Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
blloewy wrote: Sun Sep 20, 2020 6:27
Hooo begitu rupanya...
Itu Gun jd bs masuk celah antara karet boot ya dgn jarum nya yg imut2...
merk apa itu om?
Sama sekalian nanya kl ngencengin baut tap oli mesin mobil kudu pake torque wrench atau cukup dgn ala suara krek2 perasaan aja?
Adakah yg oke tp ngga terlalu mihil itu torque wrench?
so far baru pny kunci shock Tekiro yg isi 24 pcs doang
grease gun merk jtc. jarumnya merk american tools beli terpisah lagi, bagian dr kumpulan set aksesoris grease gun yg ada 6 pcs semua dlm 1 set.
ga perlu TW utk ngencengin drain plug oli asal pastikan perasaan hati lg berbahagia. kl lagi bad mood bisa over torque
ane beli torque wrench krn memang sdh saatnya harus "up the game" sebab semua tools sdh beli yg bermerk dan cara2 jg sdh belajar yg proper. kebutuhan TW itu dgn sendirinya hadir.
Sama sekalian nanya kl ngencengin baut tap oli mesin mobil kudu pake torque wrench atau cukup dgn ala suara krek2 perasaan aja?
Adakah yg oke tp ngga terlalu mihil itu torque wrench?
so far baru pny kunci shock Tekiro yg isi 24 pcs doang
semua yang pakai drat/ulir, ada tingkat kekencangan/momen puntirnya. tanpa kecuali.
mau sekrup kecil di kipas angin, sampe baut roda kereta api.
masalahnya, harga alatnya nggak bisa dibilang murah untuk torsi yang kecil-kecil semisal untuk sekrup lemari.
torque wrench banyak merk banyak macem, rupa-rupa harganya. sudah pernah dibahas di part 1 om...
sekarang om butuh untuk apa dulu?
ini saya bikin contekan untuk drain plug engine oil pan biar gampang :
20200920_141844.jpg
angka yang saya tulis cuma buat patokan, tidak baku. prakteknya, beberapa kali under torque karena kondisi drat (di plug dan di oil pan-nya) sudah memprihatinkan akibat ulah manusia jenius yang pasang seal tape di drain plug.
kunci shock? kuncinya kaget karena apa?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ane beli torque wrench krn memang sdh saatnya harus "up the game" sebab semua tools sdh beli yg bermerk dan cara2 jg sdh belajar yg proper. kebutuhan TW itu dgn sendirinya hadir.
kalo saya beli karena ada diskon gede-gedean mbah....
lagipun pake torque wrench beneran mempermudah hidup dan yakin torsinya sama rata untuk nut/bolt yang lebih dari 1 kaya roda sama flywheel.
Sama sekalian nanya kl ngencengin baut tap oli mesin mobil kudu pake torque wrench atau cukup dgn ala suara krek2 perasaan aja?
Adakah yg oke tp ngga terlalu mihil itu torque wrench?
so far baru pny kunci shock Tekiro yg isi 24 pcs doang
semua yang pakai drat/ulir, ada tingkat kekencangan/momen puntirnya. tanpa kecuali.
mau sekrup kecil di kipas angin, sampe baut roda kereta api.
masalahnya, harga alatnya nggak bisa dibilang murah untuk torsi yang kecil-kecil semisal untuk sekrup lemari.
torque wrench banyak merk banyak macem, rupa-rupa harganya. sudah pernah dibahas di part 1 om...
sekarang om butuh untuk apa dulu?
ini saya bikin contekan untuk drain plug engine oil pan biar gampang :
20200920_141844.jpg
angka yang saya tulis cuma buat patokan, tidak baku. prakteknya, beberapa kali under torque karena kondisi drat (di plug dan di oil pan-nya) sudah memprihatinkan akibat ulah manusia jenius yang pasang seal tape di drain plug.
kunci shock? kuncinya kaget karena apa?
Terima kasih Om petunjuknya.
Skrg sich pengennya bisa ganti oli sendiri di rumah sama ya minimal bersihkan EGR apa TB setahun sekali.
