ANEH tapi NYATA !!!

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

ANEH tapi NYATA !!!

Post by DigitALL »

Hmmm ngga tau ya ini kabar gembira atau ngga ...

Soalnya setelah unit KIJANG kapsul dihentikan produksinya bulan lalu. Dan di pasaran / dealer pun sudah tidak ada unit baru untuk KIJANG kapsul. Karena dalam waktu dekat ini akan hadirnya KIJANG INNOVA, maka konsumen yang ingin memiliki KIJANG model lama mau ngga mau harus beli yang second / used car.

Dan tidak disangka dan juga tidak seperti biasanya, karena harga KIJANG kapsul bekas harganya mengalami kenaikan dan semakin stabil. Bahkan harganya hanya terdepresiasi sedikit sekali dengan harga barunya ! Begitu banyaknya konsumen yang ingin membeli KIJANG kapsul second ketika mengetahui bahwa kapsul dihentikan produksinya mengakibatkan harga pasaran bekas kapsul naik dan stabil.

Unik dan jarang terjadi (aneh tapi nyata), karena biasanya harga mobil model lamanya akan turun drastis ketika model barunya keluar. Tapi ini tidak terjadi pada TOYOTA KIJANG ! Justru kebalikannya, harga bekasnya semakin mahal ! Ato boleh dibilang terdepresiasi sedikit ... ANEH tapi NYATA !

Emang TOYOTA ini ngga ada habisnya dari kabar menghebohkan.
> Mulai dari KIJANG kapsul yang mencapai 1 juta unit untuk penjualan di Indonesia saja.
> Hadir si VIOS yang menggunakan artis Britney Spears.
> Kemudian hadirnya TOYOTA AVANZA yang juga heboh ... seheboh panjangnya antrean peng-inden.
> Muncul KIJANG baru " INNOVA " yang juga denger2 indennya selama AVANZA karena begitu banyak yang pesan.
> Harga KIJANG kapsul lama / bekas yang makin mahal.

Hehehe ... TOYOTA !
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

kijang Memang tiada duanya
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

With all my respect to mitsubishi cars.

Bandingkan dg jagoan mitsu,binatang gagah bernama KUDA.
Grandia(versi mewah kuda) th 2003 harganya berkisar 116-131jt,padahal harga baru th 2003 waktu itu 171jt!Depresiasinya cukup banyak kan?

Konon katanya krn pengaruh keluarnya Kuda baru yg bikin harga grandia terjun bebas.........
Tapi bisa juga krn konsumen pada tau,kalo parts nya mitsu lebih mahal dr toyota,dan tentu saja mobilnya tidak sebandel kijang :cry:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalau saya bilang, ini kasus mirip orang baru saja putus dengar pacar yang sudah kenal lama. Sangat rindu dan susah di lupakan. Nostalgia !

Tiap hari nanggis, kepingin balik lagi tapi susah.

Tapi nanti sudah ketemu pacar baru yang lebih cantik dan OK, eh, yang lama juga di lupain. Just wait and see. Sekarang kan Innova belum keluar.

Saya sudah pelajarin Innova, specnya jauh lebih baik dan lebih pantas dengan harganya. Dashboard cantik, mesin modern dan tetap flexible, 7-8 seater.

Kalau saya bilang, nanti Innova sudah keluar, yang tetap mau Kapsul cuman ada tiga tipe orang:

1. Mau irit. Harga 2nd kapsul pasti lebih rendah dari Innova baru. Ini alasan yang at least masih masuk akal.

2. Strange, aneh, tetap sampai mati ngak mau pacar baru, maunya pikirin pacar lama terus, meskipun dia sudah menikah / meninggal dunia.

