ask...per aftermarket..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
ask...per aftermarket..
hallo temen temen dan pakar pakar sekalian...saya mau tanya nih..smoga dapat dibantu yah:)
dikarenakan mobil saya yang limbung...dgn settingan suspensi asli yang teramat lembut..apakah penggantian per dgn merk aftermarket dapat menolong?contoh seperti e*bach dll....
kalau misalkan, dgn mengganti per saja tanpa dibarengi dengan penggantian shockbreaker(masih memakai bawaan mobil) apakah akan cocok yah kalo per itu memang diperuntukkan buat mobil kita?
dimana saya dulu pernah membaca artikel tentang spring rate ato apalah dari suatu per itu harus cocok dgn shock kita..kalo nga bawaannya kan bouncy dan handling malah makin parah..contoh nya per potongan...that screw things up....
satu lagi pertanyaan terakhir..penggantian per akankah memperpendek shock mobil kita?
thanks atas bantuannya teman2...
dikarenakan mobil saya yang limbung...dgn settingan suspensi asli yang teramat lembut..apakah penggantian per dgn merk aftermarket dapat menolong?contoh seperti e*bach dll....
kalau misalkan, dgn mengganti per saja tanpa dibarengi dengan penggantian shockbreaker(masih memakai bawaan mobil) apakah akan cocok yah kalo per itu memang diperuntukkan buat mobil kita?
dimana saya dulu pernah membaca artikel tentang spring rate ato apalah dari suatu per itu harus cocok dgn shock kita..kalo nga bawaannya kan bouncy dan handling malah makin parah..contoh nya per potongan...that screw things up....
satu lagi pertanyaan terakhir..penggantian per akankah memperpendek shock mobil kita?
thanks atas bantuannya teman2...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask...per aftermarket..
Per yang dijual brand aftermarket sudah disesuaikan sedemikian rupa dengan kondisi kendaraan terutama dengan shock bawaan pabrikan melalui penelitian dan uji coba. sisanya adalah bagaimana karakteristik per itu sendiri.
Penggantian per bisa mengakibatkan perubahan yang dramatis pada stabilitas mobil, tapi tentunya dibayar oleh kenyamanan yang agak berkurang karena keras.
Penggantian per saja tanpa dibarengi shock tidak akan ada masalah, tetapi kembali lagi hanya pada per yang memang SESUAI (melalui penelitian dan analisa) untuk jenis mobil kita. Dan karakteristik seperti ini hanya di dapatkan pada per branded. Bukan custom. Per potongan, sebenernya tidak bisa diklasifikasikan pada produk aftermarket, karena itu jelas-jelas adalah 'produk yang disesuaikan' bukan 'produk yang sesuai'.
Fungsi shock, adalah menjaga stabilitas mobil, mengatur pergerakan yang timbul pada suspensi, yang terutama berasal dari per. Jadi apakah pergantian per bisa mengakibatkan perubahan umur shock, jawabannya adalah ya, tetapi tidak signifikan.
Yang paling utama mempengaruhi umur shock adalah perlakuan kasar pengemudi, dan tidak pernah dibersihkan.
CMIIW...
Penggantian per bisa mengakibatkan perubahan yang dramatis pada stabilitas mobil, tapi tentunya dibayar oleh kenyamanan yang agak berkurang karena keras.
Penggantian per saja tanpa dibarengi shock tidak akan ada masalah, tetapi kembali lagi hanya pada per yang memang SESUAI (melalui penelitian dan analisa) untuk jenis mobil kita. Dan karakteristik seperti ini hanya di dapatkan pada per branded. Bukan custom. Per potongan, sebenernya tidak bisa diklasifikasikan pada produk aftermarket, karena itu jelas-jelas adalah 'produk yang disesuaikan' bukan 'produk yang sesuai'.
Fungsi shock, adalah menjaga stabilitas mobil, mengatur pergerakan yang timbul pada suspensi, yang terutama berasal dari per. Jadi apakah pergantian per bisa mengakibatkan perubahan umur shock, jawabannya adalah ya, tetapi tidak signifikan.
