Grand Vitara 2.4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Grand Vitara 2.4
Liat2 GV 2.4 di PIM kemaren...pearl white. Kalo dr exterior, imo ini mobil t-o-p dah, absolutely perfect from all angles. Pelek barunya juga keren, udah 18 inch.
Interior juga ok, tp punggung kursi depan (yg di liat terus oleh penumpang belakang) kok asal2an banget ya bikinnya - itu aja sih komplen saya.
Sayang sekali versi 4x4 nya tidak diturunkan disini, padahal bisa di gunakan sebagai image differentiator sbg off-roader, bukan crossover biasa kaya CR-V.
Interior juga ok, tp punggung kursi depan (yg di liat terus oleh penumpang belakang) kok asal2an banget ya bikinnya - itu aja sih komplen saya.
Sayang sekali versi 4x4 nya tidak diturunkan disini, padahal bisa di gunakan sebagai image differentiator sbg off-roader, bukan crossover biasa kaya CR-V.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54
Re: Grand Vitara 2.4
soalnya rute kebanyakan SUV di on-road.
SUV juga bukan off-roader kalo penggerak nya masih yg 4x2.
SUV juga bukan off-roader kalo penggerak nya masih yg 4x2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
engine bay nya terlihat gak tertata rapih, belepotan..
trus Frame HU nya terkesan biasa aja..lebih mantep yg JLX 2.0 punya..
penasaran ama perbaikan dan perubahan ama suspensinya..katanya lebih lembut dan lebih redam getaran ..
kalo dari testi temen yg udah TD (a/t) , katanya aselerasi tidaklebih baik dr yg JLX 2.0 a/t
trus, gbr mobil pd speedometer yg menandakan pintu terbuka ato tertutup, graphisnya terlalu payah, kotak2 gitu...gak detail..
dan gak ada varian interior item...he.he.he.
trus Frame HU nya terkesan biasa aja..lebih mantep yg JLX 2.0 punya..
penasaran ama perbaikan dan perubahan ama suspensinya..katanya lebih lembut dan lebih redam getaran ..

kalo dari testi temen yg udah TD (a/t) , katanya aselerasi tidaklebih baik dr yg JLX 2.0 a/t
trus, gbr mobil pd speedometer yg menandakan pintu terbuka ato tertutup, graphisnya terlalu payah, kotak2 gitu...gak detail..
dan gak ada varian interior item...he.he.he.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Grand Vitara 2.4
hmm,, seharusnya diberi opsi black interior juga yah, khan sdh top of the line,, 

Permisii
............................. 


Re: Grand Vitara 2.4
Kalau memang komplain urusan warna interior, mestinya CRV juga pada komplain donk? Harganya dah 380juta. hahahaha....
Mesin kalo ga lebih baik, rasanya ada yang aneh, udah nambah tenaganya. Bisa sebanding CRV lah, ga mungkin msh seperti mesin 2.0L
Mesin kalo ga lebih baik, rasanya ada yang aneh, udah nambah tenaganya. Bisa sebanding CRV lah, ga mungkin msh seperti mesin 2.0L
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Grand Vitara 2.4
suka sama pemilihan warna display climate control nya..hehehe...dari sekilas liat di iklannya lhor yah:0
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Vitara 2.4
Om naldo upload fotonya dong please 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Re: Grand Vitara 2.4
http://autos.okezone.com/index.php/Read ... -tapi-loyo
Test Drive
Grand Vitara Baru, Besar tapi Loyo
Selasa, 28 April 2009 - 10:47 wib
text TEXT SIZE :
Prasetyo Adhi - Okezone
Rasa penasaran untuk menjajal Grand Vitara 2.4 baru terus datang. Apalagi beberapa komentar negatif datang dari penggemar Grand Vitara sendiri terhadap generasi terbaru SUV Suzuki itu.
Akhirnya rasa penasaran itu pun terlampiaskan melalui sabuah dealer Suzuki di kawasan Jakarta Selatan. Ketika ada acar bertajuk "Discover with Suzuki Grand Vitara 2.4" maka kami pun langsung saja mencoba mobil seharga Rp299 juta untuk yang manual, dan Rp310 untuk yang bertransmisi otomatik.
