Share - Pengalaman REM Blong..

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by sjamsul »

selo wrote: -ganti minyak rem tiap sktr 10rb km ( berarti juga pasti harus ganti sill2 nya kan...? )
klo kondisi minyak rem kaga berkurang, kaga usah ganti seal2nya bro. Ganti seal akan dilakukan klo ada kebocoran minyak rem n klo ganti minyak remnya teratur, maka seal2 tsb kaga gampang rusak. Apalagi klo minyak remnya selalu dari satu merk, terserah merknya yg penting tetapkan dulu satu merk yg menurut nt baik n cukup punya nama. ok. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by sjamsul »

selo wrote: bang sjamsul n para senior lain, mohon penjelasannya :
-Apa bedanya minyak rem yang neutral, dot3, dot4, dot5, dsb ?
-Untuk mobil berikut yg cocok pake minyak rem jenis/type yg mana?
(Inova, Honda City, Corona Absolute, Suzuki Carry, nih punya kakak-adik-sepupu-dan para tetangga)
- spt yg dah jelaskan di awal2 tulisan ane, minyak rem neutral itu artinya boleh dicampur dg merk lain, tapi bukan untuk seterusnya yah, jadi hanya untuk sementara aja, setelah itu sebaiknya dikuras n diganti dg satu merk.
klo dot 3 dst itu hanya perbedaan di titik didihnya aja, secara dot yg lbh tinggi maka akan lbh tahan panas dibandingkan dg dot yg lbh rendah. Ane tulis dg kalimat yg sederhana, spy nt gampang ngartinya neh. Selain itu makin tinggi dotnya, maka harganya juga lbh mahal..... :e-doh: :e-doh:

- untuk mobil2 yg nt sebutkan tsb, nt tinggal liat aja di buku pedoman ato buku servisnya. Biasanya disebutkan dot berapa aja minimal yg diperlukan ama mbl tsb. Jadi klo ditulis di buku servisnya memakai dot 3, maka nt tinggal ikutin aja. Klo nt punya dana yg berlebihan, maka bisa memakai dot yg lbh tinggi misalkan dot 4 ato dot 5, tapi menurut ane kaga perlu, krn hanya akan membuang2 uang aja. Secara yg jualnya MUNGKIN akan menganjurkan untuk pake dot yg lbh tinggi yg mana hal tsb kaga perlu. Apalagi klo nt secara teratur mengganti minyak rem sesuai ama anjuran ane.

Sedikit tambahan lagi neh bro, saat ganti minyak rem ada baiknya diperiksa kondisi sepatu remnya, apakah masih baik ato kaga. Klo kondisinya dah tipis sebaiknya diganti. Jadi kondisi sepatu rem juga harus diperhatikan selain mengganti minyak rem. Selain itu kondisi piringan / disc dan rumah rem (rem tromol / drum brake) juga harus diperhatikan.

Smoga bermanfaat. :e-whistle:
User avatar
selo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Feb 24, 2009 8:48

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by selo »

sjamsul wrote: - spt yg dah jelaskan di awal2 tulisan ane, minyak rem neutral itu artinya boleh dicampur dg merk lain, tapi bukan untuk seterusnya yah, jadi hanya untuk sementara aja, setelah itu sebaiknya dikuras n diganti dg satu merk.
klo dot 3 dst itu hanya perbedaan di titik didihnya aja, secara dot yg lbh tinggi maka akan lbh tahan panas dibandingkan dg dot yg lbh rendah. Ane tulis dg kalimat yg sederhana, spy nt gampang ngartinya neh. Selain itu makin tinggi dotnya, maka harganya juga lbh mahal..... :e-doh: :e-doh:

- untuk mobil2 yg nt sebutkan tsb, nt tinggal liat aja di buku pedoman ato buku servisnya. Biasanya disebutkan dot berapa aja minimal yg diperlukan ama mbl tsb. Jadi klo ditulis di buku servisnya memakai dot 3, maka nt tinggal ikutin aja. Klo nt punya dana yg berlebihan, maka bisa memakai dot yg lbh tinggi misalkan dot 4 ato dot 5, tapi menurut ane kaga perlu, krn hanya akan membuang2 uang aja. Secara yg jualnya MUNGKIN akan menganjurkan untuk pake dot yg lbh tinggi yg mana hal tsb kaga perlu. Apalagi klo nt secara teratur mengganti minyak rem sesuai ama anjuran ane.

