shogun Kebo).
Sampai saat ini yang memiliki akselerasi dan tenaga besar adalah yamaha mx 135. Disamping memiliki radiator air yang membuat mesin lebih adem dan jauh lebih awet,karena pemuaiannya lebih kecil shg gesekan juga bisa direduksi.Karena usianya sudah lama, bisa jadi akan muncul versi baru ya??? entahlah...
Pernah temen yang punya kawazaki 135 balapan ama mx 135 di jalan tol,,,jauh euy... kawasaki dikentutin aja(kr kelemahan di venturi karburator)...hehehe....
Entah kalau Honda Cs1 atau Suzuki satria 4 tak 150 cc dohc. Saya belum tahu. Tapi yg pasti karena populasinya sedikit dan kurang laku, pasti harga sparepart lbh mahal dan resale valuenya turun.
Honda: mesinnya kuat bandel dan awet. Tenaga biasa saja.Irit bbm. Kerapian Las2an sasis kurang baik/kasar Kualitas klem2an sambungan kabel juga kurang baik(kawat tembaga dibiarin telanjang pada klem). Kualitas pop-up cover/body juga biasa saja tdk istimewa, tetapi lebih baik dari suzuki walau masih dibawah yamaha.
Yamaha(4tak): Mesin awet, tenaga lebih oke dr honda. Sedikit lebih boros utk mengkompensasi tenaga yg lebih gedhe. (tetapi khusus utk vega akselerasi dan FCnya jauh lebih irit dari supra).Kualitas pop-up Cover/body paling baik dibanding competitor.Bodynya erat dan jarang berbunyi. Demikian juga dengan sambungan2 kabel. Kawat tembaganya bahkan di solder.Kualitas las2an sasinya paling rapi dan halus...
Suzuki: tenaga besar( nih merk identik dengan over square/langkah pendek,yg identik dengan kecepatan tinggi). Khusus utk smash akselerasinya cepat tapi tidak bisa mencapai kec tinggi(maks 90 sd 95km/jam). FC lumayan irit.Kualitas pop-up cover/body paling lemah, sering goyang dan berbunyi. Kualitas kabel kelistrikan sama dg Honda. Banyak sharing dgn pengguna , mesinnya kasar dan gampang nglothok, kurang awet.( bener nggaknya saya juga belum tahu).Mesin yang bandel dan halus justru terdapat pada shogun versi lama(shogun Kebo).
Sampai saat ini yang memiliki akselerasi dan tenaga besar adalah yamaha mx 135. Disamping memiliki radiator air yang membuat mesin lebih adem dan jauh lebih awet,karena pemuaiannya lebih kecil shg gesekan juga bisa direduksi.Karena usianya sudah lama, bisa jadi akan muncul versi baru ya??? entahlah...
Pernah temen yang punya kawazaki 135 balapan ama mx 135 di jalan tol,,,jauh euy... kawasaki dikentutin aja(kr kelemahan di venturi karburator)...hehehe....
Entah kalau Honda Cs1 atau Suzuki satria 4 tak 150 cc dohc. Saya belum tahu. Tapi yg pasti karena populasinya sedikit dan kurang laku, pasti harga sparepart lbh mahal dan resale valuenya turun.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: Bantuin milih dunk...
^ ulasan yang bagus....gimana kalo TVS Om...ada pengalaman ga? yg rockz keren kayanya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bantuin milih dunk...
kalo perawatan bagus, motor apa aja pasti awet bro. masalahnya, saya beli shogun 2nd, n kondisi mesin udah berisik. olinya aja item bgt, n tinggal setengah. klo gitu, ketauan, gk pernah dirawat motornya. tapi emang, rata2 suzuki lebih berisik kalo udah diatas 3 tahun (dibandingkan dg baru). n sering selip kopling, juga agak susah pindah gigi (kalo dh terbiasa, tetep mudah) kalo yamaha ato honda, usia diatas 3 thn masih relatif sama dengan ketika masih baru.TUFF Stough wrote:Shogun SP ane dah 3,5 tahun suaranya belum berubah S0b, soalnya udah berisik dari awalnya sih.
