Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Post by mamat »

Belakangan ini sering liat di marketplace tentang injector cleaner yang dicampur dengan bensin dan dari liat liat di youtube, ada dua merk yang mau dicoba, yaitu re*line complete fuel system cleaner dan luc*s deep clean fuel system cleaner. Apakah om om ada yang pernah pakai? Mana yang lebih worth?
Oh iya goal saya dari penggunaan adalah mesin jadi lebih responsive dan mungkin bisa lebih hemat bbm, atau goal saya yang salah? Fyi, saya selalu menggunakan pertamax dan oli terencer yang diijinkan oleh manual book (5w-30 dan 0w-20).
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Post by limaues »

gadjahalphien wrote: Fri Nov 03, 2017 2:19
efact wrote: Fri Nov 03, 2017 0:55
gadjahalphien wrote: Fri Nov 03, 2017 0:01 Maaf membangkitkan thread lawas, tapi saya masih berhubungan.

Untuk proses injector cleaner, mana yang lebih baik?
- tuang cairan injector cleaner ke tangki yg terisi full
- italian tune up (main di rpm >4k) dg menggunakan bbm bagus (V power)
Imo,
Kalo goalnya adalah injector cleaning, tentu cairan injector lebih efektif om (kalo cleanernya juga ok punya)
Italian tune up rasanya malah lebih ngikis kerak karbon yg di ruang bakar, bukan di injector :ungg:
Copy om.

Nah, artinya italian tune up itu secara prinsip mirip carbon cleaner dong om?
Bagaimana hasilnya di banding italian tune up?

Bagaimana step2 italian tune up yg ideak?
Kalau cvt Italian tune up nya gimana? Musti ke tol yg panjang banget kali ya..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Post by josomba »

mamat wrote: Mon Feb 26, 2018 19:05 Belakangan ini sering liat di marketplace tentang injector cleaner yang dicampur dengan bensin dan dari liat liat di youtube, ada dua merk yang mau dicoba, yaitu re*line complete fuel system cleaner dan luc*s deep clean fuel system cleaner. Apakah om om ada yang pernah pakai? Mana yang lebih worth?
Oh iya goal saya dari penggunaan adalah mesin jadi lebih responsive dan mungkin bisa lebih hemat bbm, atau goal saya yang salah? Fyi, saya selalu menggunakan pertamax dan oli terencer yang diijinkan oleh manual book (5w-30 dan 0w-20).
Dulu disini om turbo pernah bahas dan web2 luar, fuel system cleaner yg baik adalah yg mengandung PEA. Yg mengandung PEA cukup banyak sih Redline dan Amsoil Pi. Ceknya cukup mudah, googling produk yg om mau tau + msds misal (lucas clean fuel system cleaner MSDS). Nanti keliatan komposisi dia apa aja. Kalau ga ada PEA sih ga efektif (Prestone, STP). Ni kalau di youtube ada yg buktiin masukin boroscope sih ke ruang bakar, yg pake redline gitu pada berkurang keraknya (ga sampe bersih total ya).

Oke efeknya: ga lebih irit bensin sih kalau mobilnya masih rendah KM-nya, tapi bikin tarikan lebih ngisi (semacem ga ngempos). Kalau di nissan yg bermesin HR15DE, dulu sih bisa sangat mengurangi penyakit ngelitik tu mesin.
Image
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Post by mamat »

josomba wrote: Tue Feb 27, 2018 0:26
Dulu disini om turbo pernah bahas dan web2 luar, fuel system cleaner yg baik adalah yg mengandung PEA. Yg mengandung PEA cukup banyak sih Redline dan Amsoil Pi. Ceknya cukup mudah, googling produk yg om mau tau + msds misal (lucas clean fuel system cleaner MSDS). Nanti keliatan komposisi dia apa aja. Kalau ga ada PEA sih ga efektif (Prestone, STP). Ni kalau di youtube ada yg buktiin masukin boroscope sih ke ruang bakar, yg pake redline gitu pada berkurang keraknya (ga sampe bersih total ya).

Oke efeknya: ga lebih irit bensin sih kalau mobilnya masih rendah KM-nya, tapi bikin tarikan lebih ngisi (semacem ga ngempos). Kalau di nissan yg bermesin HR15DE, dulu sih bisa sangat mengurangi penyakit ngelitik tu mesin.
Tadi sudah bandingkan nilai PeA keduanya, lebih tinggi RL daripada am*oil maupun luc*s.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1095
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Perlukah penggunaan engine flush, injector cleaner/carbjet ?

Post by kenop »

limaues wrote: Tue Feb 27, 2018 0:05
gadjahalphien wrote: Fri Nov 03, 2017 2:19
efact wrote: Fri Nov 03, 2017 0:55

Imo,
Kalo goalnya adalah injector cleaning, tentu cairan injector lebih efektif om (kalo cleanernya juga ok punya)
Italian tune up rasanya malah lebih ngikis kerak karbon yg di ruang bakar, bukan di injector :ungg:
Copy om.

Nah, artinya italian tune up itu secara prinsip mirip carbon cleaner dong om?
Bagaimana hasilnya di banding italian tune up?

Bagaimana step2 italian tune up yg ideak?
Kalau cvt Italian tune up nya gimana? Musti ke tol yg panjang banget kali ya..
Tahan di L aja om, ato kl ngga biasa kan CVT jaman skrg banyak yg ada mode manual nya, kl di D aja sih nungguin nahan di redline nya iya perlu jalan yg rada panjang apa lg yg cc kecil wkwkw