Yang paling utama mempengaruhi umur shock adalah perlakuan kasar pengemudi, dan tidak pernah dibersihkan.
CMIIW...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: ask...per aftermarket..
Tiap lowering kit yg terdiri dari part coil spring saja umumnya sudah dibuat khusus untuk merk dan type mobil, sebaiknya jangan pakai yg sembarang per yg diperuntukan buat mobil merk lain. krn sudah dihitung dan di research dg detail yg sesuai dg type mobil tsb.
Kalo menurut gw yg palg bagus u/ dapatkan performa dari suspension system, pakai yg adjustable dimana per dan shock jadi satu >> coil-over system ... tentunya yg dibuat khusus u/ merk dan type tsb... jadi bukan saja per yg di ganti .. tp sekalian shocknya... krn per dan shock adalah satu kesatuan system suspensi yg kerjanya saling menunjang u/ kestabilan mobil.
Kalo menurut gw yg palg bagus u/ dapatkan performa dari suspension system, pakai yg adjustable dimana per dan shock jadi satu >> coil-over system ... tentunya yg dibuat khusus u/ merk dan type tsb... jadi bukan saja per yg di ganti .. tp sekalian shocknya... krn per dan shock adalah satu kesatuan system suspensi yg kerjanya saling menunjang u/ kestabilan mobil.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
empuk = limbung
keras = stabil
bisakah
empuk = stabil ?
kalo bisa, bantu ingpo nya dong, apa kiat2 yang harus di lakukan?
btw, om Jombi, cuma penggantian Per saja sptnya gak begitu signifikan hasilnya, kecuali per aftermarket tsb, bener2 keras..
IMHO, kalo mau mendapatkan karakter yg keras/stabil, td redaman baik, mungkin mesti cari : Per yg lembut (branded), dan shock yg keras (branded) jg yg kualitas, adjustable kalo bisa.
NB : hanya sekilas info dari wiki
Peredam kejut, shock absorber, shock breaker, atau damper adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.
Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi. Kontrol gerakan berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut diredam secara paksa oleh per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengontrol gerakan suspensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga, berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, mengurangi gerakan naik turun per. Karena ban tidak selembut per, untuk meredam hentakan ban mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan
Peredam kejut pneumatik dan hidraulik umumnya mengambil bentuk sebuah silinder dengan piston yang bergerak di dalamnya. Silinder harus diisi dengan cairan kental, seperti minyak hidraulik atau udara. Cairan ini diisikan ke dalam dashpot. Peredam kejut berbasis per umumnya menggunakan per keong atau per daun. Per ideal itu sendiri, bukanlah peredam kejut seperti per yang hanya menyimpan dan tidak menghilangkan atau menyerap energi. Kendaraan biasanya menggunakan dua per atau palang torsi yang berfungsi sebagaimana peredam kejut hidraulik. Dalam kombinasi ini, peredam kejut secara khusus menyediakan piston hidraulik yang menyerap dan menghilangkan getaran. Per tidak dianggap sebagai peredam kejut.
Peredam kejut harus menyerap atau menghilangkan energi. Desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah ke mana energi akan pergi. Umumnya, dalam kebanyakan dashpot, energi diubah ke dalam panas di dalam cairan kental. Dalam silinder hidraulik, minyak hidraulik akan memanas. Dalam silinder udara, udara panas selalu dilepaskan ke atsmofer. Dalam tipe dashpot yang lain, seperti elektromagnetik, energi yang hilang dapat disimpan dan bisa digunakan kemudian jika diperlukan
keras = stabil
bisakah
empuk = stabil ?
kalo bisa, bantu ingpo nya dong, apa kiat2 yang harus di lakukan?
btw, om Jombi, cuma penggantian Per saja sptnya gak begitu signifikan hasilnya, kecuali per aftermarket tsb, bener2 keras..