3. Plain Dumb !

Selain yang 3 alasan di atas, coba, ada alasan apalagi untuk tidak mau Innova, malah tetap mau Kapsul yang for God's sake, Toyota saja akui sudah terlalu kuno, dan memalukan Toyota untuk di pertahankan. Masih laku kok di pensiun ? Ya Toyota mau image dan muka juga dong !
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

OH alasan orang yg tetep keukeh pake kapsul masih bisa ditambahin bung:
4.Orang yg melankolis,yg terlalu gandrung dg kapsul sehingga tidak bisa liat mobil penggantinya yg jauh lebih cakep...
5.Bisa juga orang yg punya mental fanatik gelap and sempit(nah apa pula itu gelap dan sempit...) :wink:
orang yg gak bisa mikir panjang lagi,berani mati yg ditunjukkan pake cap jempol darah,padahal yg dibelain gak peduli lagi setelah jadi presiden...
(Uuupsss kok jadi ke politik....)
6.Yg terakhir...
hehehe conspiracy theory,,,,,,sengaja memburu kapsul supaya harganya terkoreksi naik,pasaran jadi sedikit,untuk kemudian dijual dg keuntungan yg lebih banyak.....

We'll beter wait and see.........

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

edward wrote: 5. Bisa juga orang yg punya mental fanatik gelap and sempit(nah apa pula itu gelap dan sempit...) :wink:
Wah, ini sih nyaris mayoritas penduduk Indonesia jatuh ke dalam kategori ini nih. Sad, but true. :cry:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks buat tanggapannya. Emang kadang susah juga ya. Orang yang ngerti kaya kita maunya cepet2 ganti atau bahkan melirik model barunya, misal INNOVA.

Tapi kebanyakan masyarakat tanah air, boleh dibilang hampir 70% semuanya memburu KIJANG kapsul yang sudah stop production itu.

Mungkin faktor2 yang jadi pertimbangan kita dan masyarakat berbeda satu sama laen. Tapi tetep aja yang pro sama KIJANG kapsul masih lebih banyak.

Kata temen2 gw, KIJANG INNOVA baru itu modelnya emang cantik tapi kurang pas buat dimodifikasi. Lebih pas untuk dipake sebagai mobil keluarga aja. Sedangkan KIJANG kapsul itu kan asik banget kalo dimodif, bahkan ALTO juga bisa. Kalo INNOVA kan ngga bisa. Ya persepsi orang memang berbeda, kalo suka modif pasti ngebela2in kapsul. Kalo yang tujuannya untuk mengangkut keluarga pasti mau INNOVA.

And terbukti di pasaran bursa used car, kapsul ini banyak dicari.
Blue
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Wed Aug 25, 2004 14:47

Post by Blue »

edward wrote: Tapi bisa juga krn konsumen pada tau,kalo parts nya mitsu lebih mahal dr toyota,dan tentu saja mobilnya tidak sebandel kijang :cry:
Bung Edward,

Saya kurang setuju. spare partnya mitsu hrg-nya hampir sama koq dengan toyota dan mobil Grandia (injection) juga sama bandelnya dengan kijang (injection).
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Hmm oke then,terus knp mitsu grandia harganya bekasnya bisa terjun bebas kayak gitu?Pdhl (mnrt mr blue) mobilnya senyaman kijang dan parts setara dg toyota?)
Apa "hanya" krn nama besar toyota?Mitsu juga punya nama besar?
Dealers mitsu rasanya juga sebanyak dealers toyota?

Aneh kan,kijang kapsul bekas harganya malah naik krn ada innova,lah mitsu grandia harganya kok jeblok setelah ada mitsu kuda baru?

Any idea? :shock:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

edward wrote:Hmm oke then,terus knp mitsu grandia harganya bekasnya bisa terjun bebas kayak gitu?Pdhl (mnrt mr blue) mobilnya senyaman kijang dan parts setara dg toyota?)
Apa "hanya" krn nama besar toyota?Mitsu juga punya nama besar?
Dealers mitsu rasanya juga sebanyak dealers toyota?

Aneh kan,kijang kapsul bekas harganya malah naik krn ada innova,lah mitsu grandia harganya kok jeblok setelah ada mitsu kuda baru?