Keluar kawasan dealer, kemacetan sudah menghadang. Tipe transmisi otomatik yang sengaja kami pilih memang rasanya sangat tepat jika SUV ini digunakan di dalam kota. Kaki kiri tak perlu repot menginjak pedal kopling dalam waktu yang lama, saat kondisi jalan sedang padat merayap.
KOndisi jalan sedikit kosong, saatnya pedal gas diinjak penuh! Ups! Tetapi ternyata, dahaga kami akan tenaga besar Grand Vitara ini tak terlampiaskan. Ada delay beberapa detik akselerasi saat pedal kami injak dengan kerja mesin menyentuh rpm tinggi. Sangat mengganggu. Ibarat keledai, meski sudah dipecut namun tetap tidak bisa berlari kencang.
Tenaga baru keluar beberapa saat setelah saya menahan posisi kaki kanan dipedal gas dalam kondisi injak penuh. Menggelikan memang, sebuah SUV dengan kapasitas mesin yang cukup mumpuni secara matematis, yakni 2.400 cc DOHC VVT 16 valve, namun boyo untuk diajak berakselerasi di putaran awal.
Beberapa mobil dengan cc mesin di bawah ini saja bisa melakukan tugas sempurna baik di putaran bawah maupun diputaran atas. Walau demikian, boleh diakui, ketika rpm telah lewat dari angka 4.000, tenaga 2.4L-nya langsung melonjak. Sayang kami tidak bisa terlalu lama menahan dalam kondisi seperti itu. Sebab situasi jalan siang itu sangat padat.
Memasuki daerah perumahan yang banyak terdapat polisi tidur dan kondisi jalan yang kurang rata, menjadi halangan kami untuk menguji kehandalan suspensi Grand Vitara ini. Dan benar saja, perbaikan pada sistem penahan kejut ini ternyata berfungsi maskimal.
Ruang kabin tak merasakan gucangan yang berarti kala melahap trek kurang rata bahkan polisi tidur. Malah, mengendarai SUV ini hampir senyaman sedan.
Hal ini selain muncul dari sosoknya luarnya yang sporty tapi tetap kalem, khas SUV dalam kota, serta sistem suspensi yang nyaman, kondisi interior pun dibuat mewah. Beberapa bagian dilebur nuansa wood panel, selain itu indikator panel-panel instrumen terpampang jelas. Yang menarik, ada pula indikator konsumsi BBM sesuai karakter mengemudi Anda.
Alat yang diletakkan pada dashboard ini bisa menjadi perhitungan seberapa ingin Anda berhemat BBM ketika menggunakan Grand Vitara. Sebuah fitur yang selama ini ada pada mobil-mobil premium.
Namun, terlepas dari kemewahan itu, Suzuki harus rela menghadapi SUV kompetitor yang lebih bertenaga dibanding Grand Vitara 2.4. SUV seharusnya menunjukkan karakternya yang bertenaga, bukan hanya sekedar body bongsor tapi loyo.
Test Drive
Grand Vitara Baru, Besar tapi Loyo
Selasa, 28 April 2009 - 10:47 wib
text TEXT SIZE :
Prasetyo Adhi - Okezone
Rasa penasaran untuk menjajal Grand Vitara 2.4 baru terus datang. Apalagi beberapa komentar negatif datang dari penggemar Grand Vitara sendiri terhadap generasi terbaru SUV Suzuki itu.
Akhirnya rasa penasaran itu pun terlampiaskan melalui sabuah dealer Suzuki di kawasan Jakarta Selatan. Ketika ada acar bertajuk "Discover with Suzuki Grand Vitara 2.4" maka kami pun langsung saja mencoba mobil seharga Rp299 juta untuk yang manual, dan Rp310 untuk yang bertransmisi otomatik.
Keluar kawasan dealer, kemacetan sudah menghadang. Tipe transmisi otomatik yang sengaja kami pilih memang rasanya sangat tepat jika SUV ini digunakan di dalam kota. Kaki kiri tak perlu repot menginjak pedal kopling dalam waktu yang lama, saat kondisi jalan sedang padat merayap.
KOndisi jalan sedikit kosong, saatnya pedal gas diinjak penuh! Ups! Tetapi ternyata, dahaga kami akan tenaga besar Grand Vitara ini tak terlampiaskan. Ada delay beberapa detik akselerasi saat pedal kami injak dengan kerja mesin menyentuh rpm tinggi. Sangat mengganggu. Ibarat keledai, meski sudah dipecut namun tetap tidak bisa berlari kencang.
