[Ask] Kiprok Motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
[Ask] Kiprok Motor
Karena forum ini sudah kemasukan Bro Sjamsul yang ahli meluruskan dan mengkeritingkan rambut dengan cuma berbekal setruman, maka aku memberanikan diri untuk membuka topik ttg kiprok atau rectifier ini. Walaupun yang ingin aku tanyakan adalah untuk matic (karena aku ngalamin pada Spin ane), tapi gak tertutup kemungkinan motor tipe lain juga mengalami permasalahan yang sama. Makanya aku posting di sub-forum Common Topics of Motorcycle.
Pertama aku alami setahun yang lalu pada Spin ane yang mana bolamnya putus mlulu setiap kali ganti baru. Sama bengkel non-resmi disarankan ganti kiprok aja. Tapi aku gak percaya begitu aja. Masa motor baru setahun sudah bermasalah kiproknya. Waktu servis di BeReS Daan Mogot, ta' keluhkan permasalahan ini ke mekaniknya. Sama mekanik BeReS tsb cuma diperiksa kabel2 dan konektornya dan beres akhirnya. Bolam gak putus2 lagi spt sebelumnya. Katanya sih cuma ada konektor yang korslet aja.
Terakhir kejadian lagi 2 minggu lalu, tepatnya hari Jumat (6/2). Hari Sabtu minggu berikutnya (14/2) baru ta' bawa ke bengkel non-resmi. Vonisnya juga sama dengan bengkel non-resmi lainnya, yaitu ganti kiprok. Akhirnya ta' turutin deh ganti kiprok biar gak kejadian lagi untuk tahun2 berikutnya. Begitu selesai diganti kiprok dan dites bolam gak mati2, maka tak bawa pulanglah tuh motor. Tapi begitu sampai di rumah, pas buka jok, kok terasa panas ya? Begitu cover battery-nya dibuka, ternyata tuh sikring dah hangus beserta rumah colokannya. Untungnya belum merembet ke mana2. Berhubung dah malam dan bengkelnya juga sudah tutup, maka aku bawa ke bengkel keesokan paginya (Minggu, 15/2). Sama mekanik bengkel ini kiproknya cuma dibalik 180º dan dicolok lagi ke konektornya, dan ganti rumah sikring satu set. Cuma ya karena kiproknya dibalik 180º, ada kekhawatiran dudukannya jadi kurang menggigit ama kiproknya. Tapi mekanik sama pemilik bengkelnya ngasih jaminan kalo kiproknya gak bakalan copot.
Nah, sampe di sini belum selesai kasusnya. Besokannya (Senin, 16/2), karena motor Shogun SP ane yang biasa ane pake kerja kabel koplingnya putus, maka terpaksalah ane pake tuh Spin yang biasanya dipake ama bini buat antar-jemput anak sekolah. Berangkatnya sih gak ada masalah. Lancar jaya sampe pabrik. Tapi pulangnya yang jadi masalah. Awalnya masih jalan lancar dengan lampu nyala. Tapi pasca lewat perempatan Cengkareng, gak sengaja hantam lobang, and guess what? Motor langsung berhenti, digas tapi mesin gak mau gerak. Mesin tetap nyala. Anehnya lagi, kalo digas sambil memencet sedikit tuas rem baru motor bisa jalan. Berhubung rumah sudah dekat, akhirnya ta' paksain jalan dengan kondisi demikian (gas + rem). Sampailah ke bengkel yang pasang kiprok tsb dengan selamat (+ sedikit dorong karena akhirnya mati di jalan). Akhirnya diinepin lah tuh motor di bengkel tsb berhubung bengkelnya sendiri sudah tutup (untung pemiliknya tinggal di belakang bengkel).
Esoknya tuh motor dianter sama mekanik bengkel tsb ke rumah. Yang mengejutkan, katanya problemnya cuma satu yaitu sikring yang dipasangnya kendor. Kiproknya sendiri gak apa2, masih melekat dengan erat.
Yang ingin aku tanyakan (setelah panjang-lebar):
1. Apakah aman bila kiprok dibalik spt di atas?
2. Adakah cara mencek kondisi kiprok dengan multi-tester, misalnya?
3. Apakah benar bisa sikring kendor maka motor matik tetap bisa jalan dengan menekan tuas rem + gas?
Mungkin ada yang mo nambahin pertanyaan?