Any idea? :shock:

Gue rasa jawabannya cuman 1: org Indo lebih gila KIJANG daripada merk TOYOTA itu sendiri (tmsk jg merk lain spt Grandia). Kalo gak caya, coba tanya org Indo, pilih mana Kijang atau Kuda? atau tanya tao mana Kijang atau toyota?
Itu akan bisa menjawab kasus dimana kijang akan selalu diburu, yg bekas sekalipun. Gak heran kalo harganya bekas melangit trus.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bisa jadi nama KIJANG nya yang sudah melekat sekali di benak msy sini.

Padahal Mitsubishi KUDA menawarkan beberapa kelebihan yang tidak didapatkan pada KIJANG. Sektor mesin lebih canggih dan lebih bertenaga. Kemudian handling lebih baik dari KIJANG.

Ya tergantung selera orangnya lagi. Tapi KIJANG ini MEMANG TIADA DUANYA. Semua rivalnya dilibas habis !
User avatar
gandalf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
Location: in the piston

Post by gandalf »

bukan, gw rasa bukan cuma itu
ada beberapa sebab yg membuat kend mitsu kuda (hanya kuda, type lain gak) kalah ama kijang,
pertama resale value dr kuda itu sendiri jatuh karena comfortable-nya kalah jauh dr kijang, walaupun udah pk suspensi baru (sejak grandia 02) tetap aja kalah lembut,
kedua karena kurang lapang dan terkesan sempit, padahal interior kuda lebih lebar +/- 25 cm dr kijang, kesalahan ini terletak pada setting interior dr KTB aja
kalo mesin sih mitsu emang lebih baek dr toyota, tapi utk pasenger car, pembeli lebih menilai faktor comfortable, thats it !
hal ini wajar mengingat umur kuda baru 6 thn di indo, dia masih dandan
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung gandalf,

You hit it on the nail head ! Anda menurut saya betul banget. Bukan nama Kuda lebih jelek dari Kijang, tapi configurasi interiornya. Saya kan hobby studi mobil, especially minivan. Semua saya sudah apal specnya dan semua saya sudah duduki setiap bangku. Istri saya sampai geleng kepala, ngak mau beli kok pelajarin sampai begitu ?

Nah, meskipun mayoritas van di Indo dimensinya sebenernya mirip ama Kijang Kapsul, tapi gara gara contour interiornya, misalnya angle of window slant, dan paling penting floornya flat atau terlalu banyak up and downnya.

Misalnya, di atas kertas, Kuda Grandia itu lumayan besar, bahwa ama New Serena saja mirip banget. Kok masuk Kuda jadi sempit ? Apalagi baris ke tiganya yang headroomnya sedikit banget ? Meskipun Kuda kan tinggi sekali, lebih dari 1800 mm.

Soalnya chassisnya bagian belakang naik. Entah untuk tangki bensin atau apa. Jadinya headroom di squeeze. Kijang sebenernya juga ngak terlalu lega headroom 3rd rownya, cuman antara pesaingnya, dia paling lega.

Jadi saya percaya factor ini sangat penting why Kijang sangat popular. Harga dekat ya orang ambil yang paling lega dong.

Coba kalau New Serena yang sudah overtake Kapsul sebagai MPV paling lega saat ini ada versi yang 170-180 juta. Cuman Nissan kelihatannya mau jual barang yang featurenya complit.

Untuk minivan, SPACE is everything, all things being equal.