Sedikit tambahan lagi neh bro, saat ganti minyak rem ada baiknya diperiksa kondisi sepatu remnya, apakah masih baik ato kaga. Klo kondisinya dah tipis sebaiknya diganti. Jadi kondisi sepatu rem juga harus diperhatikan selain mengganti minyak rem. Selain itu kondisi piringan / disc dan rumah rem (rem tromol / drum brake) juga harus diperhatikan.

Smoga bermanfaat. :e-whistle:
Ok bang sjamsul, thx penjelasannya
Sampe skrg saya masih terbayang saat ngalami blong di gerbang exit tol, dan sgt beruntung dg adanya hand-rem.
Hand-rem model ungkit spt punya carry/sedan bisa jadi rem-alternatif. Walaupun kita rajin merawat rem, tentu tetap penting adanya hand-rem sbg rem darurat.
Kenapa ya panther bikin hand-remnya model tarik, fungsinya cuma jadi hand-rem saja, sulit dipake jadi rem darurat saat blong?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

tambahan........utk lebih mudahnya melihat mobil apa yg memakai minyak rem tipe apa, bsa dengan mudah liat di tabung minyak rem masing2 kendaraan.....

biasanya d situ terdapat keterangan bahwa kendaraan ini dapat menggunakan minyak rem dot 3 ato dot 4....... :ungg:
biasanya sih ada tuh oom :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by Prive »

kalo rem bener2 blong & rem tangan juga nggak bekerja, utk transmisi manual mungkin bisa turunin gigi persneling (engine break), kalo masih kurang ngerem setelah oper di gigi rendah bisa matiin mesin (cmiiw - cara ini efektif nggak ya)

kalo utk matic gimana ya, mgkn SM-ers lain ada bs share
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

waah........ide bagus nih! :thanks: :thanks:
klo rem + rem tangan dah bener2 ga mempan, bisa oper gigi rendah s/d 1 or 2 trus matiin mesin sambil mainin kupling........ :off_good_job:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
selo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Feb 24, 2009 8:48

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by selo »

doq wrote:waah........ide bagus nih! :thanks: :thanks:
klo rem + rem tangan dah bener2 ga mempan, bisa oper gigi rendah s/d 1 or 2 trus matiin mesin sambil mainin kupling........ :off_good_job:
setelah matiin mesin mustinya kita gak boleh lagi tergoda mainin kopling, bro
biarpun mobil spt meloncat-loncat gak boleh tergoda injek kopling
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

maksudnya biar berhentinya bsa lbh smooth gitu oom..... :mrgreen: :mrgreen: :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
selo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Feb 24, 2009 8:48

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by selo »

doq wrote:maksudnya biar berhentinya bsa lbh smooth gitu oom..... :mrgreen: :mrgreen: :ungg:
belum pernah ngalami detik-detik menegangkan ya? :lol: :lol:
pd situasi kritis gitu yg terpikir cuma gimana pilihan yg diambil agar bisa selamat atau agak selamat (maksudnya nggak parah)

tapi jangan, jangan pernah ngalami :e-hand:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by Risol1 »

kalo mesin mati kan power steering jg mati, takutnya makin susah bermanuver.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

selo wrote:
doq wrote:maksudnya biar berhentinya bsa lbh smooth gitu oom..... :mrgreen: :mrgreen: :ungg:
belum pernah ngalami detik-detik menegangkan ya? :lol: :lol:
pd situasi kritis gitu yg terpikir cuma gimana pilihan yg diambil agar bisa selamat atau agak selamat (maksudnya nggak parah)

tapi jangan, jangan pernah ngalami :e-hand:

pernah lah........justru bukan "detik2 menegangkan" lagi, tapi "menit2 menegangkan"..............untungnya waktu kejadian ga inget, ingetnya baru besokannya.....sambil bergidik ngeri.......if u know what i mean..........

ga lagi2 deh :e-doh: :e-doh: :e-wall:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by Prive »

doq wrote: pernah lah........justru bukan "detik2 menegangkan" lagi, tapi "menit2 menegangkan"..............untungnya waktu kejadian ga inget, ingetnya baru besokannya.....sambil bergidik ngeri.......if u know what i mean..........