Mobil jarang dipake, setahun paling kena 5000 km dan target emang setahun sekali ke beres u cek up rutin...atau ke mbah marmut kl ada promo [emoji1787][emoji28]
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
Sama sekalian nanya kl ngencengin baut tap oli mesin mobil kudu pake torque wrench atau cukup dgn ala suara krek2 perasaan aja?
Adakah yg oke tp ngga terlalu mihil itu torque wrench?
so far baru pny kunci shock Tekiro yg isi 24 pcs doang
semua yang pakai drat/ulir, ada tingkat kekencangan/momen puntirnya. tanpa kecuali.
mau sekrup kecil di kipas angin, sampe baut roda kereta api.
masalahnya, harga alatnya nggak bisa dibilang murah untuk torsi yang kecil-kecil semisal untuk sekrup lemari.
torque wrench banyak merk banyak macem, rupa-rupa harganya. sudah pernah dibahas di part 1 om...
sekarang om butuh untuk apa dulu?
ini saya bikin contekan untuk drain plug engine oil pan biar gampang :
20200920_141844.jpg
angka yang saya tulis cuma buat patokan, tidak baku. prakteknya, beberapa kali under torque karena kondisi drat (di plug dan di oil pan-nya) sudah memprihatinkan akibat ulah manusia jenius yang pasang seal tape di drain plug.
kunci shock? kuncinya kaget karena apa?
Terima kasih Om petunjuknya.
Skrg sich pengennya bisa ganti oli sendiri di rumah sama ya minimal bersihkan EGR apa TB setahun sekali.
Mobil jarang dipake, setahun paling kena 5000 km dan target emang setahun sekali ke beres u cek up rutin...atau ke mbah marmut kl ada promo [emoji1787][emoji28]
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
Enjin super resing HR15DE itu pake busi resing jg om
Skrg sich pengennya bisa ganti oli sendiri di rumah sama ya minimal bersihkan EGR apa TB setahun sekali.
Mobil jarang dipake, setahun paling kena 5000 km dan target emang setahun sekali ke beres u cek up rutin...atau ke mbah marmut kl ada promo [emoji1787][emoji28]
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
kalo untuk ganti oli sama buka pasang baut trotel, pake torq yang kisaran 5~25 n.m cukup.
dan torq wrench itu (imo) ngga ada istilah pemula atau bukan pemula, tapi berapa persen penyimpangannya.
kunci busi kalo mau murah, beli socket bit 14mm deepwall plus extension yang 5", rata-rata square drive-nya yang 3/8".
kalo ada dananya, beli yang 14mm husus untuk busi. ada magnetnya.
kalo nda salah pernah ditayangken oleh mbah DOHC di part 1.
blloewy wrote: Sun Sep 20, 2020 9:18
--------
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
torque wrench apa aja merknya sesuai budget yg penting liat penyimpangannya kl bisa max +/- 4%
utk kunci socket busi hr15 resing ada merk amtool, reviewnya 4.7. harga hanya 26.500. ini linknya
blloewy wrote: Sun Sep 20, 2020 9:18
--------
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
torque wrench apa aja merknya sesuai budget yg penting liat penyimpangannya kl bisa max +/- 4%
utk kunci socket busi hr15 resing ada merk amtool, reviewnya 4.7. harga hanya 26.500. ini linknya
blloewy wrote: Sun Sep 20, 2020 9:18
--------
Tekironya sich bagus tp katanya ada kunci lagi u buka busi si engine resing HR15.
Kira2 u pemula torque wrench di kisaran brp ya Om?
torque wrench apa aja merknya sesuai budget yg penting liat penyimpangannya kl bisa max +/- 4%
utk kunci socket busi hr15 resing ada merk amtool, reviewnya 4.7. harga hanya 26.500. ini linknya
Omnibus wrote: Sun Sep 20, 2020 5:04
bukan mobil, dongkrak buaya hehehe
Hahaha. Maap buka dari HP gak kelihatan. Gak zoom juga. Kirain dogkrak itu tadi habis buat dobgkrak mobil. Ternyata habis di zoom dongkraknya yang diganti greasenya
1tr? gampaaaaaaang.... filter bensin ama charcoal can ga usah lepas. kabel juga yang dilepas cuman soket dowang trus pinggirin.
yang agak susah itu ngelepas 2 baut paling bawah sama masang baut dipstick kalo yg metik.
kalo hr15, baek-baek tu pcv valve. ahahahahahaha..... pengalaman pribadi ngelepas intake hr15 punya om 1trfe sampe kebelah 2 itu pcv-nya.