Oh, tanggal 2 September jam 8 malam ada acara launching Kijang Innova di TransTV. Don't miss it !
aldo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03

Post by aldo »

hehe iya emang aneh ya, kebetulan keluarga saya punya grandia dan LGX, besarnya gak jauh beda tp kok kalo udah didalem legaan kijang.. :)
Terus saya tanya ke om yg bisnis jual beli mobil, katanya karena emang nyaman dan harga jual yg stabil , makanya dikit2 org nanyanya kijang bukan yg laen....udah latah ato kebiasaan kali ya org kita...
User avatar
gandalf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
Location: in the piston

Post by gandalf »

halo bung szli,
thx banget atas reviewnya, saya kagum pd anda hingga sedemikian jeli pada interior design MPV
dan trus terang post anda sy baca berkali-kali, nambah wawasan banget about otomotif

jd bisa sy ambil simpulan, selama mitsu gak memperbaiki 2 hal tsb, kuda gak bakalan bisa mengejar bahkan menyaingi kijang

Trans TV, I'll be wait for that
thx
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Yr welcome. Kenapa saya sangat perhatiin mobil ? Ya satu saya hobi mobil, meskipun jarang beli dan jarang trade-in.

Kedua, kan beli mobil menyedot banyak uang, jadi saya pikir kita jadi buyer harus benar tahu apa yang kita mau, apa yang di sajikan ATPM dan apakah harganya fair ? Jika nanti ngak, kan bisa kesal banget. Mau ganti mobil repot dan rugi lagi. Jadi kita harus get it right first time.

Sebenernya untuk saya, harga mobil seperti Serena lumayan mahal, soalnya saya sebenernya akan happy banget jika bisa beli mobil van lega dengan harga 170-180 juta. Tapi sesudah studi Serena dalam dalam, ya akhirnya saya pikir 272 juta meskipun jauh di atas target saya, saya bisa terima, soalnya feature dan fasilitasnya berlimpah.

Toh banding sedan seperti Altis dan Civic, bahkan CRV yang semua harganya 250-260 jutaan, artinya Serena HighwayStar jauh lebih " berisi ".
The Stream X
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Thu Jul 15, 2004 16:50
Location: Jakarta

Post by The Stream X »

Wah, kalau ada mobil seperti target Bung szli semula, wah saya bakal jadi penginden pertama!
User avatar
gandalf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
Location: in the piston

Post by gandalf »

Sama2 bung Szli,

saya penginden kedua dah
Slayer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
Location: Jakarta

Post by Slayer »

Hallo semua...
Saya mau nambahkan juga nih soal kelebihan kijang vs kuda.

Kebetulan saya pernah pakai kijang diesel, kuda diesel & panther. Dari semua yg pernah saya pakai ini ternyata memang kijang paling baik dari ketiga kendaraan tsb. Baik dari segi handling, performa & ergonomic.

Menurut saya suspensi kijang cukup baik, gear ratio cukup baik, ergonomic cukup baik.

Sedangkan kuda masih banyak yg perlu diperbaiki, misalnya suspensi yg agak keras, gear rasio yg terlalu rendah (terutama gear 1 & 2), handle gear blm quick shift - terkesan terlalu dalam saat memindahkan gigi. Pengoperasian Switch lampu besar & wiper perlu meniru model kijang. Interior masih kurang lega.

Dari beberapa kelemahan tersebut, maka tidak salah kalau orang2 cenderung memilih yang terbaik yaitu kijang.

Demikian penilaian perbandingan saya antara kijang vs kuda.

Salam
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Makasih semuanya yang udah memberikan input / tanggapan.

Harus gw akui memang KIJANG secara overall dia unggul sekali. Karena itu gw sendiri juga beli KIJANG 1.8 LGX untuk pemakaian sehari2. Tadinya gw lebih suka KUDA berhubung mesinnya lebih oke, tapi karena kurang nyaman karena suspensi keras akhirnya tetap pada KIJANG.

Ya ... dan sekarang pun akhirnya UNTUNG lagi. Karena harga jual KIJANG kapsul relatif stabil dan bahkan bisa dijual cukup tinggi. Hehehe ... keuntungan Ganda membeli TOYOTA eh KIJANG.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Sekali lagi, kijang memang tiada duanya.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yup memang tiada duanya. Walopun KIJANG Kapsul menawarkan sedikit feature canggih, tapi dia memiliki resale value yang jadi unggulannya. Dan peminatnya juga banyak banget.