Tenaga baru keluar beberapa saat setelah saya menahan posisi kaki kanan dipedal gas dalam kondisi injak penuh. Menggelikan memang, sebuah SUV dengan kapasitas mesin yang cukup mumpuni secara matematis, yakni 2.400 cc DOHC VVT 16 valve, namun boyo untuk diajak berakselerasi di putaran awal.
Beberapa mobil dengan cc mesin di bawah ini saja bisa melakukan tugas sempurna baik di putaran bawah maupun diputaran atas. Walau demikian, boleh diakui, ketika rpm telah lewat dari angka 4.000, tenaga 2.4L-nya langsung melonjak. Sayang kami tidak bisa terlalu lama menahan dalam kondisi seperti itu. Sebab situasi jalan siang itu sangat padat.
Memasuki daerah perumahan yang banyak terdapat polisi tidur dan kondisi jalan yang kurang rata, menjadi halangan kami untuk menguji kehandalan suspensi Grand Vitara ini. Dan benar saja, perbaikan pada sistem penahan kejut ini ternyata berfungsi maskimal.
Ruang kabin tak merasakan gucangan yang berarti kala melahap trek kurang rata bahkan polisi tidur. Malah, mengendarai SUV ini hampir senyaman sedan.
Hal ini selain muncul dari sosoknya luarnya yang sporty tapi tetap kalem, khas SUV dalam kota, serta sistem suspensi yang nyaman, kondisi interior pun dibuat mewah. Beberapa bagian dilebur nuansa wood panel, selain itu indikator panel-panel instrumen terpampang jelas. Yang menarik, ada pula indikator konsumsi BBM sesuai karakter mengemudi Anda.
Alat yang diletakkan pada dashboard ini bisa menjadi perhitungan seberapa ingin Anda berhemat BBM ketika menggunakan Grand Vitara. Sebuah fitur yang selama ini ada pada mobil-mobil premium.
Namun, terlepas dari kemewahan itu, Suzuki harus rela menghadapi SUV kompetitor yang lebih bertenaga dibanding Grand Vitara 2.4. SUV seharusnya menunjukkan karakternya yang bertenaga, bukan hanya sekedar body bongsor tapi loyo.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Re: Grand Vitara 2.4
SUMBER OKEZONE LAGI
Grand Vitara Baru Kurang Bertenaga
JAKARTA - Kehadiran Suzuki Grand Vitara 2.4 Liter terbaru ternyata mengundang kekecewaan terhadap sebagian konsumen. Misalnya saja dari klub Grand Vitara sendiri, id-gv.
Id-gv atau singkatan dari Indonesia Grand Vitara merupakan komunitas mobil SUV Suzuki tersebut. Saat ditemui okezone pada acara kongkow bareng Id-gv, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, sejumlah anggota menyebut kekurangan yang terdapat di Grand Vitara 2.4L.
Dan kehadiran suzuki Grand Vitara 2.4L menurut mereka tak jauh bebeda dari generasi sebelumnya. Bahkan pada beberapa bagian muncul kekurangan.
Kekurangan-kekurangan itu antara lan menurunnya akselerasi mobil dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, menurut mereka, Grand Vitara 2.4L sering mengalami delay terutama untuk yang pilihan transmisi otomatik.
"Saya sudah coba dan ternyata ketika dites engine brake, telat 10 detik. Dan itu kalau pada kondisi kecepatan tinggi sangat berbahaya," ujar Affan Rasyid Ketua id-gv ketika berbincang dengan okezone.
Meski dengan beberapa kekurangan itu, namun menurutnya SUV baru ini unggul disisi suspensi. "Suspensinya lebih enak dibanding sebelumnya," kata
Grand Vitara Baru Kurang Bertenaga
JAKARTA - Kehadiran Suzuki Grand Vitara 2.4 Liter terbaru ternyata mengundang kekecewaan terhadap sebagian konsumen. Misalnya saja dari klub Grand Vitara sendiri, id-gv.
