koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Apr 13, 2009 6:30
koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
gmana seh cara ngirim mobil yg bner.koq ada yg dibilank illegal?mohon balasan nya!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Maksudnya gimana?
Kirim mobil dari luar negeri ke Indo gitu?
Kurang jelas dimana ilegalnya,tapi kemungkinan dari sisi legalitas,ada yg bebrbentuk mobil 'form A,form B',yg memang agak bermasalah kalo mau di jual kembali.
Mungkin ada ahlinya disini yg bisa menjelaskan lbh detil?
Kirim mobil dari luar negeri ke Indo gitu?
Kurang jelas dimana ilegalnya,tapi kemungkinan dari sisi legalitas,ada yg bebrbentuk mobil 'form A,form B',yg memang agak bermasalah kalo mau di jual kembali.
Mungkin ada ahlinya disini yg bisa menjelaskan lbh detil?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Asal dideclare ke Bea Cukai seharusnya gak apa2. Yg banyak terjadi, dipretelin dan dideclare sebagai suku cadang, bahkan besi bekas.
Nah masalah di pelabuhan terus pajaknya mahal atau dipersulit, saya ngak copy lho.
Nah masalah di pelabuhan terus pajaknya mahal atau dipersulit, saya ngak copy lho.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Pertama2 musti ditanya dulu: Mao ngirim mobil baru atau bekas?
Kalo bekas kayaknya gak bisa deh kecuali kalo lewat kawasan berikat (CMIIW, saya kurang paham soalnya gak punya pengalaman
).
Kalo mobil baru, maka pertanyaan selanjutnya adalah "mao ngirim mobil apa?"
- Kalo cuma pengen impor mobil2 CBU "sejuta umat" kaya alphard, harrier, S600, 370Z, dkk.....mending datengin aja salah satu IU.....mereka pasti udah gape banget maen2 mobil kelas beginian, atau kalo beruntung malah bisa ready stock hehehe....
- Kalo pengen impor mobil2 CBU kelas "medium" yg agak jarang yg punya spt Bentley, Ferrari, Lambo, Phantom, SLR, dkk yg street legal di LN dan juga sesuai dengan PP lalin di indo (misal mobil yg ada versi setir kanan-nya, dll), engga usah repot2 lagi, langsung aja dateng lagi ke IU (Importir Umum). Mereka mungkin bakalan ambil fee tapi lebih enak daripada ngurus sendiri.
Mereka (IU) yg ngurusin TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) ke dept preindustrian/perdagangan, beliin mobilnya di vendor luar, kirim ke sini, dan bayarin Form A nya di Priok.....Mungkin juga bisa bantuin ngurusin STNK/BPKB nya.
- TAPI Kalo pengen impor mobil2 eksotis yg kadang2 gak bisa sesuai dengan PP lalin di Indo (misal cuma tersedia setir kiri, dll), terpaksa cuma bisa masuk lewat jalur "non-legal" karena TPT bakal ditolak sama deperindag......IU pun gak bisa bantu. Yg bisa bantu itu jalur kedutaan, atau setneg (musti kenal orang dalem), mobilnya pun masuk priok pake Form B.
Kalo mobil yg masuk pake Form A/B, bisa jadi legal koq setelah dilengkapi STNK/BPKB......Tapi lebih murah melegalkan mobil Form A daripada Form B
Kalo bekas kayaknya gak bisa deh kecuali kalo lewat kawasan berikat (CMIIW, saya kurang paham soalnya gak punya pengalaman

Kalo mobil baru, maka pertanyaan selanjutnya adalah "mao ngirim mobil apa?"
- Kalo cuma pengen impor mobil2 CBU "sejuta umat" kaya alphard, harrier, S600, 370Z, dkk.....mending datengin aja salah satu IU.....mereka pasti udah gape banget maen2 mobil kelas beginian, atau kalo beruntung malah bisa ready stock hehehe....
- Kalo pengen impor mobil2 CBU kelas "medium" yg agak jarang yg punya spt Bentley, Ferrari, Lambo, Phantom, SLR, dkk yg street legal di LN dan juga sesuai dengan PP lalin di indo (misal mobil yg ada versi setir kanan-nya, dll), engga usah repot2 lagi, langsung aja dateng lagi ke IU (Importir Umum). Mereka mungkin bakalan ambil fee tapi lebih enak daripada ngurus sendiri.
Mereka (IU) yg ngurusin TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) ke dept preindustrian/perdagangan, beliin mobilnya di vendor luar, kirim ke sini, dan bayarin Form A nya di Priok.....Mungkin juga bisa bantuin ngurusin STNK/BPKB nya.
- TAPI Kalo pengen impor mobil2 eksotis yg kadang2 gak bisa sesuai dengan PP lalin di Indo (misal cuma tersedia setir kiri, dll), terpaksa cuma bisa masuk lewat jalur "non-legal" karena TPT bakal ditolak sama deperindag......IU pun gak bisa bantu. Yg bisa bantu itu jalur kedutaan, atau setneg (musti kenal orang dalem), mobilnya pun masuk priok pake Form B.
Kalo mobil yg masuk pake Form A/B, bisa jadi legal koq setelah dilengkapi STNK/BPKB......Tapi lebih murah melegalkan mobil Form A daripada Form B