IMHO, kalo mau mendapatkan karakter yg keras/stabil, td redaman baik, mungkin mesti cari : Per yg lembut (branded), dan shock yg keras (branded) jg yg kualitas, adjustable kalo bisa.
NB : hanya sekilas info dari wiki
Peredam kejut, shock absorber, shock breaker, atau damper adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.
Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi. Kontrol gerakan berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut diredam secara paksa oleh per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengontrol gerakan suspensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga, berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, mengurangi gerakan naik turun per. Karena ban tidak selembut per, untuk meredam hentakan ban mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan
Peredam kejut pneumatik dan hidraulik umumnya mengambil bentuk sebuah silinder dengan piston yang bergerak di dalamnya. Silinder harus diisi dengan cairan kental, seperti minyak hidraulik atau udara. Cairan ini diisikan ke dalam dashpot. Peredam kejut berbasis per umumnya menggunakan per keong atau per daun. Per ideal itu sendiri, bukanlah peredam kejut seperti per yang hanya menyimpan dan tidak menghilangkan atau menyerap energi. Kendaraan biasanya menggunakan dua per atau palang torsi yang berfungsi sebagaimana peredam kejut hidraulik. Dalam kombinasi ini, peredam kejut secara khusus menyediakan piston hidraulik yang menyerap dan menghilangkan getaran. Per tidak dianggap sebagai peredam kejut.
Peredam kejut harus menyerap atau menghilangkan energi. Desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah ke mana energi akan pergi. Umumnya, dalam kebanyakan dashpot, energi diubah ke dalam panas di dalam cairan kental. Dalam silinder hidraulik, minyak hidraulik akan memanas. Dalam silinder udara, udara panas selalu dilepaskan ke atsmofer. Dalam tipe dashpot yang lain, seperti elektromagnetik, energi yang hilang dapat disimpan dan bisa digunakan kemudian jika diperlukan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ask...per aftermarket..
iya bener, intinya shock harus bisa meredam gerakan yg dihasilkan tekanan per, jadi kalo per udah ganti, shock nya juga harus yg sesuai meredam tekanan per tsb.
bisa di tes, kalo kita tekan/dorong2 body mobil ke arah bawah, maka gerakan rebound bodynya (oleh per) ke ketinggian asal harus keliatan agak "tertahan" / diredam oleh shock.
kalo per diganti yg lebih "keras", shock harus disesuaikan dgn per tsb, or nanti jadinya "mantul2".
kebanyakan, lebih nyaman kombinasi shock yg lebih "keras" dengan per "lembek", daripada kebailkannya : per "keras" dengan shock "lembek".
bisa di tes, kalo kita tekan/dorong2 body mobil ke arah bawah, maka gerakan rebound bodynya (oleh per) ke ketinggian asal harus keliatan agak "tertahan" / diredam oleh shock.
kalo per diganti yg lebih "keras", shock harus disesuaikan dgn per tsb, or nanti jadinya "mantul2".
kebanyakan, lebih nyaman kombinasi shock yg lebih "keras" dengan per "lembek", daripada kebailkannya : per "keras" dengan shock "lembek".
Last edited by GTR on Wed Jan 07, 2009 2:57, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ask...per aftermarket..
empuk = stabil....
salahsatunya diupayakan oleh produsen dengan konstruksi suspensi, pendekatan urusan traksi.
misal dengan double-wishbone, karena konstruksi ini menjaga semaksimal mungkin agar posisi ban cenderung tegak lurus terhadap permukaan jalan di berbagai kondisi, alias memaksimalkan melalui urusan traksi ke permukaan jalan.
kalo urusan traksi udah tercapai, baru deh revisi/setting per dan damper...biar lebih "lembut".
salahsatunya diupayakan oleh produsen dengan konstruksi suspensi, pendekatan urusan traksi.
misal dengan double-wishbone, karena konstruksi ini menjaga semaksimal mungkin agar posisi ban cenderung tegak lurus terhadap permukaan jalan di berbagai kondisi, alias memaksimalkan melalui urusan traksi ke permukaan jalan.
kalo urusan traksi udah tercapai, baru deh revisi/setting per dan damper...biar lebih "lembut".