Id-gv atau singkatan dari Indonesia Grand Vitara merupakan komunitas mobil SUV Suzuki tersebut. Saat ditemui okezone pada acara kongkow bareng Id-gv, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, sejumlah anggota menyebut kekurangan yang terdapat di Grand Vitara 2.4L.
Dan kehadiran suzuki Grand Vitara 2.4L menurut mereka tak jauh bebeda dari generasi sebelumnya. Bahkan pada beberapa bagian muncul kekurangan.
Kekurangan-kekurangan itu antara lan menurunnya akselerasi mobil dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, menurut mereka, Grand Vitara 2.4L sering mengalami delay terutama untuk yang pilihan transmisi otomatik.
"Saya sudah coba dan ternyata ketika dites engine brake, telat 10 detik. Dan itu kalau pada kondisi kecepatan tinggi sangat berbahaya," ujar Affan Rasyid Ketua id-gv ketika berbincang dengan okezone.
Meski dengan beberapa kekurangan itu, namun menurutnya SUV baru ini unggul disisi suspensi. "Suspensinya lebih enak dibanding sebelumnya," kata
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
install unichip + TM baru enak nih kayaknya..
btw, engine brake telat 10 detik, gak mungkin lah...10detik itu lama bgt...lg pula yg ngetes pasti ngukur pake perasaaan (perasaan sktr 10detik), mesti di ukur akurat berapa detik telat respon EB nya
btw, engine brake telat 10 detik, gak mungkin lah...10detik itu lama bgt...lg pula yg ngetes pasti ngukur pake perasaaan (perasaan sktr 10detik), mesti di ukur akurat berapa detik telat respon EB nya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Grand Vitara 2.4
hhmmm.....mgkn itu bkn pertanda mobil nya gak bertenaga..mgkn settingan tbw nya memang agak2 kurang agresip...itu mah gampang..tinggal pasang device biar agressive saja....secara mobil skg jg...gak bisa diukur kekuatannya dgn perasaan di gas saja...gak spt dulu yg memakai kabel lgsg..skg kan rata2 sudah tbw...jadi tergantung jg sama settingan tbw nya tsb..cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
ane masih penasaran ama suspensinya neh...pingin nyoba....tp disini blm ada unit TD nya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Re: Grand Vitara 2.4
YANG TEST ADALAH MEMBER ID-GV SENDIRI... Ngeri juga engine brake telat 10 detik....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Re: Grand Vitara 2.4
Makanya saya bilang sebagai image atau marketing differentiator untuk menyerang saingannya - contohnya Everest juga kebanyakan 4x2 tapi tetep imagenya mobil tough, karena ada versi 4x4 nya dan platformnya mendukung.frank wrote:soalnya rute kebanyakan SUV di on-road.
SUV juga bukan off-roader kalo penggerak nya masih yg 4x2.
Masa sih engine brakenya telat 10 detik...mau test drive juga ahhhhhhhhh....
Last edited by FortunerMan on Tue Apr 28, 2009 7:52, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
Leonhearts wrote:YANG TEST ADALAH MEMBER ID-GV SENDIRI... Ngeri juga engine brake telat 10 detik....
he..he..he..itu sayang nya, gak disebut ngukurnya pake apa...10 detik itu , asliii....lama bgt buat nungguin repon EB...
Re: Grand Vitara 2.4
Engine brake ga mungkin 10 detik. Ya tau sih yang nyoba ketuanya, tapi sebego2nya ga segitu lama engine brake. Salah nulis tuh wartawan. Gw udah pke ampe wara wiri, menurut gw lebih galak mobilnya dibanding 2.0L. Bahkan bokap gw dah bawa ke jogja juga. No problem mobilnya.
Toh baru ngetes di jalan2 pendek kan. Belum di tol. Kalo agak berat tarikannya, ya mungkin banyak faktor, terutama GV pasti lebih berat, penggerak roda belakang, velg 18". Setidaknya banyak improvement dari 2.0L. Ya tiap orang beda2, coba aja sendiri. Test drive kan bisa...
Cuma kalo engine brake ampe 10 detik, saya tidak percaya.
Toh baru ngetes di jalan2 pendek kan. Belum di tol. Kalo agak berat tarikannya, ya mungkin banyak faktor, terutama GV pasti lebih berat, penggerak roda belakang, velg 18". Setidaknya banyak improvement dari 2.0L. Ya tiap orang beda2, coba aja sendiri. Test drive kan bisa...