ga lagi2 deh :e-doh: :e-doh: :e-wall:
wah tegangnya sampe bermenit2, lama juga ya Om......
ctvmlg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 20, 2008 23:03

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by ctvmlg »

Prive wrote:kalo rem bener2 blong & rem tangan juga nggak bekerja, utk transmisi manual mungkin bisa turunin gigi persneling (engine break), kalo masih kurang ngerem setelah oper di gigi rendah bisa matiin mesin (cmiiw - cara ini efektif nggak ya)

kalo utk matic gimana ya, mgkn SM-ers lain ada bs share
@bro & sis
kayaknya pengalamannya yahud-yahud banget untuk mengatasi rem blong, tapi cuman mau nambahkan dikit dan saran bahwa disarankan TIDAK SEKALI-KALI MEMATIKAN MESIN mesin pada saat mobil meluncur, BISA FATAL.

mending ikuti prosedur klu ingat, he..he..he..., kalau speed 5-10 kpj, mungkin masih bisa di toleransi, tapi kalau sudah diatasnya, cukup kuat untuk melempar penumpang untuk keluar jendela dan terbang..kayak superman aja

disamping itu untuk mobil-mobil baru yang telah dilengkapi dengan fungsi-fungsi elektronik dan hydraulic seperti power steering akan tdk berfungsi semua. setir jadi sulit dikendalikan bahkan bisa-bisa locked

ihh... kalau bayangin serem....

amit..amit jangan sampai kejadian pada kita semuanya ya....

di libom kita biasanya dilengkapi dengan 3 kelompok REM ( BRAKE ) baik mesin manual maupun otomatis

1. STANDARD BRAKE ( PEDAL REM - TECHNOLOGYNYA BISA KAMPAS REM, DISC, DRUM, ABS )
2. EMERGENCY BRAKE ( HAND - REM )
3. ENGINE BRAKE ( PERSNELLING )

kalau kelompok 1 dan 2 ndak berfungsi, pakai engine brake baik untuk manual dan otomatis. di mesin otomatis bisa dilakukan dengan memindahkan shift gear ke 1 atau 2, jangan yang P.

BRAKE Yang terakhir yang paling terpaksa adalah mencari kontour jalan bergelombang, sambil mencari daerah tepat sasaran untuk di tabrakkan pada posisi yang aman. ????????

SEBENARNYA, probabilitas rem tak berfungsi sangatlah kecil jika benar-benar di perhatikan dengan benar terutama minyak rem jangan sampai bocor dan kurang.

kalau kita, di sini kalau mo cari SIM gampang banget, dan juga tidak diarahkan pada hal-hal spele
seperti forum ini karena mungkin dianggap ndak penting...

gw jadi termenung dan salut bagi bro dan sis yg punya ide memforumkan topik ini, walaupun sepele tapi uiii..besar manfaatnya.

EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER, pengalaman-pengalamannya mahal bro, buktinya dari posting-posting yg gw baca diatas, stepnya walaupun ndak pake guru karena kejadian beneran ehh...ternyata banyak benernya kalau dikompare dengan bule-bule sana yang lebih ketat prosedurnya bagi orang yang mau drive biasanya dikasih pengetahuan dulu & salah satunya adalah prosedur ini bro http://www.wikihow.com/Stop-a-Car-with-No-Brakes

cheers....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

emang bahaya sih.......klo matiin mesin pada saat melaju kencang........

mungkin yg d maksud bukan dengan serta merta mematikan mesin, tapi kira2 klo sy ga salah tangkep begini oom :ungg: :

klo rem benar2 tidak berfungsi (rem kaki & rem tangan) langkah2nya:
-oper ke gear rendah secara bertahap
-setelah mencapai kecepatan yg d anggap aman pada gear terendah, segera matikan mesin.........tapi kunci kontak jangan d cabut karena dapat mengakibatkan stir mengunci.......hal ini yg sy rasa paling penting, soalnya pada saat keadaan panik bisa terjadi bukan hanya mematikan mesin, tapi juga sekaligus langsung mencabut kunci.......ini yg fatal.....
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

eh iya.........selalu always!!!!!! wear your seatbelt!!!!!!!!! :e-naughty: :e-naughty:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
selo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Feb 24, 2009 8:48

