(tanya)VARIO mati mendadak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
(tanya)VARIO mati mendadak
malam all
jadi gini..tadi sore pake vario, baru jalan kira2 500m. vario saya tiba2 mati mesinya, dan kalo di starter gak mau nyala,
akhirnya saya dorong ke bengkel paling dekat dkt tkp, stelak di utak atik 2 jam sama mekaniknya
1.calbulator di bongkar dan di bersihin
2.klep di setel (apa hubungannya ya ??????? sama rantai keteng dan klep....aneh?????)
3.ganti busi...
1 jam berlalu............2jam berlalu.....
akhirnya yg punya bengkel datang... cedenggggggggggg.........
lubang busi di kasi oli. dan seketika,,,,,,,,,,brum.....brum...... vario gue nyala kembali, dan gue tanya kenapa dengan vario gue,yg punya bengkel bilang,kalo oli gue jelek dan piston gue nyangkut...??????????????????? nahlo....
padahal gue dah pake repsol kok..........
tanpa menunggu lama,gue pun bayar dan pulang dengan hati yg tenang.............
dan...........
barusan gue pake dan baru jalan +- 500m lagi.......... cedeng............ vario gue kaga mau hidup lagi....
di starter ampe budek juga kaga mau idup............
ada apaya dengan vario gue............
sori ceritanya panjang...biar pada bisa ngebayangin aja hehehe
trims b4
jadi gini..tadi sore pake vario, baru jalan kira2 500m. vario saya tiba2 mati mesinya, dan kalo di starter gak mau nyala,
akhirnya saya dorong ke bengkel paling dekat dkt tkp, stelak di utak atik 2 jam sama mekaniknya
1.calbulator di bongkar dan di bersihin
2.klep di setel (apa hubungannya ya ??????? sama rantai keteng dan klep....aneh?????)
3.ganti busi...
1 jam berlalu............2jam berlalu.....
akhirnya yg punya bengkel datang... cedenggggggggggg.........
lubang busi di kasi oli. dan seketika,,,,,,,,,,brum.....brum...... vario gue nyala kembali, dan gue tanya kenapa dengan vario gue,yg punya bengkel bilang,kalo oli gue jelek dan piston gue nyangkut...??????????????????? nahlo....
padahal gue dah pake repsol kok..........
tanpa menunggu lama,gue pun bayar dan pulang dengan hati yg tenang.............
dan...........
barusan gue pake dan baru jalan +- 500m lagi.......... cedeng............ vario gue kaga mau hidup lagi....
di starter ampe budek juga kaga mau idup............
ada apaya dengan vario gue............
sori ceritanya panjang...biar pada bisa ngebayangin aja hehehe
trims b4
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Matic rata2 rentan kelistrikannya. Coba cek sekring dulu. Copot sekringnya kemudian sambungin port-nya pake kabel aja. Kalo bisa nyala, tinggal ganti sekring aja toh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
bro, klo boleh tau itu mtr vario nt keluaran th berapa n dah jalan berapa km.
Tetangga ane pake vario juga n ampe sekarang kaga ada masalah tuh, cuma pernah ditarik ke beres honda krn ada penggantian salah satu suku cadangnye aja sih, tapi kaga berhubungan dg mesin. So coba deh nt jawab pertanyaan ane di atas, krn ane ada punya teman di honda. Mungkin dia bisa kasih tau jawabannye ato pilihan lainnya adalah nt coba bawa tuh mtr ke wahana di jl.gunung sahari, krn disana bengkelnya besar.
Tetangga ane pake vario juga n ampe sekarang kaga ada masalah tuh, cuma pernah ditarik ke beres honda krn ada penggantian salah satu suku cadangnye aja sih, tapi kaga berhubungan dg mesin. So coba deh nt jawab pertanyaan ane di atas, krn ane ada punya teman di honda. Mungkin dia bisa kasih tau jawabannye ato pilihan lainnya adalah nt coba bawa tuh mtr ke wahana di jl.gunung sahari, krn disana bengkelnya besar.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
klo yg dimaksud dg "sambungin port-nya pake kabel aja" itu adalah terminalnya dilangsungin tanpa sikiring, ane kurang setuju krn bisa menimbulkan percikan api ato kebakaran, klo kabel tsb benar2 rusak, maksudnya kabelnya luka krn kejepit. Fungsi sikring itu adalah melindungi part2 yg lain klo terjadi kabel plus terluka, jadi korslet. Nah klo korslet maka sikringnya akan putus. Klo kabelnya dilangsungin tanpa sikring bisa berbahaya.TUFF Stough wrote:Matic rata2 rentan kelistrikannya. Coba cek sekring dulu. Copot sekringnya kemudian sambungin port-nya pake kabel aja. Kalo bisa nyala, tinggal ganti sekring aja toh.