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: ask...per aftermarket..
Empuk = Stabil ?... bisa .. tp muahallll.... dan bener kata GTR harus keseluruhan konstruksi suspensi system bukan cuma spring dan shock -nya saja.
Contoh aja tuh Bentley sport >> mobil sport yg stabil tp tetap nyaman ... tau kan harganya?? ... he he he...
Contoh aja tuh Bentley sport >> mobil sport yg stabil tp tetap nyaman ... tau kan harganya?? ... he he he...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
wah..makasih temen2 atas masukannya..tapi saran bro gtr kaya nya agak susah dijalankan..hehehehe...secara geometri bla bla nya rumit....
jadi mksdnya per aftermarket pengganti per oem yang keras itu tidak disarankan yah oom sekalian???
oiya..bro abu2 ganti eibach gesrot ga kalo isi penuh?
jadi mksdnya per aftermarket pengganti per oem yang keras itu tidak disarankan yah oom sekalian???
oiya..bro abu2 ganti eibach gesrot ga kalo isi penuh?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Ane pake eibach feddern(lembut) dan SA Kyb XLG Gr2 (kenyal/keras)..jauh lebih enak dr standar..td barusan tes hajar luar kota jalan jelek(lmpg-bakau) enak benar rasanya, beda ama yg dulu, jauuuhhhh
Ntar mau tes di cipul...gimana rasanya di banding std...he...he...
Ride height gak berubah, ride comfort bertambah jauh...padahal ane dah pake ban lebih tipis, tekanan selalu di 36-37psi...gak pernah mentok gak gesrot, karena udah di coba di semua posisi ,miring, nungging, miring sebelah...semuanya deh...dah diyakini, gak mentok kalo beban maksimal..gitu om jombi..
Emangnya xtrail ente terlalu lembut yah?
Sptnya byk deh aftermarket yg branded buat xtrail..
Ntar mau tes di cipul...gimana rasanya di banding std...he...he...
Ride height gak berubah, ride comfort bertambah jauh...padahal ane dah pake ban lebih tipis, tekanan selalu di 36-37psi...gak pernah mentok gak gesrot, karena udah di coba di semua posisi ,miring, nungging, miring sebelah...semuanya deh...dah diyakini, gak mentok kalo beban maksimal..gitu om jombi..
Emangnya xtrail ente terlalu lembut yah?
Sptnya byk deh aftermarket yg branded buat xtrail..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
itu lhar bro..pusink...dimana beli itu kayabanya bro?kasi info pls..thanks yo:)
kalo gv aza terasa ngayun apalagi xtrel...ngayun ngambang de el el bos..hehehehe...
kalo gv aza terasa ngayun apalagi xtrel...ngayun ngambang de el el bos..hehehehe...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask...per aftermarket..
Bisa aja sih di bilang recommended bisa juga tidak..ZombiEE wrote: jadi mksdnya per aftermarket pengganti per oem yang keras itu tidak disarankan yah oom sekalian???
kalo dalam agama Islam hukumnya makruh..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
makruh artinya apa pak?kurang ngerti nih..heehhehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Setau ku, ebah feddern karakter lembut, tein h-tech lembut...cb liat di webnya apa ada aplikasinya buat ekstrel...
Hal yg sama utk SA..liat di web nya, spt, bilstein, koni, dspec, dll..
Jk ada aplkasinya buat xtreel, pasti performanya lebih mantap..
Btw, gv ane gak ngayun koq, ini barusan tes di cipul...puas ama karakternya..
Btw ini lg makan mi aceh di gampong aceh di setiabudi, msh lebh enak mi aceh yg di titibobrok
Hal yg sama utk SA..liat di web nya, spt, bilstein, koni, dspec, dll..
Jk ada aplkasinya buat xtreel, pasti performanya lebih mantap..
Btw, gv ane gak ngayun koq, ini barusan tes di cipul...puas ama karakternya..