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by selo »

kesimpulan mgkin kira2 ..
1. rem utama harus selalu dirawat/cek dg prosedur yg benar, spt yg telah diuraikan senior2 di depan.
2. walaupun sudah ada rem utama, tetap perlu ada rem cadangan, jadi hand-rem jg harus selalu dirawat/cek seperti halnya rem utama, sebaiknya hand-rem mobil pake yg model ungkit spt carry/sedan shg lebih mudah digunakan sbg rem cadangan, kalo yg model tarik spt panther agak susah (panther yg baru gak tau hand-remnya apa masih tetap model tarik..).
3. jika rem utama gak bisa, coba di injek2 (di-pompa2) baru rem, begitu ber ulang2 sambil tangan kiri jg berusaha pakai hand-rem, ini jika kasusnya ada bocor/seal rusak.
4. jika cara no-3 (dipompa2) gak bisa, berarti kemungkinan master rem pecah atau bocornya sudah parah shg tekanan minyak rem sudah tidak ada, kemungkinan minyak sudah kosong habis terbuang, maka konsentrasi upaya berikutnya yaitu rem pake hand-rem dan memindah persneling ke gigi rendah, ini dilakukan secara bertahap atau tidak, tergantung tingkat kritis situasi di lapangan.
5. jika kec sdh agak rendah (sktr 10-15kpj) dan situasi terpaksa, mematikan mesin (tanpa mencabut kunci) mungkin bisa membantu, tapi siap/sadar bhw power streering akan tidak berfungsi, tetapi cara ini masih perlu dikaji lagi.
6. sambil berusaha, sebisanya tdk panik, sambil baca medan, barangkali ketemu area yg menanjak/ketemu gundukan pasir/rawa2 lumpur/atau apapun, langsung dikalkulasi dg logis dan cepat mana yg lebih tidak parah akibatnya, misalnya mending masuk lumpur daripada di depan jalannya tampak makin menurun serta belum tentu dapat area buangan yg lebih aman. :e-wall: :frm_bang_head:
7. selalu pake sabuk pengaman
8. kalo hati ingin ngebut, selalu ingatlah pada detik2 menegangkan di trt ini (kecuali bagi pembalap)

pelan2 asal terlambat :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by doq »

wakakakakaka..........langsung ketawa sy baca kalimat yg terakhir "pelan2 asal terlambat"
hihihihihihi..... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

klo sy: biar kencang yg penting selamat! :drinking: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by ediwarsito »

Pengalaman rem blong pernah sekali pake Renault 12TL di daerah Bendan Duwur, Semarang, deket kampus Stikubank. Dari arah bawah (trowongan tol) high speed pake 3rd gear, pasalnya jalan emang nanjak banget,tapi abis itu nikung kiri tajam dan langsung turun curam dan ujungnnya ada talud kampus Stikubank. Jaraknya gak lebih dari 70 meteran.
Panik...? ya pasti, tapi jika nuruti panik toh gak akan bikin mobil brenti.
Cukup sekali nginjak pedal rem dan tahu rem blong, abis itu nggak kuinjak lagi. Mau pake handbrake, kagak ada. Jalan satu2nya coba turunin ke gigi 1 buat menciptakan engin brake, tapi setelah netral, justru gagal masuk gigi 1. Coba ke gigi 2 juga gagal & mobil semakin deras meluncur pada posisi gigi netral.
Tiba2 terlintas ide buat gesekin bodi samping kiri ke pagar kantor Kopertis buat ngurangi kecepatan sebelum nabrak talud. Tapi ternyata sebelum pagar ada pohon2 peneduh yang besarnya udah seukuran lengan orang dewasa. Tak urung akhirnya nabrak pohon. Pohon pertama patah, pohon kedua miring hingga nyaris rebah, dan mobil baru brenti di pohon ketiga yang ukurannya sebesar tiang listrik.
Selamat akhirnya, meski dada kebentur roda kemudi (maklum waktu itu belum ngetrend pake safety belt).
Pada prinsipnya ketika ngalamin hal kayak gitu usahakan agar tidak panik (sulit sih tapi). Dengan tidak panik (baca: tidak terlalu panik) otak kita masih punya cukup energi buat cari solusi paling baik diantara sekian banyak yang hampir semuanya no good. Tapi yang paling safe ya rajin-rajinlah mengontrol perangkat yang satu ini. Percayalah bahwa the good driver nggak cuma bisa menjalankan kendaraannya doang, tapi sekaligus juga harus bisa menghentikannya dengan baik. :big_peace:
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by growbuckme »