Cuma kalo engine brake ampe 10 detik, saya tidak percaya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Grand Vitara 2.4
ditto..mksd engine brake disini tuh pake apa?m/t kah?ato gimana?kalo m/t mah kaga mgkn..clutch nya ga engaged kah?jeheheh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
kalo mnrt forum luar
akselerasi GV 2.4l 0-100km/h = 11.7s (manual), 12.0s (auto)
akselerasi GV 2.0l 0-100km/h = 12.7s (manual), 14.5s (auto)
sebagai perbandingan
menurut komparasi tes MobilMotor NO.21
CRV 2.4 = 10.38detik
Xtrail 2.5 = 9.25detik
Ctv 2.4 = 13.19detik
mungkin tunggu hasil test resmi di indo aja utk GV2.4 ini..biar hasilnya akurat....
akselerasi GV 2.4l 0-100km/h = 11.7s (manual), 12.0s (auto)
akselerasi GV 2.0l 0-100km/h = 12.7s (manual), 14.5s (auto)
sebagai perbandingan
menurut komparasi tes MobilMotor NO.21
CRV 2.4 = 10.38detik
Xtrail 2.5 = 9.25detik
Ctv 2.4 = 13.19detik
mungkin tunggu hasil test resmi di indo aja utk GV2.4 ini..biar hasilnya akurat....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Grand Vitara 2.4
kalo lbh lambat dikit sih uda pasti...kan rwd dan ladder frame..tapi kalo mnrt hemat saya sih rwd dan ladder frame di suv jg py keunggulan..hehehehe...bener ga oom abu?
engine brake nya gimana dapetin?lgsg memasukkan gear level ke level lbh rendah???
engine brake nya gimana dapetin?lgsg memasukkan gear level ke level lbh rendah???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
kalo gak yg ngomong , yg liput mungkin yang salah..masa bs 10detik...gak akurat lah itu..naldo wrote:Engine brake ga mungkin 10 detik. Ya tau sih yang nyoba ketuanya, tapi sebego2nya ga segitu lama engine brake. Salah nulis tuh wartawan. Gw udah pke ampe wara wiri, menurut gw lebih galak mobilnya dibanding 2.0L. Bahkan bokap gw dah bawa ke jogja juga. No problem mobilnya.
Toh baru ngetes di jalan2 pendek kan. Belum di tol. Kalo agak berat tarikannya, ya mungkin banyak faktor, terutama GV pasti lebih berat, penggerak roda belakang, velg 18". Setidaknya banyak improvement dari 2.0L. Ya tiap orang beda2, coba aja sendiri. Test drive kan bisa...
Cuma kalo engine brake ampe 10 detik, saya tidak percaya.
Re: Grand Vitara 2.4
Sebenernya GV ini unik sendiri, platform dasarnya monokok dr GM Theta (kaya Captiva) tapi di modifikasi berat, dikasi built-in ladder frame...jadi lebih tangguh. Ayo dong bro naldo, minta babeh turunin GV 4x4...pasti naik pamor deh GV.ZombiEE wrote:kalo lbh lambat dikit sih uda pasti...kan rwd dan ladder frame..tapi kalo mnrt hemat saya sih rwd dan ladder frame di suv jg py keunggulan..hehehehe...bener ga oom abu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Grand Vitara 2.4
kayaknya kalo mau order GV 4x4 bisa deh melalui SIM....tinggal order , bukan melalui IU.. cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Grand Vitara 2.4
plus rwd lagi....emg kombinasi tradisional suv yah..hehehehe...4x4 bisa sampe harga seberapa yah?FortunerMan wrote:Sebenernya GV ini unik sendiri, platform dasarnya monokok dr GM Theta (kaya Captiva) tapi di modifikasi berat, dikasi built-in ladder frame...jadi lebih tangguh. Ayo dong bro naldo, minta babeh turunin GV 4x4...pasti naik pamor deh GV.ZombiEE wrote:kalo lbh lambat dikit sih uda pasti...kan rwd dan ladder frame..tapi kalo mnrt hemat saya sih rwd dan ladder frame di suv jg py keunggulan..hehehehe...bener ga oom abu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Vitara 2.4
ladder di GV bukan body-on-frame, tapi unibody mirip taruna.