Pertama aku alami setahun yang lalu pada Spin ane yang mana bolamnya putus mlulu setiap kali ganti baru. Sama bengkel non-resmi disarankan ganti kiprok aja. Tapi aku gak percaya begitu aja. Masa motor baru setahun sudah bermasalah kiproknya. Waktu servis di BeReS Daan Mogot, ta' keluhkan permasalahan ini ke mekaniknya. Sama mekanik BeReS tsb cuma diperiksa kabel2 dan konektornya dan beres akhirnya. Bolam gak putus2 lagi spt sebelumnya. Katanya sih cuma ada konektor yang korslet aja.
Terakhir kejadian lagi 2 minggu lalu, tepatnya hari Jumat (6/2). Hari Sabtu minggu berikutnya (14/2) baru ta' bawa ke bengkel non-resmi. Vonisnya juga sama dengan bengkel non-resmi lainnya, yaitu ganti kiprok. Akhirnya ta' turutin deh ganti kiprok biar gak kejadian lagi untuk tahun2 berikutnya. Begitu selesai diganti kiprok dan dites bolam gak mati2, maka tak bawa pulanglah tuh motor. Tapi begitu sampai di rumah, pas buka jok, kok terasa panas ya? Begitu cover battery-nya dibuka, ternyata tuh sikring dah hangus beserta rumah colokannya. Untungnya belum merembet ke mana2. Berhubung dah malam dan bengkelnya juga sudah tutup, maka aku bawa ke bengkel keesokan paginya (Minggu, 15/2). Sama mekanik bengkel ini kiproknya cuma dibalik 180º dan dicolok lagi ke konektornya, dan ganti rumah sikring satu set. Cuma ya karena kiproknya dibalik 180º, ada kekhawatiran dudukannya jadi kurang menggigit ama kiproknya. Tapi mekanik sama pemilik bengkelnya ngasih jaminan kalo kiproknya gak bakalan copot.
Nah, sampe di sini belum selesai kasusnya. Besokannya (Senin, 16/2), karena motor Shogun SP ane yang biasa ane pake kerja kabel koplingnya putus, maka terpaksalah ane pake tuh Spin yang biasanya dipake ama bini buat antar-jemput anak sekolah. Berangkatnya sih gak ada masalah. Lancar jaya sampe pabrik. Tapi pulangnya yang jadi masalah. Awalnya masih jalan lancar dengan lampu nyala. Tapi pasca lewat perempatan Cengkareng, gak sengaja hantam lobang, and guess what? Motor langsung berhenti, digas tapi mesin gak mau gerak. Mesin tetap nyala. Anehnya lagi, kalo digas sambil memencet sedikit tuas rem baru motor bisa jalan. Berhubung rumah sudah dekat, akhirnya ta' paksain jalan dengan kondisi demikian (gas + rem). Sampailah ke bengkel yang pasang kiprok tsb dengan selamat (+ sedikit dorong karena akhirnya mati di jalan). Akhirnya diinepin lah tuh motor di bengkel tsb berhubung bengkelnya sendiri sudah tutup (untung pemiliknya tinggal di belakang bengkel).
Esoknya tuh motor dianter sama mekanik bengkel tsb ke rumah. Yang mengejutkan, katanya problemnya cuma satu yaitu sikring yang dipasangnya kendor. Kiproknya sendiri gak apa2, masih melekat dengan erat.
Yang ingin aku tanyakan (setelah panjang-lebar):
1. Apakah aman bila kiprok dibalik spt di atas?
2. Adakah cara mencek kondisi kiprok dengan multi-tester, misalnya?
3. Apakah benar bisa sikring kendor maka motor matik tetap bisa jalan dengan menekan tuas rem + gas?
Mungkin ada yang mo nambahin pertanyaan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: [Ask] Kiprok Motor
Ane kasih sedikit penjelasan dulu yah, biar nt mengerti duduk permasalahannye. Contohnya ane ambil di mobil dulu neh. Klo di mobil, bohlam sering putus dg tidak wajar, misalkan baru dipake beberapa jam aja dah putus, maka kejadian tsb disebabkan oleh alternator yg dah jebol, jadi stroom yg diterima ama lampu bisa mencapai sekitar 17 volt. Nah pada mbl tertentu ada alat yg bernama voltage regulator, yg berguna menyaring ato mengatur tegangan spy tidak terlalu besar tegangan yg sampai di aki yg kemudian diteruskan ke lampu. Jadi klo tegangan berlebihan bisa membuat bohlam jadi cepat putus dg tidak wajar.TUFF Stough wrote:Karena forum ini sudah kemasukan Bro Sjamsul yang ahli meluruskan dan mengkeritingkan rambut dengan cuma berbekal setruman, maka aku memberanikan diri untuk membuka topik ttg kiprok atau rectifier ini. Walaupun yang ingin aku tanyakan adalah untuk matic (karena aku ngalamin pada Spin ane), tapi gak tertutup kemungkinan motor tipe lain juga mengalami permasalahan yang sama. Makanya aku posting di sub-forum Common Topics of Motorcycle.
Pertama aku alami setahun yang lalu pada Spin ane yang mana bolamnya putus mlulu setiap kali ganti baru. Sama bengkel non-resmi disarankan ganti kiprok aja. Tapi aku gak percaya begitu aja. Masa motor baru setahun sudah bermasalah kiproknya. Waktu servis di BeReS Daan Mogot, ta' keluhkan permasalahan ini ke mekaniknya. Sama mekanik BeReS tsb cuma diperiksa kabel2 dan konektornya dan beres akhirnya. Bolam gak putus2 lagi spt sebelumnya. Katanya sih cuma ada konektor yang korslet aja.
Terakhir kejadian lagi 2 minggu lalu, tepatnya hari Jumat (6/2). Hari Sabtu minggu berikutnya (14/2) baru ta' bawa ke bengkel non-resmi. Vonisnya juga sama dengan bengkel non-resmi lainnya, yaitu ganti kiprok. Akhirnya ta' turutin deh ganti kiprok biar gak kejadian lagi untuk tahun2 berikutnya. Begitu selesai diganti kiprok dan dites bolam gak mati2, maka tak bawa pulanglah tuh motor. Tapi begitu sampai di rumah, pas buka jok, kok terasa panas ya? Begitu cover battery-nya dibuka, ternyata tuh sikring dah hangus beserta rumah colokannya. Untungnya belum merembet ke mana2. Berhubung dah malam dan bengkelnya juga sudah tutup, maka aku bawa ke bengkel keesokan paginya (Minggu, 15/2). Sama mekanik bengkel ini kiproknya cuma dibalik 180º dan dicolok lagi ke konektornya, dan ganti rumah sikring satu set. Cuma ya karena kiproknya dibalik 180º, ada kekhawatiran dudukannya jadi kurang menggigit ama kiproknya. Tapi mekanik sama pemilik bengkelnya ngasih jaminan kalo kiproknya gak bakalan copot.
Nah, sampe di sini belum selesai kasusnya. Besokannya (Senin, 16/2), karena motor Shogun SP ane yang biasa ane pake kerja kabel koplingnya putus, maka terpaksalah ane pake tuh Spin yang biasanya dipake ama bini buat antar-jemput anak sekolah. Berangkatnya sih gak ada masalah. Lancar jaya sampe pabrik. Tapi pulangnya yang jadi masalah. Awalnya masih jalan lancar dengan lampu nyala. Tapi pasca lewat perempatan Cengkareng, gak sengaja hantam lobang, and guess what? Motor langsung berhenti, digas tapi mesin gak mau gerak. Mesin tetap nyala. Anehnya lagi, kalo digas sambil memencet sedikit tuas rem baru motor bisa jalan. Berhubung rumah sudah dekat, akhirnya ta' paksain jalan dengan kondisi demikian (gas + rem). Sampailah ke bengkel yang pasang kiprok tsb dengan selamat (+ sedikit dorong karena akhirnya mati di jalan). Akhirnya diinepin lah tuh motor di bengkel tsb berhubung bengkelnya sendiri sudah tutup (untung pemiliknya tinggal di belakang bengkel).
Esoknya tuh motor dianter sama mekanik bengkel tsb ke rumah. Yang mengejutkan, katanya problemnya cuma satu yaitu sikring yang dipasangnya kendor. Kiproknya sendiri gak apa2, masih melekat dengan erat.
Yang ingin aku tanyakan (setelah panjang-lebar):
1. Apakah aman bila kiprok dibalik spt di atas?
2. Adakah cara mencek kondisi kiprok dengan multi-tester, misalnya?
3. Apakah benar bisa sikring kendor maka motor matik tetap bisa jalan dengan menekan tuas rem + gas?
Mungkin ada yang mo nambahin pertanyaan?
Nah, pada kasus spt yg nt alami, tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain, misalkan spul nya dah kaga baik ato ada masalah. Jadi tidak ada salahnya klo nt memeriksakan dulu itu spul, apakah masih baik apa kaga, krn sebelum masuk ke kiprok (klo di mobil spt voltage regulator) listrik dihasilkan dulu ama spul tsb yg klo di mbl bernama alternator. Setelah spul diperiksa, maka nt harus melakukan pengecekan voltage yg dihasilkan ama spul tsb. Caranye adalah dg menggunakan voltmeter, nt liat di aki (sambil di gas) apakah voltagenya masih dalam batas toleransi ato berlebihan. Klo dah cukup langkah berikutnya adalah memeriksa arus pengisian ke aki, apakah masih normal apa berlebihan. Tapi yah itu ada satu permasalahannya, itu bengkel belon tentu punya alatnye. Yg ane tau ada satu bengkel yg punya alat buat mengetahui berapa besarnya arus yg diterima si aki dari kiprok yg mana arus dari kiprok berasal dari spul.
Klo kurang jelas, nanti malam ane ol lagi, jadi bisa dibahas lagi, krn saat ini ane mo banting tulang dulu, maklum ane khan rakyat kecil yg tiap hari harus membanting tulang.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [Ask] Kiprok Motor
Ntar malam ta' pantau liwat hape, jadi ditunggu masukan selanjutnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: [Ask] Kiprok Motor
kiprok itu bentuknya gimana ya? pic nya dong...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [Ask] Kiprok Motor
Kek gini om.

Nah dari bentuknya khan seharusnya gak bisa dibolak-balik tuh posisinya. Tapi sama mekaniknya dipaksa pasang dibalik. Herannya tuh motor jalan aja.
Nah dari bentuknya khan seharusnya gak bisa dibolak-balik tuh posisinya. Tapi sama mekaniknya dipaksa pasang dibalik. Herannya tuh motor jalan aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: [Ask] Kiprok Motor
Masukan lainnye adalah nt harus perhatikan apakah terminal di sikring itu dah bagus apa kaga. Nt bisa memeriksanya dg mencabut sikringnye, saat dicabut nt bisa tau itu terminal masih baik apa dah kendor. Klo dah kendor sebaiknya diperbaiki.TUFF Stough wrote:Ntar malam ta' pantau liwat hape, jadi ditunggu masukan selanjutnya.
Tulisan ane tadi siang itu diasumsikan: kabel2 dah bagus n terminal juga bagus pula.
mudah2an tulisan ane bisa berguna buat nt.......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: [Ask] Kiprok Motor
1. menurut ane sih kurang aman, krn soket (bagian bawah yg dibalik) di atas, cenderung menjadi penampungan air saat hujan ato saat mtr dicuci. Tapi ane mo tanya lagi neh, apakah kiprok yg nt beli itu asli ato aspal ato imitasi, krn klo kaga original ane khawatir umurnya kaga lama.TUFF Stough wrote: Yang ingin aku tanyakan (setelah panjang-lebar):
1. Apakah aman bila kiprok dibalik spt di atas?
2. Adakah cara mencek kondisi kiprok dengan multi-tester, misalnya?
3. Apakah benar bisa sikring kendor maka motor matik tetap bisa jalan dengan menekan tuas rem + gas?
2. bukan multi tester, tapi amper meter spt yg ada di tukang alternator. Mungkin aja multi tester bisa dipake, tapi ane kaga tau caranye, yg ane tau spt yg ane sering liat di tukang alternator saat selesai memperbaiki alternator, maka si tukang tsb memakai alat yg disebut ampermeter. Untuk lbh jelasnye nt bisa tanyain langsung ama tukang alternator.
3. ane kaga tau.
berhubung ane dah ngantuk berat, maka besok dilanjutkan kembali klo nt ada pertanyaan. ok
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [Ask] Kiprok Motor
OK, sip dah om. Makasih atas pencerahannya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: [Ask] Kiprok Motor
u r welcome. Klo ada perkembangan tlg di kasih tau yah. okTUFF Stough wrote:OK, sip dah om. Makasih atas pencerahannya.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: [Ask] Kiprok Motor
wah hubungannya agak aneh ya soal kiprok ama motor jalan sambil teken tuas rem dikit..
kasusnya dah saya terusin ke spinner kaskus bro.. tunggu jawabannya deh..
ngomong2 kiproknya ori ga?
kasusnya dah saya terusin ke spinner kaskus bro.. tunggu jawabannya deh..
ngomong2 kiproknya ori ga?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sun Aug 14, 2005 14:07
Re: [Ask] Kiprok Motor
@tS
owe pemake spin juga neh.
dulu sebelum lampunya sering putus tuh spin lampu utamanyakalau ngidupin sen ikut ngedip2 gitu gak. atau alo ngerem tambah terang gak?