So cara yg paling benar adalah pake testpen dc, untuk mengetahui apakah sikringnye benar2 putus ato kaga. Atau nt bisa langsung liat secara pisik apakah sikringnye putus apa kaga.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Sambungin begitu bukan buat permanen, hanya sekedar buat mendeteksi apakah motor bisa dinyalakan ato nggak dengan mem-bypass sekring. Sekring motor khan model colok yang gak bisa kelihatan dengan mata telanjang kalo putus.
Kalau misalnya piston macet, harusnya dari mesinnya sendiri terasa tertahan saat mesin mati mendadak.
Kalau misalnya piston macet, harusnya dari mesinnya sendiri terasa tertahan saat mesin mati mendadak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
- Location: Bekasi
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Side-stand switch nya rusak kali bos..
Tp napa di lubang busi dikasi oli trus bs nyala yak ??
Soal oli repsol.. emang bagus sih merk nya..
Tp yg hrs diingat.. oli matik beda dgn oli motor biasa loh.
Karena utk kekentalannya, oli matik ini lbh encer.
CMIIW
Tp napa di lubang busi dikasi oli trus bs nyala yak ??
Soal oli repsol.. emang bagus sih merk nya..
Tp yg hrs diingat.. oli matik beda dgn oli motor biasa loh.
Karena utk kekentalannya, oli matik ini lbh encer.
CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
repsol-nya SAE brp bro?herry_chen wrote:malam all
jadi gini..tadi sore pake vario, baru jalan kira2 500m. vario saya tiba2 mati mesinya, dan kalo di starter gak mau nyala,
akhirnya saya dorong ke bengkel paling dekat dkt tkp, stelak di utak atik 2 jam sama mekaniknya
1.calbulator di bongkar dan di bersihin
2.klep di setel (apa hubungannya ya ??????? sama rantai keteng dan klep....aneh?????)
3.ganti busi...
1 jam berlalu............2jam berlalu.....
akhirnya yg punya bengkel datang... cedenggggggggggg.........
lubang busi di kasi oli. dan seketika,,,,,,,,,,brum.....brum...... vario gue nyala kembali, dan gue tanya kenapa dengan vario gue,yg punya bengkel bilang,kalo oli gue jelek dan piston gue nyangkut...??????????????????? nahlo....
padahal gue dah pake repsol kok..........
tanpa menunggu lama,gue pun bayar dan pulang dengan hati yg tenang.............
dan...........
barusan gue pake dan baru jalan +- 500m lagi.......... cedeng............ vario gue kaga mau hidup lagi....
di starter ampe budek juga kaga mau idup............
ada apaya dengan vario gue............
sori ceritanya panjang...biar pada bisa ngebayangin aja hehehe
trims b4
buat vario cari oli yg SAE-nya sama dengan oli std Federal Flick 10w-30, yg ada dipasaran setau gw idemitsu extreme eco 10w-30
untuk skutik mending pake oli encer...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
aneh jg yak. apa pengapiannya? ini electronic injection kan.
kao dikasi oli bisa idup, bisa aja piston macet seperti yang dibilang orang bengkel.
kecuali kalo 2 tak kan oli ikut kebakar, ini kan 4 tak, harusnya dikasi oli malah tambah ga mau idup.
mesin jebol sih bisa aja, produksi motor kan kenceng, kualitas pas2an, asal cepet laku aja, belum lagi pemakaiannya gimana, motor matic digeber2 ya gampang jebol.
kao dikasi oli bisa idup, bisa aja piston macet seperti yang dibilang orang bengkel.
kecuali kalo 2 tak kan oli ikut kebakar, ini kan 4 tak, harusnya dikasi oli malah tambah ga mau idup.