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Betul....asal mobil tsb sesuai dengan TPT-nya, dan juga bayar pajak2 di pelabuhan (kalo engga salah bea masuk, pajak barang mewah, PPN, dll CMIIW) untuk dapetin Form A dan faktur.....lalu bebas deh mobil keluar pelabuhan (tentu semestinya harus "digendong" truk karena masih belom punya STNKasudarsono wrote:Asal dideclare ke Bea Cukai seharusnya gak apa2. Yg banyak terjadi, dipretelin dan dideclare sebagai suku cadang, bahkan besi bekas.
Nah masalah di pelabuhan terus pajaknya mahal atau dipersulit, saya ngak copy lho.

halah...repot banget ya.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
om Risol, truk yg sedang gendong mobil "aneh" tsb, selama perjalanan ke tujuan apakah kerap menjadi "incaran" pihak2 yg tak berwenang kah?Risol1 wrote:Betul....asal mobil tsb sesuai dengan TPT-nya, dan juga bayar pajak2 di pelabuhan (kalo engga salah bea masuk, pajak barang mewah, PPN, dll CMIIW) untuk dapetin Form A dan faktur.....lalu bebas deh mobil keluar pelabuhan (tentu semestinya harus "digendong" truk karena masih belom punya STNKasudarsono wrote:Asal dideclare ke Bea Cukai seharusnya gak apa2. Yg banyak terjadi, dipretelin dan dideclare sebagai suku cadang, bahkan besi bekas.
Nah masalah di pelabuhan terus pajaknya mahal atau dipersulit, saya ngak copy lho.)
halah...repot banget ya.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
truk angkut sayur aja sering di incer hahaha... gimana bawa begituan
makanya IU ambil fee ya untuk "ongkos repot" dan "menanggung resiko" itu tadi

makanya IU ambil fee ya untuk "ongkos repot" dan "menanggung resiko" itu tadi

orang biasa dengan teman-teman luar biasa
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Ngapain sih susah2...ke TB Simatupang aja...mampir ke showroom Ferrari...makan di Citos...trus ke showroom Lamborghini. Gitu aja kok repot
hehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Ya, kalau mobil Italia yg baru emang paling sip ke sana aja. Kalau impor sendiri ntar susah lagi perawatannya. Tapi kalau mobil bekas atau tua macam Mustang, jangankan Ford Indonesia, IU aja nggak mau repot.
Biar nggak disasar aparat, masukin kontainer bro. Tahu sendiri Polsek Tanjung Priok.
Biar nggak disasar aparat, masukin kontainer bro. Tahu sendiri Polsek Tanjung Priok.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Gak tau prakteknya gimana ya, tapi secara teori mobil CBU tsb legal koq. Secara teori jg, mustinya kalo kita bawa barang legal ngapain takut? kalopun distop polisi, kasi aja liat TPT nya (untuk membuktikan bahwa mobil tsb bukan hasil colongan di LN), dan kasi liat Form A nya yg membuktikan bahwa mobil CBU itu udah lunas pajak.Abu2 wrote:om Risol, truk yg sedang gendong mobil "aneh" tsb, selama perjalanan ke tujuan apakah kerap menjadi "incaran" pihak2 yg tak berwenang kah?
Memang mobil masih belom punya STNK/BPKB tetap, tapi kan mobil gak dijalanin di jalanan umum....jadi ya gak melanggar hukum dong

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: koq bnyk org kirim mobil dibilank illegal?knp y?
Mungkin aja TSnya mao ngambil Ferrari Enzo atau Lambo Reventon bro, bukannya kelas lambo "biasa" hehehe......FortunerMan wrote:Ngapain sih susah2...ke TB Simatupang aja...mampir ke showroom Ferrari...makan di Citos...trus ke showroom Lamborghini. Gitu aja kok repothehehe