Yang bikin tambah berisik suara cover lampu yang dah kendor.
kondisi pemakaian juga berpengaruh lo, py temen sy, shogun tdny halus, pas dipake ngebut dari klaten-jogja, mendadak jadi agak kasar. setelah itu, jadi tambah aja kasarnya, n sekarang masih stabil (bunyi kasarnya gk bertambah n gak berkurang), padahal udah diservis, ganti oli, n stel klep.
beda ama shogun lama (yang 110, shogun kebo), rata2 mesin tetep halus meski sering dipake ngebut,
tambahan lagi, kualitas stiker untuk motor sekarang paling bagus honda, soalnya kayaknya stiker ikut kena lapisan cat, jadi susah dikelupas. begitupun kalo dikelupas, bekasnya akan tinggal, n agak sulit buat bersihinnya. jadi, ati2 kalo mo ngelupas, mending pake bantuan pemanas/hair dryer, kalo nggak, bukan nggak mungkin cat ikut ngelupas. kalo stiker yamaha, kualitasnya bagus, cuma kayaknya enggak dilapis cat, jadi tetep lebih mudah dilepas daripada honda,
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Jun 11, 2009 2:41
Re: Bantuin milih dunk...
Diki_Oke_Deh wrote:Berdasarkan pengalaman punya yg jadul2 ke 3 merk itu:(semua 4 tak)
Honda: mesinnya kuat bandel dan awet. Tenaga biasa saja.Irit bbm. Kerapian Las2an sasis kurang baik/kasar Kualitas klem2an sambungan kabel juga kurang baik(kawat tembaga dibiarin telanjang pada klem). Kualitas pop-up cover/body juga biasa saja tdk istimewa, tetapi lebih baik dari suzuki walau masih dibawah yamaha.
Yamaha(4tak): Mesin awet, tenaga lebih oke dr honda. Sedikit lebih boros utk mengkompensasi tenaga yg lebih gedhe. (tetapi khusus utk vega akselerasi dan FCnya jauh lebih irit dari supra).Kualitas pop-up Cover/body paling baik dibanding competitor.Bodynya erat dan jarang berbunyi. Demikian juga dengan sambungan2 kabel. Kawat tembaganya bahkan di solder.Kualitas las2an sasinya paling rapi dan halus...
Suzuki: tenaga besar( nih merk identik dengan over square/langkah pendek,yg identik dengan kecepatan tinggi). Khusus utk smash akselerasinya cepat tapi tidak bisa mencapai kec tinggi(maks 90 sd 95km/jam). FC lumayan irit.Kualitas pop-up cover/body paling lemah, sering goyang dan berbunyi. Kualitas kabel kelistrikan sama dg Honda. Banyak sharing dgn pengguna , mesinnya kasar dan gampang nglothok, kurang awet.( bener nggaknya saya juga belum tahu).Mesin yang bandel dan halus justru terdapat pada shogun versi lama(shogun Kebo).
Sampai saat ini yang memiliki akselerasi dan tenaga besar adalah yamaha mx 135. Disamping memiliki radiator air yang membuat mesin lebih adem dan jauh lebih awet,karena pemuaiannya lebih kecil shg gesekan juga bisa direduksi.Karena usianya sudah lama, bisa jadi akan muncul versi baru ya??? entahlah...
Pernah temen yang punya kawazaki 135 balapan ama mx 135 di jalan tol,,,jauh euy... kawasaki dikentutin aja(kr kelemahan di venturi karburator)...hehehe....
Entah kalau Honda Cs1 atau Suzuki satria 4 tak 150 cc dohc. Saya belum tahu. Tapi yg pasti karena populasinya sedikit dan kurang laku, pasti harga sparepart lbh mahal dan resale valuenya turun.
Wuuuaaahhh... Thx yach, dah nambah ilmu tentang 'permotoran'...
Berarti pilihan gw Insya Allah gak salah dunk yach??? Wkwkwkwk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Bantuin milih dunk...
sori, bro cloud.. mau tanya hard chrome biaya nya berapa saat ini? perkiraan?Cloud wrote: ...
trus, punya ide,
saya mengatasi masalah ini pake hard chrome (tadinya mau dishock ulang lubangnya, tapi mahal). bearing noken as diganti, tapi bearing penggantinya di hardchrome dulu outer ringnya.
begitu pula pen rocker arm, saya hard chrome. saya minta ke tukangnya, hard chromenya jangan tebal2, cuma biar enggak longgar aja.
....
thanks!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Bantuin milih dunk...
nambahin aje..ya kali2 aja cocok nih..& lom dibahas di sini
kl pengen bebek yang nyaman dikendarai, ga bikin badan cepet pegel, jok tebal&lebar, posisi riding nyaman, bagasi gede 16L buat bawa barang2, isi bensin ga usah turun dari motor u/buka jok (kl boncening cewe, ga usah turun pas isi bensin), relatif irit BBM, parts awet, stabil & handling nyaman, top speed 120-130 kpj..