mesin jebol sih bisa aja, produksi motor kan kenceng, kualitas pas2an, asal cepet laku aja, belum lagi pemakaiannya gimana, motor matic digeber2 ya gampang jebol.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Bro Darsono pake oli apaan buat spinnya? Boleh contek?spin022 wrote:repsol-nya SAE brp bro?
buat vario cari oli yg SAE-nya sama dengan oli std Federal Flick 10w-30, yg ada dipasaran setau gw idemitsu extreme eco 10w-30
untuk skutik mending pake oli encer...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
pake fastron 10w-40 di spin dan idemitsu 10w-30 di mio...TUFF Stough wrote:Bro Darsono pake oli apaan buat spinnya? Boleh contek?spin022 wrote:repsol-nya SAE brp bro?
buat vario cari oli yg SAE-nya sama dengan oli std Federal Flick 10w-30, yg ada dipasaran setau gw idemitsu extreme eco 10w-30
untuk skutik mending pake oli encer...
hmmm.....
maknyus...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
masih karburator kok bro, ini kasusnya kaya seher ngejim/macet, kalo abis bore-up biasanya malah di dikasi oli sambil inreyeniwang wrote:aneh jg yak. apa pengapiannya? ini electronic injection kan.
kao dikasi oli bisa idup, bisa aja piston macet seperti yang dibilang orang bengkel.
kecuali kalo 2 tak kan oli ikut kebakar, ini kan 4 tak, harusnya dikasi oli malah tambah ga mau idup.
mesin jebol sih bisa aja, produksi motor kan kenceng, kualitas pas2an, asal cepet laku aja, belum lagi pemakaiannya gimana, motor matic digeber2 ya gampang jebol.
kalo skutik suzuki ama kymco malah mesin jadi enak kalo inreyen-nya digeber terus, apalagi kalo dibawa turing...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
kalo matik gak begitu kerasa kok om, teman gw pernah abis bore-up, lsg digeber padahal belum setting karbu dll, pas kenceng seher macet, mesin mati, motor ngeloyor aja...TUFF Stough wrote:Sambungin begitu bukan buat permanen, hanya sekedar buat mendeteksi apakah motor bisa dinyalakan ato nggak dengan mem-bypass sekring. Sekring motor khan model colok yang gak bisa kelihatan dengan mata telanjang kalo putus.
Kalau misalnya piston macet, harusnya dari mesinnya sendiri terasa tertahan saat mesin mati mendadak.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Dah coba yang lebih encer untuk Spin?spin022 wrote:pake fastron 10w-40 di spin dan idemitsu 10w-30 di mio...TUFF Stough wrote:Bro Darsono pake oli apaan buat spinnya? Boleh contek?spin022 wrote:repsol-nya SAE brp bro?
buat vario cari oli yg SAE-nya sama dengan oli std Federal Flick 10w-30, yg ada dipasaran setau gw idemitsu extreme eco 10w-30
untuk skutik mending pake oli encer...
hmmm.....
maknyus...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
ini yg ane maksud berbahaya, mungkin nt belon aja kena batunye. Klo lagi sial bisa menyebabkan aki meledak. Ane bukan nakut2in yah, tapi ada resiko aki bisa meledak klo cara testnya begitu. So yg paling aman adalah spt saran ane, HARUS pake testpen dc buat mendeteksi apakah sikringnye putus apa kaga. Masalahnye adalah apakah setiap bengkel mtr punya alat ini?. Ane ragu neh, wlp harga alat tsb relatip MURAHHHHHH..........TUFF Stough wrote:Sambungin begitu bukan buat permanen, hanya sekedar buat mendeteksi apakah motor bisa dinyalakan ato nggak dengan mem-bypass sekring.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Sikring colok yg nt maksud biasanye disebut sikring dx. Sikring ini bisa diliat dg mata telanjang apakah putus ato kaga. Beneran neh, ane kaga boong, klo nt kaga percaya nanti ane potoin deh.TUFF Stough wrote:Sekring motor khan model colok yang gak bisa kelihatan dengan mata telanjang kalo putus.
