DOHC wrote: Fri Jun 26, 2020 15:20
itu cruising rpm nya jg mirip lohh ama hrv saya, cuman mungkin cara nyetir saya ga perna (dan ga doyan pulse n glide) sehh, tp jg bukan kaki pembalap kaya om kompre.. apa mungkin krn mobilitas saya yg ud sperti ngukur jalan yah, makanya busi nya bersih gara2 mesin nyala lama terus jadinya karbon kebakar smua
di mobil2 saya yg laen jg busi nya mirip2 bersih smua sehh, kcuali si ipah tuwir saya, itu malah busi nya ampe lengket basah oli smua gara2 seal klep ud pada rontok, cold start cranking ampe rada lama baru bsa nyala plus bonus asep biru tipis2 kl masi dingin
itu filter udara gmana om, bersih ga ?
kayanya sih gitu, hrv om dipake ngukur jalan kali. ane sekali keluar kira2 30-40 km.
kl om sekali jalan brp km?
filter udara ogut ganti terakhir di 6K. Yg skrg udah jalan 5K tp kondisi msh 60% lah kira2.
ini lengkapnya yg udah ane cek, coba om kira2 ada yg ane kelewat ga ya .....
¤ O2 Sensor (OK):
- Tdk ada trouble codes.
- Grafik AFR responsif kl gas di blip.
- Masuk spec yg ane dpt online yaitu 0.1-0.9V saat idle. Ini utk memastikan siapa tau sensor jalan tp out of spec.
- Cek kekencangan pemasangan OK.
¤ MAP Sensor (OK):
- Masuk spec dr online yaitu 0.7-1.1V saat idle.
- Masuk spec 26-27 kPa saat idle di suhu coolant 80 C. Kl ga masuk spec bisa jadi ada vacuum leak dr selang vacuum atau EGR valve yg stuck open.
¤ IAT Sensor (OK):
- Dibandingkan bacaan di scan tool dgn infrared thermo gun, selisih minim cuma 1 C. Ini utk memastikan siapa tau sensor jalan tp out of spec yg belum sampai ngeflag trouble codes. Makanya dibaca di scanner No DTC Found.
¤ ECT Sensor (OK):
- Dibandingkan bacaan di scan tool dgn infrared thermo gun, selisih minim cuma 1 C. Maksudnya kl ECT error bisa jadi dia baca rendah terus dan ECU berada di warming up strategy terus yg bikin rich. Tp rpm idle sih bisa turun ke 700 rpm stlh mesin hangat, kl errornya krn ECT dan warming up terus rpm jg agak tinggi ga mungkin bisa ke 700.
¤ Long Term Fuel Trim & Short Term Fuel Trim (OK):
- Saat idle, STFT (0.93) LTFT (1.003) -- Normal msh dlm range +/- 10% dr base line 1. AFR ketika idle 14.6 - 14.8 -- Normal pembakaran sempurna.
- Saat cruising, STFT sekitar 1 (artinya minor adjustment dr ECU krn AFR sdh stoichiometry.) -- Normal
- Saat under load, STFT responsif sesuai injakan pedal gas -- Normal
¤ Cek vacuum leak (sebetulnya ini utk kasus lean mixture tp ga apa2 sekalian cek aja)
- Scan tool diset baca rpm dan STFT dlm bentuk grafik sambil ane goyang2in semua selang vacuum, TB (siapa tau gasketnya bocor), Intake manifold, Fuel injector. -- Hasilnya ga ada pergerakan ekstrim sama sekali di grafik itu yg artinya ga ada kebocoran.
Terakhir di service manual disebut kl excessive idle dan prolonged running in low rpm adalah suspect yg paling mungkin. Tapi skrg terbantahkan krn Om dan Om Surya juga sama2 cruising low rpm tp kok businya baik2 saja. Bahkan Om Surya jg sama2 di bdg yg tadinya ane pikir krn humidity tinggi dan elevasi 700m di atas permukaan air laut bisa menurunkan suhu electrode tip, yg artinya hrs ganti ke busi yg lbh panas. Di posting sebelumnya jg ada yg nyebut kl busi denso heat range 20 sdh ga ada lg di beres dan diganti heat range 16 yg tersedia. ga tau ini nyambung ngga, apakah di atoyot juga fouling dgn heat range 20 denso (equivalent 6 di ngk). tapi kan di ipah om engga, again terbantahkan premise saya.
Faktor lain paling oli tp ane ga mau berfikir ekstrim. misalnya gara2 olinya yg sebutannya keraton trus terlalu licin, minim friksi jd ruang bakar dingin, dst dst. Ya terlalu heboh lah kl sampai begitu. Tapi kl soal ini mobil matic, ane yakin kl ini manual ga akan ada masalah krn bisa ngatur rpm cruising.
Monggo om masukannya ....