Wah topik yg sgt amat berguna dan membantu nih. Thumbs up buat TS nya. Thx jg ni buat temen2 yg udh sharing tips dan pengalamannya. Semoga dgn begini kita semua bisa belajar dan terhindar dari kejadian yg sgt tidak diharapkan ini.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by DOHC »

dan satu lagi, gunakan slalu spare part orisinil bawaan kendaraan... jangan percaya atau kemakan rayuan gombal si penjual spare part yg menganjurkan pake spare part abal2... (btw om meong jual spare part abal2 ga nehh )....

soalnya ane punya pengalaman ga enak banget gara2 make reservoir master rem abal2 buat panther ane... swaktu ane lagi jalan agak kenceng di tol, kira2 cuman 120an gt, dan gt mau kluar pintu tol otomatis ane nginjek rem donk buat agak pelan in, pertama sigh pedal terasa nahan, eh... lama2 koq nge loss... waduhh, trus lgs ane coba lepas dan injek lagi, dan sama kaya awalnya, pertama nahan tapi lama2 nge loss ampe ambles... langsung reflek masuk gigi 2 dan engine break... stelah ampe rumah gt ane cek, ya elahh... minyak rem nge rembes dari seal reservoir nya, dan tiap kali ane injek rem, ga tau nya bukan cuman udara doank yg kluar dari lobang angin nya, tapi bercampur percikan minyak rem... sial, padahal waktu itu baru jg 6 bulan ane ganti...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by sjamsul »

^^
setuju............ klo untuk urusan rem, seharusnya pake yg original, bukan yg abal2........... bahaya gitu lohh........ :e-whistle:


Tapi balik lagi neh, harga spare parts yg original khan relatip mahal, makanya si penjual mencari alternatif penggantinya yg dianggap ok, shg bisa jualan.......................
Secara di pasaran banyak konsumen yg ga ngarti kualitas, maunya yg penting murah n murah, tanpa atau kurang memperhatikan kualitas barang yg akan dibeli................... klo dah kejadian, siapa nyang mo disalahkan ....... si penjual ato si pembeli.............. :e-think: :e-think:



(sambil ngelirik dik DOHC).............hehehe................. :upss: ... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by DOHC »

scara ane ini masi kecil, dan duid nya pun masi blom mapan yah apa bole buat... :big_peace:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by mandala1 »

^^ ya betul seperti yg di utarakan om sjam, pada kenyataan-nya praktek di lapangan emang seperti itu,, menurut pengalaman ane banyak juga koq produk sparepart rem yg bagus kwalitasnya selain ori, diantaranya merk2 seperti Seiken, JKC, Aisin, Nissin (asal yg bener2 asli jepang) jgn sampe dapet yg aspal alias asli tapi palsu....
Emang tetep ori is the best, kalo tidak memusingkan keluar duid jeti2an,, seperti yg pernah ane denger dari salah seorang temen deket ane, dia bilang 'emang kalo duid tuh ga pernah bo'ong' .... :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by sjamsul »

DOHC wrote:scara ane ini masi kecil, dan duid nya pun masi blom mapan yah apa bole buat... :big_peace:
aduuuhhhh................ klo nyang namanya duid itu ga berisik................. jadi jangan suka merendah ahhhhh...................... hihihi............ :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Share - Pengalaman REM Blong..

Post by sjamsul »

mandala1 wrote:^^ ya betul seperti yg di utarakan om sjam, pada kenyataan-nya praktek di lapangan emang seperti itu,, menurut pengalaman ane banyak juga koq produk sparepart rem yg bagus kwalitasnya selain ori, diantaranya merk2 seperti Seiken, JKC, Aisin, Nissin (asal yg bener2 asli jepang) jgn sampe dapet yg aspal alias asli tapi palsu....
Emang tetep ori is the best, kalo tidak memusingkan keluar duid jeti2an,, seperti yg pernah ane denger dari salah seorang temen deket ane, dia bilang 'emang kalo duid tuh ga pernah bo'ong' .... :mrgreen:
:frm_tumbright: :frm_tumbright: