Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Motor gue Beijing 110 keluaran tahun 2000.
Sekarang kelistrikanya kacau balau. akhirnya cuma lampu depan dan belakang aja yg bisa nyala.
Kalau gue mau ganti sekalian semua nya pake punya apa ya? ( gue liat kabel 2 nya udah pada lapuk, takut koslet kalo ujan jadi pengen ganti aja kabel bodi semua nya)
Ngeri juga eh ketabrak orang gara - gara gak ngasih sein....
Mohon masukannya ya.
O ya sekedar info, di sektor mesin, CDI dan sepul mirip Supra ( sebagai kaya CDI, kampas kopling gue pake punya Supra )
dulu juga motor ane punya masalah yg sama, kelistrikan hancur lebur malah tiap kali lampu depan dinyalain eh mesin mati
klo mo dibenerin semua kayanya aga susah ya.. soalnya klo g liat2 si beberapa bagian malah kaya dicampur aduk ama model motor laen jadi seandainya mo di ganti semua n ngambil part dari 1 model motor doank kayanya aga susah.
klo mo saran ane si coba aja diliat tuh bagian2 yg emang udah rusak cari yg cocok atu2. ato klo ga ganti kabelnya aja, konektornya jangan diganti.
Sebelum mencari penggantinya, harus diperiksa terlebih dahulu sistemnya AC atau DC. Kebanyakan motor cina pakai sistem DC. Salah satu cirinya adalah saat kontak dinyalakan tapi mesin belum menyala coba lampu besar dinyalakan, kalau lampu besar menyala saat mesin masih mati berarti itu pasti pakai sistem DC. Sedangkan supra pakai sistem AC. Saran saya sebaiknya kalau memang rencana diganti total pakai sistem AC saja. CMIIW
saya pengalaman ganti kelistrikan hokaido raider 110 dengan miliknya supra X, kalau punya saya sih tinggal dipake aja soket2 lamanya, dan sedikit penyesuaian saja pada outlet2nya.
@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
sjamsul wrote:@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
Itu sih namanya jurus pamungkas, yang lama dijual trus ganti yang baru
sjamsul wrote:@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
wekeke..ane tahu pasti untuk urusan kabel motor lebih rumit dari urusan kabel mobil..
di jual lagi harga mocin yah duitnya dapet movin lagi untuk tahun yang sama,kalau untuk Japan..dapetnya tahunya jauh di bawah mocin yang di jual dan untuk urusan kabel belon tentu beres.
saran ane peremajaan kabel aja..
pengalaman ane pakek motor china.. Merk Viar.. pas beli kondisi bekas, kabel nya udah kacau banyak yang putus dan sambungan.. awalnya cuma lampu depan dan lampu rem doang yang nyala.. ane keliling toko spare part ga nemu juga pengganti nya, kata penjaga toko nya sih mending bikin sendiri atau di urut... terus ane urut satu satu, siapin dulu ISOLASI HITAM yang paling bagus biar rapet, terus kabel baru cukup 5 meter buat pengganti kabel usang.. mulai dari kabel aki, kabel stater, kabel sein, kemudian cek flasher (harga flasher murah kok 9500 an yang lokal), buat ngecek flasher pakai motor temen aja minjem bentar ... terus ngidupin lampu rem yang kadang kalo rem di injek kadang nyala kadang mati, cek dulu kabel nya kalo kabel masih bagus buka soket saklar rem injak nya.. lihat daleman nya ada lempengan tembaga, nah tembaga nya di amplas pakai amplas halus, kemudian pasangin lagi.. dijamin tokcerrrrrrrrrr
esh wrote:Sebelum mencari penggantinya, harus diperiksa terlebih dahulu sistemnya AC atau DC. Kebanyakan motor cina pakai sistem DC. Salah satu cirinya adalah saat kontak dinyalakan tapi mesin belum menyala coba lampu besar dinyalakan, kalau lampu besar menyala saat mesin masih mati berarti itu pasti pakai sistem DC. Sedangkan supra pakai sistem AC. Saran saya sebaiknya kalau memang rencana diganti total pakai sistem AC saja. CMIIW
DC belum tentu lampunya idup kalo mesin mati.
Kebanyakan motor bebek generasi Kirana ke sini sampe di bawah 2015 gado gado, tapi disebutnya DC. CDI nya ikut DC tapi lampunya enggak, tetep ikut spul. Misalnya Kirana, Karisma, Shogun dkk. Kalo lini sport banyak yang full DC kaya Tiger, Scorpio.
* * *
Susahnya mocin memang seringkali gado gado.
Sebenernya kalo liat basis, ini ngikut Supra mesinnya. Tapi listriknya ga tau ikut mana. Ikutin basis aslinya aja sih kalo menurut saya, kalo AC ya biarin AC, kalo DC ya biarin DC. Kabel ganti satu set dari leher sampe belakang pake tipe yang serupa, soketnya ganti aja biar ga susah. Cuma ya pasti lumayan, dulu aja kabel listrik full buat Karisma temen yang kebakaran karena aseso itu harganyan 450 udah lebih dari 5 tahun yang lalu.