Ato klo nt ada waktu, nt bisa datang ke tempat ane, ntar ane jelasin dah (gratis), klo sikring colok bisa diliat putus apa kaganye.
Trus kaga setiap mtr itu sikringnye model colok, masih banyak yg pake model kaca yg nama kerennye ato dalam bahasa belandanye: glass fuse.
Kok ane jadi bahas sikring sih, ntar jadi OOT neh, tapi klo nt mo tau lbh lanjut nanti ane tulisin di tempat lain yah............. (klo mauuuu).


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
- Location: Bekasi
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Vario dah pake pompa bensin yak ?avansa wrote:Pompa bensin,bisa nggak yah jadi biangnya...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
di Mio ane sering juga ngalamin hal kaya gitu, mesin mati seperti bensinnya abis, diawali dgn penurunan tenaga yg drastis, lalu mati begitu aja. diselah ga mau idup. beberapa kasus, malah selahnya ga mau balik abis diinjek.
kalo dibengkel, atau minimal ada temen, cara spt yg TS bilang itu sptnya solusinya, dimana busi dicabut, trus dari lubang busi di masukkin oli, sumpel dgn jari, sementara temen kita bantuin nyelah terus-menerus. sampe kira2 tekanan/tendangan dari lubang busi di jari kuat, busi di pasang, coba pencet stater, emang aga lama, biasanya mesin mau idup. kalo masih ga mau idup, ulangi lg spt langkah tadi.
tp kudu di cek dulu sebelumnya apakah bensinnya ada apa enggak, businya masih ada apinya apa nggak.
pernah nanya ke mekanik, kenapa dimasukin oli, kenapa bukan bensin. kt dia, mesin kehilangan kompresi, musti di "pancing" spy bagian2 bercelah yg ada dalam mesin rapet oleh oli tsb spy kompresinya nggak bocor. sambil dibantu dgn selahan yg berulang ulang.
ya mungkin kalo yg ngerti mesin bisa kasih penjelasan secara tehnis, krn yg saya jelasin diatas adalah bahasa nyubi, awam dlm hal tehnis mesin...
kalo dibengkel, atau minimal ada temen, cara spt yg TS bilang itu sptnya solusinya, dimana busi dicabut, trus dari lubang busi di masukkin oli, sumpel dgn jari, sementara temen kita bantuin nyelah terus-menerus. sampe kira2 tekanan/tendangan dari lubang busi di jari kuat, busi di pasang, coba pencet stater, emang aga lama, biasanya mesin mau idup. kalo masih ga mau idup, ulangi lg spt langkah tadi.
tp kudu di cek dulu sebelumnya apakah bensinnya ada apa enggak, businya masih ada apinya apa nggak.
pernah nanya ke mekanik, kenapa dimasukin oli, kenapa bukan bensin. kt dia, mesin kehilangan kompresi, musti di "pancing" spy bagian2 bercelah yg ada dalam mesin rapet oleh oli tsb spy kompresinya nggak bocor. sambil dibantu dgn selahan yg berulang ulang.
ya mungkin kalo yg ngerti mesin bisa kasih penjelasan secara tehnis, krn yg saya jelasin diatas adalah bahasa nyubi, awam dlm hal tehnis mesin...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Fotoin donk Bro. Jangan2 gw dikibulin ama bengkel yang waktu itu gantiin sekring.sjamsul wrote:Sikring colok yg nt maksud biasanye disebut sikring dx. Sikring ini bisa diliat dg mata telanjang apakah putus ato kaga. Beneran neh, ane kaga boong, klo nt kaga percaya nanti ane potoin deh.TUFF Stough wrote:Sekring motor khan model colok yang gak bisa kelihatan dengan mata telanjang kalo putus.
Ato klo nt ada waktu, nt bisa datang ke tempat ane, ntar ane jelasin dah (gratis), klo sikring colok bisa diliat putus apa kaganye.
Trus kaga setiap mtr itu sikringnye model colok, masih banyak yg pake model kaca yg nama kerennye ato dalam bahasa belandanye: glass fuse.
Kok ane jadi bahas sikring sih, ntar jadi OOT neh, tapi klo nt mo tau lbh lanjut nanti ane tulisin di tempat lain yah............. (klo mauuuu).![]()
Suer, problem piston macet ini belum pernah kejadian di Spin gw walopun pake oli Repsol SAE20W50. But buat jaga2, ntar minggu depan mo ganti yang encer ah. Btw, kalo ganti oli + filter oli, volume semestinya berapa? AFAIK kapasitas oli mesinnya Spin khan 1L, kalo ganti beserta filter oli menurut juklaknya harus lebih dari 1L. Oli apa yang kira2 menyediakan botolan di atas 1L?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
@Tuff stough:
nih bro ane kaseh contoh sikring dx ( sikring tancap ). Di gambar ini nt bisa melihat klo di tengah sikiringnye itu ada lempengan logam. Klo lempengan tsb masih nyambung, bearti sikring tidak putus. Klo sikring putus, maka lempengan tsb tidak nyambung.
mudah2an bisa berguna buat nt.
nih bro ane kaseh contoh sikring dx ( sikring tancap ). Di gambar ini nt bisa melihat klo di tengah sikiringnye itu ada lempengan logam. Klo lempengan tsb masih nyambung, bearti sikring tidak putus. Klo sikring putus, maka lempengan tsb tidak nyambung.
mudah2an bisa berguna buat nt.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
@Tuff stough:
Jadi kesimpulan dari gambar diatas adalah sikring tancap (sikring dx) bisa diliat putus apa kaganye.
Jadi kesimpulan dari gambar diatas adalah sikring tancap (sikring dx) bisa diliat putus apa kaganye.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
@andy1800:
Ternyata ramalan nt beberapa wkt yg lalu benar neh bro, klo ane kudu pake gambar ato poto buat menjelaskan penjelasan ane neh..............
Ternyata ramalan nt beberapa wkt yg lalu benar neh bro, klo ane kudu pake gambar ato poto buat menjelaskan penjelasan ane neh..............

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
kayaknya pake keran vakum om...DennyJazzie wrote:Vario dah pake pompa bensin yak ?avansa wrote:Pompa bensin,bisa nggak yah jadi biangnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
kalo ganti oli+filter butuh 1,15-1,2 ml om, beli aja yg kemasan 800ml, biar gak terlalu banyak sisanyaTUFF Stough wrote:Fotoin donk Bro. Jangan2 gw dikibulin ama bengkel yang waktu itu gantiin sekring.sjamsul wrote:Sikring colok yg nt maksud biasanye disebut sikring dx. Sikring ini bisa diliat dg mata telanjang apakah putus ato kaga. Beneran neh, ane kaga boong, klo nt kaga percaya nanti ane potoin deh.TUFF Stough wrote:Sekring motor khan model colok yang gak bisa kelihatan dengan mata telanjang kalo putus.
Ato klo nt ada waktu, nt bisa datang ke tempat ane, ntar ane jelasin dah (gratis), klo sikring colok bisa diliat putus apa kaganye.
Trus kaga setiap mtr itu sikringnye model colok, masih banyak yg pake model kaca yg nama kerennye ato dalam bahasa belandanye: glass fuse.
Kok ane jadi bahas sikring sih, ntar jadi OOT neh, tapi klo nt mo tau lbh lanjut nanti ane tulisin di tempat lain yah............. (klo mauuuu).![]()
Suer, problem piston macet ini belum pernah kejadian di Spin gw walopun pake oli Repsol SAE20W50. But buat jaga2, ntar minggu depan mo ganti yang encer ah. Btw, kalo ganti oli + filter oli, volume semestinya berapa? AFAIK kapasitas oli mesinnya Spin khan 1L, kalo ganti beserta filter oli menurut juklaknya harus lebih dari 1L. Oli apa yang kira2 menyediakan botolan di atas 1L?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: (tanya)VARIO mati mendadak
Makasih fotonya, but ada sampel yang dah putus gak? Mungkin perlu difoto pake makro mode biar lebih jelas.sjamsul wrote:@Tuff stough:
nih bro ane kaseh contoh sikring dx ( sikring tancap ). Di gambar ini nt bisa melihat klo di tengah sikiringnye itu ada lempengan logam. Klo lempengan tsb masih nyambung, bearti sikring tidak putus. Klo sikring putus, maka lempengan tsb tidak nyambung.
mudah2an bisa berguna buat nt.