Btw ini lg makan mi aceh di gampong aceh di setiabudi, msh lebh enak mi aceh yg di titibobrok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Makruh=lbih baik ditinggalkan drpd dikerjakan...kalo ditinggalkan/dijauhi/tdk dikerjakan , mendapat pahala...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
thanks bro:)
oiya bro...itu dulu beli nya dimana bro kayaba nya?
lagi di medan?aduh..koq ga kontek2...ane barusan pulang nih..hehehhee
oiya bro...itu dulu beli nya dimana bro kayaba nya?
lagi di medan?aduh..koq ga kontek2...ane barusan pulang nih..hehehhee
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Ssiapa yg di medan? Ane di setiabudi bndung...hehehehehehhe
Di mdn toko sok yg lenkap cb ke jalan semarang (ato surabaya yah?), toko SPS namanya, lokasinya di seberang hotel novotel jl. Cirebon. Gak jauh dr seberang novotel.
Tinggal sebutin merek dan p/n nya....mdh2an ada, palinggak bs order..
Ane beli kyb di jarkata, di pmk..
Di mdn toko sok yg lenkap cb ke jalan semarang (ato surabaya yah?), toko SPS namanya, lokasinya di seberang hotel novotel jl. Cirebon. Gak jauh dr seberang novotel.
Tinggal sebutin merek dan p/n nya....mdh2an ada, palinggak bs order..
Ane beli kyb di jarkata, di pmk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
ooo..hahahaha.dasar...
oiya..bisa PM-in no telp toko pmk tsb?:)
thanks...

oiya..bisa PM-in no telp toko pmk tsb?:)
thanks...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Aduh no.telp nya gw catet ada di kantor...
Nama tokonya sumber mas, ato di jaya abadi motor jg ada
Keduanya di pmk..ane gak apal no telpnya..ada dikantor...mgkn rekans disini ada yg tau?
Nama tokonya sumber mas, ato di jaya abadi motor jg ada
Keduanya di pmk..ane gak apal no telpnya..ada dikantor...mgkn rekans disini ada yg tau?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
ok bro..thanks atas info nya..besok ane coba test cek ke 108/.hehehe..oiya..itu pdg nya jujur kan?hehehehheeheeeee
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask...per aftermarket..
Mudah2an bro, gw jg pesan dr lampung , barang aman koq..gak ada masalah..teman gw yg lain jg ada beli.....mudah2an aja tetap jujur..
Gw dulu aja bayar dulu/transfer...baru barang dikirim..cari aja ko buncit di smber mas....
Knapa gak tanya di toko SPS di medan pak jombie..setau gw dia lenkap deh
Gw dulu aja bayar dulu/transfer...baru barang dikirim..cari aja ko buncit di smber mas....
Knapa gak tanya di toko SPS di medan pak jombie..setau gw dia lenkap deh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
toko SPS?saya blm sempat ke medan nih bro..hehehhee...
medan ada sih koni..tp yah mahal..adjustable..hehehe...
oiya pak abu2..malem:)
itu org namanya emg "buncit" yah?
btw...rekan2 sekalian..andaikan saya ga ganti per(dimana saya telah mengukur jarak spakbor ke ban kayanya bakalan tinggal sejari), ganti SA dibarengi pemasangan valen damper bakalan menolong ga yah?:)
medan ada sih koni..tp yah mahal..adjustable..hehehe...
oiya pak abu2..malem:)
itu org namanya emg "buncit" yah?
btw...rekan2 sekalian..andaikan saya ga ganti per(dimana saya telah mengukur jarak spakbor ke ban kayanya bakalan tinggal sejari), ganti SA dibarengi pemasangan valen damper bakalan menolong ga yah?:)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: ask...per aftermarket..
bro abu abu, check your pm.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ask...per aftermarket..
huh>>?>ada apa bro?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: ask...per aftermarket..
oh, gw minta feedback dr bro abu abu mengenai per daun di L300 gw 
