Nice choice bro,
maskopat wrote:ciri khas suzuki, kalo udah 2-3 tahun, suara mesin berubah.. kagak ngarti nape.
yang ini emang bener, biasanya diatas 3 tahun mulai berisik di sekitar head ato gir stater. tapi untuk shogun lama (yang 110, bukan new, materialnya lebih bagus), headnya enggak berisik, kecuali minim perawatan (ganti oli, stel klep, dll). kalo gir stater, rata2 semua ky gitu (untuk shogun)
rata2, bearing maupun girnya udah aus (lubang di tengah girnya yg dapat bearing yang aus), n punya temen saya (shogun 1997), malah bos poros kruk asnya juga ikut aus (yang bergesekan ma bearing). rata2 gir stater pada dilepas, lebih ringan n gak berisik.
yang baru (new 110), smash, sama 125, rata2 berisik di head. n kalo diperhatikan, ternyata kelemahan pada kepresisian dudukan bearing noken as, juga dudukan pen rocker arm. setelah dipake sekian lama, lubang dudukan keduanya mulai aus, so, meski katup disetel rapat, tetep ada celah coz dudukan longgar, apalagi kalo mesin panas. kalo disetel lebih rapat lagi, mesin susah hidup. katup gk menutup sempurna.tapi tetep kadang rapat kadang longgar.
tadinya saya cuma ganti bearing noken as, juga pen sekalian rocker arm, ternyata masih berisik (cuma beberapa minggu, berisik muncul lagi).
di bengkel resmi malah nyaranin ganti head biar halus suaranya,
saya jelas2 nolak, kalo digratisin mau, mahal tuh head, (sejak itu, saya selalu servis sendiri, kurang percaya aja sama bengkel)
tadinya sih pasrah aja, toh berisiknya enggak terlalu parah, masih lebih berisik GL punya tetangga.
trus, punya ide,
saya mengatasi masalah ini pake hard chrome (tadinya mau dishock ulang lubangnya, tapi mahal). bearing noken as diganti, tapi bearing penggantinya di hardchrome dulu outer ringnya.
begitu pula pen rocker arm, saya hard chrome. saya minta ke tukangnya, hard chromenya jangan tebal2, cuma biar enggak longgar aja.
pas dipasang, emang susah, jadi, head saya panasin dulu (direbus), trus noken as dipasang (dilumuri oli dulu), pen rocker arm juga dipasang, (dilumuri oli juga). agak susah, tapi tetep bisa, dipukul pelan2 pake kayu, ternyata masuk pelan2 dengan mudah. trus dikeringin headnya.
hasilnya, mesin halus seperti baru, n belum bermasalah meski dh lama, n sering banget dipake rpm tinggi.
tapi lumayan nyedot banyak cost, (beli bearing 4 buah, yg 2 buat ganti, gk berhsl, beli 2 dihardchrome, baru berhasil)
beli 2 pen rocker arm, sama 2 rocker arm.
hitung aja totalnya,
plus hardchrome,
plus paking set,
kalo ongkos kerja gratis (kerjain sendiri),
tapi kayaknya di bengkel manapun belum pernah pake trik ini y?
kalo punya yamaha, saya buka pen rocker arm susah banget, dimasukin baut, ditarik susah, sampai dipukul2, akhirnya pake treker bikinan. mungkin karena lebih rapat gitu, jadi gk gampang aus, so suara mesin gk gampang berisik kaya suzuki.
kalo di suzuki, jangankan ditarik, dimiringin aja, udah jatuh sendiri (krn udah aus)
kalo perawatan bagus (ganti oli sesuai anjuran), n pemakaian halus, nggak sampai rpm atas (kebut2an), mesin bisa lebih tahan lama,