1tr? gampaaaaaaang.... filter bensin ama charcoal can ga usah lepas. kabel juga yang dilepas cuman soket dowang trus pinggirin.
yang agak susah itu ngelepas 2 baut paling bawah sama masang baut dipstick kalo yg metik.
kalo hr15, baek-baek tu pcv valve. ahahahahahaha..... pengalaman pribadi ngelepas intake hr15 punya om 1trfe sampe kebelah 2 itu pcv-nya.
jd penasaran sm baut susah yg diomongin. harus pake tools apa sih mbah? jangan2 kaya ngelepas shock Macpherson kl toolsnya ada hal sulit jd mudah.
dulu ane 5 thn pegang 1tr, ga pernah sekalipun bongkar hahaha.
jd penasaran sm baut susah yg diomongin. harus pake tools apa sih mbah? jangan2 kaya ngelepas shock Macpherson kl toolsnya ada hal sulit jd mudah.
dulu ane 5 thn pegang 1tr, ga pernah sekalipun bongkar hahaha.
bautnya sih gampang, cuma lokasinya yang agak sulit. adanya sejajar sama dinamo starter.
saya pake ratchet + extension 5" + extension 2" + deepwall socket 12mm supaya pas.
posisi berdiri di quarter panel agak mengarah ke bumper.
btw jangan lupa buka tutup pengisian bensin, trus ngelepas fuel line supply sama fuel return line.
jangan2 kaya ngelepas shock Macpherson kl toolsnya ada hal sulit jd mudah.
-
bukan mau pamer, tapi diantara mobil yang beredar disini, macpherson depan renault 18 tl yang paling ajaib. kalo per depan dilepas, tingginya bisa sedengkul orang dewasa, sementara shock-nya sangat pendek sekali mungkin hanya setengahnya.
dan saya sudah beberapa kali bongpas tanpa alat yang proper. hanya bermodalkan 2 dongkrak, tang 8", 2 obeng flat tip, dan 1 gulung kawat beli di toko bangunan.
jadi kalo cuman macpherson jejepangan, like a walk in the park.......
jangan2 kaya ngelepas shock Macpherson kl toolsnya ada hal sulit jd mudah.
-
bukan mau pamer, tapi diantara mobil yang beredar disini, macpherson depan renault 18 tl yang paling ajaib. kalo per depan dilepas, tingginya bisa sedengkul orang dewasa, sementara shock-nya sangat pendek sekali mungkin hanya setengahnya.
dan saya sudah beberapa kali bongpas tanpa alat yang proper. hanya bermodalkan 2 dongkrak, tang 8", 2 obeng flat tip, dan 1 gulung kawat beli di toko bangunan.
jadi kalo cuman macpherson jejepangan, like a walk in the park.......
waktu itu udah kaya menangani bahan radioaktif ngga yg harus extreme caution siapa tau melejit wkwkwkwk
pertanyaan ane mbah, dgn per tinggi sedengkul itu emang naikannya enak banget itu suspensi runo 18 tl??
waktu itu udah kaya menangani bahan radioaktif ngga yg harus extreme caution siapa tau melejit wkwkwkwk
pertanyaan ane mbah, dgn per tinggi sedengkul itu emang naikannya enak banget itu suspensi runo 18 tl??
hahaha..... ga kepikir dan ga pernah kejadian, Alhamdulillah.
malah 1× iketan kawat putus waktu lagi bongkar di tukang per daerah tebet blakang gedung gobel yang sekarang jadi hotel. itu per langsung mental kabur kaya macan lari dari kandang.....
naikannya enak? hmmm..... nanti kalo saya kasi tau, disangka promosi.
yang pasti kalo hard braking nose dive-nya parah.