Kawasaki ZX130
kl dibandingkan head to head Kawasaki ZX130 dgn Yamaha Jupiter MX.. jelas beda karakter ni 2 motor..cara bawanya juga beda(panjang lagi jelasinnnya, ntar aja saya jelasin kalo emang ada yang request)
tinggal pilih aja sesuai kebutuhan..
cek aja website ZX130 buat banding2:
http://www.motorkawasaki.com/product/ZX ... -ZX130.htm
http://www.kawasaki-motor.co.id/product-zx130.htm
kl pengen bebek yang nyaman dikendarai, ga bikin badan cepet pegel, jok tebal&lebar, posisi riding nyaman, bagasi gede 16L buat bawa barang2, isi bensin ga usah turun dari motor u/buka jok (kl boncening cewe, ga usah turun pas isi bensin), relatif irit BBM, parts awet, stabil & handling nyaman, top speed 120-130 kpj..
Kawasaki ZX130
kl dibandingkan head to head Kawasaki ZX130 dgn Yamaha Jupiter MX.. jelas beda karakter ni 2 motor..cara bawanya juga beda(panjang lagi jelasinnnya, ntar aja saya jelasin kalo emang ada yang request)
tinggal pilih aja sesuai kebutuhan..
cek aja website ZX130 buat banding2:
http://www.motorkawasaki.com/product/ZX ... -ZX130.htm
http://www.kawasaki-motor.co.id/product-zx130.htm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: Bantuin milih dunk...
gw setuju bro...didietkeren wrote:nambahin aje..ya kali2 aja cocok nih..& lom dibahas di sini
kl pengen bebek yang nyaman dikendarai, ga bikin badan cepet pegel, jok tebal&lebar, posisi riding nyaman, bagasi gede 16L buat bawa barang2, isi bensin ga usah turun dari motor u/buka jok (kl boncening cewe, ga usah turun pas isi bensin), relatif irit BBM, parts awet, stabil & handling nyaman, top speed 120-130 kpj..
Kawasaki ZX130
kl dibandingkan head to head Kawasaki ZX130 dgn Yamaha Jupiter MX.. jelas beda karakter ni 2 motor..cara bawanya juga beda(panjang lagi jelasinnnya, ntar aja saya jelasin kalo emang ada yang request)
tinggal pilih aja sesuai kebutuhan..
cek aja website ZX130 buat banding2:
http://www.motorkawasaki.com/product/ZX ... -ZX130.htm
http://www.kawasaki-motor.co.id/product-zx130.htm
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Jun 24, 2009 7:41
Re: Bantuin milih dunk...
azizdth wrote:^ ulasan yang bagus....gimana kalo TVS Om...ada pengalaman ga? yg rockz keren kayanya...
RockZ lumayan kliatannya gw liat kemarin di PRJ ada mp3 ma radio, cuma salesnya kurang yakinin dan suaranya speaker kalah ma musik laen di sekitar PRJ...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: Bantuin milih dunk...
tempat gw blom ada deler TVS,,,
jadi gmana mau beli n test drive,,,
jadi gmana mau beli n test drive,,,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: Bantuin milih dunk...
emang dimana bro?beruang_kutub wrote:tempat gw blom ada deler TVS,,,
jadi gmana mau beli n test drive,,,
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Aug 13, 2007 8:41
Re: Bantuin milih dunk...
KAWASAKI ZX 130
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43
Re: Bantuin milih dunk...
om, coba kasih saran neh, kenapa gak ambil skywave aja.
riding position kaya bebek kok.
dan enak bgt bawanya, gak cape.
saya juga punya mx, emang tenaga gedean mx seh.
tp utk pemakaian dalam kota naik skywave enak bgt, selap selip gak pegel, bagasi guede bgt.
klo boncengan apa lagi enakan naek skywave.
klo mx enakan single rider. gak enak utk dipake boncengan.
riding position kaya bebek kok.
dan enak bgt bawanya, gak cape.
saya juga punya mx, emang tenaga gedean mx seh.
tp utk pemakaian dalam kota naik skywave enak bgt, selap selip gak pegel, bagasi guede bgt.
klo boncengan apa lagi enakan naek skywave.
klo mx enakan single rider. gak enak utk dipake boncengan.