owe pemake spin juga neh.
dulu sebelum lampunya sering putus tuh spin lampu utamanyakalau ngidupin sen ikut ngedip2 gitu gak. atau alo ngerem tambah terang gak?
power is nothing without control
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: [Ask] Kiprok Motor
yang perlu dicek, coba kabel2 di sekitar lampu depan. bisa jadi ada yang tergencet ama besi dudukan lampu, n ngelupas.
juga kabel sekering, harus tersambung baik. umumnya bengkel umum nyambung pake rumah sekering yang beda, jadi harus mutus kabel n nyambung lagi. sebaiknya di solder.
kalo ngecek kiprok, gampang sebenarnya. coba digas sampai rpm atas, trus diukur tegangan yang keluar dari kiprok. bisa lewat kiprok, bisa di aki, ato lebih tepatnya, di dudukan lampu, karena lampu memakai arus dari spul (jika kasusnya lampu sering putus). ntar ketahuan kalo tegangannya lebih besar dari 13,5 V pada rpm tertinggi, silakan salahkan kiprok. kalo enggak, biasanya banyak kabel2 yang konslet ato putus. (ati2, ngetesnya distandar tengah, jgn sampai mencelat, bahaya!)
saya juga heran, kebanyakan kabel suzuki sering bermasalah. bahkan bukan hanya spin, tapi tipe lain juga. kemarin sempet dibuat puyeng nyari kabel yang putus di suzuki shogun. letaknya di dalam kabel yang dililit selotip. jadi bener2 bongkar kabel bodi. kan aneh juga masak kabel bodi utama bisa putus.
juga kabel sekering, harus tersambung baik. umumnya bengkel umum nyambung pake rumah sekering yang beda, jadi harus mutus kabel n nyambung lagi. sebaiknya di solder.
kalo ngecek kiprok, gampang sebenarnya. coba digas sampai rpm atas, trus diukur tegangan yang keluar dari kiprok. bisa lewat kiprok, bisa di aki, ato lebih tepatnya, di dudukan lampu, karena lampu memakai arus dari spul (jika kasusnya lampu sering putus). ntar ketahuan kalo tegangannya lebih besar dari 13,5 V pada rpm tertinggi, silakan salahkan kiprok. kalo enggak, biasanya banyak kabel2 yang konslet ato putus. (ati2, ngetesnya distandar tengah, jgn sampai mencelat, bahaya!)
saya juga heran, kebanyakan kabel suzuki sering bermasalah. bahkan bukan hanya spin, tapi tipe lain juga. kemarin sempet dibuat puyeng nyari kabel yang putus di suzuki shogun. letaknya di dalam kabel yang dililit selotip. jadi bener2 bongkar kabel bodi. kan aneh juga masak kabel bodi utama bisa putus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: [Ask] Kiprok Motor
satu lagi, kalo lampu utama nyala, harusnya gak terganggu dengan pemakaian sein, ato lampu rem, ato klakson. harusnya terpisah. jadi, misalnya lampu utama nyala, trus bro nyalain sein, gak boleh ikut berkedip (lampu utama terang redup) demikian pula jika direm ato diklakson, gak boleh lampu utama meredup. jika itu terjadi, berarti terjadi konslet. dan harus dicek satu persatu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
- Location: Jakarta
Re: [Ask] Kiprok Motor
kiprok motorku pas idle voltage = 12,xx volt. pas digas tegangan malah turun voltagenya bisa sampai di bawah 10 volt.Cloud wrote:satu lagi, kalo lampu utama nyala, harusnya gak terganggu dengan pemakaian sein, ato lampu rem, ato klakson. harusnya terpisah. jadi, misalnya lampu utama nyala, trus bro nyalain sein, gak boleh ikut berkedip (lampu utama terang redup) demikian pula jika direm ato diklakson, gak boleh lampu utama meredup. jika itu terjadi, berarti terjadi konslet. dan harus dicek satu persatu.
apa ini emang standar pabriknya buat bikin awet aki atau emang kiproku ga normal?

tapi klo lampu depan pas digas sama idle gasnya tetep sama terangnya.
itu semua di atas dicek tanpa aki (dilepas).
thanks all
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Feb 10, 2013 6:08
Re: [Ask] Kiprok Motor
Sama om persis, harusnya sih nggak demikian. pada saat langsam /ato mesin mati tegangan di aki pada kisaran 12,xx tapi saat di hidupkan dan di gas, seharusnya ada pada 13,xx , berarti ada masalah dengan sisstem pengisiannya .